DC Pinjol Singa.id Menghubungi Ibu Saya dan Memaki, Padahal Saya Tidak Terlambat Bayar

Saya ingin mengeluhkan tentang salah satu fintech Singa.id (Singa Fintech). Hari ini (20 Maret 2022) adalah hari jatuh tempo saya di Singa.id. Saya tidak terlambat bayar, dari history saya sebelumnya pun tidak pernah terlambat bayar. Saya memang biasa bayar pulang kerja.

Namun siang ini tanggal 20 Maret 2022 pukul 12.20, DC Singa.id menghubungi kontak darurat, yaitu ibu saya. DC tersebut memaki-maki, mengancam akan melaporkan ke polisi, akan menyebarkan data saya dan mempermalukan saya.

Untuk aturan OJK, jika saya ada keterlambatan dan saya sulit dihubungi, baru menghubungi kontak darurat bukan? Kenapa DC Singa.id menagih di luar SOP dan cara penagihan kasar dengan intimidasi? Ibu saya memiliki penyakit jantung, jika ada apa-apa dengan ibu saya, saya akan minta pertanggung jawaban Singa.id.

Singa.id terdaftar di OJK dan AFPI, yang berarti legal. Namun penagihannya seperti ilegal dan dil uar aturan. Mohon kepada AFPI, OJK dan pemerintah, untuk memberantas fintech legal yang seperti ilegal, salah satunya Singa.id. Jika terjadi apa-apa dengan kesehatan ibu saya, saya akan tuntut Singa.id.

Sampai dengan saat ini pun, DC tersebut masih mengancam untuk menghubungi ibu saya. Saya sudah kirim email ke AFPI, OJK, Cyber Polri dan CS Singa.id.

Nur Halimah
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Singa.id:
[Total:372    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan SINGA.ID atas Surat Ibu Nur Halimah

Kepada Yth, Ibu Nur Halimah, Menanggapi pengaduan Ibu Nur Halimah pada Media Konsumen tanggal 22 Maret 2022 dengan judul “DC...
Baca Selengkapnya

70 komentar untuk “DC Pinjol Singa.id Menghubungi Ibu Saya dan Memaki, Padahal Saya Tidak Terlambat Bayar

          • 22 Maret 2022 - (23:41 WIB)
            Permalink

            Tag ke IG nya singa.id, afpi & ojk biar cepet direspon

          • 22 Maret 2022 - (23:27 WIB)
            Permalink

            Sabar mba, itu emang aplikasi ba****t, perusahaan logonya binatang, makanya kelakuan karyawannya kaya binatang, aku pernah pinjam,sama sekali ga telat tp hubungi seluruh kontak sama binatangnya mereka,harusnya bukan singa ID namanya, tapi ****** ID, karna kolektornya mengonggong trs kaya ******

        • 22 Maret 2022 - (21:10 WIB)
          Permalink

          Saran saya pelan pelan dan sebisa mungkin jauhi pinjol/fintech apapun legalitasnya, hidup anda sekeluarga akan susah selamanya dan kerja keras anda tidak ada artinya jika masih berhubungan dengan pinjaman itu, beralih ke pinjaman bank itu jauh lebih efektif jika anda tidak bisa lepas dari utang.

          16
          • 25 Maret 2022 - (01:47 WIB)
            Permalink

            Wow.. 4 jt, mantebb buat galbay nihh.. Nyayurrr.. 😂👍
            Seandainya, saya blm d blacklist.. 😂😂 lumayan buat uang jajan.. 😂

        • 23 Maret 2022 - (00:15 WIB)
          Permalink

          DC dibayar mmg buat mrnggongong… Sy juga kontak darurat … Sy Terima telponnya sdh sy jelaskan baik2. Tetap aja diulang2 telp bisa puluhan nomor… Stress juga sy.

        • 24 Maret 2022 - (01:09 WIB)
          Permalink

          Sabar mbak saya dulu korban penjol.
          lebih baik stop penjol
          Saya dulu hampir gila gara” penjol
          Jam 6pagi sampai 12mlm hp bunyi trus tiap 5menit
          Logo ojk hanya pemanis saja

        • 25 Maret 2022 - (01:48 WIB)
          Permalink

          Saya galbay 15 apk pinjol ilegal 4 pinjol legal.. Masih hidup aman sentosa.. 😂😂😂

      • 1 April 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Nah… Setuju.., DC ngawur g sesuai SOP.,
        Jangan sampai dah., krna DC yg tidak berattitude,
        Kasian kalau ada DC yg niat kerja sesuai SOP., nanti perilaku masyarakat ke DC yg niat kerja jadi jelek krna imbas DC yg ngawur.,

    • 23 Maret 2022 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Next perlu dicoba utk gunakan nmr HP cadangan sblm ajukan aplikasi pinjol kah ?
      Di nmr cadangan tsb isi nama kontak dgn nmr HP error. Kayaknya dlm pngajuan pinjol, jarang dihub nmr2 dlm kontak utk pesetujuan. Sekali2 memang hrs dibegitukan kah MRK ?

      • 23 Maret 2022 - (15:03 WIB)
        Permalink

        Kalau tidak dibayar,kasihan kesehatan ibunya.lebih baik jangan pinjam pinjol deh kalau masih sayang ama ibunya.kasihan kan kalau dimaki maki spt itu.maaf sekedar saran

  • 22 Maret 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran juga buat yang lain, utang dimanapun jangan libatkan ortu untuk jadi kontak darurat atau penjamin. Kasihan kalau ada apa². Minta tolong teman atau saudara saja.
    Yang dilakukan DC sangat salah, untuk itu sebisa mungkin hindarkan ortu dari urusan utang piutang. Soalnya jaman sekarang semua DC seperti itu, mau pinjol atau bank sama saja..
    Semoga ada tindakan untuk DCnya yang kurang ajar.

    11
  • 22 Maret 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Memang salah saya masukan no hp orang tua, tapi krna saya tdk pernah terlambat bayar, dan saya pun merasa saya tidak ada keterlambatan.
    Tapi DC nya yg menyalahi aturan, saya masih bisa dihubungi kok, kenapa langsung menghubungi kontak darurat, padahal saya tidak sedikit pun terlambat bayar.

    14
    • 22 Maret 2022 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Iya bagaimana pun yang salah tetap DC, mohon maaf tidak menyalahkan Anda. Anda yang jadi korban disini. Tapi setidaknya ini bisa jadi pelajaran buat yang lain juga ya, jaman sekarang DC ganas². Jadi harap hati² dlm mencantumkan kontak darurat. Semoga cepat ada tanggapan atas masalah ini.

    • 22 Maret 2022 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Yah, seperti itu lah Tim DC. Tetapi, jika sudah membahayakan nyawa si Peminjam atau Keluarga, maka dapat di laporkan ke Pihak Mabes Polri.

        • 22 Maret 2022 - (23:36 WIB)
          Permalink

          @Nur
          Mbak Nur, ga bakalan diproses kalau misalnya si DC melaporkan ke polisi juga. Malah yang ada diketawain sama petugas polisi disana dan disuruh pulang si DC nya. 😂

  • 22 Maret 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Kalo bisa jangan berurusan lagi dengan pinjol, kalo merasa sudah terlanjur berurusan dengan pinjol dan sudah ga kuat lagi bayar mending dibuat galbay, jangan gali lobang tutup lobang. Tinggal kuat2in telinga sama perbanyak sabar selama 3 bulan, dua minggu pertama pasti intens mereka menghubungi anda, lewat 1 bulan bakalan jarang kok. Saya bisa bilang gini karena sudah mengalami.

    17
    • 22 Maret 2022 - (14:11 WIB)
      Permalink

      Saya dulu pernah, karena teman yang minjem saya dapat sms tagihannya kasar banget. Saya bales balik.. kalau memang mau dibayar ketemuan saja sama saya. Saya akan bayar bungan 100%. Rencana kalau memang berani datang akan saya angkut ke kantor polisi…tapi sebelum itu saya injek dulu batang lehernya.

      11
      • 22 Maret 2022 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Gkan ada yg berani dateng langsung, mereka berani nya chat doang.. pernah saya maki maki balik..tapi kalo terus diladenin malah tambah disengajain

      • 22 Maret 2022 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Iyaa jangan ada yang pakai singa.id, statusnya terdaftar ojk, tapi seperti ilegal

        • 1 April 2022 - (10:01 WIB)
          Permalink

          untung gua gak jadi pinjam ngeri kali ya.
          baru hari jatuh tempo sudah telpon kontak darurat dan data sudah masuk ke dc.
          jauh sekakli dengan peraturan ojk. data di ambil alih dc setelah kita terlambat harusnya..
          thanks bang untung gua baca ini.. klo ngga mampuslah di telponin gua wkwkwkwk.
          dcnya kek singa berkepala ******…
          SINGA.ID

  • 22 Maret 2022 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Duh kenapa dibayar mba? Kan dah dibilangin pinjol ilegal ga usah dibayar. Anda bayar dan lunas sekalian pun ga ada jaminan.. anda dan orang tua anda tidak diperlakukan lagi dengan sebelumnya. Jangan takut DCnya juga bocah bocah lulusan SMU ga bakal berani COD.

    Tujuan Pinjol ilegal ini sebenarnya bukan agar cicilan nasabah dilunasi.. tapi buat bagaimana nasabah… mereka peras sampai habis dengan memanfaatkan data data yang dimiliki mereka.

    5
    2
    • 22 Maret 2022 - (19:30 WIB)
      Permalink

      Engga kok, saya gka mau bayar sama sekali.. setelah dia maki maki ibu saya, langsung saya laporkan ke AFPI, OJK, Cyber Polri.
      Tapi tdk ada tindakan

      • 24 Maret 2022 - (09:03 WIB)
        Permalink

        Sama mbak. Saya juga sudah disebar data sama singa id. Sudah lapor ojk, ojk nyuruh saya lapor AFPI. Sudah lapor afpi, afpi bilang akan melakukan investigasi ke singa id sebagai fintech terkait. Tapi ini udah 12 hari sejak saya melapor belum ada tindakan atau perkembangan apapun dari AFPI. sampe hampir tiap hari saya spam di email. Tapi ga ada tindakan sama sekali.
        Yang tadinya saya niat bayar, sekarang sih ogah banget.

  • 22 Maret 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Ga usah dibayar, itu cuman pihak ketiga yang dibayar sama Singa.id buat jadi tukang tagih. Mereka (DC) itu berani cuman via WA doank. Ga pernah berani tatap muka apalagi menagih secara langsung. Kalo ada tagihan yg kasar dan mengancam langsung screen shot dan blok.

  • 22 Maret 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Coba OJK tindak tegas DC, jgn sampai masyarakat yang bertindak sendiri afpi harus bisa lebih tegas menanggapi keluhan masyarakat

    6
    1
    • 22 Maret 2022 - (23:38 WIB)
      Permalink

      @Gembul,
      OJK udah ga punya taring lagi, mas. Payahhh. Tuh di youtube banyak review tentang penanganan OJK terhadap DC2 ga punya otak

  • 22 Maret 2022 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Kalo kejadian ma gua. Gak akan banyak bicara. Gua cari tuh DC nya GUA HABISI selesai perkara paling gua masuk penjara TAOI PUAS HABISIN BINATANG. kalo dc @singa.id gak suka komen gua yuk ktmuan ma gua skalian gua habisi

    16
  • 22 Maret 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    belum terlambat,penagihan sadis,lebih sadis lagi maki ortu….hebaaatttt bajingan aja hormat sama orang tua,lah ini trus mau disebut apa….gemesss ane sama dc kayak gini….

  • 22 Maret 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa banyak pinjol yang katanya legal terdaftar di OJK dan AFPI tapi ternyata abal-abal sama aja kayak pinjol ilegal, mereka kalau nagih suka gak ngotak. Banyak yang gak sopan, memaki, mempermalukan, & memfitnah. Malah ada yang main sebar data pribadi sembarangan. Udah jelas mereka melanggar aturan OJK, gak pada ngikutin kode etiknya.

    Banyak yang manipulasi data pula. Di halaman depannya bilang tenor berbulan-bulan taunya harus dilunasi pokok hutang 2 minggu kemudian.

    Yang kayak gini harus diviralkan, bikin meresahkan aja.

    • 22 Maret 2022 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Saya sudah lapor ke OJK, AFPI, CyberPolri bahkan Kominfo juga, tidak ada tindakan. Balasan nya cuma disuruh cek aja sebelum pinjam, itu OJK atau bukan.
      Bahkan sekarang ilegal pun pakai logo OJK.

      • 27 April 2022 - (23:38 WIB)
        Permalink

        Legal rasa illegal… Memang a***ng ini dc aplikasi satu ini dr 3 hari sebelum jatuh tempo udah nelpon terus setengah jam sekali… Pas jatuh tempo langsung nelpon kondar, udah gitu pake pengancaman padahal telat juga belum.. Sakit hati saya sama dc aplikasi ini

    • 22 Maret 2022 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Ojk itu fungsinya apa ya ? Masih ada kantornya ? pegawainya ato kekurangan pegawai dikantornya utk menindaklanjut laporan banyak masyarakat ?

  • 22 Maret 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    OJK OJK OJK tindaklah DC nakal2 kurang byak korban berjatuhan ya gara pinjol jgn salahkan orang ngutang

  • 22 Maret 2022 - (22:32 WIB)
    Permalink

    Ojk..dan csnya memang ada gunanya…kagak ada…cuma heran aja sama pemerintah ini..kok bisa ya lembaga seperti itu di bentuk…masih mnding dlu waktu di pegang BI…ojk itu lembaga yg menaungi para pemilik modal…yg ujung ujungnya ojk juga dapat jatah..jd mau bikin laporan ke ojk sampai kepala botak juga cuma lewat doang..kan buktinya sdh banyak..fintech legal tp seperti ilegal..ttp aja beroperasi bebas….kenapa yg legal mggak di berantas..karna yg legal bersedia ikuti aturan ojk..dengan beri upeti..dan membeli label terdaftar di OJK.. sedangkan yg ilegal di berantas karna tidak tunduk pada kemauan atau aturan ojk.salah satunya ya itu..mereka tidak bersedia memberi upeti ke pihak ojk.itu hal simpel yg terlihat jelas..jd klo mau ngadu ke ojk..silahkan di pikir lagi..tp klo mau usaha..yah silahkan saja..tp jangan kecewa ya..

  • 23 Maret 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Jadi gini secara hukum dc itu mungkin di tindak.. penjara paling berapa bulan aja mellangar sop. Tapi bukan artinya elo bebas gak bayar.. hutang u masi di slik ojk.

    2
    3
  • 23 Maret 2022 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Bicara baik-baik dan katakan apa kendala anda sampai blm bisa bayar, janjikan kapan anda bisa bayar. jika sudah demikian masih memaki dan menyebar ke kontak diluar kontak darurat, jangan bayar! anggap aja 1-1. malu memang, tapi paling cuma 2-3 bulan lah. semoga kita semua dihindarkan dari yg namanya hutang, Aamiin.

    • 23 Maret 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf ya pak, disini posisi nya, saya memang mau bayar pulang kerja, sebelumnya pun saya bayar agak malam sepulang kerja, tapi ini memang dc aja yg diluar aturan, tiba” menghubungi kontak darurat, padahal saya tidak terlambat sama sekali.

  • 23 Maret 2022 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Itu ada nampak nomor DC yg ngancam. Kenapa tidak dimaki2 balik oleh pembaca yg merasa kesel??

  • 24 Maret 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Kalau saya jadi mba, saya akan tuntut itu pinjol. Biar tau rasa. Bukti ada kok, trus kurang apa lagi. Sekalian aja tuntut, biar jadi pelajaran sama dc yg lain. Karena pihak pinjol akan tuntut ke dc nya atas kerugian materi mrk 😂😂.
    Kerugian immateri itu tak terhingga mba 🤫

 Apa Komentar Anda mengenai Singa.id?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

DC Pinjol Singa.id Menghubungi Ibu Saya dan Memaki, Padahal Saya Tidak…

oleh Nur dibaca dalam: 1 menit
70