Sinyal WiFi IndiHome Terganggu oleh ISP Reseller Ilegal

Yth. Pimpinan IndiHome wilayah maupun pusat,

Saya bertempat tinggal di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera, Gunung Polo, Argorejo, Sedayu, Bantul-D.I. Yogyakarta, ingin melaporkan adanya tindakan ilegal penjualan kembali produk layanan IndiHome berupa internet RT/RW.

Saya menjadi pelanggan IndiHome sudah lebih dari 5 tahun, mulai saat saya kuliah. Pada tahun 2016 saat saya memasang IndiHome di tempat tersebut, tidak ada masalah. Namun seiring waktu, ada oknum yang mulai memasang banyak akses poin secara ilegal, dengan menarik kabel dari rumahnya. Bahkan beberapa rumah pelanggannya dijadikan titik akses WAN untuk menjangkau pelanggan yang lebih jauh.

Di blok saya ada 2 orang pelanggan resmi IndiHome, saya dan saudara saya. Karena internet saya sering lambat dan packet loss, saya coba laporkan ke pihak IndiHome melalui platform yang ada. Beberapa kali teknisi datang untuk melakukan pengecekan, mulai dari terminal, kabel dan penggantian router. Namun hasilnya sama saja.

Kemudian saya cek channel frekuensi dengan frekuensi analyzer, karena hanya wifi saya yang mengalami gangguan (internet yang terhubung dengan kabel di komputer cukup stabil). Ternyata benar, channel frekuensi 2.4 GHz penuh dengan akses poin, yang saya yakin tidak berlangganan IndiHome.

Lalu saya melaporkan hal ini melalui aduan twitter IndiHome pada tanggal 4 September 2021 dan dijawab akan dibantu untuk meneruskan laporan tersebut ke pihak WITEL setempat. Namun sampai pada hari ini tanggal 23 September 2021, belum ada tindakan nyata yang dilakukan pihak IndiHome.

Hal ini tentunya harus dengan serius ditanggapi, karena selain pelanggaran kontrak terhadap layanan IndiHome, juga terjadi pelanggaran dalam regulasi pelaksanaan penggunaan frekuensi 2.4 GHz dan pemasangan akses poin yang merugikan keseluruhan pengguna IndiHome di wilayah tersebut.

Saya mohon dengan segera pihak IndiHome bisa memberi tindakan dan solusi untuk kebaikan bersama.

Hormat saya,

Giovanni Aldy
Bantul, DIY


Catatan redaksi (diperbarui 30/9/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Telkom atas surat Bapak Giovanni Aldy

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Bapak Giovanni Aldy pada tanggal 29 September...
Baca Selengkapnya

120 komentar untuk “Sinyal WiFi IndiHome Terganggu oleh ISP Reseller Ilegal

  • 30 September 2021 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Coba konsultasi dulu ke yang ngerti jaringan yah..
    jangan baru tau dikit uda ngerasa paling bener.. giliran dikasi tau jawabannya “terserah jenengan”..

  • 30 September 2021 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Sekarang memang ada internet RW yg masuk2 ke gang gang dan ada jual vocernya. Itu legal agar masyarakat yg gak bisa langganan bisa beli ketengan. Itu memang providernya indihome jg. Soal overlapping memang terjadi dan alhasil wifi speednya lebih rendah dari kabel LAN. Untuk mencegah channel diatur auto aja dan kadang harus restart routernya. Mau gimana lagi skrg hampir setiap rumah punya wifi ditambah wifi RW. Trus daya pemancar wifi diatur jgn terlalu tinggi.

  • 30 September 2021 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Minta ganti modem ke telkom, siapa tau faktor wireless/pemancar di modem sudah lemah. Atau beli aja di tokped ap yg support 5,8ghz…

  • 30 September 2021 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Ko kesannya banyak yang membela reseller ilegal dengan alasan cari makan ya?
    Next kalau ada pejabat korupsi ga usah marah2 ya.. lah wong praktek curang udah mendarah daging dari rakyat jelata sampai pejabat negara ko..
    Saran aja, kalau ada pemahaman tekhnikal yang salah dari TS ya diluruskan dan didiskusikan aja biar paham & dicari jalan keluar, tapi soal praktek ilegal tetaplah ilegal. Titik!

    • 30 September 2021 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Eaaa..kami cma pingin iternet murah untuk rakyat.sekarang lo coba jelasin hukumnya jual bensin eceran…da wa yakik lu juga pernah beli eceran kan…artinya…wkwkkw

    • 7 Oktober 2021 - (05:53 WIB)
      Permalink

      Beneran illegal ato bukan, sekarang dah banyak isp2 yg jualan bandwith.
      Ya kalo memang illegal laporin aja. Nanti juga diputus indhihomenya.. mereka tinggal ganti isp lain.. dan tetep pakai AP yg sama. Yg di protes si TS kan tetangganya pakai AP 2.4 yg ganggu AP dirumahnya.. jadi gk ada hubunganya sama sumber internetnya. Permasalahya semua orang bebas pakai freq 2.4 ??

  • 30 September 2021 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Ts langganan indominya yg 10 bungkus ya..mau cepet kalo pakai indomi beli yg 100 bungkus jamin wusss dan kenyang..wkwkk

  • 30 September 2021 - (20:30 WIB)
    Permalink

    daerah ane juga banyak rt rw net begini, selama ga ganggu jaringan ane dsb ane sih ga masalah, tapi kalo ada orang yg sirik dan nge ganggu jaringan ane baru ane laporin satu”.

  • 1 Oktober 2021 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Akar masalahnya saja sudah salah perihal dugaan lemot = frekuensi padat.
    Interferensi gak signifikan terjadi, karena router anda di dalam rumah dan router punya orang lain di luar rumah anda.

    Lemot = banyak yg pakai, trafic background HP, ISP gangguan, kemarin ada kabel jasuka putus, dll. Harus dianalisa dan diselidiki kalau pengen tau teknisnya.

  • 1 Oktober 2021 - (01:38 WIB)
    Permalink

    TS nggak paham 2.4Ghz dan 5.8Ghz milik siapa itu bebas pakai siapa aja.
    Kok malah ngadunya ke Indihome, ngadunya ke Balmon bro.

  • 1 Oktober 2021 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Jaringan 2.4 ghz dan 5 ghz itu domain oublic jadi indihome tidak berhak mengatur.
    ditambah lagi indihome juga jualan wifi.id di jaringan yg sama.
    Belum tentu seperti yg anda bilang itu isp illegal karna provider telpon juga menggunakan freq yg sama untuk back up connection.
    kalo masalahnya di bandwith yg dijual tentunya yg dialami penurunan kecepatan internet dan seperti pernyataan anda sendiri tidak ada masalah dengan service kabel.

    solusi masalah anda itu anda harus beli mesh wifi untuk bisa menjangkau seluruh area yg kehendaki.
    router wifi dari indihome itu router low cost yg memang tidak punya daya pancar yg kuat jadi tidak realistis berharap hanya pada router itu.

  • 1 Oktober 2021 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Wah menarik juga yah. didaerah saya juga banyak sinyal wifi hampir 60 ap dalam 500meter. tpi saya disini, pakai indihome aman² saja.
    coba minta ke pihak telkomnya router yang 5ghz, nego aja dulu sama telkom setempat ✌️

  • 1 Oktober 2021 - (08:52 WIB)
    Permalink

    “Jauhilah olehmu sifat dengki atau iri hati karena sesungguhnya dengki itu memakan amal kebaikan seperti api memakan kayu bakar.”

  • 1 Oktober 2021 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Yang bermasalah siapa, yang di tuduh siapa, hahaa..
    padahal ktanya udah di cek teknisi indihome jg, harusnya disampaikan ke mereka langsung yg lebih paham, bukan berargumen sendiri.

  • 2 Oktober 2021 - (02:49 WIB)
    Permalink

    Hadeeeeh…. Kok kayaknya kenal sama foto rumah ini, beliau pakai isp lain bro, bukan indihome..
    Saran aja, coba lebih dalam belajar di jaringan, baca tulisan sampeyan aja nahan ketawa…

  • 2 Oktober 2021 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Dr yg saya pahami, keluhan anda hanya masalah teknis diluar tanggung jawab pihak indihome.
    Indihome secara teknis nya hanya sampai modem yg digunakan konsumen aktif dan layanan yg diterima sesuai yg dibeli.
    Kalau masalah gangguan kecepatan dr wifi yg diterima perangkat, perlu diperhatikan dr AP sama Client nya. Kalau dr AP nya kurang bagus apalagi pake wifi bawaan modem udah pasti lemah, wifi bawaan modem tidak rekomendasi langsung dipakai terutama modem standar indiehome.
    Secara teknis wifi modem bawaan hanya formalitas aja, asal ada. Kualitas nya diragukan. Terutama area kota padat pasti banyak wifi wifi berkeliaran, rekomendasi AP anda harus berkualitas buat mengurangi gangguan yg di terima client.

  • 4 Oktober 2021 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Intinya klo indihome bisa kasih solusi pas di laporan awal ga akan begini jadinya cuma karna ada statemen “Beberapa kali teknisi datang untuk melakukan pengecekan, mulai dari terminal, kabel dan penggantian router. Namun hasilnya sama saja.” yah jadi panjang urusannya di sini

  • 15 Juni 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Kalo beritanya gini, mau isp resmi pun harusnya akan tetap tetap mengganggu, karena meu ilegal atau nggak pake jalur frequency yang sama, misalhan kalo i*****m* isp resmi dan ada isp resmi lainnya harusnya tetep terganggu, kecuali kalo frequency itu bisa pilih pilih mana yang ilegal mana yang enggak. Toh frequency itu hukum alam

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 120 komentar sampai saat ini..

Sinyal WiFi IndiHome Terganggu oleh ISP Reseller Ilegal

oleh Giovanni dibaca dalam: 1 menit
120