Surat Pembaca

IndiHome Tidak Menepati Janji Penagihan

Saya pelanggan IndiHome dengan nomor ID: 111217071193. Bulan Agustus saya telat membayar hingga 2 bulan. Bulan September, pihak IndiHome datang menagih ke rumah saya. Karena saya tidak di rumah, akhirnya saya WA dan lanjut call. Saya keberatan untuk bayar tagihan Agustus, karena saya jadi bayar 2 bulan termasuk tagihan yang tidak saya pakai. Listrik saja kalau tidak pakai, kita hanya bayar biaya adminnya saja.

Si penagih menjelaskan bahwa saya salah, dan IndiHome tidak sama seperti PLN. Saya balik tanya, apa dari awal pemasangan dijelaskan seperti itu, karena umumnya orang awan pasti tidak tahu. Si penagih bilang harusnya dijelaskan, dll. Saya bersikeras tidak dijelaskan, karena kalau dijelaskan pasti tidak ada berani tunggakan. Si penagih tetap menjelaskan itu salah saya, seharusnya saya tahu dan itu dijelaskan di abonemen sebelum pasang.

Saya tanya balik waktu pasang ada tidak dijelaskan tentang abonemen seperti itu, karena umumnya orang awan tidak tahu atau minim. Atau mungkin di perjanjian ada atau tidak, saya tidak tahu. Si penagih tetap ngotot, dan saya juga tidak mau bayar yang tidak saya pakai. Padahal saya minta keringanan, dll.

Karena si penagih tetap ngotot salah saya, akhirnya saya mengatakan “Ok saya salah! Sekarang apa ada potongan karena saya merasa rugi bayar yang tidak saya pakai?”. Singkat cerita si penagih mengatakan akan tanya atasannya dulu. Tidak berapa lama si penagih telepon dan bilang atasannya setuju. Melihat prosesnya makin ribet, akhirnya saya ajukan potongan tersebut untuk tagihan bulan Oktober. Jadi, saya bayar full tagihan Agustus dan September, walau saya tidak pakai sebulan penuh.

Tanggal 17 mau jatuh tempo pembayaran IndiHome, alhasil saya WA si penagih untuk potongan tersebut (karena si penagih bilang, kalau untuk Oktober sebelum bayar kabarkan dia dulu). Sampai tanggal 20 saya tidak mendapat balasan. Saya sudah bolak-balik WA, hanya di-read, tidak dibalas. Pernah dibalas call tapi hanya sekali, itu pun sebentar terus saya WA balik, hanya di-read tapi tidak dibalas.

Hingga tanggal 20 jatuh tempo hanya dibalas tagihan IndiHome sudah jatuh tempo, tanpa membalas WA saya sebelum-sebelumnya. Setelah itu saya balas WA-nya lagi dari siang, terus sampai sore saya WA hanya di-read, tapi tidak DIBALAS!!

Pertanyaan saya:

  1. Apa seperti itu pelayanan IndiHome kepada pelanggan?? Waktu saya tidak bayar, ditagih sampai ke rumah. Saat aku tagih janji, semacam orang tagih hutang.
  2. Apa tidak bisa pelanggan minta keringanan untuk pembayaran yang tidak dipakai??

Yang paling buat saya kecewa sikap si penagih yang mengabaikan saya!! Saking geram, saya blok nomor si penagih.

Mohon maaf kalau ada salah kata atau tersinggung. Terima kasih.

Saat tagih telat bayar
Pembayara tagihan telat
Wa tgl 17
Wa tgl 19
Wa tgl 20

Maaf sebelumnya, saya masih menyembunyikan foto si penagih. Karena bagaimanapun itu sudah menyangkut ke person, saya hanya ingin itikad baik saja. Jadi tolong sebagai pelanggan direspons. Saya sangat kecewa saya tidak digubris. Terima kasih.

Tulus H Lumban Gaol
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom Regional 1 Sumatera untuk Bapak Tulus

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Anda menyebutkan "walau tidak dipakai sebulan penuh" artinya sudah anda pakai kan dimasa tunggakan itu? Ya tetep bayar dong, biarpun hitungannya dipake dikit2 ya bayar lah, kalo mau keringanan kan harusnya diawal2 telpon 147, atau jelang bulan kedua tunggakan minta keringanan, ini sampe telat 2 bulan kan kaya seolah2 yaudahlah paling juga diputus nanti. Lah emang ente pemegang saham telkom bisa seenaknya bae wkwk

    • Saya memang miskin. Tp saya pakai orbit 2 dan paket masih aktif tiap bulan. Saya jg HP pakai kartu AS dan Simpati, paket jg aktif disalah satu kartu. Dan saya jg pakai indihome bayar perbulan. Paling tdk saya memakai semua provider telkom. Thank ya pak atas komentar yg org kaya nya.. Hahahha

  • Intinya penulis kesel dikasih janji palsu sama penagih.. cuma sayang nya ngga ada perjanjian tertulis hitam putih masalah diskon... Jadi sekarang terima aja.. anggap buat pelajaran kedepannya. Semua harus ada hitam putih biar pasti.

    Kalo anda masih penasaran mending datengin aja plaza Telkom.. tanya apa benar si penagih tersebut itu sudah bilang ke atasannya untuk masalah diskon pembayaran? Atau hanya janji manis biar anda mau bayar lunas.

  • Sebenarnya yg diprotes itu WA yg ngga dibales atau masalah tunggakan tagihan.?
    Soale pembahasannya mbuulet ngga karuan

  • Ud salah ngeyel, ane demen nih yg ginian biar rame di serbu pasukan MK.

    Pertama ente pikir layanan indihome bayarnya per kuota, situ pake ga pake yah tetep aja tagihan di bayar perbulan. Boong banget kalo sampe ga tau, sedangkan dari awal pemasangan aja kita ud disuruh pilih paket dan ud di kasih tau fixed pricednya segitu yg harus di bayarkan perbulannya.

    Kedua apakah berhak mengajukan keringanan. Menurut saya tidak karena tidak terjadi masalah seperti LOS selama berhari2. Keringanan yah cmn keputusan dari indihome yg bs menentukan.

    Jadi saran ane situ bayar tiap bulan tepat waktu aja. Kalo ga puas sama layanannya, bayar lunas smua tagihan terus putus layanan. Saya rasa indihome jg ga mau dpt customer yg ribet kyk ente.

    • Semisal sales menjelaskan terlebih dahulu perihal tetap membayar walaupun tidak dipakai atau terisolir/tidak ada koneksi internet karena tunggakan bulan sebelumnya sebelum pemasangan, apakah calon pelanggan mau tetap pasang dengan regulasi seperti itu???

      kayaknya kebanyakan gak jadi pasang deh?

    • Yaudah kalau gtu knp tdk diputusin za langsung, sampai datang kerumah nagih, nawarkan diri akan membantu, dll. Saat saya bayar lunas tagihan telat jd kenak 2 bln, kenpa tdk di wa atau di call saja. Ternyata janjinya tidak benar, jadi saya bs ambil keputusan lanjut atau tdk. Soalnya saya kan sudah bayar lunas semua. Knp hrs mengimingkan pemotongan utk tagihan selanjutnya?

      Indihome saya jg pernah LOS berhari-hari, saya gk prnh ngajukan keringanan selama ini. Oia, saya juga pakai provider telkom lainnya, seperti orbit 2bh paket masih aktif, dan kartu hp saya jg telkomsel, salah satu nya aktif paket jg. Dan indihome jg aktif. Thanks...

    • Yaudah kalau gtu knp tdk diputusin za langsung, sampai datang kerumah nagih, nawarkan diri akan membantu, dll. Saat saya bayar lunas tagihan telat jd kenak 2 bln, kenpa tdk di wa atau di call saja. Ternyata janjinya tidak benar, jadi saya bs ambil keputusan lanjut atau tdk. Soalnya saya kan sudah bayar lunas semua. Knp hrs mengimingkan pemotongan utk tagihan selanjutnya?

      Indihome saya jg pernah LOS berhari-hari, saya gk prnh ngajukan keringanan selama ini. Oia, saya juga pakai provider telkom lainnya, seperti orbit 2bh paket masih aktif, dan kartu hp saya jg telkomsel, salah satu nya aktif paket jg. Dan indihome jg aktif.

      Saya suka komentar ini "Saya rasa indihome jg ga mau dpt customer yg ribet kyk ente" Yaudah kalau gtu, saat sy bayar lunas tagihan telat tersebut, knp tdk disarani za utk putus. Drpd bohongin org, kan resikonya lbh besar. Ya aku protes lha!! hahahhaa.... smart bpk emg! :D
      Berarti bp membenarkan donk sistem kerja seperti itu? Atau jgn2....... :D

  • Start awalnya sudah kartu kuning, ditengah melanggar.. ya dpt kartu kuning ke 2. akhirnya dikartu merah.
    Coba dibalik aja, kalo anda yg jadi penagih. gemana solusi anda.

    • Yaudah bpk za ty penagihnya sana.

      Ok deh pak!
      Semoga bpk dan keluarga bpk tdk pernah mengalami hal seperti ini dalam bentuk dan hal apapun akibat kesalahan sendiri. Seandainya terjadi, semoga bpk ingat komen bpk ini. Thanks....

  • Saya tidak baca apa yang saya tandatangani..
    Itu biasanya yang terjadi.. Gak baca detail tapi kog tanda tangan formulir berlangganan..
    Krn ketika kita tanda tangan maka dianggap sudah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak pertama.. Jika karena tidak membaca kemudian ada masalah ya itu urusan pihak kedua..

    Internet rumah biasanya menerapkan minimal berlangganan 12 bulan ..
    Jika sudah 12 bulan berlangganan dan tidak mau pake internetnya ya telpon cs dan ajukan berhenti berlangganan..
    Sama seperti sewa kendaraan, jika gak mau bayar uang sewa ya kembalikan kendaraan tersebut.. Jangan sampai lewat jatuh tempo yang sudah ditentukan dan ketika ditagih perpanjangan gak mau bayar dengan alasan kendaraan tidak digunakan.. Tapi kendaraan tidak mau dikembalikan ke yang pemilik.. Sewa 30 hari ya gunakan selama 30 hari , jika dikembalikan di hari ke 40 ya harus bayar sewa bulan berjalan .. Jangan gunakan dalih gak gunakan kendaraan tersebut selama 10 hari..

    • Ok deh pak!

      semoga bpk dan keluarga bpk tdk pernah mengalami hal seperti ini dalam bentuk dan hal apapun akibat kesalahan sendiri. Seandainya terjadi, semoga bpk ingat komen bpk ini. Thanks....

  • Mohon maaf kak, indihome atau penyedia jasa lainnya itu tidak sama dengan PLN yg pakai abodemen. Semua jasa internet rumahan atau kantoran itu sudah ditentukan tarifnya per bulan tergantung pada kecepatan aksesnya, di brosur atau di web mereka pun akan tertulis biaya perbulan. Jadi kalau internet itu dipakai ataupun tidak dipakai ya kita tetap bayar sesuai harga yg disepakati di awal. Saya rasa kalau petugas penagihan tidak punya wewenang masalah harga, dia menjanjikan anda potongan itu sekedar basa basi karena dia mungkin malas dengar keluhan kakak yg sejak awal memang tidak bisa diakomodir dengan aturan tarif indihome. ?

    • Itulah warga yang hebat berargumen tanpa tau apa-apa. Dia yang dtg kerumah, juga dia bilang akan bantu. Dia yang mengajukan lagi awalnya. Dan disini sebenarnya itu sudah di ok kan, saat mau dipotong utk tagihan Agustus-September karna prosesnya ribet. Sy minta utk bln 10 saja.

      • Rasanya tidak mungkin deh kak kalau kita minta keringanan itu bisa dikabulkan padahal tarif sudah disepakati kan mereka bukan badan amal. Alasan tidak tahu atau tidak diberitahu saat akan teken kontrak tidak bisa jadi dalih untuk kita bisa mangkir dari kewajiban. ?☺

        • Sekarang begini jika ada perjanjian yg kita langgar terlepas sadar dan tdk sadar seperti min.pengetahuan/tdk baca SK, apa kita tdk bs mengajukan keberatan utk pemotongan atau keringanan dlm hal apapun baik offering letter, kredit bank/kpr, perjanjian lainya??

          Pengadilan yg uda divonis salah za bs banding atau ngajukan keringanan. Pajak saat kita/perusahaan buat npwp sdh tau kewajiban perpajakannya. Saat melakukan kesalahan bisa melakukan keberatan, banding bhkn penghapusan adm. Bank atau perusahaan keuangan lainnya, kita bisa mengajukan/meminta keringanan atau potongan dll dlm angsuran pdhl itu uang yg udah kita pakai dan nikmati. Sekarang apa salah aku mengajukan keringanan pada telkom? Diterima tdk diterima kan urusan belakangan. Padahal saat kita nunggak sehari, jaringan di isolasir jd tdk bs kita gunakan lg. Secara kerugian, mereka tdk ada kerugian krna tdk ada pemakaian setelah menunggak.

          Masalahnya skrg, sipihak penagih uda menga acc kan permohonan keringanan saya. Krna satu lain hal saya minta dipotong di tagihan oktober, jd 2 bln yg tunggakan itu saya bayar full. Skrg saat tagihan bln 10, saya wa minta janjinya dy. Nah, dstu saya kesal. Kalau memang tdk bs, ya jgn dijanjikan. Paling tdk sdh tau, keptusan kedepannya gmn.

          Tp untungnya, pihak telkom sudah menanggapinya.

  • Kejadian ini pernah saya alami. Indihome memang curang.

    Tapi saya juga bisa lebih licik. Tiga kali saya berlangganan Indihome.

    Ketiganya dengan nama yang berbeda, ketiga nya itu punya tunggakan. Dan tidak saya bayar. Akhirnya saya pindah Biznet.

    Di Indonesia, perusahaan kalau di pegang BUMN, banyak oknum yang curang.
    Pegawainya bajingan. Pengin kaya tapi modal.

    Ya iyalah. BUMN. Duit rakyat