Hati-Hati Pinjol Menjebak

Bismillah..,

Pada tanggal 27 Agustus 2022 saya melakukan pinjaman di pinjol, ternyata di dalam pinjol itu terdapat banyak APK-APK pinjol yang lain. Dan saat saya klik ternyata saya mendapat notifikasi berhasil dan pencairan banyak sekali.

Saat itu saya sudah chat untuk stop hentikan, kenapa yang masuk banyak sekali, dimana tenor aplikasi itu hanya 7 hari, dan langsung potongan bunga di awal yang hampir 80%, yang tertera 1.8 juta, yang masuk hanya 1.150 juta, dengan total yang masuk 11,6 juta, namun tidak ada respon.

Dan parahnya lagi di hari ke 5 atau H-2 sebelum jatuh tempo sudah banyak sekali penagihan-penagihan yang tidak berprikemanusiaan yang meneror saya.

Akhirnya saya melaporkan ke Satgas Waspada Investasi (SWI), Kominfo dan juga hotline cyber Polda Metro atas penagihan-penagihan tersebut, namun jawabannya bahwa itu ilegal, yang artinya tidak menyelesaikan masalah saya ini. Akhirnya karena saya sangat ketakutan, saya bayarkan semua tagihan-tagihan itu sesuai jatuh tempo tanggal 3 September dengan cara gali lubang pengambilan kembali ke aplikasi tersebut yang artinya seperti periode ke 2 dalam hidup saya.

Dan hari ini, tanggal 10 September saat jatuh tempo itu datang dengan nilai total menjadi 20 juta . Rasanya jiwa dan badan ini sudah tak mampu lagi berdiri, belum lagi ratusan wa dengan ancaman-ancaman sebar data yang semakin membuat saya rasanya ingin mati saja.

Tolong kepada aplikasi Ringan Pinjam yang di dalamnya ada aplikasi-aplikasi Wangku, Dana Masyarakat, dll, saya yakin kalian manusia yang juga punya hati, mungkin tidak sekarang kalian akan memetik buah yang kau tanam, tapi bukan tidak mgkn akan terjadi pada anak cucumu nanti.

Dewi Eka
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:132    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Hati-Hati Pinjol Menjebak

      • 12 September 2022 - (13:19 WIB)
        Permalink

        Inisih kjdian yg lg sya alami blom ad 1 mnggu yg llu sya ga mreasa pnjam tba2 ad uang msuk3x sma persis bgtu kjdianny mlhn sya smpatli dsebar dtany ke kontak sy merasa dipermalukn sya mau kmblikn uangny mreka gamau mreka memaksa membyr sesuai apliksi krna brhbung nreka sdh sebar dta dn mempermaluk sya mnding gaush dblikkin skalian duitny btw sya lngsung lpor ke kntor plisi dn stiap mreka wa sya tnjukkin itu srat lporanny gaush tkut mreka ilegal ga bkal brnai mcm2

    • 11 September 2022 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Saya juga seperti ini pak, saya takut sekali. Ada yg bilang dan saranin, jangan dibayar. Tapibtakut dengan disebar data2 saya.

      • 11 September 2022 - (23:47 WIB)
        Permalink

        Yg baik kembalikan ke aplikasi utama, cetak semua transaksi pengembalian, lapor ke yg berwajib, info ke kontak terdekat anda, keluarga, teman, sekantor, anak, ortu,, kirimkan juga bukti bahwa anda telah mengembalikan semua, (sesuai yg masuk), kasih juga bukti laporan kepada yg berwajib, saya pernah mengalami hal serupa, jangan takut di ancam, layanin aja, kalau di maki, maki balik, di ancam ancam balik, kalau mau datang, suruh datang aja,,mereka pasti menyebarkan berita negatif kita ke kontak kita, gpp itu semua akibat yg timbul, karena mmg di luar kemdali kita, yg penting kita sdh info ke kontak terdekat bahwa data yg mereka sebar adalah gk benar

        • 12 September 2022 - (00:17 WIB)
          Permalink

          Harusnya gk perlu gali lubang, tutup lubang, kalau bingung mengembalikan karena mereka gk ada aplikasinya di play store, tapi pada waktu mereka menagih, mereka menawarkan link, nya ke kita seolah olah kita download aplikasi merka, dan jangan pernah anda download biarin aja, jadi kalau ada aplikasi utamanya kembalikan ke aplikasi utama, kalau gk ada, mgkin lebih baik dananya di ismpan jangan di gunakan, yg penting broadcast ke kontak yg paling dekat banget ke kita, ortu, keluarga, teman kantor, bos, sampaikan apa adanya syukur jika sdh ada laporan polisi, sertakan bukti bersama broadcast kita, atau kalau mmg sdh di balikin ke aplikasi utama, sertakan bukti transfer pemgembalian (sesuaikan dengan nominal yg masuk), saya pernah mengalami hal serupa downloadnya aplikasi X, itupun blm kelar karena blm ngelihat tenor dan jumlah rencana pinjaman, tapi sdh masuk dari aplikasi a, b, c dan d, kalau sebar data itu pasti mereka akan lakukan, itu lah fungsi broadcast kita ke kontak terdekat kita, dan itu akan berlangsung 2-3 bukan, seperti yg pernah saya alami

      • 12 September 2022 - (08:43 WIB)
        Permalink

        Ini tanda OJK dan aparat hukum yg terkait tdk kerja….Makan gaji buta.Kasihan rakyat jdi korban…
        Sy yakin, akan ad gelombang massa dari rakyat yg jdi korban Pinjol kalau hal2 sprti ini terus dibiarkan oleh OJK dn aparat hukum lainnya sprti polisi dn Kominfo.

        10
        3
  • 11 September 2022 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Kenapa malah gali lobang baru yang lebih dalam, sudah jelas2x ilegal..
    Nggak ada jaminan mereka berhenti teror, dan bisa pakai data yang didapat dari Hp untuk modus lain… setelah pinjaman lunas.

  • 11 September 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    bansos tuh, ngapain dibayar. tinggal bikin klarifikasi broadcast aja kalo hpmu diretas dah tenang

    16
    • 11 September 2022 - (17:21 WIB)
      Permalink

      Ga usah dibayar, setiap ada telpon atau WA masuk langsung block. Mereka yang tagih anda cuman gertak sambal. Mana berani nagih langsung ke anda.

      13
    • 11 September 2022 - (19:04 WIB)
      Permalink

      saran bagus ini, sekalian ke IG FB kamu, setelah itu ganti nomor.

      semoga cepat terselesaikan, kuatkan mental anda.

    • 11 September 2022 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yg sama,krna saat itu butuh sekali Jd pinjam d satu aplikasi.ternyata didalamnya banyak aplikasi turunan, dengan tenggat waktu 7 hari. Baru masuk hari ke 4 sudah di maki” dan diterror dengan kata” kasar.
      Akhirnya karna saking takutnya,terpaksa lagi hutang di aplikasi lainnya dgn bunga yg besar dan waktu yg sama.
      Sudah 2x putaran dan itu benar ” menakutkan.
      Sekang saya hrus bayar lagi dan tidak tau hrus cari pinjaman dmn lagi.
      Apa benar bisa tidak perlu dibayar ??

      • 11 September 2022 - (22:24 WIB)
        Permalink

        Pinjol ilegal gak usah dibayar. Sebelum mereka sebar data atau menghubungi kontak2 anda, lalukan pemberitahuan kesemua kontak anda termasuk grub yg apabila ada yg menghubungi dengan alasan mcm2 yg mengatasnamakan anda bilang saja itu penipuan dan apabila ada DC meneror wa/telp/sms, langsung lakukan blokir atau install aplikasi sejenis truecaller dan jangan lupa utk ganti nomor hp. WA bikin yg baru, jangn ganti nomor lama ke nomor baru krna itu bakalan membuat anda dibikinin grub yg isinya kontak anda dan disitu mereka akan sebar data. Saran saya, anda bikin WA baru, kemudian beritahukan seperti diatas kpd seluruh kontak dan grub serta masukkan nomor baru ke grub anda, setelah itu keluarkan wa lama dari semua grub dan hapus wa lama tersebut.

  • 11 September 2022 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Pemerintah sudah menyatakan pinjol ilegal tidak perlu dibayar. jadi ganti saja nomer hp anda, dan tenangkan diri, tidak perlu dibayar sama sekali.

  • 11 September 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Pertama Anda harus kuat, abaikan saja semua WA yg masuk dan jgn respon. Segera info ke kontak anda kl data anda dipakai dan dimanfaatkan oleh pinjol ilegal dan ganti no hp dan kuatkan mental. Pinjol ilegal ga ada dasar hukumnya apalagi dilindungi hukum di indonesia. Mereka hanya para banci yg memakai data kita untuk mengintimidasi dan mengancam kita. Mereka tidak akan berani mendatangi karena anda bisa melaporkan ke polisi dan polisi wajib melindungi. Mereka tdk punya DC lain kecuali terpusat. Tenang saja… Abaikan semua… Jangan gali lobang lagi. Percaya! Mereka ga ada tempat dimata hukum dan DI Indonesia ini. Mulai Presiden, menteri, OJK, Kapolri ada bersama anda. Santai saja

    21
  • 11 September 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Jelas anda salah itu kalau gali lobang tutup lobang.
    Kenapa tdk langsung posting disini dulu? Setidaknya dr rekan MK pasti ada yg bantu solusi. Kl perusahaan gadungan gitu sdh jelas unsur pidana nya ada.
    Sudah jangan dibayar !!

    KONDISIKAN di KONTAK TELEPON anda bahwa nanti kalau ada yg nagih2 dr DC bilang itu penjahat investasi bodong. Mau berusaha menipu kalian.
    Niscaya yg di kontak tlp itu nyerang DC.

    Pinjol ilegal kok dibayar, aneh!

  • 11 September 2022 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Rejeki nomplok dapet 11 juta.udah tau illegal ga perlu dibayar.Ga bakal ada dc dateng juga.yg ada cman teror2.Yg penting kuatin mental.Kalau aku dapet segitu langsung beli motor.wkwkwkkk

    5
    1
  • 11 September 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Bank Indonesia dan OJK serta Kominfo bertanggung jawab atas segala sesuatu tentang pinjol selamat datang di pengadilan akhirat kelak bisa menjadi saksi dan pembuat kebijakan yang telah membuat masalah di saat peredaran nya

    7
    2
  • 11 September 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Skalian 100 jura aja pake sim baru dan ktp oalsu. Terus busng sim nya. Lunasun utangnya, sisa nya buat senang2.

    5
    1
  • 11 September 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Skalian 100 juta aja pake sim baru dan ktp oalsu. Terus busng sim nya. Lunasun utangnya, sisa nya buat senang2.

    1
    2
    • 11 September 2022 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Jika sdh terdaftar di pinjol ilegal, saran sy sebaiknya kosongkan saldo rekening yg di daftarkan. Pengalaman sy walaupun sdh di lunasi, mereka tetap men -debet saldo rekening sesuai dgn jumlah yg mereka trnsfr. Kejadian sy di apk pundi murni, yg menggandeng 10 apk lain seperti dompet exelent dll

  • 11 September 2022 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Yah udah dibayar ya? Coba ngadu ke sini pas duitnya cair. Belum terlambat. Itu pinjol ilegal. Kalau di tf anggap aja bansos. Lagian gak ada jaminan data aman walau udah dilunasin.

  • 11 September 2022 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Hari-hari kakak pasti dipenuhi ketakutan. Abaikan jgn respon chat dc. Stop buka hutang baru. Fokus dengan hidup. Di MK saya juga pernah membagikan pengalaman saya kak. Dikarenakan masalah tsb saya banyak menemukan pencerahan , dengan lebih memahami dan mengambil hikmah atas apa yang sudah saya alami.

  • 11 September 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Warga negara yg buruk, tidak pernah dengar pemerintah. Menkopolhukam sudah ngomong kl ilegal tidak usah dibayar. Jadilah warga negara yg baik. 😀 11jt rejeki nomplok itu. Cuma harus tahan banting dari teror dc.

    10
    • 11 September 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      @Dewi Eka,
      Jadi gimana ini kelanjutannya mau dibayar apa enggak?

      Kalo dibayar ya …..kamu TERLALU !! 😭😭

  • 11 September 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Tidak usah dibayar.. Cepat ganti kata sandi dan non aktifkan akses aksesnya.
    Perbuatan tidak menyenangkan atau pencemaran nama baik.. Itu bisa kita penjarain.

  • 11 September 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Pundi aman juga gitu. Bunga nya hampir 50%. Tertulis 10 hari. Hari ke 8 sudah diancam sebar data. Takut sekali rasanya.

  • 11 September 2022 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Pinjol ilegal gak usah dibayar. Sebelum mereka sebar data atau menghubungi kontak2 anda, lalukan pemberitahuan kesemua kontak anda termasuk grub yg apabila ada yg menghubungi dengan alasan mcm2 yg mengatasnamakan anda bilang saja itu penipuan dan apabila ada DC meneror wa/telp/sms, langsung lakukan blokir atau install aplikasi sejenis truecaller dan jangan lupa utk ganti nomor hp. WA bikin yg baru, jangn ganti nomor lama ke nomor baru krna itu bakalan membuat anda dibikinin grub yg isinya kontak anda dan disitu mereka akan sebar data. Saran saya, anda bikin WA baru, kemudian beritahukan seperti diatas kpd seluruh kontak dan grub serta masukkan nomor baru ke grub anda, setelah itu keluarkan wa lama dari semua grub dan hapus wa lama tersebut.

    • 11 September 2022 - (22:38 WIB)
      Permalink

      Oh ya betul apa kata saran mas fajar.
      Tambahin satu lagu. Delet akun WA nya yg nomer lama. Sampe budek juga tuh si DC ga bakal bisa nyambung 🤣

  • 12 September 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Gk usah di gubris ajja curkin ajja bu. Gk usah sampe pengen mati. Mau disebar juga silakan gitukan ajja. Toch di paling sama temen kita sendiri di sebar nya. Dan sy ykain skrng bnyk yg tau itu ulah dc pinjol…

  • 12 September 2022 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Klo udah kepepet pasti pinjol
    Gimana mau hilang…klo dgn alasan kepepet lari ke pinjol
    Udah tau pinjol bikin pusing…masih aja coba2

  • 12 September 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Selama ini kemana aja… Ini sudah model lama, aplikasi yg di dalamnya ada banyak aplikasi.. bunga 80% dan tenor 7 hari.. lagu lama kaset kusust ini, kalo bener2 kepepet butuh pinjol ya gunakan yg sudah terkenal, yg terkenal aja bs mbalelol apalagi yg ampas kayak aplikasi ringan – pinjam ini apa pula 😁😁 tp nasi sudah menjadi bubur.. jadi ya harus kuat aja.. dan ga usah dibayar

    3
    1
  • 12 September 2022 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Km bayar pki pinjem lagi,bukan selesai masalah nambah masalah dr 11jt skrg jd 20 jt,gk usah usah dibayar dijamin 100% mrka gk bakal brani dtg kerumah,yg pntg kuatin mental teror tlp Ama WA dr pada makin blasak kamu nnti

  • 12 September 2022 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kejadian serupa, hanya saja saya tidak pakai uangnya dan sudah siap mengembalikan. Tetapi karena data data saya sudah keburu disebar oleh DC mereka, saya merasa nama baik saya sudah dicemarkan, padahal saya tidak merasa menyetujui pinjaman dari mereka. Lalu penagihannya kasar dan juga tidak ada kejelasan pengembalian ke rekening yang mana yang benar. Saya bingung juga kalau anda bisa membayarkan ke mereka. Lewat rekening mereka yang benar yang mana ? Yang nagih kan banyak, beda beda nomor rekening pula. Saya ada sempat cek salah satu virtual account yang mereka kasih, hanya sifatnya sementara. Saya juga baru merasakan yang namanya pinjol illegal segini parahnya. Malah di detik.com ada yang sampai gantung diri. Kalau Anda hanya punya pinjaman di Pinjol Illegal ini saja, JANGAN BAYAR. kalau mau bayarpun jangan berikut bunga. Suruh mereka datang ketemu lalu buat surat pernyataan di depan saksi atau di kantor polisi, kalau Anda sudah membayar lunas. Jadi anda punya pegangan juga. Ini kan APK nya banyak, tapi kayaknya modus operandinya memang bgt. Debt collector nya hanya terror lewat sms atau whatsapp saja, tidak bakalan berani datang ke rumah atau kantor. Tantangin mereka suruh ketemu muka aja. Tahanin mental dan jangan sampai kalah nyali duluan. Rugi kalau stress karena Penipu Rendahan seperti mereka. Jangan gali lobang tutup lobang lagi yah !!!

    • 13 September 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      @Lai Yunie Yanto
      Antara dua opsi:
      – simpen duitnya jgn dipake selama 2-5th th kl bisa.
      – Titip di pengadilan tinggi negeri setempat. Jika tidk ada klaim dr pinjol ilegal itu nanti diserahkan ke kas negara oleh pengadilan.

      Enteng toh? ☺

      • 13 September 2022 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Wkwkwkwk… Bisa banget itu mah.
        Saya begitu sesudah ditransfer dan didiamin sama CS nya. Saya langsung uninstall applikasinya. Takut di hack data2 kontak sama mereka, soalnya jelas banget penipuannya. Tapi bagi sebagian orang awam kan applikasinya pasti masih ada di HP. Kontak darurat yang saya kasih nomornya, memang diterror, saya langsung suruh blok nomornya. Kalau mereka telpon, saya suruh temuin saya di kantor atau di rumah. Saya kembalikan dan saya minta tanda terimanya, dan harus di depan saksi, depan Polisi. Biar jera mereka. Kasian korban korban yang awam masalah beginian, ditindas habis.

  • 13 September 2022 - (08:17 WIB)
    Permalink

    #1 Saya ikut berempati.

    #2 Analisa
    di awal TS, mengucapkan “bismillah”, sy asumsikan beliau Muslim/Muslimah.
    punten, Teh/Kang. Riba itu haram.
    kalau Teteh/Akang muslim, dapat masalah sekarang, itu baru di dunia. Apalagi di akhirat. Bertaubatlah… Belajar Islam lagi, bukan hanya aspek Ibadah/Ritual, tapi juga Aqidah & Muamalah.

    #3 Preventif
    TS tidak menjelaskan, mengapa berhutang.
    Begini, Muslim ga takut “dibilang miskin” atau “ga ikut trend”. Kebahagiaan kita, bukan didasarkan pada “apa kata orang”. Kebahagiaan itu hak prerogatif kita, kita bisa merasa bahagia meski dalam keterbatasan. Hindari berhutang, apalagi untuk konsumtif.

    #4 Kuratif
    Saran sudah disampaikan pemerintah & pembaca lain. Ambil yg positif.
    Sekiranya masih ada asset (yg tidak produktif) bisa dijual, jual dulu gpp. Uangnya bayarkan untuk hutang. Jangan menutup riba dengan riba.

    Saya menyeru kepada Muslim untuk bangga dg identitas kita sebagai Muslim. Identitas sebagai basis “believe system” yang menuntun kita dalam mengambil “keputusan” & termanifestasi dalam “sikap, ucapan & perbuatan”.

    WaLlahu a’lam

    • 13 September 2022 - (21:27 WIB)
      Permalink

      @Muslim Muslim
      Ada benernya pak.
      Cuma TS (yg punya postingannya) ngilang! 😱
      Sdh lebih dr 35 komentar masukan/ide, tp sampe sekarang gak kunjung muncul! 😂

 Apa Komentar Anda?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati Pinjol Menjebak

oleh Dewi Sariswati dibaca dalam: 1 menit
41