Surat Pembaca

Penarikan Dana Saldo Penjualan di Shopee Tidak Masuk ke Rekening Saya

Saya penjual di Shopee. Saya melakukan penarikan dana dengan total Rp1.210.000. Namun sampai sekarang tidak masuk ke rekening saya. Adapun perincian penarikan dananya sebagai berikut:

  • Penarikan dana sebesar Rp700 ribu, pada tanggal 9 September 2021
  • Penarikan dana sebesar Rp500 ribu, pada tangga 11 September 2021
  • Penarikan dana sebesar Rp10 ribu pada tanggal 28 September 2021

Untuk penarikan dana Rp10 ribu pada 28 September, merupakan percobaan penarikan dana yang saya rekam (screen record). Pada rekaman, saya tunjukkan juga nama rekening bank BRI saya di akun Shopee yaitu atas nama Nur Farida Riani dengan rekening **********533 (pada Shopee nomor rekening disensor dan hanya dikasih lihat bagian belakang saja).

Saya sudah berkonsultasi dengan pihak Shopee kurang lebih selama 2 minggu. Saya sudah memberikan bukti-bukti dan penjelasan, bahwa uang saya tidak masuk ke rekening saya. Namun pihak Shopee bersikeras bahwa mereka telah mengirimkan uang ke rekening BRI atas nama saya, yaitu Nur Farida Riani.

Akhirnya saya desak pihak Shopee untuk mengirimkan nama serta nomor rekening lengkap pihak yang mereka kirim uang. Singkat cerita, setelah saya desak pihak Shopee akhirnya mereka mau memberikan nomor rekening pengiriman dana walaupun nomor belakang disensor.

Foto awal pengaduan
Foto setelah didesak meminta no rekening lengkap

Setelah saya gabung nomor rekening penarikan dana, didapatkan bahwa nama yang mereka kirimkan dana atas nama Noval Dwi Ariandi, bukan atas nama saya. Terdapat satu angka yang berbeda pada rekening penarikan dana yang Shopee berikan dengan rekening saya. Perbedaan terdapat pada satu angka pada angka ke 5 dari belakang yaitu: 80533 (Noval Dwi Ariandi) dengan 20533 (Nur Farida Riani).

Bahkan setelah saya cek ke bank, memang benar uang saya masuk ke rekening tersebut. Saya sudah beritahukan kepada pihak Shopee perihal kesalahan yang mereka buat. Namun pihak Shopee tetap bersikeras bahwa mereka telah mengirimkan dana ke rekening BRI atas nama Nur Farida Riani dan tidak mau bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka buat.

Bahkan sekarang saya sudah tidak dapat menelpon ke nomor call center mereka. Setiap kali saya telpon selalu berbunyi “Nomor yang telepon sedang sibuk silahkan coba beberapa saat lagi”, tetapi ketika orang lain yang menelepon bisa dan langsung tersambung.

Semoga dengan adanya surat ini, Shopee dapat bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka buat.

Nur Farida Riani
Jakarta Selatan


Update (6 November 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa permasalahan tele diselesaikan oleh pihak Shopee sbb:  

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sistem shopee bisa saja bermasalah dalam penarikan ayah saya pun mengalaminya, di menu akun yang terdaftar bank dengan nama ayah saya dan nomor yang benar 4 digit belakangnya, tetapi saat menu penarikan shopee pay ada rekening dengan nama ayah saya tetapi nomor 4 digit belakangnya berbeda, sungguh aneh tapi nyata.