Penjualan RDPU di BukaReksa Bukalapak Masih Diproses Hingga Melebihi Estimasi Waktu dan Tidak Ada Kejelasan

Saya melakukan penjualan beberapa unit reksadana saya yang ada di BukaReksa Bukalapak, pada hari Rabu, 2 Februari 2022 +- pukul 17.30. Ada 4 unit reksadana yang saya jual: Syailendra Dana Kas, Sucorinvest Money Market Fund, Mandiri Bukareksa Pasar Uang Syariah, dan Principal BukaReksa Pasar Uang.

Untuk Syailendra Dana Kas, Mandiri Bukareksa Pasar Uang Syariah, dan Principal BukaReksa Pasar Uang, penjualan masuk ke rekening sesuai estimasi waktu. Namun untuk Sucorinvest Money Market Fund, tidak masuk seperti estimasi waktu yang biasanya. Dimana reksadana pasar uang yang saya jual tanggal 2 Februari (Rabu Malam), harusnya diproses pada Kamis siang dan cair di hari Jumatnya.

Saya pun menunggu, dan mulai menyadari beberapa keanehan. Status penjualan unit ternyata masih diproses, dan ketika diklik detail transaksi penjualan ternyata TANPA NOMOR TRANSAKSI. Saya juga baru menyadari bahwa ketika saya menjual unit Sucorinvest Money Market Fund ini tidak ada e-mail penjualan yang otomatis masuk.

Ketika saya cek portofolio BukaReksa saya, masih tertulis nominal sekitar Rp5.100.***. Akan tetapi ketika saya klik jual semua, nominal yang tampil hanya Rp100.***, dimana selisih nominal yang Rp5.000.*** ini tadinya adalah nominal yang saya jual pada tanggal 2 Februari 2022.

Melihat beberapa keanehan ini, saya pun yakin bahwa ada error saat penjualan. Kemungkinan penjualan unit reksadana saya senilai Rp5 jutaan ini nyangkut di BukaReksa, yang dibuktikan dengan TIDAK ADANYA NOMOR TRANSAKSI di histori penjualan, dan tidak ada e-mail penjualan yang otomatis masuk saat saya menjual unit tersebut.

Saya sudah komplain melalui BukaBantuan di aplikasi Bukalapak pada hari Rabu 9 Februari, tapi respons yang diberikan sangat lambat. Hari Minggu tanggal 13 Februari saya ditelepon oleh tim Bukalapak di nomor 021-30030350 dan mereka hanya mengkonfirmasi perihal komplain saya. Berarti antara tanggal 9 hingga 13 Februari ini sama sekali tidak ada usaha pengecekan atau apa pun dari BukaBantuan terhadap masalah saya.

Hingga hari ini, 18 Februari 2022, respons masih sangat lambat, hanya dijawab sedang proses investigasi, itu pun saya harus komplain berkali-kali untuk minta segera direspon.

Saya nggak tahu apa yang membuat proses investigasinya begitu lama. Padahal ketika ditelepon oleh BukaBantuan, saya sudah memberi info tentang transaksi pembelian unit Sucorinvest Money Market Fund ini pada bulan Januari, yang jika diakumulasi sekitar Rp5 jutaan (Nomor Transaksi: BIB193847 dan BIB193856 tanggal 1 Januari 2022) dan akhirnya saya jual di bulan Februari ini. Tinggal melihat histori pembelian dan penjualan, crosscheck ke Sucor, harusnya bisa selesai dengan cepat kan?

Jika melihat detail penjualan unit, tertulis uang penjualan akan masuk maksimal 7 hari bursa, yang harusnya paling lambat di tanggal 14 Februari kemarin. Ini pun bukan sesuatu yang wajar, karena biasanya penjualan RDPU hanya memakan waktu 1-2 hari bursa untuk masuk ke rekening.

Saya juga berinvestasi reksadana di aplikasi lain seperti Bibit, Bareksa, Tanamduit, tapi tidak pernah mengalami masalah seperti ini. Yang pasti, ketika ada masalah pun respons Customer Service-nya cepat, tidak seperti di Bukalapak. Seperti tidak ada urgensi atau empati, ada dana customer 5 jutaan nyangkut di penjualan BukaReksa, tapi dibiarkan saja masalahnya sampai berminggu-minggu.

Saya sudah dirugikan banyak, dimana dana Rp5 juta yang harusnya cair sejak 4 Februari, hingga hari ini masih nyangkut di BukaReksa, masih harus komplain terus-menerus tanpa ada progress. Harusnya ada tindakan segera dari Bukalapak menyelesaikan masalah ini dan ada kompensasi yang diberikan ke customer, melihat kesalahan yang saya yakin ada di sistem penjualan BukaReksa.

Erwin Suhartono
Sukoharjo, Jawa tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BukaReksa Bukalapak:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Perihal Penjualan RDPU di BukaReksa Bukalapak Masih Diproses Hingga Melebihi Estimasi Waktu dan Tidak Ada Kejelasan

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Penjualan RDPU di BukaReksa Bukalapak Masih Diproses Hingga Melebihi Estimasi Waktu dan Tidak Ada Kejelasan

 Apa Komentar Anda mengenai BukaReksa Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Penjualan RDPU di BukaReksa Bukalapak Masih Diproses Hingga Melebihi Eā€¦

oleh Erwin S dibaca dalam: 2 menit
1