Shopee Melakukan Pemotongan Ongkos Kirim Secara Sepihak

Saya adalah salah satu penjual yang dirugikan oleh sistem Shopee yang melakukan pemotongan ongkos kirim secara sepihak. Pada nomor orderan 2206185YP27XXR dengan nomor resi Jne REGULAR CM44479192088 terdapat selisih ongkis kirim sebesar 9 ribu rupiah, karena menurut sistem Shopee toko saya berada di Kota Surabaya – Jawa Timur, sedangkan pembeli berada di Kota Bogor – Jawa Barat.

Padahal sudah jelas-jelas di histori pembelian, pembeli membayarkan ongkir sebesar 9 ribu rupiah tanpa menggunakan voucher gratis ongkir dari Shopee (lihat gambar terlampir). Bagaimana mungkin apabila toko saya berada di kota Surabaya, tapi pembeli hanya membayar ongkir sebesar 9 ribu rupiah saja? Kalaupun mungkin, berarti ini adalah kesalahan dari sistem di Shopee.

Bukti pengiriman yang saya lampirkan juga memperlihatkan bahwa barang tersebut dikirim dari Kota Jakarta, bukan dari Surabaya tetapi tetap terdapat selisih ongkos kirim sebesar 9 ribu yang dikenakan oleh pihak Shopee kepada saya tanpa ada dasar alasan yang jelas.

Orderan kedua yang terdapat selisih ongkos kirim adalah nomor orderan 2206161SGBSWK5 dengan resi Sicepat reguler 004043038473 pengiriman dari Kota Surabaya menuju ke Kab. Mahakam Ulu – Kalimantan Timur, ongkos kirim yang pembeli bayarkan LEBIH MAHAL dari pada biaya kirim sesunguhnya. Akan tetapi kelebihan ongkos kirim tersebut tidak dikembalikan ke pembeli dan toko kami pun dikenakan biaya ongkos kirim tambahan sebesar 13.443.

Bagaimana ini Shopee? Sudah ngambil selisih ongkos kirim yang dibayarkan pembeli,kalian juga mengenakan biaya ongkis kirim tambahan kepada toko kami? Lihat bukti terlampir:

Orderan ketiga yang terdapat selisih ongkos kirim adalah nomor orderan 220611HTX7F0HJ dengan nomor resi Sicepat 004040562332 pengiriman dari Kota Surabaya menuju Kota Denpasar – Bali. Ongkos kirim yang pembeli bayarkan LEBIH MAHAL dari pada biaya kirim sesungguhnya, akan tetapi kelebihan ongkos kirim tersebut tidak dikembalikan ke pembeli dan toko kami pun dikenakan biaya ongkos kirim tambahan sebesar 1.319.

Bagaimana ini Shopee? Sudah mengambil selisih ongkos kirim yang dibayarkan pembeli, kalian juga mengenakan biaya ongkis kirim tambahan kepada toko kami ? lihat bukti terlampir

Abd Rohim
Sampang, Madura

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Shopee Melakukan Pemotongan Ongkos Kirim Secara Sepihak

  • 4 Juli 2022 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Agak membingungkan. Toko anda di surabaya, ada yg beli dr bogor, terus paketnya dikirim dr jakarta? Dropshipper kah? Itu pembeli pakai voucher gratis ongkir, boleh percaya boleh tidak. Kemungkinan sistem mendeteksi antara lokasi toko dan lokasi pengiriman berbeda, maka beban free ongkirnya ditanggung penjual.

    • 5 Juli 2022 - (07:31 WIB)
      Permalink

      ini komen paling masuk akal. ya nasib dropshipper seperti itu kak. kudu kalkulasi juga masalah alamat

      • 5 Juli 2022 - (11:54 WIB)
        Permalink

        Anehnya saya cek di “cek resi” untuk kasus pertama yang tertulis disana Dikirim Ke : KOTA SURABAYA – REGINA, hanya saja Status DELIVERED diterima oleh Wati di bogor.
        Kasusnya agak membingungkan, anda posisi di surabaya, ambil barang di jakarta untuk dikirim ke bogor. Yang jelas shopee hanya baca sistem.. Ongkir 18rb sesuai dengan ongkir SURABAYA – BOGOR. Tapi yang dibayar oleh pembeli hanya 9rb, yakni ongkos kirim JAKARTA – BOGOR.
        Untuk selisih program gratis ongkir, sepertinya sudah ada ketentuan bahwa selisih akan ditanggung oleh penjual.

  • 4 Juli 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Toko anda di surabaya, ada yang beli dari bogor, terus paketnya dikirim dari jakarta, tapi penulis dari mediakonsumen dari Sampang, Madura, bener bener

    10
  • 5 Juli 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Ya pengaturan alamat salah kali tuh. Toko di surabaya kok kirim dari jakarta. Ini kasus dropshipper. Sy juga pernah beli di jakarta ongkir dalam kota tapi dikirim dari Ponorogo. Entah siapa yg nanggung selisih ongkir

  • 5 Juli 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Saya top up 200rbu saja gak masuk,pdhal ada historiny di mbanking
    Malah dsruh cetak rekening koran segala,dan saya turutin buat cetak kluar ada nilai top up 200 tp pihak shoope malah berbelit”
    Pengalaman terburuk pakai shoope

    1
    2
  • 5 Juli 2022 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Kalo pembeli bayar ongkir ya sesuai system s0pee koq aneh shopi motong ongkir lagi, gila bener sopi

  • 5 Juli 2022 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Kalo dropship gak heran karna sistem detek lokasi awal kita buat toko dan ongkir sope itu tdk sama dgn tarif expedisi dipukul rata alias lbh mahal

    1
    1
  • 6 Juli 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Kasus pemotongan ongkir berlebih murni salah penjual. Ngirim barangnya dari sembarang kota, nyeting alamat toko sendiri juga entah dimana, ya shopee juga asal potong aja sesuai tagihan ekspedisi, mana mungkin shopee mau repot ngecekin detil ngirimnya dari kota mana, acuannya tetap setingan kota alamat seller. Makanya kalo dropship ya sesuaikan dengan kota supplier

    2
    1
  • 10 Juli 2022 - (21:34 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus pengiriman.
    1. Yg harus dicek adalah lokasi toko awal dimana. Kl lokasi toko di sby. Trus pengiriman dr jkt. Beban ongkir full ditanggung toko. Tidak ada itungan selisih dr konsumen menbayar.
    2. Biaya oengiriman yg dimuat shopee adalah biaya pengiriman termahal. Sedangkan shopee bebas mengalokasikan mau dikasih ke expedisi mana. Selisih itu masuk kenprofit shopee.
    Jadi untuk dropship saran alamat toko jangan dirubah dalam waktu yg mepet2 bisa jadi saat kasus pertama. Order agan alamat jakarta. Trus saat tarik resi agan sdh rubah ke alamat jatim.

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Shopee Melakukan Pemotongan Ongkos Kirim Secara Sepihak

oleh abdul rohim dibaca dalam: 1 menit
11