Surat Pembaca

Admin Shopee Menolak Komplain, Padahal Produk Token Listrik Tidak Valid

Bismillah. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Saya sudah lama menggunakan aplikasi Shopee dalam membeli barang – barang. Termasuk salah satunya adalah token pulsa listrik. Pada tanggal 27 Januari 2022 Kamis malam, saya menanyakan stok token listrik yang 500 ribu ke beberapa penjual. Penjual yang paling cepat membalas chat saya adalah penjual @arian.store. kalau dilihat dari beberapa produknya, sudah banyak dibeli di Shopee.

Saya chat penjual menanyakan stok apakah masih ada. Penjual menjawab “ada”. Kemudian saya melakukan transaksi, saya masukkan produk ke keranjang lalu melakukan check out dengan memilih pembayaran transfer via Bank BSI. Setelah transfer, di Shopee terdapat notifikasi pembayaran sukses. Lalu saya chat penjual dengan memberikan no meter saya dan atas nama meteran tersebut.

Namun hingga sore esok hari (hampir 24 jam) saya chat lagi penjual untuk menanyakan mana tokennya. Lalu saya liat penjual tidak membalas (terlihat dari “aktif 5 menit lalu”). Kemudian tanggal 28 Januari saya ajukan komplain ke Shopee dengan memilih barang belum diterima. Di komplain tersebut penjual merespon dengan tidak mencapai kesepakatan dengan pembeli. Di situ saya merespon tidak mencapai kesepakatan karena penjual sendiri tidak membalas chat saya.

Tanggal 29 Januari pihak admin Shopee dengan tiba–tiba memutuskan bahwa komplain saya tidak disetujui karena penjual telah mengirimkan pesanan yang sesuai dengan pesanan pembeli. Padahal di deskripsi produk yang saya beli, disitu tertulis jelas “token dikirimkan melalui chat”. Sedangkan penjual belum mengirimkan token ke saya melalui chat saat itu bahkan sampai sekarang.

Dan karena komplain saya tidak disetujui oleh pihak Shopee, maka dana pembelian tersebut masuk ke penjual. Dari sini saya komplain lagi ke Shopee, dari mana pihak Shopee menilai bahwa pesanan telah dikirim. Saya jelaskan di situ pesanan dikirim melalui chat. Lalu Shopee bilang akan follow up ke penjual terkait token yang belum saya terima.

Saya lakukan beberapa kali komplain (live chat CS Shopee) yang akhirnya Shopee mendapatkan no token dari penjual. Sebelum mencoba token tersebut, saya rekam proses inputnya dalam video. No token tersebut saat saya masukkan namun di-reject. Saya coba sekali lagi masih di-reject.

Malam itu juga saya coba laporkan ke PLN melalui aplikasi PLN. Besok paginya, tanggal 30 Januari petugas PLN datang ke rumah saya untuk melakukan pengecekan. Petugas tersebut mencoba memasukkan juga no token yang saya dapat dari Shopee namun hasilnya masih sama.

Kemudian saya minta petugas tersebut memeriksa apakah no token tersebut no yang valid. Petugas tersebut meminta bantuan temannya yang ada di kantor PLN untuk memeriksa no token tersebut. Namun temannya tersebut bilang no token tersebut tidak ada di sistem. Yang artinya no token tersebut salah ataupun palsu.

Saya komplain lagi hal tersebut ke Shopee. Namun setelah beberapa kali komplain, akhirnya Shopee membalas dengan menutup komplain tersebut. Dalam balasan dari Shopee, Shopee minta saya untuk chat ke penjual terkait token yang tidak bisa digunakan tersebut. Padahal dari awal token tersebut tidak bisa digunakan, saya sudah chat ke penjual bahwa token tersebut tidak bisa, di-reject oleh mesin.

Bahkan saya minta bukti pembelian token tersebut ke penjual. Karena penjual pun pasti mempunyai bukti pembayaran saat membeli token. Karena dari pembelian token ke penjual lain sebelumnya, penjual lain mengirimkan bukti pembayaran mereka melalui chat.

Sampai detik ini saya mengetik surat ini, masih belum ada respon lagi dari Shopee ataupun penjual.

Aldi Saputra
Bandar Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Halo kak saya jualan token juga, Riwayat pembelian token bisa dicek sendiri di aplikasi PLN mobile besok harinya setelah pembelian token. Masuk menu Profil - Layanan Saya - Pilih ID pelanggan yang mau dicek - Riwayat Pembelian Token, Jika belum daftar bisa pilih Tambah IDPel. Di shopee pembeli produk digital tidak bisa langsung konfirmasi terima namun harus nunggu 4 jam dan bila tidak klik tombol konfirmasi juga masih ada garansi kira2 dua minggu jadi akan lebih aman bila kk pakai dulu baru konfirmasi terima.

    • Iya. Saat itu saya belum terima token, sudah hampir 24 jam setelah saya kasih nomor meter saya. Lalu saya komplain transaksi tersebut. Tapi sama admin shopee komplain tersebut ditolak dengan alasan produk sudah dikirim. Padahal dari histori chat saya, penjual sama sekali belum memberikan no token. Dari sini sudah ketauan jelas admin tidak melihat masalah komplain dan langsung memutuskan masalah.

  • Sudah ada beberapa follow up dari shopee tapi masalah belum selesai. Saya juga sudah mengirimkan hasil verifikasi no token tidak valid dari PLN ke shopee.

    Jika sampai siang ini masih belum selesai, mungkin saya akan menambah surat pembaca ke media lainnya.

    Agar pembaca mengetahui cara kerja admin shopee dalam menangani komplain pembeli, admin shopee tidak mempelajari / melihat masalah secara detil. Jadi jelas sangat dirugikan disini.

    • Mungkin adminnya yang kurang pengalaman bisa ajukan komplain kembali dengan bukti riwayat pembelian token di aplikasi PLN mobile dan jelaskan bila semua pembelian token akan terdata di pln namun yang dikirim penjual tidak ada yang membuktikan bahwa penjual mengirim token palsu, saya cek token yang dikirim penjual memang tidak terdata di PLN mobile. Adanya transaksi tanggal 28 Januari nominal 500rb dengan nomor token 7176-6886-0637-3304-5693.

  • Alhamdulillah. Shopee sudah menyelidiki penjual dan menemui kecurangan pada penjual. Shopee akan mengembalikan dana transaksi ke saya dalam waktu maksimal 3 hari.

    Terima kasih media konsumen sebagai media untuk mediasi antara saya dan shopee.

    Semoga Allah memberi keberkahan pada media konsumen atas bantuannya pada semua konsumen yg telah dibantu.

    • Alhamdulillah, dana sudah dikembalikan penuh. Terima kasih media konsumen telah membantu permasalahan saya. Terima kasih shopee sudah mengembalikan dana saya.

      • Maaf Pak,klo kasus Anda sudah terselesaikan dengan baik oleh pihak Shopee....adanya baiknya pihak anda membuat Surat Pembaca yang baru di Media Konsumen bahwa pihak Shopee sudah menyelesaikan komplain anda. Harap maklum Pak,supaya setiap orang membaca komplain Anda tidak berprasangka bahwa kasus anda belum terselesaikan. Contoh saya pribadi,jika tak membaca semua komentar2nya bisa jadi saya berprasangka buruk bahwa pihak Shopee tak ada niat baik sama sekali. Terima kasih.

  • Jadiin pelajaran ada yang mudah beli token malah beli yg ada resinya kn udah disediain di bagian beli pulsa ngapain di beli penjual biasa. Makanya jg mudah tertipu dg harga murah & cashback udh ke gini nyalahin marketplace nya pdahal marketplace sndiri udh nyedian fitur khsus beli token listrik. Lain kali kak kalo g tau diman beli token listrik tanya ke CS nya jangan hanya tau dikit2 uplod media padahal salah diri sndiri. Kocakkk org kek gini.