Menyesal Beli Akun Mobile Legends Anti Hack Back di Itemku, Akun Curian?

Kejadiannya pada tanggal 5 Juli 2021, saya membeli akun Mobile Legends dari salah satu toko online store di website Itemku.com. Sebelumnya saya pernah membeli juga akun yang serupa di tokoh tersebut dengan harga lebih murah dan skin hero sedikit. Namun saya membeli kembali, dengan maksud mencari skin dan hero yang lebih banyak dari akun yang saya beli sebelumnya. Saya membeli akun Mobile Legends bukan untuk usaha jual – beli akun, melainkan saya ingin menghilangkan rasa bosan dan kecewa karena game MOBA serupa (wild rift) sepi dan matching bermainnya sangat lama.

1. pembelian pertama di toko tersebut

Saya adalah pemain baru / awam di game Mobile Legends. Selama saya melakukan transaksi saya sangat percaya bahwa akun yang saya beli adalah akun anti hack back, yang artinya milik saya 100% seutuhnya. Saya meyakini apa yang diberikan seller berupa data yang valid, untuk membuat akun tersebut tidak dihack oleh orang lain karena saya tidak mengetahui syarat-syarat untuk hack back akun di Mobile Legends.

2. pembelian akun ke -2 di toko yang sama

Permasalahannya muncul setelah 2 – 3 minggu lebih saya bermain akun tersebut. Saya merasa bosan dengan akun yang saya miliki saat itu. Saat berniat untuk menjual kembali untuk membeli akun yang lebih lengkap lagi skin-nya. Saya mencoba menjual kembali dan membuat akun di Itemku.com dengan mengikuti step-step yang dibuat oleh marketplace tersebut.

Ketika saya mengisi formulir penjualan akun, saya mengisi data supplier dari itemku.com, dengan menyebutkan toko yang saya beli waktu itu. Ketika diajukan penjualan akun Mobile Legends, ternyata saya malah ditolak selama lebih 3x tanpa alasan yang logis. Saya menganggap akun tersebut adalah milik saya 100% seutuhnya, karena anti hack back, sehingga saya bebas menjual kembali akun tersebut.

3. Penolakan tidak logis supplier di Itemku

Mendapatkan penolakan berulang, membuat saya mengurungkan diri untuk menjual di marketplace yang saya rasa jual-beli di sana lebih aman. Akhirnya saya menjual akun saya di Facebook, yang ternyata banyak sekali penipu di sana. Singkat cerita saya ditipu oleh pembeli akun saya di Facebook, akibat penolakan menjual di lapak Itemku.

4. Kena Tipu (juga) akibat ditolak menjual di lapak Itemku dengan supplier dari itemku

Saat itu saya langsung mencari bagaimana cara untuk mendapatkan akun yang saya jual. Akhirnya saya mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan akun saya kembali yaitu bukti top up pertama yang seharusnya seller Itemku memberikan data yang penting tersebut untuk mengaktifkan akun anti hack.

Saya langsung hubungi toko yang menjual akun tersebut dan meminta data top up pertama saya untuk mendapatkan akun saya yang dicuri. Namun saya mendapatkan penolakan karena toko tersebut tidak memiliki data top up bukti pertama. Padahal di beranda Itemku.com setiap penjual atau seller akun mobile legends tertulis jelas bahwa akun yang dijual adalah anti hack back artinya akun yang dijual seharusnya memiliki bukti TOP UP pertama sebagai bukti AKUN tersebut bukan AKUN yang dijual ilegal atau akun curian yang didapatkan seperti kejadian saya di Facebook.

5. Chat dengan seller ternyata jual akun bodong tidak ada bukti top up

Saya telah memberi tahu kepada pihak CS Itemku.com bahwa seller toko tersebut tidak memberikan data-data yang lengkap secara jujur dari awal dalam transaksi jual-beli akun Mobile Legends. Saya hanya mendapatkan email dan password saja, tidak ada bukti top up untuk anti hack back. Namun respon mereka sangat lambat, terkadang chat saya dibalas 2 harian.

Saya sangat kecewa karena pihak Itemku tidak melindungi customer-nya dengan baik, melainkan sama saja seperti di Facebook yang memakai jasa freelance rekening bersama abal-abal yang melepas tanggung jawab pembeli pengguna jasanya. Pada akhir percakapan pihak CS Itemku hanya menyalahkan saya, karena pencurian akun akibat kesalahan dari saya. Padahal jika data yang saya miliki diberikan secara jujur lengkap oleh seller Itemku idola para idola, saya dapat mengantisipasi kejadian pencurian akun, yang nantinya bukti top up pertama tersebut akan saya berikan kepada pembeli yang serius membeli akun saya.

6. Pihak Itemku melalui CS mengatakan data yang dibutuhkan sudah diberikan padahal saya hanya diberikan email dan password saja.

Saya cukup kecewa dengan marketplace sekelas Itemku, yang saya tadinya pikir adalah tempat teraman membeli akun game. Pengalaman saya adalah pembelajaran untuk calon pembeli kedepannya akun game serupa untuk menanyakan data-data yang dibutuhkan, agar akun benar-benar anti hack back. Saya menyayangkan alasan penolakan tidak logis menjual akun di lapak Itemku (dengan supplier toko di Itemku). Ternyata terjawab oleh pengalaman akun saya yang dicuri, bahwa tidak ada kepastian yang jelas. Para seller di Itemku menjual akun dari sumber supplier tidak jelas, apakah hasil curian, phishing dan lainnya.

Hamam Nur Mustaqim
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Itemku:
[Total:12    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Menyesal Beli Akun Mobile Legends Anti Hack Back di Itemku, Akun Curian?

    • 11 September 2021 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Karena niatnya mau coba Hero dan skin di game tersebut bukan murni mau main lama dan ada kesempatan yang menjual akun menjadikan hal tersebut sebuah pilihan tersendiri tiap pemain

      2
      4
      • 11 September 2021 - (17:33 WIB)
        Permalink

        ya karna cuma akun beli harus sadar resiko sih.
        kadang y bikin akun sendiri dari nol aja bisa kena hack, apalagi ini cuma akun hasil beli.
        kalo ditanya kapan pertama topup, gua y bikin akun dari nol juga lupa kapan pertama topup.

        • 11 September 2021 - (19:46 WIB)
          Permalink

          Semua game mungkin bisa dihack dan juga bisa kembalikan oleh customer service dan di ML butuh data top up lalu beres bisa pulih kembali. Setiap top up akan tersimpan di email bisa melalui Google play atau codashop. Terima kasih sudah berkomentar 🙏

    • 13 September 2021 - (02:30 WIB)
      Permalink

      Gak paham gk usah banyak bacot

      Org jual beli akun terkadang buat cari duit juga bukan soal main aja

  • 11 September 2021 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Setahu saya jual beli akun bukannya sudah melanggar ketentuan/legalitas hampir semua game ya? Bahkan dulu yg sekelas WoW langsung kena perma ban hammer kalau ketahuan.

    • 11 September 2021 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Kalau benar ilegal harusnya website itemku bagian jualan akun harus ditutup.. bahaya gan.

      3
      2
  • 11 September 2021 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari situs itemku, anti hack back itu email dan sandi yang situ beli aman atau dalam arti setelah situ beli, sandi dan email cuma situ yang tau, pihak itemku/penjual ga bakal lagi ambil alih akun itu. Kalau misal situ niat jual dan membagikan informasinya ke orang lain lagi, itu murni kesalahan sendiri. Yang harus diingat adalah jual/beli akun itu memang resikonya besar, baik pencurian maupun pemblokiran dari pihak game.

    • 11 September 2021 - (11:47 WIB)
      Permalink

      kalau yang saya lihat di situs itemku berikut:

      https://itemku.com/pusat-bantuan/tanya-jawab/artikel/apa-itu-garansi-anti-hackback/360049132811

      tidak ada tulisan email dan password saja. apakah ada link lain?

      jika ada link lain yang menjelaskan email dan password saja , berarti anti hack hanyalah gimmick berlaku 30 hari saja saat garansi selanjutnya bisa saja dicuri lagi oleh penjual karena data top up tidak lengkap.

      Menjual kembali atau tidak adalah 100% keputusan pembeli, di dunia jual beli Mobile legends ada namanya reff dan no reff, kalau no reff artinya bisa saja diambil oleh owner aslinya dan reff itu 100% aman karena ownernya. Saya waktu itu belum paham benar di jual – beli akun ML karena menganggap situs itemku yang berlabel anti hack back adalah ownernya asli yang menjual, sehingga merasa data yang dikasih email dan password sudah lengkap.

  • 11 September 2021 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Nah, dari kronologi, tu akun bukan kena hackback tapi kena tipu. Itu diluar garansi itemku.

    • 11 September 2021 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Saya 1000% akan ikhlas kalau ketipu murni salah dari saya, namun sayangnya saya sudah ditipu (juga) di situs itemku oleh seller mereka. kalau seller toko tersebut menjual akun tidak jelas asal usulnya.

      Bagaimana kalau terjadi dengan orang lain yang bukan akibat ditipu, misalnya hari ke-31 di luar garansi gimmick anti hack back. akun yang udah dibeli orang lain dari seller itemku diambil lagi oleh owner aslinya dan penjual tidak tahu menau? Hanya bukti top up adalah data yang valid dan biasanya ada di email pemilik saat setiap kali top up. Cmiiw

      1
      1
  • 11 September 2021 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Jangan ngelucu bos, anti hack back itu maksudnya akun lo gak akan kena hack back, ga ada ketentuan lo akan dapat bukti transaksi pertama, itu kan akun dari tangan ke tangan, lo juga mau jual akun itu kan? Jadi misal itemku acc dagangan akun lo trus pembelinya minta bukti transaksi pertama lo bisa kasih? Trus lo mau dituduh akun hasil curian? Kocak udah tau akun dari tangan ke tangan, lo yg salah jualan ke penipu malah nyalahin orang, kocak kocak, pemikiran bocil baru lulus SD
    Kalo dibawa ke rana hukum lo bakal kena tuntut pihak itemku karna pencemaran nama baik, jelas2 lo yg salah jual ke penipu, kalo beli diwebsite manapun biasakan baca syarat dan ketentuan, pahami maksud anti hack back itu apa, mereka punya hak kekayaan intelektual (HAKI) punya legalitas hukum kuat, bisa aja lo dituntut nantinya. Apakah ada di syarat dan ketentuannya lo akan mendapatkan bukti transaksi pertama akun?
    Sekali lagi gak usah ngelucu

    4
    2
  • 11 September 2021 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Pertama anak sd juga tahu kalau judul saya itu tanda baca tanda tanya. “Akun curian?” Kalau bukan ya bagus.. Karena banyak penjual akun ml di luar sana pada main curi2an akun.

    Kedua.
    Saya sudah baca yang di Link garansi anti hack back berikut isinya:
    Garansi 100% Anti Hackback adalah jaminan 100% Aman terhindar dari hackback/pencurian akun untuk setiap pembelian akun game maupun entertainment (streaming app dan aplikasi) di itemku dengan label tersebut.

    Garansi akan diberikan selama 30 hari sejak pesanan diterima oleh pembeli.

    Pembeli wajib menginformasikan dengan detail kendala yang dialami dengan akun tersebut, dan berkomunikasi terlebih dahulu dengan penjual melalui fitur yang telah disediakan itemku. Jika penjual dan pembeli tidak menemukan kata sepakat, penjual maupun pembeli berhak untuk menghubungi pihak itemku agar dapat membantu menyelesaikan masalah lebih lanjut.

    Jika ditemukan akun yang dipesan terindikasi hackback dalam masa garansi, pihak itemku akan mengembalikan dana pembeli 100%.

    Pihak itemku tidak dapat memberikan garansi untuk pesanan yang dikeluhkan jika sudah melewati 30 hari dari saat pesanan tersebut diterima pembeli.

    Dan saya sudah melapor ke pihak CS kalau saya butuh data itu saja lalu pihak CS mengatakan : Data yang kamu perlukan sudah dikirimkan oleh penjual ketika hendak mengamankan akun ini. Pada tgl 17 agustus kemarin.

    Sudah ya boss semoga paham maksud saya. Saya ikhlas dicuri kalau memang saya punya data lengkap untuk anti hack back. Lagi pula itu uang nganggur dan hati saya ga plong klo cara dicuri ya seperti ini.

  • 11 September 2021 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Pihak itemku cuma sekedar marketplace semacam toped, jadi kl beli disitu terus akunnya yg dibeli diambilalih lagi sama yang jual maka itemku bisa kasih garansi. Kalau akunnya diambilalih sama orang lain karena kesalahan sendiri(kasih user dan password) ya wasalam.

    • 11 September 2021 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Maaf bang saya jawabannya gini kalau terjadi sama orang lain bagaimana? Hari dimana garansi sudah tidak berlaku.. Semua drama tidak bisa menyelesaikan masalah kecuali bukti top up untuk mengamankan akun tersebut.

      Lalu anehnya saya ditolak jual di itemku menggunakan supplier toko yg saya beli. Padahal penjual tersebut saja boleh jualan.

  • 12 September 2021 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca komentar diatas yang ingin aku tanyain 1 gan. Itemku salah dimana ya??
    Udah ada garansi kan. Aku. Gak diambil alih pembeli kan??
    Salahnya itemku disini apa gan. Ngebiarin seller jualan. Akun curian??
    Ato semuanya pokoknya salah itemku gitu??

    • 12 September 2021 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Salah itemku:
      1. Membela seller padahal dia tidak jujur memberikan data tidak secara lengkap dan di akhir email percakapan cs itemku mengatakan data yang saya perlukan sudah dikirim pada tanggal 17 agustus yang artinya iya mengiyakan bahwa data top Up yang saya cari itu diperbolehkan untuk menjadi syarat jual beli kemarin, tapi saya bodoh tidak tahu kalau ada data tersebut.

      Akibat dari ini menjadi tanda tanya besar cuma email dan password bisa dijual di itemku lalu setelah hari ke 31 bagaimana nasibnya? Saya juga menemukan pengalaman yang serupa bedanya dia tidak dicuri:

      https://m.kaskus.co.id/thread/6075b4914fbaf055143dff81/itemku-platform-jebol-jangan-beli-akun-genshin-impact-diitemku-ga-aman/?ref=postlist-747&med=more_like_this

      2. Menolak menjual lapak di itemku menggunakan supplier itemku sedangkan penjual tersebut dapat menjual dengan akun yang saya beli. Ini menjadi pertanyaan karena saya yang beli di website marketplace merasa supplier saya jelas dan nyata ada bukti pembelian, sedangkan penjual tersebut tidak jelas dapat dari mana bisa saja bohong, hasil tidak baik seperti yang kejadian saya di facebook. Kalau saya kan nyata ada bukti pembelian, link supplier tapi tetap ditolak itemku.

      Saya bermaksud memposting ini untuk menjadi pelajaran kalau mau beli dipastikan datanya hanya email dan password saja untuk anti hack back? Karena itemku tidak tau menau soal data yang dikasih penjual.

      Terima kasih

      • 12 September 2021 - (09:11 WIB)
        Permalink

        Dan saya menolak komplain karena dicuri itu tidak benar.

        Jika akun saya tidak dicuri, tetapi terdapat bagian data yang penting harus dimiliki mengapa tidak boleh diminta?

        Jika akun saya tidak dicuri, tetapi owner aslinya memainkan akun tersebut setelah 31 hari apakah ada jaminan?

        Jika akun saya tidak dicuri saat itu, lalu penjual ternyata nakal ingin mengambil alih akun tersebut setelah 31 hari melalui laporan CS game Mobile legends dengan bukti top up apakah ada jaminan?

        Saya males banget nulis panjang2, tetapi ini adalah keresahan pengalaman saya untuk jadi pelajaran dan mungkin bisa jadi perbaikan sistem oleh pihak itemku.

        Saya ikhlas 1000% kalau kejadian saat jual beli kemarin tidak ditipu seller dengan memberikan data yang lengkap.

        • 12 September 2021 - (11:56 WIB)
          Permalink

          Anda dikasih email dan pass kan. Kenapa nggak ngecek di emailnya historyy top upnya. Anda kan yang bilang sendiri kalo bisa di cek di email.
          Cs itemku sudah memastikan seller sudah mengirim akunnya. Disini kewajiban itemku cuman nyuruh pembeli ngubah pass ato yang lain sesuai saran itemku agat si penjual nggak bisa ngambil alih akun yang dijualnya.
          Penjual nggak ngasih tau bukti top up pertama ada 2 kemungkinan. 1) dia lupa. 2) dilupakan agar pembeli percaya kalo akunnya gak bisa di ambil llagi sama penjual.
          Disini kenapa nggak bisa jual akun tersebut di itemku. WHO KNOW??
          Hanya itemku saja yang tau. Tanyain baik baik csnya biasanya kalo ditanya baik baik cs juga dengan ramah menjelaskan kenapa begitu

          • 12 September 2021 - (19:39 WIB)
            Permalink

            Email dan password itu untuk login game bukan melihat inbox.

            Lalu saya sudah bilang saya bodoh baru tau top up2an saat akun tidak sama saya.

            CS itemku memang memastikan sudah mengirim akunnya tapi tidak mengerti dunia game ml ternyata bisa di jebol lagi melalui cs game ml dengan menggunakan bukti top up.

            Lalu penjual bilang tidak ada bukti top up bukan karena lupa atau gamau inget haduh itu bukan akun milik pribadi dia.

            Saya sebelumnya sudah baik2 ramah chat cs mengapa ditolak sampai stress sendiri.. Jangan suudzon sama saya bang

      • 12 September 2021 - (12:01 WIB)
        Permalink

        Satu lagi adakah orang yang dengan mudahnya ngasih tau dimana dia beli barangnya??
        Ada tapi dikit bahkan nyaris nggak ada. Kenapa. Karena kalo banyak yang tau jualannya gak laku. Tolong gan kalo nyampaiin pendapat nggak usah sambil marah marah + nyalahin orang llain. Kita disini semua pernah ngalamin nasib yang serupa sama agan. Makanya ada namanya media konsumen. Nggak semua marketplace salah. Nggak semua seller salah. Nggak semua pembeli pun salah. Harus ada salah satu yang mengalah biar ada yang namanya penyelesaian gan

        • 12 September 2021 - (19:45 WIB)
          Permalink

          Lho saya membuktikan ada cela di itemku kalau masih bisa ditipu / kelemahan sistem anti hack yang garansinya cuma 30 hari.

          Kalau akun dicuri fesbuk memang salah saya.
          Tapi kalau transaksi di itemku cuma dapet email dan password karena tidak memberikan data lengkap secara jujur dan sudah lapor cs, tapi cs mengatakan sudah memberi data yg dibutuhkan (termasuk top up yg saya cari) padahal seller tidak ada berarti salah itemku.

          • 12 September 2021 - (20:31 WIB)
            Permalink

            Login pakek akun monton??
            Nggak minta akun emailnya juga??
            Jelasin sini caranya penjual nggak ngambil alih akun tanpa ngasih emailnya.

  • 12 September 2021 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Lucu bos q…akun sudah dibeli hbs itu dijual lagi karna kena tipu akibat kesalahan sendiri nyalahin market dan supliyer…alasan ga ada bukti top up pertama sehingga akun ga bisa balik lagi…klo sudah di pakai mobile lagendnya kan artinya akunnya valid bisa di maenkan…klo garansi 30 hari uang kembali dan setelahnya ga ada garansi lu sebagai pembeli harus tau dan ngerti akun itu bisa direset lewat email….jadi klo lu sudah dapat email sama pass googllenya jg dan apa lagi sandi dan pass google sama dengan yg di ml ya otomatis bisa ke hack..harusnya lu ganti sandi email dan ml supaya ga kena hack ganti jg nohp pemulihan biar email ga bisa dipulihkan lagi…ini murni kesalahan lo akun kok beli malu sama bocil ….wkwk

    • 12 September 2021 - (19:50 WIB)
      Permalink

      Lah balik lagi kambing hitamnya akun kena curi di fesbuk.
      susah sama orang indo gagal paham bacaan panjang. Jelas jelas yang di permasalahannya adalah sudah ditipu dari awal transaksi di itemku karena seller tidak memberikan data lengkap secara jujur.
      Itu akun email dan password bukan untuk inbox tapi cuma login game asal lo tau

  • 12 September 2021 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Pakai logika… Kalau situ tau riwayat pembelian pertama, situ yg bs lebih untung… Bs dgn mudah menipu orng d fb… Situ yg bs jual tu akun trus hb lagi … gitu sj strusnya… Lgian tulisan antihackbavk d situ khusus unk pembeli dan seller… Situ menjual lg berati garansi antihackback ilang… LAGIAN TULISAN ANTIHAVKBACK NYA KAN UNTUK PEMBELI PERTAMA DAN SELLER DI TOKO TERSEBUT…

    • 12 September 2021 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Ga bang saya orangnya jujur kalau saya bohong dari awal saya bilang aja akun saya diambil owner asli lebih mudah nulisnya ga panjang2.

      Masa garansi memang buat saya dan seller sebelum habis masa garansi unfortunately sudah tidak ada di tangan saya. Coba kejadiannya saya masih pegang akun sampai masa garansi habis belum ada jaminan akun masih di saya ya.

      Ga bisa lapor cs juga kalau sudah hari ke 31

  • 12 September 2021 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Lah lah malah nyalahin itemku???? Situ gak tau sistem anti hack back, akun dah diterima ditangan lu trus jual di FB kena tipu eh salahin itemku karena sistem anti hack back, tol oo

  • 13 September 2021 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Saya sih nggak main mobile legend , tapi setau saya hampir semua game online melarang penjualan akun /memindah tangankan akun kepada pihak lain , coba saja dibaca terms of service nya masin masing penyedia layanan ,
    Apalagi untuk transaksi akun game biasanya juga diikuti dengan penyerahan email atau akun fb yang terkait dengan akun game tersebut (dalam hal ini jelas juga melanggar kebijakan dari fb ataupun penyedia jasa emailnya)
    Jadi lucu saja jika mau bahas aspek hukumnya tapi perbuatan dari awalnya saja sudah melanggar ketentuan yang berlaku 😆

 Apa Komentar Anda mengenai Itemku?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Menyesal Beli Akun Mobile Legends Anti Hack Back di Itemku, Akun Curia…

oleh Hamam dibaca dalam: 3 menit
30