Surat Pembaca

AirAsia Membatalkan Penerbangan Sepihak Pada Saat Keberangkatan

Pada tanggal 13 Agustus 2022, kami berencana berangkat ke Johor Bahru menggunakan pesawat AirAsia, dengan penerbangan malam pukul 20.00. Sebelum hari keberangkatan, kami jauh-jauh hari sudah booking hotel, pesan tiket Legoland, melalui Traveloka.

Ternyata kami harus kecewa, karena mendapat kabar bahwa penerbangan dibatalkan (yang sepertinya disengaja oleh pihak AirAsia, karena kami beli tiket yang murah).

Pembatalan penerbangan sepihak dari AirAsia pada tanggal keberangkatan, tanpa kompensasi apa-apa

Padahal penerbangan AirAsia tersebut, menurut info tidak ada pembatalan. Anehnya lagi, kami tidak mendapat kompensasi apa-apa. Malah kami dirugikan, karena tiket pulang yang kami pesan harus mengalami pemotongan oleh Traveloka, berikut refund pesawat AirAsia juga dipotong oleh Traveloka. Seharusnya pihak Traveloka bisa memberikan bantuan solusi kepada kami.

Akhirnya saya malah rugi Rp5 juta, padahal pembatalan dilakukan pihak maskapai AirAsia. Sangat tidak profesional sekali menurut saya, baik pihak Traveloka maupun maskapai AirAsia.

Poniman
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 2021-2022 udah coba book 3x dengan airasia
    - Book pertama di reschedule sampai 2x dan berujung di cancel oleh maskapai kurang dari 1 hari sebelum penerbangan (2021)
    - Book kedua di reschedule pas H-1 sebelum keberangkatan dan berujung saya cancel, dan cari maskapai lain karena takut kejadian sebelumnya terulang (2021)
    - Book ketiga saya coba lagi mungkin mereka udah memperbaiki servis mereka. Tapi tidak, pesawat saya di reschedule 2x, H-7 dan H-3 sebelum keberangkatan, karena takut atas kejadian sebelumnya, saya cancel dan cari maskapai lain.

    Dan sebagai catatan, airasia menolak refund ke bank BCA, mereka refund ke "Credit Account" yang expired dalam 365 hari, jadi mau gak mau harus book flight airasia lagi supaya duitnya ga hangus.

    Jadi lebih hati-hati aja ketika booking dengan maskapai ini.

  • 2023 masih aja cancel penerbangan nih si airasia.. harusnya flight tgl 25 tp dicancel gitu aja. Pdhal kita dah boking hotel dll.. payah

    • Hallo kak Rina, maaf sebelumnya saya mahasiswa hukum semester 7 yang tertarik mengenai kasus pembatalan tiket penerbangan kakak untuk dijadikan sumber penelitian saya. Jika kaka berkenan apakah saya boleh bertanya lebih lanjut mengenai kasus ini?