Surat Pembaca

Kecewa dengan Paket Data Unlimited by.U

Awal mulanya saya tidak ada kendala pembelian paket data by.U per bulannya. Saya sudah lama langganan paket data 2 Mbps unlimited dari dulu, mulai dari harganya 140 ribu rupiah, sampai sekarang 150-an ribu rupiah.

Saya membeli paket perpanjangan pada tanggal 22 Agustus 2022. Awalnya tidak ada kendala, masalah muncul sore pukul 18.00 tanggal 26 Agustus 2022. Saya gak bisa buka Youtube dan akses internet melalui Chrome, serta mengunduh VN di WhatsApp. Saya kira ada masalah jaringan, lalu saya tunggu. Namun sampai pagi tanggal 27 Agustus 2022, masih gak bisa buka VN WhatsApp, akses Youtube dan akses Chrome.

Saya coba matiin paket data, mode pesawat, tapi nihil. Cek kuota gak ada masalah, paket aktif sampai 21 September 2022, jaringan 4G full bar. Masalahnya ini paket unlimited dan sebelumnya gak ada masalah. Gak ada pemberitahuan tentang penggunaan aplikasi apa saja yang bisa atau tidak dari pihak by.U.

Saya merasa dirugikan, karena saya sudah beli paket unlimited. Saya telepon call center, disuruh ganti APN dengan by.U oleh call center. Sudah dilakukan, tapi masih juga gak bisa. Coba restart hp sudah, mode pesawat sudah, sampai akhirnya saya DM Instagram by.U untuk menceritakan masalahnya.

Saya pun diminta data-datanya, tapi sampai sekarang nihil. Kalian pihak by.U gak bisa secara sepihak membatasi kami untuk akses internet. Anda jual paket internet unlimited, tapi zonk. Saya sangat kecewa malah liat di Instagram mereka mengadakan lomba mobile legend, ada 3 orang yang sama masalahnya seperti saya dibiarkan. Kacau! Semua bukti saya lampirkan.

Firzan Dwi Chandra
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya juga pemakai byu unlimited 2 mbps, kurang lebih 1 tahun, dulunya 1,5 mbps. Baru akhir bulan agustuslalu perpanjang, sampai beberapa hari lalu akhirnya mengalamibkendala yang sama dengan penulis, setelah beberapa 2 hari semenjak complain baru dibilang bahwa pemakaian saya telah lebih dari 100 GB dan kena FUP yang katanya speednya 128 KBps tapi kenyataannya mentok di 40 KBps. Tapi yang saya sangat KECEWA, baik di aplikasi byu maupun medsos byu tidak ada pemberitahuan bahwa paket unlimited 2 mbps byu telah ada FUP. Saya meraja dijebak, kalau cuma untuk 100 GB dengan harga 150 ribu saya mendingan balik ke tri dengam harga yang lebih murah dan speed juga lebih cepat tri speednya bisa 4 Mega Byte per second bukan seperti byu 2 mega bit per second yang speed realnya 250 Kilo Byte per second. 1 alasan saya pakai byu walau dengan speed rendah itu adalah karena UNLIMITED nya. Kalau dari awal di aplikasi ditulis ada FUP nya saya tidak akan beli, lebih baik tri 99 GB cuma 99 ribu tanpa batasan speed tanpa blokir blokir ga jelas di torrent dan website lainnya.

  • Saya pengguna by.U sudah hampir 2 tahun langganan Paket Unlimited 1,5-2 Mbps /bulan, baru kali ini saya KECEWA BERAT. Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
    *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.
    Disini saya lagi revisi skripsi jadi sangat terganggu. Jadi bagaimana ini solusinya? Apakah kebijakan ini permanen atau hanya sementara? kalau sementara berapa lama waktunya? Mohon KEPASTIANNYA dengan SEGERA!

  • Newbie dalam hal per-Unlimited-an by.U
    Makenya baru April kemarin, dan dan ku merasa sangat" bersyukur mengenalnya. 150k unlimited sebulan dengan kecepatan 2mbps tanpa FUP, yawlord ku merasa sangat kaya saat itu? menjadi penolong tuk mantemanku (tethering gretong), 4 bulan pemakaian kaga ada kendala samsek, mengalir begitu saja. Masuk bulan kelima pemakaian (september) sampai tanggal 24sept, mau subuhan lah jam 3an keknya masih aman, masuk jam ke 4 lahh kok udah lemot, tak kira jaringan lagi bermasalah. Nah soreny masih sama to, ampe emosi dahh coba di hape lain tetep sama, tak kira hapeku yang bermasalah malah udah tak banting lagi?? hmm..

    Keesokan harinya ditanggal 25 ku ternyata baru tempe, kalo by.U unlimited dah ada FUPnya. Seriusann, kiciwi sangat? tanpa pemberitahuan lagi..

    Semoga kedepannya ada perubahanlah, kalo bukan FUPnya dibatalkan yah setidaknya kalo dah melebihi pemakain 100GB ada kek gitu sms masuk. Hmm, janlupa bahagia✨

  • Barusan juga kena, hubungi chat ternyata memang sekarang ada FUP 100GB, masalahnya kalau sdh tercapai dan mau beli lagi, harus lapor dan minta proses deaktivasi paket aktif dan ini membutuhkan waktu cukup lama karena di caht diminta banyak hal termasuk capture tampilan aplikasi byu.

    Memang jadinya RIBET, lagian kalau dibatasi 100GB dan turun ke 128kbps, mau internetan apa pakai kecepatan 128kbps zaman now, keterlaluan turunnya dari 2Mbps ke 128kbps.

    Jadi mending cari yang lain yg jualan kuota 100GB tanpa batasan kecepatan kalau begini.

    Dan yg cukup disayangkan krn tidak ada notif di aplikasinya byu atau progres jumlah pemakaian jadi setidaknya pelanggan tahu penggunaannya.

    Ya sudahlah, mau apa juga mereka yang buat aturan, konsumen cuma bisa ikut atau pindah.

    Siapatau ada yg punya rekomendasi operator lain, silahkan di share :)

      • Terima kasih infonya, iya mending yg jelas2 ditahu kuotanya, daripada katanya unlimited tp selain dibatasi kecepatannya cm 2mbps, skrg jg sdh ada fup nya 100GB. Tanpa pemberitahuan lagi. Parah tuh.

  • Awalnya saya tidak curiga tentang lambatnya paket ByU Unlimited, mungkin jaringannya bermasalah, setelah habis waktunya saya daftar ulang dan kembali normal. Tapi setelah 3 kali kejadian ini berulang, setidaknya setelah penggunaan 15 hari mulai lemot, aku mulai curiga.
    usut punya usut cari2 keluhan konsumen diinternet dan ada jawaban bahwa sekarang paket byU unlimited dibatasi FUP sebesar 100gb
    Kesimpulnnya : percuma daftar paket byU unlimited, sudah kecepatannya dibatasi 2 mbps pakai FUP lagi, dan selama ini tak ada pemberitahuannya lagi! paket lain kalaupun pakai FUP kecepatan maksimal! kalaupun mau pakai paket kuota banyak yg lebih murah dari ByU.
    jadi setelah paket ByU ku ini selesai, saatnya ucapkan "BYE BYE BYU!"
    Awalnya bintang 5 jadi bintang ......