Surat Pembaca

Haagen-Dazs Plaza Indonesia dan Driver GoSend Tidak Profesional

Berikut kronologi pengalaman yang saya:

  1. Saya melakukan pembelian di aplikasi Blibli pada tanggal 16 Agustus 2021.
  2. Dilakukan pengiriman barang pada tanggal 20 Agustus 2021, berupa 6 pint ice cream Haagen-Dazs Plaza Indonesia, tanpa adanya komunikasi ataupun konfirmasi dengan pembeli.
  3. Driver Gojek/Gosend tidak melakukan konfirmasi dengan pembeli dan menitipkan kepada tempat penitipan.
  4. Pembeli baru mengetahui bahwa ada pengiriman dan sudah terjadi pada tanggal 21 Agustus 2021 tengah malam.
  5. Produk 6 pint ice cream sudah rusak, karena tidak ada AC / kulkas di tempat penitipan barang.
package belum pernah di buka

Yang sudah pembeli lakukan:

  1. Komplain ke Blibli untuk refund / pergantian produk. Status ditolak, karena asuransi Gojek menolak dengan alasan barang cepat rusak.
  2. Menghubungi Haagen-Dazs baik melalui chat aplikasi Blibli, Instagram, whatsapp. Namun tidak ada tanggapan positif.
  3. Menghubungi CEO Haagen-Dazs melalui instagram (mengatakan Blibli sudah memberikan kompensasi IDR 50.000), sesudah itu tidak ada komunikasi lebih lanjut.

Kesalahan ini semua karena SOP Haagen-dazs dan driver Gojek/GoSend yang tidak professional, Makanan ice cream yang mudah rusak, tanpa menghubungi pembeli langsung main diserahkan kepada pihak lain.

Haagen-dazs dan driver Gojek tidak mau bertanggung jawab, atau lepas tanggung jawab begitu saja, yang harus menanggung rugi adalah pembeli. Hello, 6 pint ice Haagen-dazs itu berapa duit? Pembeli dalam hal ini apakah salah? Komunikasi apakah dilakukan oleh pihak penjual dan pengirim? Kerugian materi dan waktu ini membuat pembeli stress.

Regards,

Sugianto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mohon maaf sekali lg, disini saya berkomentar bknlah dgn pemahaman saya sendiri tetapi sesuai dgn tata cara yg berlaku utk transaksi di e-commerce dan pengiriman instant. Saya jg sering bertransaksi di e-commerce jd sedikit bnyk saya tau dan mengerti tentang tata cara bertransaksi di e-commerce yg bnr. Saya tdk menekankan anda hrs 24 jam memantau orderan anda tp secara naluri pasti akan ada keinginan utk mengetahui sdh sampai ditahapan apa orderan anda jd pastinya anda akan tergerak utk sesekali mengecek status dr orderan anda tsb, sama seperti halnya saya yg jg akan seperti itu lagipula anda pasti akan mendapatkan notif entah itu dr app ataupun email jikalau barang orderan anda akan dikirimkan (setiap e-commerce pasti mengirimkan notif tsb), mungkin anda mengabaikan notif tsb karena saking sibuknya anda. Anda menekankan gimana klo pihak penitipan barangnya tdk mau menerima, dgn alasan apa pihak penitipan barangnya itu menolak sedangkan utk alamat dan nama penerimanya sdh sesuai dan bnr? dan anda jg menekankan klo barangnya itu hrsnya diterima oleh si penerimanya sendiri bknnya dititipkan ke orang lain kecuali ada note nya, disini saya tekankan lg klo utk di apartemen2 itu setiap paketan hanya sampai dipihak security ataupun receptionist nya saja (dititipkan kepihak security ataupun receptionist) jd ya wajarlah klo tdk langsung sampai ke tangan penerimanya sendiri. Klo anda tinggal diperumahan pun jikalau anda tdk berada dirmh ataupun rmh dlm keadaan tdk ada orang dan jg tdk ada org disekitar yg bs utk dititipkan pastilah paketan tsb hanya akan ditaruh diteras ataupun pagar rmh anda dgn keterangan distatusnya klo barang diletakkan di teras atau pagar rmh. Maaf saya tdk bs membalas balasan postingan anda diatas karena link ataupun icon utk membalasnya sdh tdk tersedia.

    • saya tekankan sekali lagi, dan tolong di pahami sekali lagi bukan dengan asumsi anda sendiri.

      KEBIJAKAN di tempat saya : untuk barang konsumsi (Food & Beverages), HARUS dengan konfirmasi dan persetujuan pembeli. sekali lagi HARUS. pesan makanan pun pihak security tidak mau menerima, sehingga penghuni harus turun ke bawah ambil.

      karena kejadian Haagendazs ini, semua security di sini sudah terkena teguran KERAS. Jangan memaksakan peraturan yang hanya anda ketahui. sekali lagi di sini saya mengatakan pihak penjual dan pengirim tidak PROFESSIONAL sesuai dengan article saya.

      saya TEKANKAN sekali lagi, melalui aplikasi saya check pada tanggal 17-18 August 2021 saya check aplikasi blibli product baru akan di kirimkan pada tanggal 24 august 2021. APAKAH SAYA HARUS PERHATIKAN TERUS ?

      barang di taruh ala sekedarnya apalagi FOOD&BEVERAGES, artinya sesuai article saya TIDAK PROFESSIONAL.

      dan anda mengatakan saya out of topic ? hello, anda sehat ?

      terima kasih atas pemikiran anda yang wow.

      • PO tgl 16 Agustus akan di kirim kan tanggal 20-21 Agustus dan PO tgl 17 Agustus akan di kirim kan tanggal 25-26 Agustus. Perasaan sudah tertera TnC ini. Atau mungkin bapak liat yang TnC buat area Medan PO tgl 16 akan di kirim kan tanggal 24-25 dan PO tgl 17 di kirim kan tanggal 26-27. Coba bapak cek lagi.

      • Klo peraturan di apartemen anda ya mana saya tahu, begtu jg dgn pihak penjual dan driver GO-SEND nya mana mereka tau jg dgn peraturan di apartemen anda, yg mengetahui itu ya anda jd seharusnya anda lah yg lbh memberikan perhatian penuh dgn barang pesanan anda sendiri. Semua pihak anda salahkan dan anda merasa anda benar sendiri, knp itu pihak RS nya ga sekalian anda salahkan jg karena telah menyita waktu anda dr pagi hingga siang hari sehingga anda jd tdk tahu klo barang pesanan anda akan dikirimkan pd hari itu?!! Salahkan saja semua pihak, benarkan diri anda sendiri, toh anda lah sang boss nya.. Lain kali mending beli langsung ke tempatnya aja pak jgn beli online biar anda mendapatkan barang sesuai dgn kondisi yg anda inginkan. Lagipula repot amat birokrasi di apartemen anda, sdh mengharuskan barang dititipkan tp tdk mau memberitahukan kpd pihak penghuninya klo ada paketan utknya. Terakhir dr saya jikalau memang anda itu benar knp dr pihak blibli, penjual maupun GO-JEK nya tdk mau memberikan ganti rugi penuh kpd anda?!!! Itu karena sdh jelas mereka menggangap kesalahan ada pd diri anda sendiri. Sadari lah itu pak, jgn memaksakan anda yg benar dan yg paling benar. Anda hanya menginginkan semuanya berjalan dgn SOP anda sendiri dmn pihak penjual dan driver GO-JEK nya hrs menghubungi anda terlebih dahulu disaat akan mengirimkan barangnya sehingga anda sampai mencap mereka tdk profesional, sedangkan anda tdk mau mengikuti SOP dari pihak e-commerce nya, apalah arti SOP anda sebagai pembeli, anda sebagai pembeli lah yg hrs mengikuti SOP dr e-commerce nya, penjualnya dan pengirim paketnya. Ya saya bs memaklumi itu karena memang begitulah adabnya org2 kaya apalagi yg tinggalnya di apartemen, sdh merasa seperti raja aja yg kemaunnya hrs dituruti. Sekian dr saya.

      • Ini masalah sudah selesai belom sih? Kok jadi seru ya?

        1) kalau fnb harus pemilik nya turun dan terima sendiri, lah ente kan di RS. Jadi grab harus nungguin ente pulang?
        2) kalau ada penghuni di unit ente, kenapa si satpam gak telp ke unit ente, agar penghuni di unit ente turun dan terima itu barang. Jadi satpam ente gak jalanin SOP, dimana SOP kalau FnB WAJIB penerima yg harus terima. Ajukan pemecatan itu satpam aja ke pengelola apartemen ente.

        3) jika ente di unit waktu itu. Ente pasti terima barang dalam kondisi baik kan? Jadi poin nomer brp lah itu gak berlaku kan? Karena ente di RS, jadi pas terima barang nya rusak. Lalu pakai pasal di poin tsb. Otak ente dimana??

        • Hi Pak Stevan,

          Komentar anda mencerminkan kepribadian dan karakter anda.
          Anda bertindak sebagai driver? penjual? atau apa?
          Sudah membaca kronologi article dengan jelas dan benar?
          Siapa yang melakukan pemesanan driver tanpa konfirmasi dengan penjual ? HAAGENDAZS.
          Siapa yang memberikan barang kepada penitipan ? Driver gojek (perhatikan jam dia pick up hingga penyerahan barang).

          anda mengatakan saya tidak punya otak ?
          baru kemarin saya membeli puzzle di tokopedia menggunakan instant courier tanpa ada note apapun. Driver gojek langsung menghubungi ke mobile phone saya saat sampai. pengiriman ini tidak makan waktu berhari hari, langsung dikirimkan saat itu juga. Tidak ada hubungannya dengan security.

          Begitupun juga setiap order Food, pengirim pasti menghubungi saya. PASTI. kecuali case haagendazs ini.

          Apakah masalah beres ? hingga sekarang haagendazs dan gojek tidak pernah menghubungi saya dari awal case hingga akhir. KENAPA ? yah tidak professional. itu saja. hanya blibli yang berusaha untuk solve. sekali lagi HAAGENDAZS & GOJEK LEPAS TANGAN dan LEPAS TANGGUNG JAWAB. padahal kesalahan di mereka bukan di blibli.

          OTAK ? mungkin otak dan attitude anda yang bermasalah. hello ? anda beres ? anda siapa dengan judgement pribadi anda ? dari awal hingga sekarang comment anda mencerminkan karakter dan kepribadian anda yang bermasalah.

          Regards

          • Bp.sugianto sudah baca komen saya belum. Kalau bp. Melakukan PO di Blibli x Haagendasz pada tgl 16 sesuai screenshot bapak,itu akan di kirim kan di tgl 20-21 Agustus. Dan apa bp. Sudah benar membaca TnC yg tertera. Di IG Haagendasz dan feed Blibli sudah tertera jelas. Kenapa bp.menyalah kan penjual dan gosend karena mengirim kan di tgl 20. Bukan kah itu sudah tertera di TnC. Apa bapak sudah membaca nya.

          • Saya jelaskan lagi ya bp.Sugianto. Untuk program independence day Haagendasz x Blibli. Untuk PO area Jawa dan Makassar tgl 16 Agustus akan di kirim kurir online pada tgl 20-21Agustus dan PO tgl 17 Agustus akan di kirim kurir online pada tgl 25-26Agustus. Dan PO area Medan tgl 16 Agustus akan di kirim kan tgl 24-25 Agustus dan PO tgl 17 Agustus akan di kirim kan tgl 26-27 Agustus. Kesimpulan nya bapak kan berada di area Jawa dan melakukan PO di tgl 16 Agustus. Apa salah pihak penjual dan gosend mengirim kan di tgl 20 Agustus. Kenapa bapak bisa bilang di aplikasi Blibli kirim tgl 24. Bapak kan ikut cover area Jawa bukan Medan. Baca TnC dengan seksama terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

          • Hi Bu Aliya,

            Terima kasih atas penjelasannya. Saya tidak tau kenapa blibli munculnya estimate tgl 24, mungkin bisa anda bertanya langsung ke blibli karena itu yang tampil di layar saya.

            saya menyalahkan kenapa pihak penjual tidak konfirmasi sebelum memesan driver. Apakah kebijakan toko adalah langsung mengirimkan order. Bagaimana jika penerima tidak ada di tempat ? kedua pada saat penerima tidak ada di tempat apakah product tersebut tetap dipaksakan dalam pengiriman ?

            Karena tidak ada komunikasi terkait hal ini, menyebabkan 6 pint ice cream rusak ?
            Apakah haagendazs product bintang 5 dengan services bintang 1 ?
            Kalah dengan toko roti biasa/toko cake yang product bintang 3 tetapi services bintang 5 ?

            Apa inti dari haagendazs mengenjot penjualan sebanyak banyaknya tanpa perlu mengetahui product tersebut dinikmati oleh konsumen atau tidak ?

            BTW Bu aliya apakah mewakili haagendazs ?

            Terima kasih

          • Saya cuma baca semua komen dari atas,,setelah saya check di IG Haagendasz dan laman Blibli memang sesuai dengan yang saya tulis sebelum nya. Kalau memang yg bapak lihat sperti yg bapak katakan. Kenapa bapak bilang Blibli tidak bersalah. Kenapa bapak tidak bilang ke Blibli kenapa di aplikasi bapak tertera tgl 24 sedangkan di TnC dan Media harus nya tgl 20-21.

  • Hi Bu Aliya,

    Blibli hanya sebagai penyedia layanan. sedangkan yang memutuskan untuk mengirim adalah haagendazs.

    Apakah blibli yang memutuskan untuk melakukan order driver ? tidak. sehingga dalam hal ini blibli tidak ada andil apapun selain penyedia jasa tempat penjual dan pembeli.

    Sesuai dengan article saya haagendazs plaza indonesia dan driver tidak professional. kenapa ?

    1. Haagendazs main order saja tanpa ada konfirmasi dengan pembeli.

    saya berikan contoh haagendazs tempat lain, bahwa 1 tahun sebelumnya ada vendor x melakukan order untuk dikirimkan ke tempat saya. sebelum melakukan proses order driver, mereka melakukan konfirmasi by phone apakah ada di tempat karena akan melakukan pengiriman cake ice cream.

    lesson learn ini apakah dapat di pahami oleh Bu Aliya ?

    2. Driver Gojek jika di lihat dari waktu pick up hingga di serahkan kepada tempat penitipan ada sekitar kurang lebih 27 menit. anggap dari store haagendazs hingga parkir 10 menit. dari plaza indonesia ke gajah mada sekitar 10 menit juga. berarti ada sekitar 7 menit. Melalui phone saya check tidak ada call/message atau apapun di history. Dan paling buruk adalah ini di terima bukan oleh pembeli. sehingga terjadi kelalaian di mana pembeli mengetahuinya setelah 36 jam.

    Dari sini apakah dapat di pahami ?

    Saya mengatakan sekali lagi tidak PROFESSIONAL di sini.
    Satu kalimat yang mungkin bapak dan ibu dapat mengetahui secara jelas dengan link : https://www.instagram.com/stories/highlights/17930816746640354/?hl=en
    Pada promotion HAAGENDAZS, "ada kalimat pelanggan dapat di hubungi oleh haagendazs jika terdapat kendala".

    apakah ini bukan termasuk kendala?

    Semoga Bapak dan Ibu semakin lebih bijak dalam menilai suatu masalah.
    Kita semua adalah konsumen sehingga mengunakan media konsumen sebagai wadah untuk komplain jika tidak ada tanggapan.

    Terima kasih,
    Sugianto

    • Lah kalau Blibli sebagai penyedia layanan kenapa ada Miss dengan TnC yg ada,seperti yg ada di aplikasi bapak tertera tgl 24 sedang kan di media nya tgl 20-21. Kalau Blibli tidak salah kasih estimasi ke aplikasi bapak pasti juga tidak akan seperti ini. Karena saya juga tidak memaksakan opini saya. Semoga segera tersolusikan. Karena komen selain saya pada keras semua.

      • Hi Bu Aliya,

        Karena menurut saya yang bermasalah adalah haagendazs customer service yang memegang akun blibli. tidak adanya komunikasi dan beranggapan semua pelanggan mempunyai waktu tiada batas alias available 24 hours.

        Dari awal hingga akhir saya tidak pernah menyalahkan blibli, karena selama saya belanja tidak pernah ada masalah. Dari electronics, furniture.
        sebelum pengiriman pasti ada konfirmasi dari penjual/pengirim apakah pembeli ada di tempat. Komunikasi ini yang hilang dari Haagendazs.

        Pembeli bukan raja, tetapi product yang di beli selayaknya sampai di tangan pembeli dengan baik.

        Saya sendiri mempunyai toko cake online sendiri, dan saya mencoba memberikan pelayanan yang baik dan memastikan product sampai di tangan konsumen/pembeli dengan baik.

        Saya memahami tanggapan di atas ada yang positif dan ada yang negative, pemikiran, pemahaman peraturan tidak akan sama antara semua manusia. tetapi dengan penjelasan dan pemahaman yang detail seharusnya memudahkan supaya kesalahan tidak terjadi kepada konsumen lainnya.

        Regards,
        Sugianto

  • Udah dapat kompensasi blom? Percuma keras kepala tp gak dapat ganti rugi.

    nah, klo ganti rugi gak dapat, bisa lapor ke kepolisian secara perdata. Nah biar pengadilan nanti yg memutuskan.

    jikalau gak mau ke pengadilan, dan gak dapat kompensasi, maka kita akhiri saja perdebatan gak jelas ini.

    • Jangan2 panas2in TS. Dia pusing itu. Nanti anda dibilang pihak Hageendasz loh.

      Gimana sih nulis hagendasz yang bener? saya mah ga pernah makan, mahal banget.

  • Menurut saya yang salah adalah @isdebe karena di case yang seru dan alot seperti ini malah nggak muncul, padahal comment beliau sangat penting dan paling ditunggu.