Sharp Tidak Peduli Terhadap Keluhan Pelanggan

Pada tanggal 22 Mei 2021, saya melakukan pembelian AC Sharp model AH-5VEY di Transmart Carrefour Cempaka Mas. Pada saat pembelian, sales Sharp menginformasikan bahwa produk ini salah satu produk terbaik mereka dan saya dengan mudah percaya dengan rayuan sales.

Tanggal 30 Mei 2021, dilakukan pemasangan/instalasi dan jujur teknisi SHARP yang membantu instalasi unit tidak ada yang ramah sama sekali (Iy** dan Pur****).  Singkat cerita, 2 bulan setelah pemasangan AC mulai tidak dingin. Saya hanya mengira kemungkinan AC kotor saja dan saya biarkan terlebih dahulu, sesuai saran dari teknisi untuk pencucian AC 1 kali dalam 6 bulan.

Tanggal 7 November 2021, saya melakukan pencucian AC. Saya kaget saat teknisi bilang kalau AC tidak kotor sama sekali, sehingga dilakukan pengecekan. Hasilnya, kemungkinan ada kerusakan atau penyumbatan sehingga sering muncul kode error “FO”. Teknisi memberi tahu bahwa seharusnya dilakukan vacum pada saat pemasangan pertama kali.

Pada hari dan tanggal yang sama, saya mengirimkan email ke contact@sharp.id dan menceritakan kendala AC saya. Tanggal 11 November 2021, CS Sharp merespon email saya dengan minta kelengkapan data.

Tanggal 12 November 2021, CS Sharp menginfokan akan ada kunjungan teknisi atas nama Bapak San** dengan nomor laporan: 203036729. Saya disarankan menunggu konfirmasi lebih lanjut dari teknisi. Namun teknisi yang dimaksud tidak ada konfirmasi ataupun mengunjungi saya. Padahal saya sudah info 3 nomor handphone yang berbeda.

Tanggal 14 November 2021, saya minta ke teknisi AC langganan untuk melakukan pengecekan AC kembali dan memastikan kerusakan. Stelah dicek, kerusakan ada di “evaporator” dan teknisi langganan menyarankan menghubungi CS Sharp kembali. Karena tidak masuk akal untuk AC baru sudah mengalami kerusakan di evaporator.

Tanggal 15 November 2021, saya kembali menghubungi CS Sharp melalui telepon 0800-1225588. Saya konfirmasi bahwa sebelumnya sudah ada nomor laporan. CS menginfokan bahwa konfirmasi dari teknisi sudah dikunjungi tanggal 12 November 2021 dan sedang dilakukan perbaikan. OMG!! Saya jadi bingung, teknisinya kunjungan ke mana dan AC siapa yang sedang diperbaiki?

Di sini saya mulai benar-benar kesal dengan pelayanan Sharp yang tidak serius menangani keluhan saya. Saya berpikir untuk tidak menyarankan orang-orang terdekat saya untuk menggunakan produk dari Sharp. Karena selain produk yang kurang bagus, juga ditambah pelayanan yang tidak memuaskan sama sekali. Saya berharap pihak manajeman Sharp dapat membaca surat saya dan segera memberikan solusi terbaik untuk kendala yang saya alami.

Akhir kata saya ucakan terima kasih kepada Media Konsumen yang bersedia menayangkan surat ini.

Firman Jaya M.
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sharp Indonesia:
[Total:157    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Sharp Tidak Peduli Terhadap Keluhan Pelanggan

    • 17 November 2021 - (09:35 WIB)
      Permalink

      After sales dan kualitas service Sharp memang HOROR, bahkan service center Sharp cabang Bali tidak pernah samasekali mengangkat telepon mereka padahal semua konsumen sudah mengutarakan keanehan ini (simak komen para customer di web mereka) . Sharp Indonesia memang sangat bermasalah – mereka sangat siap menjual tapi emoh untuk memperbaiki kalau ada kerusakan.

      12
      • 17 November 2021 - (17:41 WIB)
        Permalink

        knp beli yg merk sharap ?? dr thn 2005 after service nya like doggy man smua,,cm bs purna jual az..makanya di Indo,,merk sharap ini ga laku sm skali..jauh lebih sempurna merk LG/Changhong

    • 17 November 2021 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Saya jg pernah ngalami.
      Kulkas 2 pintu, penampung air selalu luber, banjir kemana², sm teknisi sharp ada besi yg dipotong.
      Weleh… kulkas baru 2 minggu, dirusak teknisi nya.
      Belinya 6 jt… rusak, di rongsok cm laku 50 rebu.

  • 16 November 2021 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Saudara saya juga nyesel pasang ac sharp, susah dingin dan tarikan listriknya kenceng, jadi boros.

  • 16 November 2021 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Kalau di Sby sih Sharp bagus banget pelayanannnya cuma sehari aja udah datang teknisi, yang service juga ramah2. Mungkin lagi overload ya, covid sedang landai jadi yang kemarin elektronik pada rusak barengan minta service. Itu sih pengamatan saya , dari teman dan saudara. Pada service elektronik karena sekarang berani didatangi teknisi.

    1
    12
  • 16 November 2021 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah setaun pak sharap aman. Malah tambah dingginn . Perna 8 bln saya lupa cuci tp Masi dinginn kok

  • 17 November 2021 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Kualitas produk Sharp memang tidak sebagus dulu. Produk Sharp saya di rumah sudah mulai diganti perlahan-lahan ke merk lain karena lumayan sering rusak.

    Sebagai informasi, teknisi yang datang ke rumah belum tentu teknisi Sharp langsung. Bisa jadi mereka adalah teknisi rekanan yang bekerja sama dengan Sharp.

  • 17 November 2021 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Amat sangat disayangkan perusahaan sebesar nama Sharp memiliki SDM sangat tdk profesional yg pd akhirnya bisa merusak kepercayaan orang pd produk Sharp.

    Saya hrs akui, layanan konsumen produk Sharp di Bali berbeda dgn layanan produk Sharp yg diceritakan disini. Jadi kesimpulan saya, layanan service Sharp di area Bapak ini yg bermasalah dan SDM-nya perlu ditraining ulang prihal pelayanan terhadap pelanggan.

    Produk Sharp harus saya akui salah satu produk terbaik utk AC maupun sistem pendingin lain sebab di rmh saya ada AC Sharp yg sdh puluhan tahun blm pernah service berat, blm pernah tambah freon, AC tetap dingin sempurna walau outdoor-nya sdh habis dimakan karat, tetap AC berkinerja baik dan saya jg memiliki kulkas Sharp dr tahun 2004 (tipe termahal di jamannya) sampai skrang msh bekerja baik, bahkan kulkas merk lain yg saya miliki, walau baru, tingkat suhu beku di ruang frezernya msh kalah dingin dibandingkan kulkas Sharp tua saya itu. Jd secara pribadi saya mengakui produk sharp yg saya miliki dan dibeli jaman dulu sangat berkualitas, gak tahu yg skrang apa sdh turun kualitas atau gemana krn saat ini blm ada membeli produk elektronik baru bermerk Sharp. Ya semoga saja jika memang benar kualitas produk Sharp sdh menurun, bisa dijadikan catatan utk kembali pd kualitas produk Sharp di era tahun 2004-tan.

  • 17 November 2021 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Menurut saya after sales servise sharp utk kunjungan pelanggan memang menurun dari tahun ke tahun, itu disebabkan tidak adanya check dan kontrol atau lemahnya supervisi terhadap tenaga servis yg bekerja dilapangan dan mental yg jelek dari tenaga servis

  • 17 November 2021 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Saya punya mesin cuci merk Sharp ES-T1490WA-BL, baru pake sekitar 7 bulan, alat yang diputar untuk pembatasan waktu saat proses pencucian sudah macet. Tabung berputar tapi alat yang diatas itu diam saja sehingga harus diputar manual untuk menghentikannya. Kesimpulannya menyesal beli mahal mahal tapi kualitas sama saja dengan yg jauh harga dibawahnya.
    Wassalam

  • 17 November 2021 - (15:20 WIB)
    Permalink

    1. Teknisi langganan bisa langsung tembak evaporator sedangkan kalo check evaporator itu harus bongkar semua sampai sisa evaporator saja lalu tembak freon langsung baru ketahuan bocor apa tidak (teknisi langganan anda tidak jujur karena tidak beli ac lewat dia)
    2.kronologi pemasangan teknisi tidak ramah pasti anda di jahilin bisa dari pengisian awal freon dan di check berapa amperenya.
    Saya pakai ac sharp sudah hampir 14 tahun masih dingin terakhir service cuman ganti filter freon.

    2
    3
    • 17 November 2021 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Yang bikin kesal bukan hanya teknisi yg tidak ramah saat pemasangan. Yang sangat disayangkan, pihak SHARP ini tidak peduli sama sekali. Sampai detik ini TEKNISI nya ga nongol sama sekali. Sudah 3 kali dijadwalin tapi ga pernah datang. Giliran nelpon ke CS malah diinfo kalo teknisi sudah kunjungan dan AC dalam perbaikan.

      Dan masalah evaporator yg rusak, apakah anda ada dit4 saat teknisi langganan saya melakukan pengecekan sehingga anda bisa bilang kalo teknisinya tidak jujur. Saya paham teknisi manapun bisa melakukan perbaikan tanpa mikir panjang yg penting mereka dibayar, tapi kenapa mereka malah menyarankan untuk klaim garansi ? Apakah dari sikap ini masih bisa dikategorikan tidak jujur ?

  • 17 November 2021 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Kalo elektronik jgn sharp. Coba cari” review di youtube. Mending LG awet ampe belasan puluhan tahun

  • 17 November 2021 - (19:04 WIB)
    Permalink

    memang pemasangan ac harus dimetode vacum utk membuang angin terjebak dalam pipa..sangat wajar jk kmudian tdk dingin…bahkan bahaya klo dipakai dlm kondisi berangin di dlam…
    mgqn pemasangan awal tdk sesuai sop…

  • 18 November 2021 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Saya pakai AC Sharp sudah 5 tahun lebih bagus aja, semoga dengan ada nya suara pelanggan ini Product sharp bisa meningkatkan pelayanan dan kwalitas barangnya.
    Karena sharp tetap bertahan hingga saat ini karena ada nya pelanggan.

  • 18 November 2021 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Mending samsung dong dua tiga hari pasti datang wah baru mau nambah AC mungkin beranggapan karena dia laku jadi jumawa gan
    Pake Sharp dulu karena sponsor MU

  • 18 November 2021 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Saya termasuk orang yang rada fanatik dengan produk-produk Jepang, Sharp salah satunya, meskipun konon saat ini sharp Indonesia telah dimiliki oleh cina.
    Sampai kira-kira bulan lalu, mesin cuci kami (bukaan depan) bermasalah, service centre sharp merespon dengan sangat baik dan cepat.
    Di rumah kami yang lama, kami pernah menggunakan AC sharp. Dulu beberapa bulan dari pembelian (masih garansi) AC tersebut tidak dingin. Lalu saya melakukan komplain yang ditanggapi dengan sangat baik oleh SC Sharp. Namun anehnya, tukang service menyatakan tidak ada kerusakan apapun. Tapi dia mengakui; setelah melakukan pengujian, AC memang tidak dingin. Setelah beberapa kali utak-atik tidak juga membuahkan hasil, tetap sama saja. Bahkan sampai ganti kompresor, tetap tidak dingin juga.
    Saya memang sudah berniat minta ganti unit AC yang baru kepada SC, tapi kemudian saya mulai sadar, bahwa saya menggunakan stabilizer daya sebesar 1.000 watt khusus untuk satu AC saja. Saya coba untuk melepas stabilizer itu dan menghubungkannya langsung ke colokan listrik. Hasilnya langsung dingin. Nampaknya stabilizer itu yang jadi penyebab AC kami jadi kurang dingin.
    Menurut saya; mungkin saja teknisi sharp kurang pengalaman untuk mengatasi hal-hal yang tidak terkait langsung dengan AC, misalnya; penggunaan stabilizer atau alat penghemat daya listrik, sehingga dia utak-atik tanpa membuahkan hasil. Bahkan jika unit AC diganti pun tidak akan dingin juga. Bahkan jika diganti AC merek lain pun tidak akan dingin juga.
    Saran saya; coba lakukan second opinion kepada teknisi lain yang pengalaman. Siapa tahu dari mereka bisa ketahuan penyebab AC itu tidak dingin.

 Apa Komentar Anda mengenai Sharp Indonesia?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Sharp Tidak Peduli Terhadap Keluhan Pelanggan

oleh Firma dibaca dalam: 1 menit
25