Kasir Indomaret Menambahkan Barang di Struk

Pada tanggal 29 November 2021, saya belanja di Indomaret Jl. H. Lebar 2, sesuai dengan alamat yang tertera pada gambar struk yang saya lampirkan di sini. Anehnya, ada satu barang (yang paling atas dan saya lingkari) yang tertera di struk, yang mana saya tidak merasa membeli barang tersebut.

Memang benar, harganya tidak seberapa, hanya Rp6.800 saja. Namun tetap saja saya kecewa, karena merasa dirugikan. Sekecil apapun nominalnya, itu sama saja penipuan dan kalau dibiarkan, bukan tidak mungkin konsumen lain akan mengalami hal yang sama seperti saya.

Sayangnya, karena waktu itu saya sedang terburu-buru, jadi saya tidak cek ulang barang di depan kasir. Saya baru sadar setelah saya cek barang dan harga di rumah. Namun saya yakin, pihak Indomaret pasti bisa melakukan pengecekan, apakah yang saya sampaikan ini benar apa tidak melalui rekaman CCTV di atas kasir. Semoga tidak ada konsumen lain yang mengalami kejadian seperti saya ini.

Terima kasih.

Ernawati
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indomaret:
[Total:335    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Indomaret atas Pengaduan Ibu Ernawati

Yth. Ibu Ernawati Menanggapi pengaduan Ibu Ernawati di www.mediakonsumen.com 5 Desember 2021 berjudul “Kasir Indomaret Menambahkan Barang di Struk”, kami...
Baca Selengkapnya

53 komentar untuk “Kasir Indomaret Menambahkan Barang di Struk

  • 5 Desember 2021 - (23:50 WIB)
    Permalink

    sebisa mungkin cek bukti/nota pembelian didepan kasir. terlepas dari kesalahan kasir apakah disengaja atau tidak.

    20
    3
    • 6 Desember 2021 - (12:01 WIB)
      Permalink

      Gak usah ribet cukup tanyakan saja tujuan magsud nya apa mereka memasukan barang tsb.kemungkinan besar mereka melakukan it karna ada sebab nya mungkin lagi ada target promo orang kaya mungkin tidak akan tahu apa it target promo atau masalah target kerjaan tapi menurut saya pribadi mending tanya gak usah hal sepele di besar2kan setiap orang itu mempunyai hak bertanya dengan baik2 gak usah marah2 atau ber prasangka buruk dulu ingat semuah orang pnya salah ko yang sempurna hanya milik ALLOH SWT

      27
      59
      • 6 Desember 2021 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Saya pernah ad seorang kasir menambahkan belanjaan tp kasir minta ijin terlebih dahulu kepada saya. itupun dilakukan karena d alfamart maupun indomart ad program tebus murah dan biasanya dtawarkan mau diambil tidak kesempatan tebus murah. Kebetulan saya tidak mau mengambil jadi si kasir meminta ijin untuk mengambil promo tebus murahnya dengan menambahkan belanjaan saya tp dia ttp bayar kok dan saya membayar sesuai belanjaan yg saya beli

        28
        • 7 Desember 2021 - (23:30 WIB)
          Permalink

          Saya juga sering,
          Kasihan kasir pingin makan coklat dengan harga yang bisa dia jangkau. Seingat saya, mengalami nya empat kali.

      • 6 Desember 2021 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Mknya baca bos dr awal, mau tanya gmna dia uda sampe rumah…. Aneh ente , lgpla itu kl itu menang benar terjadi mencari keuntungan kasir nya, dengan memasukan harga barang ke print blbja tampa ada barang brarti kasir itu sdh ada keuntungan klebihan uang masuk, kl 1 orang 8000 kl yg di bgtukb 100 orang kelebihan uang yg nsuk tampa ada Barang yg kluar sangat menguntungkan….

        8
        3
        • 6 Desember 2021 - (20:57 WIB)
          Permalink

          Uda bisa di indomarrt karna sy jg sering kena kla di samarinda di jawa di kalbar itu benar kok

        • 6 Desember 2021 - (21:00 WIB)
          Permalink

          Memang sering kasir indomaret tdk tau kenapa di samarinda jln juanda di jawa kepanjen berimbing

    • 6 Desember 2021 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya hal seperti ini ditanyakan baik2 , mungkin saja barang konsumen lain ke struk belanjaan ibu.. lebih detailnya lagi memang kalo belanja dimana pun struk itu utama.. takut kesalahpahaman.. salam dari anak retail 😊

    • 6 Desember 2021 - (20:14 WIB)
      Permalink

      saya juga pernah, kalau belanja banyak ada aja item yg gk di beli ada distruk, pernah ada sikat, sapu. kalau belanja banyak kan ribet ngecek satu2 dikasir. sampe rumah baru sempet ngecek.

    • 9 Desember 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Perlu saya tegaskan,bahwa istri saya HANYA MENERIMA KEMBALIAN SESUAI NOMINAL AKHIR DI STRUK PEMBAYARAN(Foto struk saya lampirkan di sini).Dan di struk itu tidak ada pengurangan untuk barang yang tidak di beli oleh istri saya.Dan perlu di ingat,tujuan kami menulis komplainan adalah bukan karena kami mengharapkan uang itu kembali,tetapi supaya kita lebih teliti supaya tidak adalagi pihak yang di rugikan.

      Terima kasih

      • 9 Desember 2021 - (15:20 WIB)
        Permalink

        Iyah itu juga foto struk-nya gak di-posting secara keseluruhan. Jadi bagian bawahnya gak KELIATAN kalo SUDAH dikurangi nominalnya.

  • 6 Desember 2021 - (02:29 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah seperti itu, pada nota muncul barang yg masuk berikut harganya, tp setelah di cek barangnya tdk ada…dan anehnya barang yg ikut masuk pd nota trsbt bukan barang yg sering saya beli…Aneh memang

    14
    2
  • 6 Desember 2021 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Jangankan 6800.saya pernah mengalami belanja di Alfamart. Dari awal masuk sampai saat kasirnya totalin dia mukanya jutek bgd. Puncaknya wkt dia kasih barangnya ke saya di lempar. Krn saya merasa g punya salah sama sekali akhirnya saya lapor ke Alfamart pusat. Gtw nya di tanggapi cepat dan mereka lihat cctv toko. Benar saja setelah org pusat minta maaf. Tidak lama 2 karyawan perempuan di Alfamart tersebut ingin berkunjung ke rumah saya dan membawa bingkisan sekresek besar. Di situ mereka meminta maaf dan menjelaskan kalau pd wkt itu mrka lagi sumpek dan capek soalnya barang baru banyak yg masuk barengan.setelah minta maaf mereka minta foto bukti saya membawa bingkisan untuk laporan ke pusat. Sebenarnya g ada niat buat minta bingkisan cuma kasih pelajaran aja buat sopan soalnya mereka krj di bidang jasa. Apalagi alasan” personal yg seharusnya tidak di jadikan tameng. Cuma gpp setelah kejadian itu saya ke Alfamart itu lagi selalu di sambut ceria. Mungkin mereka jg trauma di tegur pusat wkkwkw

    41
    4
    • 6 Desember 2021 - (05:47 WIB)
      Permalink

      Kelakuan org indo, kl tugas byk trs ngambek. Dgaji tp ga niat kerja. Mw nya ongkang kaki bagai bos pdhl pegawai biasa.

      Saya jg pernah d alfamart, malah dikerjain harga vitamin yg saya beli. Dr harga d rak sekian, trs d kasir sekian, dkasi kembalian jg ga sesuai. Kalau uda dtegur baru deh kekurangan kembalian nya dkasihkan. Dkira setiap org bego hitungan. Uda ngadu d medsos tp seperti biasa mereka ngeles aja. Sejak itu no more alfamart.

      13
      5
      • 6 Desember 2021 - (07:43 WIB)
        Permalink

        Ini bukan kelakuan orang Indonesia (saya mengartikan bahwa Indo = Indonesia) tapi kelakuan orang malas.

        Mungkin anda ga pernah keluar negrikah? Jadi blm punya pembandingan dengan orang negara lain.

        11
        11
      • 6 Desember 2021 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Sungguh tidak terpuji jika ada seorang bilang kpd Anda sendiri “ini kelakuan keluarga anda kl tugas byk trs ngambek. Dgaji tp ga niat kerja. Mw nya ongkang kaki bagai bos pdhl pegawai biasa… yg begini itu melibatkan seglintir atau hanya 1orang saja, Jadi anda tidak boleh jika bilang orang indonesia..Apakah menurut anda orang orang yg hebat itu di luar sana atau tetangga rumah mu. intinya bljr slesaikan masalah dgn lidah pisau mu yg tepat .

        5
        7
    • 6 Desember 2021 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Yaelah sgtu nya nglpor, anggap aja dia lg dapet….sama aja mu matiin rejeki , msi bagus itu tdk di pecat, coba kl di p3cat apa ga kasian, cukup lpor kepala Toko kn slsai,

      1
      8
  • 6 Desember 2021 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Biasanya itu adalah salah satu bentuk kenakalan kasir agar bisa mendapatkan uang tambahan. Sudah sering terjadi praktik seperti itu. Selain menambahkan barang, mereka juga sering memanfaatkan pelanggan yang membeli barang dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan produk promo untuk mereka sendiri.

    11
    1
    • 6 Desember 2021 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Betul, saya tiap hari belanja di Indomaret krn ada usaha kuliner dan skalian tarik tunai. Selain ngincer promo ,pegawai cari tambahan dgn menjual produk hadiah. Seperti piring ,gelas, detergen dll. Pernah ditawarin soalnya.. Tapi tidak semua ya seperti itu, ada yg benar2 jujur. Biasanya kalau 1 pegawai nakal ,semua pegawai di toko tersebut juga nakal. Harus saling mendukung kalau mau nakal.

    • 6 Desember 2021 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Betul. Itu adalah oknum. Saya pernah isi e toll 200.000. diminta 2 kali bayar. Tadinya mau saya ikhlasin tapi mengurungkan niat karna kasirnya judes banget dan malah marah marah. Dan saya lapor ke kepala indomaret setempat untuk cek cctv. Dan benar adanya 2 kali bayar. Semoga menjadi pelajaran bagi oknum yg nakal.

    • 7 Desember 2021 - (04:48 WIB)
      Permalink

      Lebay amat ini yg curhat, cuma kek gini ya tinggal bilang doang ke kasir, jngn kek anak kecil bos wkwk malah anak kecil saja bisa komplain ke warung kalo di nota ada tapi barang nya gak ada, apa jngn2 ntar beli ke tempat makan dan penjual lupa ngasih kembalian karena emang murni lupa bukan nya ngmong biar di kasih malah curhat di sini kali ya
      Kecuali masalah bank, pinjol, kredit atau sebagainya yg lu udah berusaha komplain tapi tetep gak di respon baru lu post di sini, gw aja sering ke indomar/Alfa tapi orangnya salah ngasih duit ya langsung komplain bos bukan curhat

      1
      15
      • 9 Desember 2021 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Lu yang lebay, namanya juga “mediakonsumen”.. Apakah konsumen harus selalu berhubungan sama bank, pinjol, dsb?? Udah salah kaprah, ngatain orang lagi

  • 6 Desember 2021 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Saat itu juga harusnya dicek, kalo udah keluar dr indomaret ya ga bisa diganggu gugat lg. sama ky ambil duit di teller bank, begitu udah keluar dr bank ya ga terima protes lg uangnya kurang.

    5
    4
    • 6 Desember 2021 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Kata siapa gak bisa. Yah bisalah digugat , bisa telpon ke csnya alfamart. Atau yah nulis ke mediakonsumen.
      Paling juga bentar lagi nih yang nulis artikel dikunjungi sama pegawai minimarketnya sekalian bawa bingkisa. Ngajak damai

      • 6 Desember 2021 - (17:36 WIB)
        Permalink

        Yang sabar ya, kalau aku sih punya tipss, kalau blanja mending jangan sekalian banyak beli 2-3 barang, terus kalau bisa pakai uang digital biar gak repot mikir kembalian, yang emang sih agak repot, tapi emang udah sering kecewa sama pelayanannya.

    • 10 Desember 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Ya pak.. tidak ada pengurangan di struknya, tp kenapa tanggapannya ada pengurangan.. bcr tidak sesuai data nih.
      Hal ini pernah trjadi jg pada istri saya tp di alfamart dekat rumah, ada harga masker masuk dlm struk belanja, salah nya istri sy tidak memeriksa di tempat. Bilamana ini kejadian lg seperti nya hal ini sy masukan ke media konsumen saja lah ya 🤣. Betul pak ini bukan masalah uang tp ketilitian atau kejujuran. Salam 🙏, cimahi.

  • 6 Desember 2021 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Biasanya itu barang target bulanan dari spv nya yang harus kejual apapun caranya makanya banyak yg nakal memasukan ke belanjaan customer

    4
    1
  • 6 Desember 2021 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Sama . Saya juga kemaren tgl 3 desember mengalami kejadian persis seperti itu,di alfamart lumajang.
    Emang saya lagi keburu2,jadi gak sempet ngecek,.begitu saya cek d rumah ada 3 pcs barang yg tidak saya beli tapi tercantum di struk.
    Mau komplin k kasir sdah tdak mungkin karena sdah keluar dari toko
    Buat pembeljaran sja buat pribadi dan yg lain.

  • 6 Desember 2021 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Saya pernah nih di indomaret karna Buru2 atau lg ga ngeh sadarnya pas drumah krna ngerasa beli nya dikit tpi kok mahal gtu bner aj pas dicek ada yg ga saya beli tpi ada di struknya atau pernah ada diskon tpi ga dimasukin tpi saya langsung komplain. Trs pernah beli satu di scan double untung aja saya ngeh saya cek di struk diitung doubel padahal cuma satu disitu langsung saya komplain mas nya minta maaf diminta struknya dibalikin duitnya.
    Di alfamart jg pernah krna saya sibuk ngobrol sama temen saya, ga ngeh eh pas pulang nya dicek distruk ada barang yg ga saya beli ada, krna mles balik lg yaudah dri situ setiap saya beli apapun di alfa atau indo pasti selalu saya cek dlu krna itu bukan kelalaian tpi kesengajaan disaat kita lg ga fokus atau lg rame2nya hrus lebih hati2 kita yg jdi rugi masalah nya

    • 7 Desember 2021 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Intinya hrs lbh berhati2 saat belanja dan lbh teliti dgn apa yg dibeli. Krnnya waktu kasir masukkan data belanja, mata dan telinga hadap ke mesin kasir dan dengarkan bunyi tutnya berapa kali dan sesuaikan dgn item barang yg dibeli. Kalau bisa mengingat jumlah item yg dibeli, lbh baik lagidan klu beli item yg samadgn jumlah tertentu, usahakan jumlahnya sama. Misal Mie Soto 10pcs, Mie lainnya jg 10pcs. Garam 2 bungkus, jd pakai genap semua. Klu mrk tambah2in mudah ketahuan. Dan cek jumlah item barang sesuai gak dgn item yg kita ingat waktu ambil dr rak. Misal ada 8 jenis barang berbeda, nah tinggal cek di struk, apa sdh benar ada 8 item barang berbeda?

    • 10 Desember 2021 - (13:58 WIB)
      Permalink

      sy bukan kasir indo/alfa, tp sy setuju dgn komen ini. ngeceknya pas di tempat dong, kalo di rumah ya mana bisa tau si kasir/pelanggan yg salah/benar??

  • 6 Desember 2021 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Hajar boss,, jangan didiamkan hal seperti ini, meskipun sepele kalau dibiarkan akan jadi budaya dan lama kelamaan akan semakin berani dan semakin massive,ini adalah salah bentuk korupsi, kalau orang gede korupsinya gede, orang kecil ya korupsinya kecil,.gede atau kecil namanya tetap korupsi, jangan biarkan budaya korupsi sekecil apapun,.

    5
    2
  • 6 Desember 2021 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Pernah kejadian kepada Saya, waktu itu beli banyak jenis belanjaan, pas pulang, kenapa distruk ada rokok, lalu saya balik lagi dan menginfokan tidak merasa beli rokok ini dan bukan merk rokok yg biasa Saya beli, Saya minta silahkan cek cctv, apa ada Saya ambil rokok?, dan kebetulan tidak ada rokok yang saya beli saat itu.
    Kebetulan jg Saat itu sdh ganti sip, tp teman prianya yg menggantikan mengganti uang tersebut.
    HATI HATI YANG BANYAK BELANJA DI MINIMARKET, bisa jadi celah Karyawan tidak jujur.

  • 6 Desember 2021 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Ya sama saya juga, tawan saya engga merokok kok tiba tiba ada rokok yg masuk di bon saya, tapi aneh nya kok rokok nya cuman masuk di bon saja engga di masukin ke kantong belanjaan saya.

  • 6 Desember 2021 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kaya gini , tapi waktu Itu kaya ada program tebus murah gitu karna udah melampaui minimal belanja , dia masukan ke struk saya memang dia minta izin ko buat dia yg nebus murahnya , pengembalian uang belanjaan juga sesuai dengan apa yg saya beli aja , dan yg di masukan item yg dia tebus , dia bayar sendiri tidak mengurangi dari kembalian saya .
    Itu yg pernah saya alami ya , kalo berbeda kejadiannya saya kurang tau deh.

  • 6 Desember 2021 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Di tempat saya ada kasir yg curang, seringkali tidak memberikan struk ke pembeli. Ternyata yg disampaikan ke pembeli adalah harga sebelum diskon, dan struk sengaja tidak diberikan agar diskonnya bisa dimilikinya. Lumayan jika sekian ribu rupiah kali sekian pembeli..

    • 6 Desember 2021 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah di indomaret rokok masuk ke struk, baru ngeh di rmh, pas complain langsung dibalikin. Di Alfa juga sering masuk barang yg gak dibeli atau beli barang kecil dicharge yg besar tapi saya selalu complain & selalu dibalikin.
      Kalau di Alfa biasanya barang tebus murah kl sdh belanja 50rb kasirnya izin numpang struk,tapi kadang sy izinkan kadang saya tolak

  • 6 Desember 2021 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Aku pernah kaya gitu, dulu bisa komplen lewat sms ke pusat indomaretnya, katanya sampe satu toko dimarahin dan kena sangsi terus aku ditelpon langsung oleh pusat indomaret langsung untuk datang ke toko ngambil uangnya.

    1
    1
  • 6 Desember 2021 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Jangan berprasangka buruk dulu… dikit2 tulis di medsos.. mungkin saja kasir tanpa sengaja atau salah memasukkan nomor barcode dan bisa saja salah input kode produk

    1
    2
    • 6 Desember 2021 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Kalo gak sengaja itu ada barangnya dibelanjaan ini kan cuma ada distruk alias barang goib

  • 6 Desember 2021 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Yaa.. Langsung ditanyain aja ke kasir lagi, mungkin dia ga sengaja menambahkan barang… Krn klo emang sengaja.. Pasti dicari yg nilainya besar, bukan cm 6800

    Btw jgn berpikir klo 1 pelanggan dia 6800 trs klo 100 orang dia akan dapet untung berapa…. Itu namanya pikiran anda kejauhan… Krn jangankan 100 orang… 10 orang aja dalam 1 hari, klo si karyawan sengaja pasti akan ketahuan dan akan ada yg komplen.

    2
    2
    • 7 Desember 2021 - (04:57 WIB)
      Permalink

      Biasalah bro, orang yg baru keluar goa ya gitu, dr jaman gw bocil sampai lulus kuliah udah ratusan kali gw baik di warung, swalayan dll yg kembalian kurang, barang beli 1 di itung 2 dll tapi gak pernah curhat kek ginian jadi langsung protes ke penjual “ini kok gini” duhh bocil aja bisa komplain kok ini yg nulis bukan nya komplain malah curhat kek bayi wkwk

      1
      5
  • 7 Desember 2021 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Kiraa kiraaaaa kl kasir kelebihan masukin
    blanjaan dan kelebihan kembalian ,curhat di MK apa tdk ya, wkwkwikwi

  • 7 Desember 2021 - (02:06 WIB)
    Permalink

    Apa salahnya kalau ditanyakan ke yang bersangkutan dulu,,,alasan masuk akal ya diterima kalau ysb ada etika baik stelah ada tegur,,skiranya kesengajaan ya skarepmu le arep luapkan emosi.

  • 7 Desember 2021 - (04:50 WIB)
    Permalink

    Lebay amat ini yg curhat, cuma kek gini ya tinggal bilang doang ke kasir, jngn kek anak kecil bos wkwk malah anak kecil saja bisa komplain ke warung kalo di nota ada tapi barang nya gak ada, apa jngn2 ntar beli ke tempat makan dan penjual lupa ngasih kembalian karena emang murni lupa bukan nya ngmong biar di kasih malah curhat di sini kali ya
    Kecuali masalah bank, pinjol, kredit atau sebagainya yg lu udah berusaha komplain tapi tetep gak di respon baru lu post di sini, gw aja sering ke indomar/Alfa tapi orangnya salah ngasih duit ya langsung komplain bos bukan curhat

    2
    7
  • 7 Desember 2021 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Ciee ciee, banyak yang kebakaran jenggot, bilang bayi lah, cengeng lah, lebay lah.
    Saya termasuk orang yang mendukung RAMAIKAN SAJA DI MEDIA sampai gaduh, biar semua orang tahu, tidak ada yang ditutup-tutupi. Kalau cuman komplain ke pelaku gak bakal ada tindakan yang bikin jera. Angkat saja semua ke permukaan!
    Saya merasa hal ini sudah sangat masif, dapat dibaca dari sekian banyak komentar mengungkapkan #metoo #sayajugapernah, kalau tidak diramaikan mana ada tindakan?
    Komentar pedas dan julid bukan penghalang, justru semakin meramaikan lapak, dan mengundang perhatian massa, paham kan? Yuk mari…

  • 7 Desember 2021 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Itu biasanya yg belanja dapat promo “Tebus Murah”, alias diskon setelah belanja di atas nominal tertentu. Biasanya akan ditanyakan langsung ke pelanggang bersangkutan, jika tidak diambil mereka akan meminta ijin agar dapat “menambahkan” barang “Tebus Murah” tersebut, sebagai benefit untuk toko atau pribadi.

    Yang dibayar pelanggan tentunya tidak termasuk yg sudah ditambahkan tersebut, mba erna ini pasti sibuk tidak memperhatikan. Coba diingat-ingat, bayar sesuai struk atau dibawah itu.

    Saya pribadi sudah berkali-kali menghadapi kondisi demikian, dan tidak ada masalah.

  • 7 Desember 2021 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Klo di alfa.. kasir byasanya nitip beli barang yg diskon di display depan kasir.. tapi mereka bilang dulu sih.. sma ga tau juga masuk struk apa kagak.. kita bayar tetep sesuai blanjaan kita.

  • 7 Desember 2021 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Bener tuh saya juga pernah kaya gitu, beli minuman 1 tp di struk nya 2 saya komplen dia bilang maaf ka’ blng nya promo beli 1 gratis 1.. kalau gratis 1 ko di struk 2 bayar dngn kelipatan 2… Harusnya bayar cuma 1.
    Harusnya di tegur atau di training ulang sama managernya. Agar tidak terulang seperti ini

 Apa Komentar Anda mengenai Indomaret?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Kasir Indomaret Menambahkan Barang di Struk

oleh erna wati dibaca dalam: 1 menit
53