Surat Pembaca

Tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater Sudah Dibayar Lunas, Tapi Kontak Masih Diteror

Saya menunggak pembayaran tagihan Shopee SPinjam dan SPayLater selama 2 bulan. Lalu saya tanya ke DC-nya berapa tagihan saya (untuk saya bayar lunas semua) ternyata dapat keringanan. Akhirnya pada tanggal 1 September 2021 saya bayar, dan akan tertera lunas di aplikasi dengan menunggu maksimal 7 hari kerja (berarti tanggal 8/9 September 2021).

Akan tetapi, pada hari Minggu serta tanggal 12 dan 13 September 2021, DC Shopee menelepon kontak saya yang bukan kontak darurat, untuk mencari saya mengenai tunggakan saya. Saya kan udah bayar sampai lunas ya? Kenapa begini?

Kalau memang keterangan lunas di aplikasi membutuhkan waktu yang lebih lama lagi dari maksimal 7 hari, kan bisa data saya di-hold dulu agar tidak terjadi penagihan lagi. Masa sekelas Shopee begini sih? Mana saya lapor ke Shopee, masih disuruh menunggu 5 hari.

Inayatul Aliyah
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Maaf Bu, kuat dugaan Anda itu kena tipu DC. Betul, tugas DC itu menagih kepada costumer yang menunggak pembayaran, tapi pembayarannya tetap sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan dalam aplikasi. Termasuk keringanan pembayaran harus ada persetujuan dari aplikasi, bukan dari DC. Dan, hati-hati terhadap DC palsu yang menyamar.

    Ahda gak perlu ngeyel mencari pembenaran, itu kan menurut Anda, faktanya tunggakan SPaylater dan SPinjam Anda di Shopee gak berkurang dan DC masih terus menagih bukan? Itu fakta tak terbantahkan yang anda tuliskan disini. Anda telah melakukan kekeliruan yang fatal, pinginnya dapat keringanan justru Anda kehilangan uang pembayaran jutaan rupiah.

    Jika boleh usul, coba konfirmasi kepada Shopee, apakah benar itu DC dari SPaylater dan SPinjam? Apakah benar itu DC dari SPaylater dan SPinjam? Tapi jika anda tidak tahu tentang DC itu, bagaimana Anda mengatakan itu DC SPaylater dan SPinjam? Jalan terakhir, laporkan DC itu ke pihak berwajib.

    Jika itu sebuah penipuan dari DC dengan mencatut SPaylater dan SPinjam, berarti kewajiban Anda dengan SPaylater dan SPinjam belum selesai, dan anda akan terus ditagih untuk menyelesaikan hutang Anda yang sudah macet itu.

    Bersabar ya Bu, DC yang menipu Anda tidak akan tenang hidupnya.

    • bisa ya pak emgnya lapor ke pihak berwajib kalo nilai kecil kaya gitu?
      shopee belum kasih tanggepan sih pak smpe skrg. jadi saya tunggu jawaban dia dulu deh.

      • Tunggu aja, itu VA resmi kok. Saya cek barusan juga tagihan telah terbayar, jadi udah beres sepertinya.

        • Misalkan tagihan anda cuma 1.998.000 , trus besoknya di sms oleh DC suruh bayar 2 Juta,

          Anda bertanya,

          Anda : Pak kenapa naik lagi tagihannya, kan kemarin cuma 1.998.000

          DC : Iya itu di Bulatin saja, biar di aplikasi/programnya cepat TerProses Pak. Lagian cuma beda 2 ribu aja kok pak.

          Apakah anda yakin DC itu adalah DC asli yang menagih sesuai Tagihan Sistem ?

          Foto Screenshot Pertama itu adalah Tanda tanda memang ini Penipuan.

          • tapi di foto bukti struk pembayaran atm tercetak produk sebagai spinjam/spaylater ? gimana menurut analisa anda gan?

          • @Warsiti

            Yang penting di perhatikan adalah 5 angka didepan kode VA itu, Apakah 5 angka itu persis seperti kode VA pada Pembayaran Pembayaran sebelumnya ?

            Kalo kita liat disini kode VA nya 12308*********** , Apakah awalan kelima angka itu sama seperti pada Pembayaran sebelumnya ?

            Mengenai tampilan SPaylater yang tertera di struk itu, penipu sengaja mengisi itu pada Nama Produk. Bukan Nama Perusahaan. Sehingga VA membacanya bahwa itu Nama Produk. Bisa saja Penipu menulis nama produknya seperti ini,

            SPaylater 001

            Walaupun di ujung ada angka 001, itu tidak bakalan tampil di Struknya.

      • Tenang, itu nomor virtual accountnya spinjam san spaylater kok. Cuma anda dapat nomor virtual tersebut dari aplikasi shopee atau dari DC.
        Kalau dr aplikasi shopee pasti aman.

        Kalau dr DC belum tentu aman, tapi karena uang masuknya ke spinj dan spaylater. Masih bisa di urus.

        Tenang ajah

      • Kalau transfer pembayaran via VA, apakah itu pembayaran Shopee atau pembayaran lainnya, nomor VA adalah "kode + nomor hp sendiri". Jika nomor hp orang lain jelas itu salah.

        Keterangan DC (penipu) itu tidak benar, masa untuk update keterangan lunas di aplikasi membutuhkan waktu sampai 7 hari? Biasanya begitu dibayar langsung terupdate di aplikasi, gak butuh waktu sampai 7 hari.

        Lain kali, jangan mudah percaya dengan keringanan yang dikatakan DC, dan jangan pernah mengikuti arahan DC dalam urusan mekanisme pembayaran. Bayar aja sesuai mekanisme yang ada di aplikasi, jangan mau kalo disuruh bayar ke nomor VA dia.

        Kata-kata DC penipu diatas, untuk keterangan lunas butuh waktu sampai 7 hari, itu adalah cara penipu supaya Anda tenang sampai 7 hari, dan si DC penipu juga pingin tenang udah dapat uang pembayaran dari Anda jutaan rupiah.

        Soal uang, jangan pernah percaya kepada siapapun, yang baik bisa berubah jadi jahat karena uang!

  • Maaf kalau ada komentarnya isdebe☹️ itu anak saya yang baru lepas dari RSJ bulan kemarin karena stress dipecat dari kerjaan.

    • Owalah... Masa sih..? ?
      Dari komentar²nya *isdebe* bagus & berbobot koq, ga kayak habis keluar dari RSJ ??

    • Ya ampun Bu, saya malah mikirnya @isdebe itu septic tank Ibu luber belum disedot makanya luber keman-mana hehehe

      • Mba aku juga lagi ada dimasalah yang sama. Spinjam dan spaylater kan sama orang adminnya aja nulis di bio (spinjam/spaylater). Saya akui salah karna nunggak, dari awal ditagih saya selalu ditagih spinjam. Saya diberi potongan keringanan 50% lalu saya bayar, setelah lunas tiba tiba saya di spam ditagih spaylater. Padahal saya ga punya fitur paylater, tapi dia kirim data base kalo saya ada tunggakan di datanya dia. Padahal di aplikasi saya aja ga ada. Saya udah hubungin admin shopee yang di aplikasinya saya tanya, adminnya bilang itu nomer palsu, dan ga mungkin ada tagihan kalau fiturnya aja ga ada. Bagusnya aplikasinya masih bisa dibuka jadi bukti kalo emang di aplikasi saya ga ada fitur paylater. Saya udah ga akan pake shopee kecewa sama pelayanan dan sop penagihan ga jelas.

  • Itu udah bener VA nya dan atas nama yg keluar sdh sesuai username user shopee bukan atas nama org lain/PT (tagihan Pinjol harus a/n yg bersangkutan yg ngutang) saya lurusin sbg mantan DC, DC emg bisa ngasih wewenang potongan/membuletkan tagihan kek gitu apalagi udh keterlambatan satu bulan lebih
    Berlaku buat aplikasi pinjol ojk lainnya, telat sebulan dc bs ngasih wewenang potongan sampai ke byr pokoknya saja dgn syarat tapi

  • Saya komen sebagai pengguna SPaylater juga, yg namanya tagihan bayarnya ya lewat aplikasi shopee tersebut ya kak, bahkan di situ banyak pilihan mau bayar lewat mana, lewat m-banking sampai Indomaret/Alfamart bisa kok. Jangan percaya kalau ada wa masuk mengatasnamakan shopee / cs. Biasanya kalau saya waktunya bayar itu dapat SMS / email dari shopee bukan wa. Itu pun hanya pengingat bukan untuk membayar di luar aplikasi. Semoga ke depan bisa jadi pembelajaran dan biasakan untuk legowo dalam menerima kritik dan saran. ?

  • Ngutang di shoope bayar ke DC ya udah kena tipu cuma gara gara iming iming ngasih keringanan. Orang nipu kan biar cepat kirim transfer.

  • harusny isi aj shopee pay ny..jd pmbayaran ny lngsung d potong dr shopee pay..
    Sejauh make spinjam n spaylater sllu gtu..biar aman aj