Pemasangan IndiHome Sulit karena Tidak Ada Tiang

Nama saya Al Ambi Muli, dengan nomor pengajuan pasang baru IndiHome: MYID-2052208141471. Beberapa hari ini saya mencoba pemasangan baru, karena tergiur dengan promo pemasangan baru yang murah sekitar Rp150 ribu. Saya melihat promo tersebut di medsos. Setelah cek lebih lanjut daerah saya termasuk ke dalam promo tersebut dan mencoba daftar secara online pada tanggal 14 Agustus 2022 malam.

Esoknya tanggal 15 Agustus 2022, saya mendapat telepon dari pihak Telkom (1500620) dan melakukan verifikasi data. Pihak Telkom menyampaikan akan ada teknisi yang datang nanti untuk survey lokasi. Masih pada hari yang sama, siang harinya teknisi datang dan mengkonfirmasi bisa melakukan pemasangan.

Namun karena kabel fiber optik berada di seberang jalan rumah saya (sekitar 10-15 meter dari rumah) jadi harus dipasang tiang terlebih dahulu. Mengingat rumah saya berada di jalan lintas provinsi, saya bertanya kepada teknisi “Kapan kira-kira bisa dipasang?”. Teknisi menjawab enggak bisa menjanjikan, bisa 7 hari atau bahkan lebih. Akhirnya teknisi pamit dan saya menunggu sekitar beberapa hari.

Tanggal 18 saya menghubungi teknisi, dan teknisi menjawab belum ada proses lebih lanjut. Lalu saya inisiatif mengirim email ke pihak CS IndiHome dan menceritakan kronologi saya. Sayangnya malah dibalas bahwa tidak ada titik ODP terdekat di wilayah dekat rumah saya.

Pernyataan ini aneh, karena saya mendengar kemarin teknisi mengatakan bisa, dan ada kedai kopi di seberang rumah sudah berlangganan IndiHome, mungkin 1-2 tahun, yang hanya berjarak 10 meter dari rumah saya. Mengingat juga enggak banyak yang pelanggan IndiHome di wilayah saya. Lalu saya balas bahwa ada beberapa kedai/kafe/rumah di sini yang sudah berlangganan lama, lalu CS IndiHome menjawab akan melakukan koordinasi ke tim terkait.

Esoknya tanggal 19, saya mendapatkan email bahwa tidak ada jaringan di lokasi saya. Hal ini membuat saya bingung, karena ada beberapa kedai yang posisinya berseberangan dari jalur kabel mereka, menggunakan tiang untuk menarik kabel ke rumah/kedai. Jelas-jelas daerah saya itu sudah ter-cover jaringan kabel fiber optik.

Teknisi juga sempat mengatakan pada saat survey “Kalau abang daftar lewat sales, biasanya cepat diproses masalah seperti ini. Bahkan bisa dikerjakan hari ini juga kalau sudah ada izin dari kantor”. Alasan kenapa saya tidak daftar melewati sales, karena sekitar 2 tahun lalu ada survey dari pihak Telkom ke wilayah saya, dan apabila ada yang ingin berlangganan maka harus membayar biaya pemasangan tiang sekitar Rp50-100 ribu. Saya mendengar dari ibu saya, karena ibu saya menolak pemasangan tiang, karena saat itu belum terlalu membutuhkan akses internet kabel. Ini cukup aneh, karena posisi rumah saya berada di jalan lintas provinsi yang mana kabel fiber optik pasti melewati jalur itu (seperti saat ini) dan Telkom adalah milik BUMN.

Kalau memang saya belum bisa berlanggan IndiHome seperti tetangga dekat rumah saya, berikan alasan yang masuk akal atau secara teknis, tentu saya akan terima itu dan akan men-cancel orderan saya, mengingat saya tertarik karena promo yang diberikan. Akan sangat aneh jika di masa promonya habis (tanggal 31 Agustus 2022) dilakukan pemasangan nantinya, pasti akan ada masalah baru. Semoga dengan surat ini ada kejelasan mengenai proses pemasangan baru saya.

Al Ambi Muli
Jl. Medan – Banda Aceh, Matang Panyang
Kec. Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara
NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Pemasangan IndiHome Sulit karena Tidak Ada Tiang

  • 22 Agustus 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Kalau di seberang jalan yg lebar ya gak mungkin juga ditarik menyebrangi jalanan. Kecuali tiang ada di sisi jalan dekat rumah. Biasa petugas perlu uang tips juga mintol dicariin yg memungkinkan

    • 23 Agustus 2022 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah memberikan komentar

      tentu itu faktor utama saya ketika pertama kali ingin melakukan order pemasangan, jadi saya riset lapangan dan melihat banyak kabel fiber yg bisa di tarik melewati jalan. teknisi juga mengatakan gratis pemasangan tiang namun sayang laporan yg saya dapat dari pihak cs tidak sesuai dengan situasi di lapangan, membuat saya terpaksa menulis surat ini.

  • 23 Agustus 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Anda bisa lebih fleksibel lah. Masalah utamanya kan karena tidak ada tiang. Diskusikan dengan teknisi untuk pemasangan tiang berikut biayanya.

    Jika ongkos pasang tiang cocok, lanjutkan saja toh anda sudah profit dari potongan biaya promo pasang jaringan. Jika biaya pasang tiang terlalu memberatkan anda, tunda dulu menikmati layanan IndeHoyme sampai suatu saat ada proyek pemasangan tiang dan ODP terdekat, dan tetap bersyukur dengan isi kuota.

    • 23 Agustus 2022 - (13:57 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah memberikan komentar

      Tentu setelah survey teknisi mengatakan bisa dilakukan pemasangan dan gratis pemasangan tiang, namun email pertama yg saya dapat dari cs “odp jauh” lalu email kedua “jaringan tidak tersedia”, saya melihat ada miss komunikasi disini. saya juga orang IT apabila tidak bisa di pasang berikan alasan secara teknisi dan sesuai keadaan di lapangan. dan anehnya orderan saya langsung di proses setelah surat ini publish.

  • 7 Maret 2023 - (05:43 WIB)
    Permalink

    Kenapa pemasangan tiang didaerah saya mahal ?? Kemarin teknisi datang bilang beli Dan Padang Tiang dari mereka 2 jt

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pemasangan IndiHome Sulit karena Tidak Ada Tiang

oleh Al Ambi Muli dibaca dalam: 2 menit
5