Jenius BTPN Tidak Profesional dalam Menyelesaikan Masalah

Saya di sini ingin berbagi pengalaman saya ketika unlink device di Jenius. Mungkin linimasa yang saya jelaskan tidak secara tepat, tapi saya coba merangkum semua proses yang saya lalui dan menjelaskan betapa ribet dan memakan waktunya proses ini.

Tanggal 3 Desember 2021, saya menghubungi Jenius Help untuk unlink device, karena ingin me-reset device dan sudah menerima konfirmasi berhasil penghapusan device yang tertaut. Setelah selesai reset, saya mencoba login ke aplikasi Jenius. Namun muncul keterangan “Terjadi kesalahan”. Anehnya SMS OTP masuk, tapi di aplikasi jenius tidak masuk ke halaman input OTP. Saya mengulangi beberapa kali, tetap saja sama.

Pada awalnya saya mengira masalah di jaringan atau device saya. Saya berencana mencoba di hp orang lain untuk memastikan apakah masalahnya di hp saya atau akun saya. Setelah beberapa hari berlalu, saya mencoba di hp lain, ternyata sama muncul keterangan “Terjadi kesalahan”. Setelah mencoba login akun orang lain di hp saya, menu input OTP bisa muncul. Dengan percobaan tadi, saya pastikan permasalahan ada di akun Jenius saya, bukan hp yang saya pakai.

Beberapa kali menghubungi Jenius Help, bertanya apakah ada device yang terhubung dan sudah dicek tidak ada. Akhirnya saya dibuatkan laporan. Namun setelah beberapa hari tidak ada penyelesaian juga dan saya disarankan untuk mengirimkan bukti masalah via email.

Tim Jenius memberikan saran untuk ke cabang BTPN atau Jenius Point. Saya sudah pesimis soal itu karena melihat di kasus-kasus Jenius yang viral sebelumnya, cabang BTPN hanya bisa membantu dengan menghubungi Jenius Help via telepon. Jadinya sama saja nanti. Sementara Jenius Point juga tidak ada di kota saya.

Kesalnya, setelah mengirimkan email berisi permasalahan saya, staf Jenius hanya merespon dengan template dan menyarankan saya ke cabang BTPN atau Jenius Point tanpa membaca isi email saya dengan cermat.

Penyelesaian kasus di Jenius aneh menurut saya. Karena setiap telepon, staf Jenius selalu membuat nomor laporan baru dan itu membingungkan, akan sulit untuk melacak laporan sebelumnya yang masih aktif.

Yang masih saya ingat untuk laporan tanggal 16 (CAS-21-FU8449). Setelahnya saya ditelpon tim Jenius kurang lebih 3 kali. Dua kali tim bertanya penjelasan masalah yang saya alami dan telepon terakhir Tim akan dibantu reset password dan berharap permasalahan saya selesai. Namun tetap saja gagal.

Sebelumnya saya sudah mencoba mencari penyebab masalah ini. Saya ingat saya pernah mengganti email untuk akun Jenius saya dari email A ke email B. Saya cek di email proses ini terjadi tanggal 13 Agustus 2021. Saya mencoba login ke akun Jenius menggunakan email B ternyata tidak terdaftar. Dengan email A terdaftar, tapi gagal login.

Saya memastikan dengan telepon Jenius, email yang terdaftar di rekening saya, ternyata email B. Namun di aplikasi jenius masih menggunakan email A. Jadi di sini terjadi ketidaksinkronan data antara aplikasi Jenius dan database nasabah mereka. Dimana aplikasi Jenius menggunakan email lama, sedangkan di database mereka sudah email baru. Saya gak habis pikir, kenapa bisa berbeda.

Saya sudah menyampaikan temuan saya ini ke tim Jenius. Namun tim Jenius tidak punya tanggapan soal ini dan hanya punya solusi mengganti password. Saya mencoba mengganti password ke email baru saya, tapi tidak menerima OTP. Jika menggunakan email lama, malah bisa.

Saya sudah habis pulsa banyak, tenaga dan waktu hanya untuk menyelesaikan masalah yang seharusnya bisa diselesaikan dengan rentang waktu selama ini. Saya merasa tim Jenius seperti tidak mempunyai akses ke data mereka sendiri, dengan membatasi akses ke tim yang menangani kasus saya. Sehingga kasus saya sangat lama belum selesai. Mungkin karena adanya kebobolan data nasabah sebelumnya, tapi itu hanya pendapat saya.

Sampai sekarang kasus saya masih berlanjut, saya diminta menunggu dan menunggu entah sampai kapan.

Pendi Kurniawan
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca a.n. Pendi Kurniawan

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Pendi Kurniawan berjudul “Jenius BTPN Tidak Profesional dalam Menyelesaikan Masalah” yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Untuk yang belum ada JENIUS bagusan tidak usah Buat itu JENIUS
      gara gara JENIUS usaha saya jadi RUGI dan tidak bisa jalan
      mau melakukan pembayaran tidak bisa , transaksi di tolak terus
      jika memang ada gangguan harusnya di kasih pemberitahuan
      ini saya telepon ke Callcenter nya hanya di kasih solusi di coba secara berkala

      saya sudah mencobanya selama 2 hari dan hasilnya tetap sama
      benar benar sangat Menyesal

  • Kok bisa data di aplikasi dengan di database gak sinkron? Bahaya banget kalo gitu. Gimana kalo misalkan kita transfer, trus saldo di aplikasi beda dengan yang di database server? 🤔

    • Jenius memang tidak profesional. Sy sudah di tipu 2x lebih dengan iming2 saldo gopay shopee dll.

      Kasarnya ampas tidak layak gembel.

  • Saya sebelumnya mengalami hal yg sama persis seperti anda. Saya sudah mencoba telpon cs, via email, dan ke counter jenius tidak bisa menyelesaikan masalah. Aneh tapi nyata.

    Solusinya anda harus ke bank BTPN ketemu CS dan bawa ktp serta hp anda, request untuk unlink device aplikasi jenius anda. Tunggu kurang lebih 2 mingguan nanti dikirim email bahwa unlink devicenya sudah berhasil (pengalaman sy sehari udah dikirimin email) , kemudian login menggunakan satu"nya hp/tablet yg ingin anda gunakan untuk membuka aplikasi jenius.

    Note : aplikasi jenius hanya bisa digunakan di satu device saja, jangan mencoba untuk login di device yg berbeda karena sepengalaman saya masalah gagal login bisa terulang.

    Semoga membantu.

    • Saya memastikan dengan telpon jenius help berulang kali memastikan apakah ada device yg terhubung dan sudah diperiksa tidak ada, saya juga sudah menerima email unlink sukses sebelumnya. Saya rasa bukan karena device masih terhubung tapi karena email ganda yang masih tertaut ke akun saya

      • Saya jg sempat memiliki masalah yg sama, gabisa log in apk jenius saat ganti HP, saya coba datengin gerai jenius terdekat, trus mereka ngarahin untuk unlink device harus ke center point yg di Mall Kota Kasablanka untuk di daerah Jabodetabek. Kalo yg diluar kota saya kurang tahu. karna kalo by email atau by phone ribet posedurnya dan memakan waktu lama, saya juga kurang paham kenapa. Kemudian saya coba lgsg datang ke Mall Kokas, tepatnya ada di dalam Coffe Shop Liberica, nanti kita diminta KTP dan scan jari serta di foto ditempat, dan tinggal tunggu konfirmasi by email. Pengalaman saya hanya 1x24 jam.

        Mungkin mas nya bisa dateng langsung ke center point Jenius yg ada di kota nya mas. Mudah2an berhasil mas 🙏🏻

        • Di kota saya tidak ada jenius point sudah saya jelaskan di artikel, saya tinggal di kab madiun sedangkan lokasi jenius point yang terdekat Surabaya ratusan kilometer lokasinya. Masalah di akun saya kyknya pelik krn melibatkan data di jenius pusat bukan reset dan Unlink device saja

  • Jelek banget memang jenius ini. Saya mau unlink jenius malah gagal mulu udah habis pulsa 200rb gak selesai terakhir selesai setelah vcall.

    Dan masalah baru saya punya tunggakan flexi cash itu juga karena saya lupa berapa tagihan dan tidak bisa masuk ke jenius.

    Setelah bisa masuk saya isi saldo sesuai tagihan dan denda, anehnya jenius tidak mendebit padahal saldo ada, sudah buat report suruh nunggu 7 hari, sudah selesai masa tunggu disuruh nunggu lagi 20 hari.

    Yang penting sudah buat laporan, jika bulan depan belum selesai dan karena kesalahan jenius sampai menimbulkan denda berjalan akan saya buat surat pembaca lebih detail.

    Mending pindah bank digital lain, jelek banget sumpah jenius.

  • Kenapa ga pindahin saldo dulu ke bank digital lain? Kalo mau unlink device, transfer dulu semua saldonya, jadi ga perlu pusing saat ga bisa login lagi

  • Kocak parah sih emang jenius, bank digital tapi model CS konvensional. Begitu akses via web buat unlink ga bisa langsung tarik semua dana dari jenius lewat atm dan pindah ke bank digital lain yang CS nya juga "digital". Udah minta biaya bulanan yang setara bank biasa, tapi pelayanan lebih ruwet daripada bank biasa yang cabangnya ada di mana" wkwk

    • Setuju... Sebagian keluhan saya (terutama unlink devices) diarahkan datang ke bank BTPN saja... Gimana mau jadi bank digital kalo kaya begitu terus mekanismenya (bank digital khan ga punya cabang).

      Jenius jelas bukan bank digital. Saat ini dia ga lebih dari mobile banking biasa yang hampir semua fiturnya sudah ada di mobile banking konvensional biasa...

  • Kalo ada kartu.nya mending tarik aja semua isi.nya
    Lagian untuk complain via CS yg hanya by call aja gitu kurang aman menurut saya
    Next bikin aja rekening yg emang ada kantor cabang di sekitaran rumah

    Masukan aja gak usah didebatin ya 🙏🙏

  • Saya aja punya cicilan flexy cash saya bayar double dianggap bayar 1 dan 1rupiah doang lucu ya mana ada orang tf 1rupiah buat bayar saya sangat kecewe ddngan jenius btpn skrng sudah malas pakainya

  • Beberapa hari yang lalu saya telfon cs jenius perihal Flexi cash, lalu di sarankan Kirim email, setelah saya kirim email jawaban nya hanya template seperti hapus cache dan update aplikasi jawaban nya hanya berulang ulang kaya orang bingung