Surat Pembaca

Kenapa Tagihan IndiHome Tetap Berjalan, Padahal Layanan Sudah Diblokir dan Alat Sudah Diambil Semua?

Kepada Yth. Pt. Telkom Indonesia Tbk,

Saya pelanggan IndiHome wilayah provinsi DKI Jakarta, dengan identitas pelanggan sebagai berikut:

Nama: Irna Yuanita
ID pelanggan: 122502415003

Saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut: Mengenai pembayaran IndiHome periode April 2022 telah saya lunasi, dengan nomor ID Transaksi 991902386227, tanggal bayar 20 April 2022.

BIAYA INDIHOME: Rp260.000
PPN: Rp28.600
TOTAL TAGIHAN: Rp.288.600

Pada bulan Mei 2022, saya tidak ada di rumah, hanya orang tua saya yang ada di rumah, sehingga akhirnya saya telat membayar. Pada tanggal 21 Mei 2022, layanan IndiHome di rumah saya diblokir, akibatnya saya tidak dapat menikmati layanan IndiHome.

Dengan mempertimbangkan keberadaan saya yang akan pindah rumah, saya mengambil keputusan untuk berhenti layanan IndiHome dan bersedia untuk membayar tagihan yang saya nikmati pada tanggal 1 sampai 20 Mei 2022.

Setelah 2 minggu, saat saya sedang tidak ada di rumah ada orang IndiHome datang untuk mengambil alat dan di rumah saya hanya ada orang tua saya. Kata orang tua saya orang IndiHome tersebut memakai seragam dan tidak dikasih bukti setelah mengambil alat-alat dan termasuk remote. Orang tua saya lupa memotret orang tersebut. Sehingga tidak ada bukti pengambilan alat.

Saat saya ingin membayar tagihan hari ini tanggal 18 Juni 2022, ternyata tagihan sudah bertambah. Padahal saya sama sekali tidak menikmati layanan Wi-Fi IndiHome di rumah, karena sejak tanggal 21 Mei 2022 sudah diblokir dan alat pun sudah diambil.

Mohon kepada pihak PT Telkom untuk MENCABUT dan memperbaiki tagihan saya di sistem tagihan saya, agar saya dapat membayar tagihan pada periode tanggal 1-20 Mei 2021. Bahwa tagihan saya sampai saat ini mencapai Rp577.200 (belum termasuk denda dan PPN).

Saat saya telepon ke 147 dengan menceritakan detailnya dan soal alat. Namun tetap tidak bisa dibantu, padahal saya saat telepon awal bulan Juni. Yang saya heran, kenapa belum ada pemutusan, tapi alat sudah diambil lengkap tinggal kardusnya saja? Lalu tiba-tiba tagihan tetap berjalan. Kalau saya tidak telepon, mungkin masih tetap berjalan tagihannya.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah saya harus membayar tagihan dari tanggal 21 MEI 2022 sampai tanggal 18 Juni 2022? Karena pada kenyataannya, saya SAMA SEKALI TIDAK MENIKMATI LAYANAN WIFI INDIHOME, yang berarti hak saya tidak saya dapatkan.
  2. Jika benar istilah pakai dulu baru bayar, kenapa di kuitansi pembayaran yang saya punya tertera bulan tagihan Mei 2022 dan tanggal bayar 20 Mei 2022? Seharusnya jika benar istilah pakai dulu baru bayar, tertera bulan tagihan Maret 2022 tanggal bayar 20 April 2022. Untuk apa dibuat ribet istilah itu? Istilah itu sangat membingungkan. Terlebih lagi untuk pengambilan alat, kata CS setelah pemberhentian pemakaian ada laporan dan tagihan sudah lunas baru ada jadwal pengambilan. Namun dua minggu dari tagihan yang belum dibayar, sudah diblokir dan alat sudah diambil semua.

Mohon kebijaksanaannya dengan segera. Jika tidak, tunggakan saya akan semakin membesar atau buncit dan juga akan mempermasalahkan alat-alatnya lagi kah? Sekian dan terima kasih.

Irna Yuanita
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Kenapa Tagihan IndiHome Tetap Berjalan, Padahal Layanan Sudah Diblokir dan Alat Sudah Diambil Semua?”

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Irna pada tanggal 19 Juni 2022 terkait keluhan ”Kenapa...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mau pakai deposit apa tidak apapun itu kalo mau ditutup ya segera ditutup itu murni kesalahan anda bukan billing selama belum ditutup bayat semua clear jika ada sisa deposit pasti dikembalikan