Surat Pembaca

Menyesal Beli Akun Mobile Legends Anti Hack Back di Itemku, Akun Curian?

Kejadiannya pada tanggal 5 Juli 2021, saya membeli akun Mobile Legends dari salah satu toko online store di website Itemku.com. Sebelumnya saya pernah membeli juga akun yang serupa di tokoh tersebut dengan harga lebih murah dan skin hero sedikit. Namun saya membeli kembali, dengan maksud mencari skin dan hero yang lebih banyak dari akun yang saya beli sebelumnya. Saya membeli akun Mobile Legends bukan untuk usaha jual – beli akun, melainkan saya ingin menghilangkan rasa bosan dan kecewa karena game MOBA serupa (wild rift) sepi dan matching bermainnya sangat lama.

1. pembelian pertama di toko tersebut

Saya adalah pemain baru / awam di game Mobile Legends. Selama saya melakukan transaksi saya sangat percaya bahwa akun yang saya beli adalah akun anti hack back, yang artinya milik saya 100% seutuhnya. Saya meyakini apa yang diberikan seller berupa data yang valid, untuk membuat akun tersebut tidak dihack oleh orang lain karena saya tidak mengetahui syarat-syarat untuk hack back akun di Mobile Legends.

2. pembelian akun ke -2 di toko yang sama

Permasalahannya muncul setelah 2 – 3 minggu lebih saya bermain akun tersebut. Saya merasa bosan dengan akun yang saya miliki saat itu. Saat berniat untuk menjual kembali untuk membeli akun yang lebih lengkap lagi skin-nya. Saya mencoba menjual kembali dan membuat akun di Itemku.com dengan mengikuti step-step yang dibuat oleh marketplace tersebut.

Ketika saya mengisi formulir penjualan akun, saya mengisi data supplier dari itemku.com, dengan menyebutkan toko yang saya beli waktu itu. Ketika diajukan penjualan akun Mobile Legends, ternyata saya malah ditolak selama lebih 3x tanpa alasan yang logis. Saya menganggap akun tersebut adalah milik saya 100% seutuhnya, karena anti hack back, sehingga saya bebas menjual kembali akun tersebut.

3. Penolakan tidak logis supplier di Itemku

Mendapatkan penolakan berulang, membuat saya mengurungkan diri untuk menjual di marketplace yang saya rasa jual-beli di sana lebih aman. Akhirnya saya menjual akun saya di Facebook, yang ternyata banyak sekali penipu di sana. Singkat cerita saya ditipu oleh pembeli akun saya di Facebook, akibat penolakan menjual di lapak Itemku.

4. Kena Tipu (juga) akibat ditolak menjual di lapak Itemku dengan supplier dari itemku

Saat itu saya langsung mencari bagaimana cara untuk mendapatkan akun yang saya jual. Akhirnya saya mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan akun saya kembali yaitu bukti top up pertama yang seharusnya seller Itemku memberikan data yang penting tersebut untuk mengaktifkan akun anti hack.

Saya langsung hubungi toko yang menjual akun tersebut dan meminta data top up pertama saya untuk mendapatkan akun saya yang dicuri. Namun saya mendapatkan penolakan karena toko tersebut tidak memiliki data top up bukti pertama. Padahal di beranda Itemku.com setiap penjual atau seller akun mobile legends tertulis jelas bahwa akun yang dijual adalah anti hack back artinya akun yang dijual seharusnya memiliki bukti TOP UP pertama sebagai bukti AKUN tersebut bukan AKUN yang dijual ilegal atau akun curian yang didapatkan seperti kejadian saya di Facebook.

5. Chat dengan seller ternyata jual akun bodong tidak ada bukti top up

Saya telah memberi tahu kepada pihak CS Itemku.com bahwa seller toko tersebut tidak memberikan data-data yang lengkap secara jujur dari awal dalam transaksi jual-beli akun Mobile Legends. Saya hanya mendapatkan email dan password saja, tidak ada bukti top up untuk anti hack back. Namun respon mereka sangat lambat, terkadang chat saya dibalas 2 harian.

Saya sangat kecewa karena pihak Itemku tidak melindungi customer-nya dengan baik, melainkan sama saja seperti di Facebook yang memakai jasa freelance rekening bersama abal-abal yang melepas tanggung jawab pembeli pengguna jasanya. Pada akhir percakapan pihak CS Itemku hanya menyalahkan saya, karena pencurian akun akibat kesalahan dari saya. Padahal jika data yang saya miliki diberikan secara jujur lengkap oleh seller Itemku idola para idola, saya dapat mengantisipasi kejadian pencurian akun, yang nantinya bukti top up pertama tersebut akan saya berikan kepada pembeli yang serius membeli akun saya.

6. Pihak Itemku melalui CS mengatakan data yang dibutuhkan sudah diberikan padahal saya hanya diberikan email dan password saja.

Saya cukup kecewa dengan marketplace sekelas Itemku, yang saya tadinya pikir adalah tempat teraman membeli akun game. Pengalaman saya adalah pembelajaran untuk calon pembeli kedepannya akun game serupa untuk menanyakan data-data yang dibutuhkan, agar akun benar-benar anti hack back. Saya menyayangkan alasan penolakan tidak logis menjual akun di lapak Itemku (dengan supplier toko di Itemku). Ternyata terjawab oleh pengalaman akun saya yang dicuri, bahwa tidak ada kepastian yang jelas. Para seller di Itemku menjual akun dari sumber supplier tidak jelas, apakah hasil curian, phishing dan lainnya.

Hamam Nur Mustaqim
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pakai logika... Kalau situ tau riwayat pembelian pertama, situ yg bs lebih untung... Bs dgn mudah menipu orng d fb... Situ yg bs jual tu akun trus hb lagi ... gitu sj strusnya... Lgian tulisan antihackbavk d situ khusus unk pembeli dan seller... Situ menjual lg berati garansi antihackback ilang... LAGIAN TULISAN ANTIHAVKBACK NYA KAN UNTUK PEMBELI PERTAMA DAN SELLER DI TOKO TERSEBUT...

    • Ga bang saya orangnya jujur kalau saya bohong dari awal saya bilang aja akun saya diambil owner asli lebih mudah nulisnya ga panjang2.

      Masa garansi memang buat saya dan seller sebelum habis masa garansi unfortunately sudah tidak ada di tangan saya. Coba kejadiannya saya masih pegang akun sampai masa garansi habis belum ada jaminan akun masih di saya ya.

      Ga bisa lapor cs juga kalau sudah hari ke 31

  • Lah lah malah nyalahin itemku???? Situ gak tau sistem anti hack back, akun dah diterima ditangan lu trus jual di FB kena tipu eh salahin itemku karena sistem anti hack back, tol oo

  • Saya sih nggak main mobile legend , tapi setau saya hampir semua game online melarang penjualan akun /memindah tangankan akun kepada pihak lain , coba saja dibaca terms of service nya masin masing penyedia layanan ,
    Apalagi untuk transaksi akun game biasanya juga diikuti dengan penyerahan email atau akun fb yang terkait dengan akun game tersebut (dalam hal ini jelas juga melanggar kebijakan dari fb ataupun penyedia jasa emailnya)
    Jadi lucu saja jika mau bahas aspek hukumnya tapi perbuatan dari awalnya saja sudah melanggar ketentuan yang berlaku ?

  • Kalo kata gw sih seller dr itemkunya ga salah sih ya bang, yg salah itu karna abang jual akunnya di fb terus trusted banget ke pembeli, tanpa pake mm / rekber jadinya kena scam. Coba kalo abang ga kasih data secara lengkap pasti password akun ga akan ke ganti.

    Sekarang kalo abang punya bukti top up pertama curang dong, nanti tiap ada orang yg beli akunnya, abang bisa hb pake bukti top up pertama.

    Berlaku juga dengan si seller itemku, abang beli itu akun ml ke dia, nah dia bisa hb balik dong? Kalo dia punya bukti tol up pertamanya