Surat Pembaca

Termakan Janji Manis IndiHome

Selamat Pagi,

Saya Dwi Wahyuni, pelanggan dengan nomor kontrak IndiHome dengan nomor 122217256277

Kronologis:

Pada tanggal 26 Maret saya mengajukan pindah alamat kost. Dan diinformasikan bahwa di alamat baru saya SUDAH TERPASANG jaringan IndiHome (please see screenshot). Cuma CS berkelit, saya harus tetap kirim SURAT PERYATAAN BERMATERAI dari pemilik kost. Ya sudah saya ikuti, namanya BUMN kan yaa? Pasti persyaratannya saklek.


Dikarenakan saya harus opname, dan baru pulang tanggal 30 Maret, surprisingly jawaban CS setelah 1 minggu berselang JADI TIDAK BISA diajukan pengajuannya KARENA JARINGAN TIDAK TERSEDIA.

Ya saya awalnya masih diam dan minta di-terminate saja kontraknya. Eh giliran sudah minta putus kontrak, diminta untuk bayar Rp250.000. Masih saya diemin, saya gak langsung percaya gitu aja, karena dari awal jawaban CS saja sudah plin plan. And as expected from CS yang bawa bendera BUMN berubah lagi jawabannya.


Sampai akhirnya tadi malam dibuatkan laporan dan tadi pagi dapat SMS kalau pengajuannya disetujui. Maaf seribu maaf, saya sudah malas sekali. Bahkan CS dengan angkuhnya tidak mau mengakui kesalahan sampai Pihak Teknisi yang menghubungi saya langsung via WhatsApp.

Kepada CS @IndiHomeCare yang terhormat. Saya harap, hari Senin sudah ada yang konfirmasi ke saya kalau kontrak terminationnya sudah berhasil tanpa saya harus kirim data ini itu.


Terima kasih.

Salam,

Dwi Wahyuni
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Termakan Janji Manis IndiHome”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Dwi pada tanggal 2 April...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ini nih salah satu pelanggan kalau layanannya mati sibuk koar koar ke Sana kemari neleponin teknisi malem", tapi kalau layanannya lancar" Aja diem diem bae ke kaga kenal tuh doi pake internet apaan ... Makanya kalau dapat pelanggan ke gini, layanannya normal auto block

  • Sorry to say..
    Menurut saya Customer diawal udah gada attitude. Udah jelas harus persetujuan pemilik kontrakan.. ko ngerasa risih
    Bukan masalah benar atau salah. Ini masalah sepele. Tapi attitude perlu di utamakan
    Semoga jadi pejalaran buat kedua belah pihak ya

  • Mau tanya kejadian screenshoot artikel nya itu urut ya? Atau screenshoot watsap teknisi yang paling terakhir komunikasi tapi di taro di tengah artikel?

  • Halo kak yuni, saya tergerak untuk memberi komentar tapi sebelumnya untuk mendukung komentar saya nantinya dan tidak dinggap anonim. Perkenalkan nama saya prima yudha, saya bukan karyawan atau pihak indihome tapi saya adalah teknisi IT jaringan di perusahaan swasta nasional dengan pekerjaan itu setidaknya saya "diharuskan" memahami sedikit masalah jaringan dan juga akibatnya saya punya banyak kenalan teknisi indihome di lapangan dan sering ngobrol masalah teknisnya di indihome. Saya akan coba jelaskan mudah-mudahan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

    Saya sudah baca berulang kali screenshot pembicaraan yang kak yuni berikan supaya saya jelas dan bisa berimbang/ tidak memihak dan akan saya coba berikan saran nanti di akhir komentar saya. Mohon maaf saya terpaksa harus mengatakan keduanya salah dalam hal ini, kenapa??

    CS/INDIHOME

    1. Sebenarnya apa yang beritahukan tidak ada yang salah, semua berkas yang diminta adalah berkas yang wajar dan biasa dalam hal pemindahan. Termasuk surat persetujuan pemilik rumah, surat ini biasanya diminta kalau konsumen yang mengajukan tidak berada di rumah sendiri dan dalam hal ini kak yuni ngekost jadi wajar kalau diminta surat ini. Bisa kak yuni bayangkan kalau misalnya anggap saja kak yuni sebagai pemilik rumah dan tidak mengetahui dan tidak menyetujui dipasang indihome?? tiba-tiba rumahnya sudah dipasang??

    2. Ini sebenarnya masalah rangkain pemberitahuanya saja. Kalau dilihat CS pertama mengatakan kalau wilayah tempat baru kak yuni sudah tercover dan tolong digarisbawahi juga dikatakan bahwa butuh pengecekan terlebih dahulu. Apakah ini mungkin?? sangat mungkin. Bahkan kalau mau saya jelaskan lebih dalam, meskipun suatu daerah tercover terkadang ada titik-titik yang tidak tercover karena banyak faktor yang tidak bisa saya jelaskan disini. Tapi dalam hal ini disebutkan karena masalah ODP. Saya akan jelaskan dibagian belakang

    3. Jadi salahnya dimana?? kenapa saya bilang salah? ya salah karena konsumen diminta terlebih dahulu diminta berkas Sebelum dipastikan terlebih dahulu apakah daerah tersebut sudah benar-benar bisang dipasang indihome!! Konsumen merasa sudah capek-memenuhi berkas yang diminta tapi ujung-ujung dikatakan tidak bisa dipasang. Mungkin beda halnya jika konsumen tidak dimninta terlebih dahulu untuk memenuhi berkas yang ada dan dikatakan tidak bisa dipasang. Ya kan kak yuni?? mudah-mudahan iya ya, hehe

    KAK YUNI/KONSUMEN

    Maaf saya coba jelaskan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami ODP (Optical Distribution Point) adalah sejenis perangkat yang bertujuan untuk melindungi dan membagi kabel FO (Fiber optik) ke beberapa bagian atau konsumen. Yang saya tahu (maaf kalau salah, seperti saya jelaskan diawal saya bukan orang/teknisi Indihome) Indihome memakai ODP 1/8 artinya satu ODP dibagi menjadi 8 pelanggan.

    Nah ODP inilah yang sering menjadi bagi masalah pelanggan baru, terkadang orang awam sering komplain tetangga sebelah rumah bisa pasang indihome kenapa pas kita mau pasang gak bisa eh beberapa bulan kemudian tetangga sebelah pasang koq bisa lagi!!!! terus sumpah serapah keluar deeh.... alasannya tidak lain karena ODP Full !!! (saya akan kasih saran nantinya). Seperti kita tahu mungkin juga ini keuntungan indihome adalah BUMN ya, tingkat cover Indihome sangat luas bahkan saya bisa bilang terbaik, banyak provider lain tidak tercover tapi tercover oleh indihome akhirnya mengakibatkan pengguna indihome pun banyak dan walhasil ODP full.

    Kak yuni harusnya lebih sabar apalagi saya lihat kak yuni sering menggunakan kata-kata bahasa inggris yang mungkin pendidikan kak yuni pun tinggi harusnya bisa sedikit lebih sabar dan tidak mudah judge plin-plan atau semacamnya. Oleh karena itu saya baca komentar disini banyak yang menanggapi betapa arogannya kak yuni ketimbang masuk esensinya. Maaf ya kak yuni.. tapi saya tahu mungkin sudah kesal karena sudah keburu minta TTD segala yang mungkin orangnya susah ditemui. Tapi sebenarnya kalau kak yuni sedikit lebiiih bersabar sebenarnya surat ini bisa disertakan saat teknisi datang. Jadi pastikan dulu benar bisa dipasang tidaknya.

    SARAN

    1. Dunia digitalisasi memang mempermudah kita melakukan semuanya hanya dengan bermodalkan gadget saja tanpa harus keluar rumah. Tapi tidak semua instansi, perusahaan (apalagi yang baru saja mulai go digital) sarana, prasarana bahkan SDMnya siap juga go digital. Jadi lebih baik untuk pertimbangkan juga langsung menemui CSnya di kantornya atau langsung temui teknisinya dilapangan.
    2. Kalau ODP full, ini saran yang bisa dilakukan jika tetap ingin pasang indihome.
    -ajak beberapa orang yang juga ingin pasang indihome disekitar. ribet sih tapi kalau gak mau ribet bisa pakai tekomsel orbit atau kalau ada dana lebih bisa bayar biaya penarikan kabel.

  • Cs mana tai kondisi lapangan . Yang tau hanya teknisi mkny kalo punya indhome mnding kalo stiap ada gangguan pegang no teknisi nya.. cs nya hanya memberi pelayanan satu sisi ibu nya kurang nangkep
    Itu cs udah berusaha buat bisa untuk pindah namun terkendala nya kaga ada odp . Kotak jaringan nya ternyata di lokasi . Yaa cs yg diem di kantor mao gmna . Jangan kan cs . Teknisi sekali pun ga bsa aktipin kalo emng bener2 gada odp ( kotak jaringan) mao di colok di mana itu kabel wkwkw . Mao di poon di colok nya ... Saya pengguna indhome tapi saya ngarti tentang indhome . Mnurut saya gda yg salah dr indhome . Pelayanan ok cepet juga teknisi nya ksini. Dan alhmdulillah gada kendala saya selama make indhome . Itu cuman salah paham . Satu ngmng baik baik the power ema ema marah bae heran . Copot layanan ajh jangan ribet wkwkw

  • Dan kalo mao pindah alamat japri teknisi nya cepet tanpa ribet asli .. hari itu klaar kasih ajh uang kopi roko . Di kerjain pasti . Asal pindah nya ga ke luaar daerah. Mkst nya masih satu wilayah daerah telkom itu ... Jangan apa apa nyalahin orang .. kalo ga ngerti udah mnding stop bikin pusing teknisi kasian wkwkw

1 3 4 5