Kode Verifikasi Mobile JKN yang Menyulitkan

Kepada Yth. Direktur BPJS pusat Khususnya Kepala BPJS Cabang Mataram

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Erniwati dari Mataram. Ada beberapa hal yang ingin saya keluhkan terkait dengan layanan Mobile JKN. Khususnya perubahan kanal auto debit untuk peserta JKN mandiri.

Kronologinya sebagai berikut: Keponakan saya mendaftar BPJS mandiri beserta anggota keluarganya, dimana saya meminta mereka untuk menggunakan rekening saya sebagai rekening auto debit setiap bulannya. Belakangan sekitar Bulan Desember Tahun 2021 saya agak terkejut karena ada pendebitan dengan nominal sekitar 420.000 dengan keterangan BPJS.

Saya telusuri ternyata itu adalah pendebitan 4 bulan iuran, disitu saya agak bingung kenapa tidak didebit setiap bulan, atau apakah memang kesalahan dari saya sendiri atau bagaimana. Selain itu selama 4 bulan itupun keponakan saya beserta keluarganya tidak memperoleh layanan BPJS karena status non aktif.

Saya datang ke kantor BPJS untuk mengganti kanal auto debit dengan rekening keponakan saya tersebut, sehingga saya bisa setting auto transfer ke rekeningnya agar menghindari terulang seperti kejadian yang lalu. Namun sampai di kantor BPJS Cab Mataram, saya justru diarahkan menggunakan layanan mobile JKN.

Petugas CS BPJS sendiri saat itu seingat saya mengatakan bahwa kalaupun merubah melalui CS langsung agak sulit, entah apa alasannya, saat itu seingat saya CS memberikan saya satu formulir yang harus ditandatangani oleh keponakan saya dengan pesan “apabila tidak berhasil melalui mobile JKN silahkan kembali membawa formulir ini. Jujur saat itu saya ragu untuk kembali mendengar pesan tersebut.

Baik, saya pulang dan mencoba dengan Mobile JKN. Namun ketika saya mencoba, pemberitahuan yang muncul adalah “Pindah kanal auto debit hanya bisa dilakukan 1 kali dalam satu bulan. pendaftaran autodebit terakhir pada tanggal 25 April 2022, pindah kanal autodebit bisa dilakukan pada tanggal 25 Mei 2022”. Saya bingung karena sampai saat ini belum pernah sekalipun melakukan pendaftaran autodebit yang sukses.

Akhirnya pada tanggal 01 Juni 2022 saya mencoba kembali, namun sampai berkali-kali mencoba pun kode verifikasi yang katanya dikirim ke nomor hp yang bersangkutan (nomor hp keponakan saya) tidak kunjung datang.

Di sini saya terus terang merasa sedikit putus asa, kalau ke CS BPJS saja meragukan, lalu apalagi yang bisa diharapkan dari kode verifikasi yang tak pernah masuk ke hp yang bersangkutan? Layanan Mobile JKN sepertinya memerlukan evaluasi kembali, atau mungkin penyederhanaan regulasi dari BPJS sendiri terkait dengan prosedur penggantian kanal autodebit. Karena yang saya alami saat ini seperti buah simalakama. Mau didiamkan tidak nyaman dengan autodebit yang kadang terdebit kadang tidak, mau berusaha memperbaiki agar lancar antara premi dan layanan juga sulit sekali.

Sebelumnya saya minta maaf, tulisan saya tidak bermaksud men-judge layanan BPJS buruk, namun hanya meminta solusi agar kami sebagai pengguna layanan lebih nyaman. Selain itu tentu saja tidak menyenangkan juga bagi kami bolak balik kantor BPJS untuk mengurus hal ini.

Demikian surat ini saya sampaikan. Semoga mendapat perhatian dan solusi yang baik. Terima kasih.

Erniwati
Mataram, Nusa Tenggara Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Kode Verifikasi Mobile JKN yang Menyulitkan

    • 4 Juni 2022 - (04:11 WIB)
      Permalink

      Ada kok, pulsa reguler selalu ada, cuma memang tidak bisa masuk juga. Tolong lah mungkin diperbaiki, atau ada kebijakan yang lebih memudahkan dalam regulasi penggantian nomor rekening auto debit, terima kasih sebelumnya

  • 3 Juni 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    BISA JADI PENGATURAN / SETTINGAN HP ANDA YANG BERMASALAH YANG MENYEBABKAN KODE VERIFIKASI TIDAK MASUK

    • 4 Juni 2022 - (04:07 WIB)
      Permalink

      Maaf, kalo settingan hp yang salah, logikanya pasti verifikasi dari aplikasi lain juga ga akan bisa masuk. Tapi ini yang ga bisa cuma verifikasi aplikasi BPJS selain itu bisa semua kok,

  • 3 Juni 2022 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Kalau saya selalu bayar mandiri tidak perlu menunggu autodebet. Tiap tanggal 1 saya bayar. jadi autodebet yang biasanya tgl 10 tidak pernah jalan karena tagihan sudah lunas.

    • 4 Juni 2022 - (04:09 WIB)
      Permalink

      Oh gitu ya, berarti tetep manual. Boleh nanti saya coba, meskipun akan jadi ga otomatis lagi, terima kasih masukannya

      • 4 Juni 2022 - (04:25 WIB)
        Permalink

        Saya dulu juga minta cabut/ganti no rekening ke kantor bpjs susah karena tidak bisa ketemu CS, disuruh pakai mobile jkn. Akhirnya saya bayar manual tiap tgl 1. Setelah itu saya cabut sekalian autodebet-nya di bank, karena saya lebih nyaman manual.
        Untuk cabut atau pindah autodebet bisa ke bank langsung tidak perlu lewat mobile jkn.

    • 4 Juni 2022 - (18:26 WIB)
      Permalink

      bisa dijadikan alternatif, pernah ada kasus dibayar manual autodebet motong lg. lebih baik ganti ke rek lain emank khusus buat autodebet ( saldo dikit)

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kode Verifikasi Mobile JKN yang Menyulitkan

oleh Erniwati - dibaca dalam: 2 menit
9