Surat Pembaca

Kartu Kredit Bank Mandiri Terkuras Habis Tanpa Adanya Verifikasi OTP

Pada hari Jum’at 14 Oktober 2022, telah terjadi transaksi secara ilegal pada kartu kredit Bank Mandiri saya, tanpa adanya proses identifikasi verifikasi data melalui OTP.

Kejadian dimulai pada saat pagi hari, ada telepon yang mengatasnamakan “SURVEY PELAYANAN BANK MANDIRI” dan terjadilah tanya jawab seperti pada survey pelayanan pada umumnya. Namun setelahnya, penelepon tersebut mengatakan akan memberikan reward atas penggunaan kartu Bank Mandiri dari AXA dan menanyakan perihal tanggal lahir untuk pengiriman bonus 3 bulan gratis asuransi AXA. Saya sama sekali tidak memberikan konfirmasi data tersebut.

Namun tiba-tiba pada pukul 15.57, saya mendapatkan pesan WhatsApp yang berisikan:

Terima kasih untuk transaksi Mandiri Kartu Kredit dengan nomor akhir XXXX8630 tanggal 14-10-2022 15:57:37 di Lazada ID Jakarta ID sejumlah IDR1.025.725,00.

Jika tidak bertransaksi, hubungi mandiri call 14000

Kemudian masih ada 2 transaksi lainnya di Lazada dan Agoda. Saya terkejut akan hal ini, karena tidak adanya VERIFIKASI OTP seperti yang saya dapatkan ketika saya menggunakan kartu kredit tersebut.

Pesan dri bank mandiri by whatsapp

Saya langsung konfirmasi ke call center 14000 setalah mendapatkan pesan tersebut, untuk menanyakan perihal itu. Pihak customer care hanya menyarankan untuk membuat pelaporan PENYANGGAHAN TRANSAKSI, yang hasilnya tidak menjamin uang dikembalikan 100% dan pasti akan ada saja taktik di dalamnya, sehingga pihak berwenang tidak ini bertanggung jawab sepenuhnya.

Jadi apa gunanya verifikasi OTP kalau tanpa adanya OTP transaksi masih bisa berhasil? Apa gunanya juga isi pesan “Jika tidak bertransaksi, hubungi Mandiri Call 14000”, tapi harus menyertakan pelaporan penyanggahan transaksi?!

Saya sudah konfirmasi juga dengan pihak Lazada dan Agoda untuk membuat laporan pembatalan transaksi. Namun saat ini tidak ada proses kelanjutannya.

Ada satu pertanyaan yang saya ingin tanyakan kepada Bank Mandiri: Mengapa scam semacam itu bisa tau nomor kartu dan CVV saya? Jujur semenjak saya membuat kartu kredit Mandiri banyak sekali penelepon yang mengatasnamakan Bank Mandiri untuk penawaran AXA, tapi tidak ada yang saya respons. Saya menduga data saya seperti disebarluaskan oleh para pelaku tindakan kriminal ilegal.

Respons dari Bank Mandiri juga hanya menyuruh nasabah untuk membuatkan laporan, tapi responsnya lambat dengan alasan harus menunggu 45 hari masa kerja. Hellow Bank Mandiri? Terbit tagihan saja 30 hari, masa pelayanan untuk di tindaklanjuti 45 hari? Apa saya harus nombok dulu untuk memastikan agar BI Checking saya aman tidak ada tunggakan?

Bank Mandiri hebat, salah satu bank BUMN yang sukses memiliki berjuta-juta nasabah di Indonesia. Namun dengan pelayanan seperti ini, banyak scam mengatasnamakan Bank Mandiri dan tidak ada tindakan atau pertanggungjawaban yang pasti agar tidak merugikan para nasabah, apa masih bisa disebut bank yang amanah dan terpercaya?

Mohon untuk sikap tegas dan tanggung jawabnya. Saya yakin masih banyak lagi nasabah yang terkena kasus seperti ini. Terima kasih.

Rafika Tsabitah
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Rafika Tsabitah

Menanggapi pengaduan Ibu Rafika Tsabitah melalui mediakonsumen.com terkait sanggahan transaksi Mandiri Kartu Kredit, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kebetulan kejadian serupa jg pernah saya alami di bulan Juli lalu. CC yg selalu saya pegang dan ga ada yg pinjem tiba2 dpt notif ada pemakaian 15jt.. Langsung telp call center dan diarahkan utk melakukan sanggahan transaksi. Yg saya sayangkan pd waktu komplain via telp, kenapa saya ga dpt OTP tiba2 ada pemakaian sebanyak itu, jwbnya ada atau tidaknya OTP itu kebijakan merchant.. lah kan aneh. Apa gunanya OTP yg bisa mengamankan transaksi tp malah bisa ditiadakan kalo emg merchant ga pengen.. Saran saya utk bapak, jgn bosen utk follow up ke Mandiri stlh sanggahan dikirimkan. Di kasus saya, transaksi tsb memang dikreditkan dr tagihan, cm akhirnya timbul bunga krn pengkreditannya dilakukan stlh tagihan muncul. Dan stlh 3bln nunggu, baru investigasinya selesai.. semoga mslhnya segera teratasi ya pak

    • Ya betul dan alangkah baiknya selagi proses kita sedang di sanggah kita juga menekan pihak mercent bahwa transaksi tesebut di batalkan. Agak menguras tenaga sih, tapi worth it lah dri pada nunggu pihak bank yag kerjanya molor. Yang penting memang ada bukti dari bank atau pihak berwajib aja kalo emang di bobol jadi transaksi nya minta di batalkan.

  • Seharusnya mandiri ada fitur kontrol limit seperti mBCA.
    Beruntung saya selalu langsung habiskan limit kartu kredit saya dalam hitungan hari :D
    Jadi jika ada yg berusaha bobol akan kecewa krn sudah keduluan dibobol oleh pemilik kartunya sendiri :D

  • Saya hari ini mengalami hal yang sama, transaksi kartu kredit tanpa Verifikasi OTP, trnasaksi terlihat dari Facebook, dengan tagihan $dollar, sebanyak 9kali dengan 2 transaksi berhasi
    Terima kasih utk trx kartukredit tgl 30-11-2022 14:20:15 di FACEBK ADS fb.me/ads USD0. Jika trx tidak Anda kenal, hub 14000
    2 transaksi berhasil dengan nominal $20 n $10
    Dan 5 gagal krn kebetulan limit sdh habis..
    Terdapat trx gagal kartukredit tgl 30-11-2022 14:28:57 di FACEBK BZGY6KKCT2 fb USD30,00 karena limit tdk cukup. Hub 14000
    Andai Limit saya masih ada tentu habis semua karena dalam hitungan 15 detik bisa melakukan transaksi tanpa OTP..
    Mereka transaksi dengan $, dan didebet langsung di convert ke Rp..
    Langsung kontak 14000, kartu diblokir.. dan diarahkan membuat Sanggahan..
    Jadi pertanyaan saya ke CS kenapa bisa lewat "Transaksi tanpa OTP" namun tidak terjawab..
    Jadi mohon kepada Mandiri untuk lebih ditingkatkan keamanananya ??

    • saya hari ini mengalami kejadian yang sama persis dengan bapak dan sedang melakukan proses sanggahan, tapi bukan dengan mandiri tapi BRI. apakah sudah ada jawaban dari sanggahan yang bapak lakukan dari pihak bank?

  • mengalami hal yang sama sist,,hari ini baru saja saldo ku raib,,,dia yang belanja aku yang bayar,,Cobaan hidup begitu besar ,,,begitu mudahnya tertipu,,,