Kiriman COD SiCepat dengan Pengirim yang Tidak Dikenal

Sebelumnya perkenalkan, saya Aldo. Saya adalah keluarga penerima paket COD nyasar, yang setelah saya telusuri dari resi SiCepat, pickup request berasal PT Maulagi Indosolusi.

Saya menerima dan membayar paket nyasar tersebut, karena tadinya saya pikir ini punya ibu saya, karena alamat dan nomor teleponnya persis sama. Namun ibu saya enggak merasa pernah pesan. Anehnya, di dalam paket ini, ada lapisan kedua berisi tempelan resi alamat orang lain yang saya enggak ketahui siapa. Sumbernya dari toko yang sama.

Saya coba konfirmasi ke orang lain tersebut, dan ia mengalami kondisi yang sama dengan saya tadi. Terlampir foto paket yang saya dan orang lain tersebut terima. Untuk nomor resi SiCepat 001294911393 (penerima a.n. ibu saya) dan 001294911392.

Saya mencurigai ini ada fraud, soalnya saya enggak bisa mengontak si pengirimnya melalui WA dan SMS.

Rinaldo Maharditama
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:74    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Kiriman COD SiCepat dengan Pengirim yang Tidak Dikenal

  • 18 Januari 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Fixed ini modus fraud, jangan-jangan itu narkoba atau barang berbahaya lainnya, bisa jadi untuk menjebak Anda, dengan pura-pura jadi polisi yang menggerebek. Waspadalah !!!

    17
    3
    • 19 Januari 2022 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Itu pengirimnya sudah jelas atas nama PT. Sebenarnya modus asal kirim pakrt ini sudah sejak lama, dan biasanya pengirimannya dari Cirebon. Saya juga dulu pernah dibom sampai beberapa kali, dan ternyata semua paketnya dikirim dari cirebon.

  • 18 Januari 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Itu si penipuan .. barang harga 15 rb .. di cod in random kirim aja sebanyak di cod in dengan harga 100k an .. ibarat mancing dari 10 paket pasti ada yang kayak agan .. jadi dia untung banyak .. nah yang gak mau bayar kan di balikin dia cuma rugi ongkir yang paling 10k perpaket pasti kirim nya sekitar jabotabek biar ongkir nya murah

    12
    1
    • 18 Januari 2022 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Iya modus lama ini , kalau dulu kebanyakan pengguna Lazada yang kena model gini. Yang dikirim juga kaos harga 10ribuan kebanyakan.

      9
      1
    • 19 Januari 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Betul…itu bisa jg dgn modus jual murah dgn pembayaran cod…tapi yg kirim dgn nama toko lain dgn harga normal terkadang beli satu dikirim dua…tdk bisa ditolak krn pembayaran cod…(enggan ribut² dgn kurirnya) pada aplikasi transaksi dibiarkan menggantung/dlm proses sampai habis waktu pengiriman…jd brg yg diterima tdk bisa diretur…krn tdk terjadi transaksi diaplikasi….hati² dgn modus ini…

  • 18 Januari 2022 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Seharusnya pihak expedisi harus punya bukti KTP aktif si pengirim supaya mudah waktu pengusutan hal² dan tindak pidana

    9
    3
  • 19 Januari 2022 - (01:30 WIB)
    Permalink

    untuk cod dari online shope ataupun paket kiriman harus lebih ketat dalam administrasinya misalnya di lampirkan ktp pihak pengirim

    2
    4
  • 19 Januari 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Ni modus, adikku di bondowoso jg pernah dikirim paket gantungan kunci seharga rp500, tp bayar COD 36.000,terpaksa byr krn disangkanya pesanan suaminya

    2
    2
  • 19 Januari 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Setelah saya cek resi kirimannya dari Cirebon.
    Tahun lalu saya juga banyak menerima paket kiriman COD dari seller Cirebon mulai dari aksesoris, baju, kacamata, speaker dll. Otomatis saya tolak semua paketnya karena penerima nama asli semua. Sedangkan saya jika belanja gak oernah pakai nama asli.
    Bedanya dulu ekspedisi yg kirim dari J*T, mungkin sellernya udah pada diblacklist sama J*T sehingga sekarang pindah ke ekspedisi sicepat buat kirim barang busuk ke alamat random.

    • 19 Januari 2022 - (16:42 WIB)
      Permalink

      Apakah sudah di cek ke penerima satunya kak barang yg dipesan? Takut salah tempel resi pengirimnya, soalnya pernah kejadian kayak gitu setelah dicek barang masing2 ternyata ketuker lokasi kirimnya saja, klu nama PT. Maulagi itu Fendor apabila pembeli Mau COD sedang pesanannya tidak melalui shoope atau maeketplace lainnya (jd kayak rekber gitu) setau saya.

  • 19 Januari 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    inilah kenapa sy ga mau pembayaran cod di shopee/tokped. sy pesan juga ke org rumah kalo ada paket atas nama siapapun, jgn pernah bayar sepeserpun, krn sy selalu beli ga pake uang tunai, tp pake transfer semua, jd kita tinggal terima paket aja taunya

  • 19 Januari 2022 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Pas 2hari lalu saya juga terima paket yang tidak pernah saya pesan pembayaran COD dan alamat yang dituju alamat rumah saya yang lama , dan dia bisa tau ya nama lengkap saya padahal setiap pemesan saya hanya pake nama panggilan, saya di hubungi oleh kurir sicepat lalu saya info kalo saya tidak pesan, akhirnya di return dan kurir juga sempat fotokan nomor tlp pengirim saya cek pake get contact dan ternyata nomor tersebut memang sudah sering lakukan pengiriman random ke alamat orang, jadi hati hati ya guys

  • 24 Januari 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Modus COD sudah seringkali terjadi om, mungkin karena ada kebocoran data, atau mungkin malah dari oknum ekspedisi. Hampir semua ekspedisi sudah pernah kerjadian modus ini. Yang paling parah kapan hari menimpa saudara saya. Kronologi saudara pesan bandeng juwana via Tokopedia pengiriman dari semarang tujuan jombang, pembayaran via transfer bank dgn total sekitar 420,000. Kemudian barang tersebut sampai dengan selamat. Keesokan harinya ada paket dgn keterangan resi yg sama persis. Tertulis penerima dan no hp yg sama, isi tertulis bandeng juwana, total tagihan 420,000. Bahkan No. Resi JNE juga sama dgn paket asli yg pertama, hanya saja kode kota YG tertulis berbeda, harusnya SMG-JMB tapi ini yg palsu MJK-JMB. Untung kurir yg bagian kirim sudah hapal dgn kebiasaannya yg tidak pernah COD. Awalnya kurir hsnya taruh barang saja karena hapal tdk pernah COD, kemudian dia ragu dan balik karena sempat baca ada keterangan tagihan. Paket datang dakam keadaan rusak, basah. Karena khawatir sata buka dan ternyata isinya seperti jamu botolan dgn jumlah kurang lebih 9 botol (1botol pecah). Jika saya cari estimasi harga barang sekitar 9000. Jika ditotal harusnya cuma 81,000. Ini memang modus, bisa kebocoran data dari marketplace, atau dari ekspedisi. Karena membuat resi yg sama persis itu perbuatan yg susah tanpa orang dalam.

  • 24 Januari 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    saya pernah kena modus seperti ini, saya jadi belajar, kalau cod kasih tau seluruh orang rumah dan kasih tau barang apa yang dibeli dan berapa harganya, selain itu maka dibalikin aja barangnya, toh belum saya buka dan tidak saya terima.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Kiriman COD SiCepat dengan Pengirim yang Tidak Dikenal

oleh Rinaldo dibaca dalam: 1 menit
14