Surat Pembaca

Akun Shopee Diretas, Ngotot Minta Tagihan Dibayar Atas Transaksi yang Tidak Saya Lakukan

Saya pengguna Shopee dengan username galuhpravitasari240493. Akun Shopee saya digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab dan melakukan transaksi sebesar 4 juta. Sangat disayangkan, saya mencoba masuk kembali ke akun saya namun tidak bisa, email dan sandi saya sudah diubah.

Bagaikan petir di siang bolong, pihak Shopee menelepon ke nomor ayah saya dan menagih atas transaksi yang tidak saya lakukan pada tanggal 10 Juli 2021. Sebelum logout dari Shopee 22 Mei 2021 saya sudah memastikan akun saya bebas dari transaksi apapun dan tidak pernah memberikan kode apapun ke siapapun. Mengapa ini bisa terjadi???

Saya sudah berusaha mengadukan lewat email dan chat live namun tidak ada hasil tetap harus saya yang menanggung tagihan tersebut.

Saya sangat kecewa karena saya seorang ibu rumah tangga yang tak berpenghasilan dan didesak pihak Shopee untuk membayar transaksi yang tidak saya lakukan. Saya pun tidak tahu transaksi apa saja sehingga nominal begitu besar karena saya tidak bisa masuk ke akun saya lagi.

Bagi pembaca tolong saya..barangkali diantara kalian punya solusi untuk masalah saya ini, terima kasih

Galuh Pravita Sari
Barru, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • MAAF, sekedar ilustrasi saja, kalau rumah Anda kemalingan apakah akan menyalahkan tukang bangunan atau pemborong yang membangun rumah Anda? Atau Anda akan salahkan kunci pagar atau kunci rumah Anda?

    Pembobol akun digital, baik mobile banking maupun akun olshop dan akun digital lainnya seringkali karena kesalahan pengguna, bukan karena kurangnya keamanan sistem. Karena kesalahan pengguna!

    Kebanyakan pembobolan akun dilakukan oleh penipu siber lewat modus Phishing, Social Engineering atau modus lainnya. Seringkali terjadinya penipuan online karena kesalahan pengguna atau keterlibatan pengguna, misalnya memberikan kode otp kepada penipu.

    Sekedar saran saja, jika memang telah terjadi penipuan yang menyebabkan kerugian sebesar 4 juta, coba laporkan ke aparat penegak hukum, supaya kasus penipuan tersebut bisa diproses sesuai hukum yang berlaku dan para penipu bisa diseret ke penjara. Jangan cuma membuat keluhan di media konsumen tapi buat juga laporan ke polisi supaya kasus diatas bisa disidik secara tuntas.

  • Jika otp diaktifkan, maka penipu perlu juga meretas nomer hp anda. Biasanya ya dgn iming2 hadiah dll untuk dapatkan otp.

    Dan sepertinya penulis sudah baca2 dl di media ini supaya tulisannya beda. Beberapa waktu lalu jg tuh yg ketipu, konon kayakya jg lg hamil.

    Komentar saya pertama adalah 'satire' pada orang2 yg selalu menyalahkan penyedia layanan drpd user.

    • Keluhan penulis diatas penuh dengan keraguan! Makanya, jika benar itu kasus penipuan murni, coba buat laporan Polisi, nanti penyidik akan membuat BAP secara lengkap dan dibuktikan secara hukum. Jika ditemukan unsur laporan palsu, penulis bisa bisa dikenakan pasal pidana.

      • Saya lagi berusaha laporin ke polisi kok pak..dan saya juga siap jika kasus ini di usut. Karna saya awam pake spaylater pke nya sewajar nya saja begitu lunas logout udah .saya fikir sekedar itu saja

  • Kok saya merasa ada kronologi yang tidak diceritakan dalam kasus ini ya. Terasa janggal.

    Semoga permasalahannya cepat selesai.

    • Amin terima kasih pak. Tidak masuk di akal kak yah ..saya pun demikian karena perusahaan sebesar shoope data pengguna bisa di retas.akun di kuasai sehingga email dan no hp saya d ubah d akun tbs.

  • Persis dengan yang saya alami. Shopee nagih ke hp bapak saya. Shopee pay later saya di hack orang, saya juga dah lapor dan mereka tidak peduli tetap harus saya bayar. Mereka cuma bilang untuk tidak memberikan kode otp ke pihak manapun. Padahal saya tidak pernah merasa memberikan kode ke siapapun dan handphone saya tidak pernah lepas dari jangkauan saya. Peduli amat tidak akan saya bayar, kalaupun ada dc datang akan saya hadapi dgn bukti2 yang ada.

    • Saya pun keberatan jika harus menanggung transaksi tsb mbak .bagi saya uang sebesar 4 jt itu sangat banyak. Dsni saya cuma mau tau kenapa bisa akun yg tidak saya gunakan bisa melakukan transaksi sendiri. Dan saya masuk pun ke akun saya sudah tidak bisa.berkali2 pihak shoppe menelfon dan mereka tetap membebankan saya. Kenapa mereka tdk mengusut nomor rekening yg ada pada akun saya.semoga mbk nya gk tertekan seperti saya ya mbak

      • Awalnya saya juga tertekan bu, tapi saya sudah bicara dgn keluarga tentang kasus ini, mereka pun menerima dan mendukung apa yang akan saya lakukan. Saya tidak akan membayar krn bukan saya yang melakukan transaksi. Takutnya jikapun saya bayar hal yang sama bisa saja terjadi lagi. Hal ini percuma dilaporkan krn tidak akan pernah selesai

        • Setuju dan Sepemikiran mbak..hari ini penelfon dr shoope menghubungi secara bersamaan di hp saya dan bapak saya . Saya juga siap jika kasus ini di bawa ke pengadilan.karena saya betul2 tidak melakukan transaksi tersebut. Tau aja gk smpe 4 jt..mbaknya masih d teror penelfon shoope gk mbak?? Bagi wa nya mbak jika berkenan?

    • Maaf sebelumnya tapi menurut saya ini salah besar, kalau mbaknya udh bisa pake layanan paylater artinya data ktp mba udh dipegang oleh pihak shopee. Terus bukti yg mba punya sekuat apa sih? Shopee punya conteng mbaknya ketika menerima syarat dan ketentuan penggunaan paylater, berikut pasti ada datanya di shopee atas transaksi yg dilakukan oleh akun mbanya. Kalau saran saya itu harus dibayar sebelum semakin membengkak dan hutangnya semakin rumit. Terimakasih ?

      • Maaf jika pemikiran kita berbeda, bukti transaksi itu ada dan sudah saya laporkan ke pihak shopee. Saya tau data saya disimpan oleh pihak shopee dan saya akan hadapi jikapun harus berurusan dgn hukum. Karena memang saya tidak melakukan transaksi tersebut makanya saya tidak akan membayar. Jikapun saya membayar siapa yang bisa menjamin kejadian yang sama tidak akan terulang lagi. Mengingat begitu mudahnya akun saya diretas., Berarti data saya sudah tidak aman.

        • Jika otp anda aktifkan, maka penipu akan berusaha bagaimanapun caranya agar mendapatkan otp dr nomer hp yg anda pakai di shopee. Tanpa otp sampai kiamat tidak bakalan bisa masuk. Di marketplace manapun, shopee, toped, bl.

          Entah anda sadar memberikan atau tidak.

  • Saya Sebagai tech savy yg memperhatikan e-commerce di Indonesia..

    1.Ga semua E-commerce kebal dari retasan.
    2.Ga semua E-commerce mudah di retas.
    3.Keamanan akun apapun seperti akun email, akun e-commerce atau akun apapun..akan memberikan notifikasi jika ada 'device' baru yg berusaha masuk atau yg masuk.
    4.karena notifikasi ini bersifat awareness/kesadaran dr pengguna, jika terjadi hal yg tdk diinginkan, notifikasi akan memberitahukan pengguna melalui email/sms/OTP code.
    5.OTP code sangat Aman, karena kode ini hny bisa diakses oleh SIM CARD kita melalui notifikasi SMS
    6.utk e-commerce shopee/Tokopedia seingat saya sudah otomatis aktif, jd kalau ad device yg baru masuk akan meminta kode OTP ke kita dan jg ada notifikasi melalui email bahwa ad device yg masuk ke akun kita.
    7.Hacking/peretasan akun shopee sebenarnya akan cukup sulit karena sistem nya sudah aman, tinggal pengguna akun tersebut menyikapi peretasan, karena untuk ganti password saja akan memalui otp dan jg email,
    Saya sendiri pernah bbrp kali mengganti email dan password akun shopee saya, dan kesulitan utk mendapatkan kode OTP (karena kode otp nya suka nyangkut, alias lama masuk sms nya).
    8.dlm kasus mba diatas, saya tdk bisa menuduh pihak manapun tapi saya akan coba membantu, pertama² yg hrs mba lakukan adalah pengaduan tdk bisa masuk akun, yaitu dgn meminta password reset ke CS yg nantinya akan dikirim ke email, kalau email akun shopee mba nya sudah diganti oleh peretas, bisa beritahukan CS nya lalu minta informasi apakah akun shopee mba email nya ad perubahan..?jika tdk ada..berarti akun mba tinggal password reset saja, tp jika ad perubahan email di akun shopee mba, minta ke cs utk diganti ke yg lama karena email baru adalah email si peretas..nanti mba akan diminta verifikasi kyk ktp dll, saran saya sih mba bikin email baru, trs aktifkan OTP kode nya, lalu email baru ini yg diserahkan ke shopee cs, kalau sudah bisa masuk akun shopee mba..lihat daftar barang pembelian di shopee pay later, lihat barang² yg dibeli dan lihat ALAMAT PENGIRIMAN KEMANA DAN PENERIMA NYA SIAPA..bisa dilihat.

    Kalau betul itu adalah peretasan dan bukan mba yg melakukan transaksi tersebut..
    Ngadu ke cs shopee melalui telepon, nanti akan diurus dan dimintai bukti²..

    Sebenarnya paling simple itu adalah kita lihat transaksi di akun shopee kita, kita bisa liat alamat pengiriman barang kmn..
    Penerima siapa..
    Dan paling² pasti nanti akan di cek
    IP ADDRESS dan device yg akses akun kita..

    • Terima kasih saran dan kritik nya? saya sudah mengadu ke shoope tentang hal itu. Email no hp yg d ubah serta alamat penerima pesanan terakhir namun pihak shoope enggan menjawab dengan alasan tidak bisa memberikan data customer. Saya harus bagaimana. Sedikit informasi klo hp sempat rusak dan sudah d perbaiki namun untuk verifikasi wa sudah tidak bisa karena kartu tidak aktif dan hanya di pakai untuk WA. Nah jika mengirim kode otp saat melakukan transaksi 4jt tsb bagaimana saya bisa krm kode otp? WA sy aja gk aktif sejak saat itu. Dan paling saya jengkel saya minta atas nama siapa nomor rekening yg di cantumkan d akun shoope pun tidak di beri tau.padahal menurut mereka ada nomor rekening yg d cantumkan d akun saya tersebut. Sebelumnya saya tidak punya nomor rekening yg saya cantumkan di akun tsb dan saya tidak punya nomor rekening sejak 2 tahun lalu. Mudah2n artikel saya ter up hingga kasus ini selesai. SAYA TIDAK AKAN MEMBAYAR SEPESERPUN.KARENA SAYA YAKIN SAYA TIDAK MELAKUKAN TRANSAKSI. Dan 1 hal yg masih janggal karena saya pengguna baru limit teralhir adalah Rp.2.250.000 dan nominal tagihan mencapai angka Rp.4.189.869,-

      • Saran dr saya yg paling terakhir adalah menghubungi CS shopee atau paling disarankan adalah datang ke kantor shopee nya, jgn lupa siapkan barang bukti, ktp, nomor rekening dan sebagainya..
        Dan kalau hp prnh rusak pun jg hrs di informasikan tempat membenarkan hp tersebut, bisa jadi ad oknum nakal diluar dugaan kita..
        Jadi anda hrs datang ke kantor shopee nya langsung jika ingin lbh jelas..jika perlu minta bertemu dgn atasan yg bersangkutan dibagian divisi keamanan software dan kepala customer servicenya..

        Jika terkendala jarak lbh baik hubungi via telepon..

        Saya doakan agar kasus nya cpt selesai dan bisa berbagi pengalaman kasus nya kepada customer lainnya agar bisa terhindar dr hal yg mba alami.

      • maaf tolong tanya, apakah nomor HP yg terdaftar di akun shopee masih aktif dipegang oleh ibu Vita?
        sebab jika nomor HP sudah hangus, bisa ada kemungkinan nomor tersebut didaur-ulang dan digunakan oleh orang lain.. orang tersebut tinggal reset password melalui SMS untuk login dan mengambil alih akun shopee ibu Vita.
        (cmiiw)

        • memang benar pak nomor saya itu sudah kadaluarsa dan saya hanya pakai untuk WA sja. Namun hp saya rusak, mau masuk pakai nomor itu lagi kan udah gk bsa harus verifikasii lewat SMS.kemungkinan besar nomor saya di daur ulang oleh oknum. Seperti dugaan bapak, pihak shoope sudah menelfon saya dan meminta data saya,

  • Mba penulis...orang ahli IT bilang unk mencegah terulang lagi hendaknyas Shopee menangguhkan transaksi yg mencurigaskan selama 3 hari di platform unk mencegah penipuan terjadi..dikasusku ni mba nyata dah shopee ni cari keuntungan...tidak adanya peringatan jika ada yg janggal , harusnya shopee mengontak telp bpk anda dulu kok sampai transaksi 4 juta..kalo di tagih kepolisi aja mba ..dan ngapain bayar tambah keenakan dong shopee dgn keteledorannya juga tuh

    • Terima kasih mbak supportnya... Awalnya saya shock mbak..penelfon dari shoope menagih segitu banyak nya atas transaksi yg saya tidak lakukan.

  • Ane udah 5th pakai shope
    Tokopedia
    Bukalapak

    Aman

    Karrna tidak mengaktifkan creddit sopepay later dan yang lainya

    Cukup jualan dan membeli bahahaha

    Ketika kamu mengaktipkan riba maka akan ada masalah

    Jauhi riba gan

    Mening riba yang pasti aja aman pinjam ke bank