Penagihan Kartu Kredit BNI Melalui Telepon Kantor yang Mengganggu Lingkungan Perusahaan

Yth. Bapak Direktur Utama BNI 46,

Saya pemegang Kartu Kredit BNI dengan nomor 4105-0500-****-**70. Sebelumnya saya masih bisa melakukan pembayaran minimal setiap bulannya. Namun kemudian mulai tersendat dan akhirnya tidak mampu membayar, karena terbentur dengan situasi kondisi pandemi dan lainnya.

Kejadian terjadi pada hari Jumat tanggal 10 Jumat 2022. Debt collector kartu kredit BNI menelepon ke kantor perusahaan tempat saya baru bekerja kembali. Debt collector tersebut melakukan hal yang membuat kondisi lingkungan perusahaan tempat saya bekerja menjadi terganggu, karena telepon yang terus menerus dan marah-marah kepada rekan resepsionis di perusahaan saya bekerja sekarang.

Saya mengatakan untuk langsung menelepon ke nomor HP saya, akan tetapi debt collector tersebut tetap ngotot menelepon melalui telepon perusahaan. Debt collector mengatakan mereka telah menawarkan keringanan sebelumnya, tetapi saya dikatakan tidak memiliki itikad untuk membayar.

Padahal sebelumnya saya sudah pernah mengajukan cara pembayaran cicilan agar lebih ringan kepada debt collector mereka, akan tetapi tidak ada follow up dari mereka dan hanya didiamkan. Berikut saya lampirkan percakapan WA saya pada saat program pengajuan cicilan.

Saya tunggu, akan tetapi tidak ada kepastian. Terakhir saya ditelepon kembali, debt collector bersikap kasar melalui telepon perusahaan tempat saya bekerja dan membuat situasi menjadi tidak nyaman bagi rekan saya.

Mohon kepada Bank BNI untuk kembali memberitahukan pada debt collector-nya mereka harus memiliki etika seperti yang tercantum dengan peraturan yang berlaku di BI.

Reni Oktaviani
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:55    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Penagihan Kartu Kredit BNI Melalui Telepon Kantor yang Mengganggu Lingkungan Perusahaan

  • 13 Juni 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Masalah spt ini saya tau persis tips dan trik supaya tidak ditagih lagi di kantor, tp tidak akan saya jelaskan disini, soalnya nanti pastinya dituduh sebagai dc. 😀 😀 😀

    5
    3
  • 13 Juni 2022 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Daripada malu dan dioecat mending buru2 lunasi deh. Saat2 begini harusnya hati2 pakai CC

    2
    2
  • 13 Juni 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Parah bener

    Menagih kasar ke tempat kerja malah bisa kehilangan kerja dan makin ga bisa bayar tagihan.

  • 13 Juni 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Orang lain disuruh untuk taati peraturan
    Ga sadar apa ya…
    Dia sendiri aja udah melanggar peraturan dengan nunggak cicilan…
    Ya dinikmati ajalah teror dari dc nya…

    8
    20
    • 13 Juni 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Ajuin skema cicilan langsung telp customer service aja saran saya, daripada melalui debt collector gk bakalan di proses dengan baik.

      • 14 Juni 2022 - (07:21 WIB)
        Permalink

        benar, kalau memang ada rencana menyicil. langs saja call center.
        skema dari penagih biasa hanya FAKE…

    • 13 Juni 2022 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Kredit macet tetep ada aturan nya tong, jgn salah gw pernah rekam dc yg neror lwt telp ktr trs gw laporin ke reskrim (kebetulan ada sodara disitu) lsg diciduk tuh org nya dr pihak ke-3 nya lsg nginep sel bbrp hari & sempet gw samperin krn pengen liat muka tuh cew, nangis2 dia kapok lu

      7
      1
        • 14 Juni 2022 - (07:55 WIB)
          Permalink

          Di tagih tidak masalah, tapi dalam penagihan nya kan juga DEBT COLLECTOR juga sudah ada aturan yang jelas. Jika cara penagihan ke kantor sudah mengganggu apa beda dengan DC pinjol ilegal.

          5
          2
    • 14 Juni 2022 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Benar saya menunggak, dan sepenuhnya sadar, akan tetapi saya memiliki niat baik untuk mencari solusinya. Untuk penagihan saya tidak masalah jika dihubungi dengan baik-baik. Dikarenakan cara penagihan nya tidak baik itulah yang membuat saya menuliskan keluhan ini.

      6
      2
  • 13 Juni 2022 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Lbh baik datang ke kantor aja mbk, minta keringanan. Sama spt saya ke kantor minta keringanan akhirnya deal

    • 14 Juni 2022 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Bapak tidak baca SC wa nya berarti, saya ditawarkan dari bagian penagihan yang email saya, 100ribu juga itu DP untuk cicilan flat tahun pertama yang setelah itu baru cicilan normal pada saat penawaran, sehingga setelah tahun pertama cicilan nya gak 100rb lagi. itu yang ditawarkan dari bagian penagihan yang menghubungi saya. Jika ingin berkomentar mohon yang sopan. terima kasih.

      3
      4
    • 14 Juni 2022 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Rianto@ mknya otak jgn males buat memahami setiap kata setiap bait. Otak donggo males nga usah nyerobot coment klo nga bisa pahami kata2 diatas… Jgn merasa pling bijak, pinter kenyataan ya oon

      3
      1
  • 14 Juni 2022 - (01:08 WIB)
    Permalink

    Saran sih lebih cepat ke kantornya atau telp ke CS untuk pengajuan keringanan. Sebenarnya wajar kalau ditagih, karena ya kita pakainya kan juga mudah. Diberikan fasilitas kemudahan agar dapat dimanfaatkan sebaik2nya. Mudah2an penulis dilancarkan pekerjaan dan rezekinya agar dapat stabil kembali dan dapat dengan cepat melunasi semua pinjamannya. Aamiin.

  • 14 Juni 2022 - (01:42 WIB)
    Permalink

    Memang itu resiko kalau nunggak kartu kredit. Saya dulu punya kartu kredit BNI, tapi sudah saya tutup karena saya sering tergoda untuk menggunakan kartu kredit tersebut yang kemudian membuat saya jadi tertekan kalau tagihan kian menumpuk. Solusi bagi anda jual barang yang ada yang bisa melunasi utang Anda. Utang lunas hidup jadi tentram.

  • 14 Juni 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    saya bagi pengalaman ya mba reni, yang sudah melunasi 3 CC BNI.. berhubung mba tinggal di BATAM, alangkah baiknya langsung saja ke kantor pusatnya yang ada disana..minta ketemu bagian collector, minta restruktrurisasi, biasanya nanti diminta uang DP dulu sebagai tanda persetujuan bahwa bener2 serius nanti uang tsb dikurangi, semisal 11 juta, DP 1 juta, sisa 10 juta, nanti disana nego minta 12/24 bulan sesuai financial kita..alhamdulillah saya sudah lunasi ketika tagihan cicilan sedang berjalan, ada dana tunai langsung dilunasin dan minta diskon pelunasan serta surat keterangan lunas (Wajib ada) kalo sewaktu waktu ada DC oknum yang telp kalo kita masih ada tagihan

    • 14 Juni 2022 - (09:53 WIB)
      Permalink

      iya kak, saya sudah dihubungi bagian collection kartu BNI saya. yang menangani kartu saya cabang pekanbaru. Dan sedang dalam negosiasi. terima kasih

      • 14 Juni 2022 - (13:37 WIB)
        Permalink

        iyaa mudahan nanti bisa diselesaikan, kalo ada rejeki bisa langsung di bayar aja biar tenang pikiran

    • 14 Juni 2022 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Semua debt collector yg pihak ketiga memqng cara nagihnya gitu, ngasih tekanan psikologis ke konsumen, spy konsumen tertelan dan akhirnya mau melunasi.
      Konsumen harusnya ngejaga jgn sampai akun mereka jatuh ke pihak ketiga, harusnya tau diri saat dah galbay 3 bulan, buru2 hubungi kreditor spy jgn sampai akun jatuh ke pihak ketiga, negosiasi utk restruktur, dicicil…. Ini mah kadang debitor dah galbay bukannya buru2 nego ke kreditor malah cuel aja, yg parah lg malah playing fictim kl dah diteror pihak ketiga

  • 14 Juni 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    klo dc sengaja bikin ga nyaman segera koordinasi ke bank nya langsung jangan melaui dc karena mereka bukan karyawan bank tetapi pihak ke 3 bisa2 duit nya malah ilang

  • 15 Juni 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Saran saya penulis datang langsung ke kantor Bni yg ada bagian Collection atau bagian Restruktur nya.

    Disitu sampaikan masalahnya kenapa bisa telat bayar dan bicarakan utk kemampuan mencicil setiap bulannya,
    Lebih baik disertakan hasil Slik dari Ojk krn dikhawatirkan tagihan melebihi dari yg pihak bank laporkan ke Ojk,
    Maksudnya ada kemungkinan spt contoh tagihan di bank 10jt pdahal di laporan Slik hanya 9jt,
    Maka kita bs meminta mencicil diangka 9jt,
    Dan itu sering terjadi dan selisihnya cukup lumayan,
    Lalu minta nomor kontak orang bagian tsb agar mempermudah komunikasi via wa dll,
    Setelah proses tsb dilalui jgn lupa utk minta bukti tertulis program keringanannya agar kejadian spt collector tlp ke kantor tdk terulang lg,
    Krn hanya karyawan Bni yg punya wewenang utk meneruskan atau menahan ke pihak ketiga.

    Semoga penulis selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang lancar agar permasalahannya segera selesai.

    Amiennn…..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kartu Kredit BNI Melalui Telepon Kantor yang Mengganggu Ling…

oleh Reni dibaca dalam: 1 menit
27