IndiHome Tidak Menepati Janji Penagihan

Saya pelanggan IndiHome dengan nomor ID: 111217071193. Bulan Agustus saya telat membayar hingga 2 bulan. Bulan September, pihak IndiHome datang menagih ke rumah saya. Karena saya tidak di rumah, akhirnya saya WA dan lanjut call. Saya keberatan untuk bayar tagihan Agustus, karena saya jadi bayar 2 bulan termasuk tagihan yang tidak saya pakai. Listrik saja kalau tidak pakai, kita hanya bayar biaya adminnya saja.

Si penagih menjelaskan bahwa saya salah, dan IndiHome tidak sama seperti PLN. Saya balik tanya, apa dari awal pemasangan dijelaskan seperti itu, karena umumnya orang awan pasti tidak tahu. Si penagih bilang harusnya dijelaskan, dll. Saya bersikeras tidak dijelaskan, karena kalau dijelaskan pasti tidak ada berani tunggakan. Si penagih tetap menjelaskan itu salah saya, seharusnya saya tahu dan itu dijelaskan di abonemen sebelum pasang.

Saya tanya balik waktu pasang ada tidak dijelaskan tentang abonemen seperti itu, karena umumnya orang awan tidak tahu atau minim. Atau mungkin di perjanjian ada atau tidak, saya tidak tahu. Si penagih tetap ngotot, dan saya juga tidak mau bayar yang tidak saya pakai. Padahal saya minta keringanan, dll.

Karena si penagih tetap ngotot salah saya, akhirnya saya mengatakan “Ok saya salah! Sekarang apa ada potongan karena saya merasa rugi bayar yang tidak saya pakai?”. Singkat cerita si penagih mengatakan akan tanya atasannya dulu. Tidak berapa lama si penagih telepon dan bilang atasannya setuju. Melihat prosesnya makin ribet, akhirnya saya ajukan potongan tersebut untuk tagihan bulan Oktober. Jadi, saya bayar full tagihan Agustus dan September, walau saya tidak pakai sebulan penuh.

Tanggal 17 mau jatuh tempo pembayaran IndiHome, alhasil saya WA si penagih untuk potongan tersebut (karena si penagih bilang, kalau untuk Oktober sebelum bayar kabarkan dia dulu). Sampai tanggal 20 saya tidak mendapat balasan. Saya sudah bolak-balik WA, hanya di-read, tidak dibalas. Pernah dibalas call tapi hanya sekali, itu pun sebentar terus saya WA balik, hanya di-read tapi tidak dibalas.

Hingga tanggal 20 jatuh tempo hanya dibalas tagihan IndiHome sudah jatuh tempo, tanpa membalas WA saya sebelum-sebelumnya. Setelah itu saya balas WA-nya lagi dari siang, terus sampai sore saya WA hanya di-read, tapi tidak DIBALAS!!

Pertanyaan saya:

  1. Apa seperti itu pelayanan IndiHome kepada pelanggan?? Waktu saya tidak bayar, ditagih sampai ke rumah. Saat aku tagih janji, semacam orang tagih hutang.
  2. Apa tidak bisa pelanggan minta keringanan untuk pembayaran yang tidak dipakai??

Yang paling buat saya kecewa sikap si penagih yang mengabaikan saya!! Saking geram, saya blok nomor si penagih.

Mohon maaf kalau ada salah kata atau tersinggung. Terima kasih.

Maaf sebelumnya, saya masih menyembunyikan foto si penagih. Karena bagaimanapun itu sudah menyangkut ke person, saya hanya ingin itikad baik saja. Jadi tolong sebagai pelanggan direspons. Saya sangat kecewa saya tidak digubris. Terima kasih.

Tulus H Lumban Gaol
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:149    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Telkom Regional 1 Sumatera untuk Bapak Tulus

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama Bapak...
Baca Selengkapnya

102 komentar untuk “IndiHome Tidak Menepati Janji Penagihan

  • 24 Oktober 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Indihome memang begitu, mesti tidak dipakai atau diisolir tetap bayar full karena indihome pascabayar. Jika memang anda tidak pakai seharusnya minta diputus supaya tidak kena tagihan. Bayarlah sebelum tanggal 20 supaya tidak kena denda/isolir, saya bayar paling lambat tgl 5 setiap bulan aman tidak pernah ada masalah tunggakan.

    13
    1
    • 24 Oktober 2022 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Tidak semua konsumen tau sistem indihome seperti itu? Umumnya orang tau seperti PLN atau pdam. Oklah konsumen salah tdk membaca di perjanjian jika ada tertulis, dan umumnya org malas membaca apalagi smpai habis. Bukan sebaiknya sebelum dipasang, pihak indihome kasih penjelasan mengenai hal yg penting sperti tagihan ini. Kan tdk mkin indihome baru mengalami kejadian seperti ini. Jd bs kedepannya ditekankan sblum pasang hal mengenai kontrak.

      Nah skrg permasalahnnya bukan itu, si pihak penagih uda mau melakukan pemotongan bayaran. Hy za sy minta di potong utk tagihan bln 10. Nah skrg saya tagih tdk di balas. Dari tgl 17 saya WA bolak-balik sampai tgl 20 tdk dibalas pdhl di read. Anda jd saya apa tdk kesal?? Ok bln lalu saya salah, apa saya tdk bs meminta pemotongan??? Nah saat pemotongan uda di acc ditangguhkan ke ragihan bln 10, saya wa tdk dibalas pdhl di read. Saya macem ngemiss lho. Acem nagih hutang, pdhl kmren2 dy dtg ke rumah nagih, wa, call dll. Gitu ya pelayanan indihome ke pelanggan?

      Saya bukan minta mau putus, emg saya telat bayar bln Agustus, dan saya minta keringanan pembayaran utk yg tdk saya pakai. Uda di ok kan, skrg????

      5
      22
      • 24 Oktober 2022 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Untuk masalah tagihan coba ke plasa telkom, disana bisa langsung dikoreksi atau dipotong jika memang ada kesalahan/perjanjian diskon. Saya pernah indihome putus 7 hari, saya ke plasa telkom minta kompensasi langsung dipotong tagihannya, prosesnya tidak sampai 10 menit

        • 24 Oktober 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Bln lalu saya ty, kalau utk tagihan bln 10 biar terpotong gmn caranya? Si penagih blg, wa dy saja. Nah krna mau bayar bln 10, tgl 17 saya wa dy krna dy blg wa dy. Kecuali dy blg datang ke plasa telkom. Saya keselnya itu, cara dy yg tdk balas wa saya pdhl di read. Saya wa dr tgl 17-20 lho pak, hy di read doank. Bpk liat deh foto yg sy upload, siapa yg tdk kesal! Padahal service indihome semakin baik, ada ganguan dikit, pihak indihome lngsung kabarin, esoknya datang. Beda kayak dulu2. Makanya tdk niat putus krna mnrt sy bertanggung jwb. Tp knp dsninya tdk? Apa salahnya di balas suruh dtg ke plasa dll atau apa gtu…

      • 24 Oktober 2022 - (12:58 WIB)
        Permalink

        sebelum Tanda tangan pada saat pemasangan, tolong baca SKnya. #daruratmembaca
        awam aja terus yg disalahin,

        6
        2
        • 24 Oktober 2022 - (13:41 WIB)
          Permalink

          Ok saya salah!! Saya jg gk da blg saya benar di artkel tersebut, nah….skrg apa saya tdk berhak minta potongan/keringanan untuk pembayaran tersebut?? Dan mslh nya disni, sipenagih uda blg ke atasannya kalau permintaan akan potongan saya diterima. 1 bln kemudian saat mau jth tempo tagihan bln 10, saya wa sipenagih krna kata si penagih sebelumnya kalau mau bayar wa dy. Saya uda bolak-balik wa sipenagiH dari tgl 17-20 hy di read tanpa di balas. Saya wa bukan hy 1 x, coba deh bpk baca agar tdk darurat membaca jg kek saya. Thanks..

          1
          10
        • 25 Oktober 2022 - (15:47 WIB)
          Permalink

          DAFTAR INDIHOME VIA SALES ITU SK ATAU TERTENTU ITU DIISI VIA SALES SEMUA .

          GAK PERCAYA? CEK AJA UPLOAD KTP DAN TANDA TANGAN AJA ADA KOK SALES YANG ISI SENDIRI TANDA TANGAN ASAL NIRUIN .

          GIMANA MAU BACA SK ORANG SALESNYA AJA SPIHAK ISI DATA ITU JADI PELANGGAN GAK TAU, KADANG EDUKASI PENJELASAN AJA SALES ASAL JADI ASAL PELANGGAN TAU HARGA PAKET UDH GITU AJA . SOALNYA SAYA SERING NEMUIN SALES GITU .

      • 25 Oktober 2022 - (10:53 WIB)
        Permalink

        Lah sampean yang salah , ga paham apa apa koq ngotot. Sampean kira indihome perusahaan bapakmu. Saya kalau jd petugas penagihan jg males banget ngasih edukasi ke orang kaya sampean. Kalau nda paham ya jangan pasang. Jangan ndeso lah ,mau pake internet tp ndeso.

        4
        7
        • 26 Oktober 2022 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Wuihhh…..smart kali perkataan bpk. Memang benar kata org cara bicara menggambarkan karakter org. Tdk tau apa-apa, sok tau. Makanya kalau bapak/saudara bpk kerja di bagian penagihan, sales dll….jangan sering umbar janji ya. Nanti termakan cakap, lari dehh…..trus salahin org, uda tau seperti itu dll… Memang komentar bpk cerdas sekali, semoga bapak dan keluarga bpk tdk mengalami seperti ini dalam hal dan bentuk apapun krna kesalahan sndri. Jika mengalami, ya harap anda ingat komen bpk ini. Thanks…

          • 26 Oktober 2022 - (11:04 WIB)
            Permalink

            Iya lah smart emangnya bapak stup1d. Dah ndeso ga paham , minta diskon. Sales tu males makanya dibilang iya aja. Trus anda mau lapor polisi ?? Karena kegblokan anda ??

    • 24 Oktober 2022 - (16:27 WIB)
      Permalink

      Dulu saya pelanggan Indihome tapi karena pelayanan dan speed internetnya sekarang bukan kurang bagus tapi sudah tidak bagus karena ada FUP dan bikin lemot maka sekarang saya putus aja saya bayar yang saya pakai kalau saya tidak mau bayar yang tidak saya pakai karena pas saya nunggak otomatis internet di putus … Kenapa saya harus bayar enak aja Indihome bikin aturan semaunya sendiri mau menang sendiri

      5
      3
      • 25 Oktober 2022 - (09:10 WIB)
        Permalink

        Ya namanya nunggak ya diputuslah. Mau enaknya aja kalau gak diputus terus2an donk pakai terus tanpa mau bayar. Kalau mau berhenti ya datang ke plaza bawa balik alat2nya dan bayar lunas tagihan

        2
        1
      • 28 Oktober 2022 - (06:42 WIB)
        Permalink

        emang kacau pelayanannya. kualitas ga bagus2 juga sering lemot atau ga keputus tanpa jelas akibatnya tiap ditanya ke 147 ngomongnya jaringannya baik2 saja.

      • 25 Oktober 2022 - (16:25 WIB)
        Permalink

        Wuihh bgus sekali perkataan anda..

        Ok deh !
        Semoga bpk dan keluarga bpk tdk pernah mengalami hal seperti ini dalam bentuk dan hal apapun akibat kesalahan sendiri. Seandainya terjadi, semoga bpk ingat komen bpk ini. Thanks…

  • 24 Oktober 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Bulan Agustus saya telat membayar hingga 2 bulan. Bulan September, pihak IndiHome datang menagih ke rumah saya. Karena saya tidak di rumah, akhirnya saya WA dan lanjut call. Saya keberatan untuk bayar tagihan Agustus, karena saya jadi bayar 2 bulan termasuk tagihan yang tidak saya pakai.

    Mengutip dari pernyataan di atas, jadinya internetnya dipakai tidak di bulan Agustus? Jika tidak dipakai, mengapa tidak lapor?

    • 24 Oktober 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Sekarang begini, anda sebagai konsumen tdk berhak meminta potongan/keringanan atas biaya tersebut?? Seandainya anda tau itu kesalahan dari anda!

      11
      • 24 Oktober 2022 - (13:51 WIB)
        Permalink

        Menurut saya tidak, tapi kalau seminggu atau lebih internet putus atau los jaringan, maka baru bisa minta keringanan atau diskon.

        • 24 Oktober 2022 - (14:19 WIB)
          Permalink

          ohhh….baik sekali anda. Ya semoga anda tidak pernah mengalami hal yang seperti ini dalam hal apapun dikemudian hari, dan jika anda mengalami ini, semoga anda ingat akan perkataan anda ini. Karena yang namanya keuangan ada pasang surutnya.

          Nah masalahnya sekarang disini, saya tdk sebaik anda. Ya mkn krna ekonomi saya tdk sehebat anda, saya sempat nganggur. Dan saya mengajukan keringanan/potongan pembayaran, dan mereka meng OK kan…dan akan dipotong utk tagihan Oktober ini. Saat saya mau bayar, tagihan saya masih full. Saya wa ke sipenagih krna kata sipenagih sebelum bayar wa ke dy utk bln 10, smpai tgl 20…wa saya hy di read tanpa di balas. Saya hy menagih janji si penagih tersebut yg katanya uda acc atasanya, dan sikap dy yg tdk balas wa saya pdhl di read. Saya uda bolak-balik wa dr tgl 17-20.

          Jd tolong donk budayakan membaca, jgn membaca bagian atas saja. Nanti anda kek saya #daruratmembaca seperti yg dibilg komentator budiman yg rajin membaca diatas. Thanks…

          10
      • 25 Oktober 2022 - (09:12 WIB)
        Permalink

        Ya gak bisa karna itu kesalahan anda. Kalau kesalahan telkom sperti gangguan beberapa hari itu bisa klaim untuk dipotong tagihannya

        • 26 Oktober 2022 - (09:37 WIB)
          Permalink

          Semoga anda ingat komentar anda ini jika terjadi dlm hal dan bentuk apapun itu seperti ini pada anda & keluarga anda. Thanks…

          • 26 Oktober 2022 - (10:13 WIB)
            Permalink

            Haha gak mungkin sy komplen hal beginian. Soal beginian mah harus tau.

        • 26 Oktober 2022 - (11:19 WIB)
          Permalink

          Ya semoga anda ingat komentar ini jika hal ini dlm bentuk apapun itu (bkn hy indihome) terjadi pada anda dan keluarga anda, jangan minta keringanan/ptongan dll krna kesalahan anda atau keluarga anda. Indihome hy salah satu contoh hal, hal lainnya dlm bentuk apapun yg akibat kesalahan sendiri, ingat komentar anda ini.. hahahahaha

          • 26 Oktober 2022 - (11:21 WIB)
            Permalink

            Maaf ya saya ga miskin buat minta minta diskon kaya anda. Hahahahhahaha

          • 26 Oktober 2022 - (11:24 WIB)
            Permalink

            Fyi , saya langganan indihome untuk 2 cafe saya lgsg 1 tahun 100mbps. Untuk 2 rumah saya jg lgsg 1 tahun masing2 50 mbps.

            Walau rumah yang 1 jarang saya tempatin , tapi saya ga minta diskon tuh.

            Kenapa ?? Karena saya mampu dan saya tau malu. Emang anda.

            Udah salah , minta diskon pula.

            Miskin amat

            Hahaha

  • 24 Oktober 2022 - (11:14 WIB)
    Permalink

    kalau engga dipake ya minta cuti, nanti cuma bayar admin kalau engga cuti ya ditagih full,

    kalau mau system yang kagak dipake gak bayar ya langganan seluler prabayar, gak pake admin palahan jadinya beban variabel

    pasang internet rumah kan seharusnya udah tahu menjadi beban biaya tetap bulanan,

    bukan beban biaya variabel kaya listrik sama air

    ya pasti orangnya di wa juga gak mau pusing, tinggal di blacklist aja ga ada ruginya kalau gak bayar 😄

    11
    1
    • 24 Oktober 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Indonesia darurat literasi. Yang diidam-idamkan tersambung, S&K tidak dipelajari langsung setuju karena hati senang. Ujung-ujungnya protes kenapa nggak seperti PLN. Memangnya langganan Indihome pakai meteran? Kenapa nggak protes kalau nginap di hotel biayanya disesuaikan dengan durasi tidur saja? Atau kalau ke WC umum tarifnya dihitung dari… ah sudahlah.

      • 24 Oktober 2022 - (12:04 WIB)
        Permalink

        Makin aneh aja surat di MK.

        Ada yg salah transfer, marah ke bank penerima.
        Ada yg klik link, katanya ecommerce ga aman.
        Nah sekarang yg begini.

        • 24 Oktober 2022 - (12:30 WIB)
          Permalink

          betul. makin aneh. sebagai konsumen, kita tetep harus sadar diri lah. kalo kitanya di posisi salah, ya jangan ngegas. Apalagi sampai tulis di MK. secara tdk langsung, itu kan mempermalukan kita juga

          • 24 Oktober 2022 - (13:52 WIB)
            Permalink

            Sorry ya pak, coba deh dibaca artikel saya.. Dan bpk juga harus pahami ini dalam konteks apa. Jangan kek saya pak yg darurat membaca dibilang komntar di atas. Sebelum di MK saya uda email, bahkan uda wa si penagih akan janji potongan yg katanya uda disetujui atasan dy. Saya uda di kacangin 3 hari, bolak-balik wa hy di read tanpa di balas….kyk org nagih hutang. Waktu dy tagih dy blg akan bantu dll, uda deal….skrg sy tagih janji gak di balas.

            12
          • 24 Oktober 2022 - (14:54 WIB)
            Permalink

            pak, dimana2 minta keringanan itu sama pihak yg benar2 terkait (misal call center, nanti akan dibuat id laporan, baru bisa difollowup), bukan sama penagih / collector. Mereka kerjanya cuma 1 targetnya: Sampeyan bayar. Masalah diskon / keringanan bukan ranah mereka.

            10
            1
        • 25 Oktober 2022 - (15:47 WIB)
          Permalink

          Kalau aneh ya tdk usah dibaca kali. Koq sibuk amat ngurusin org. Suka-suka orang donk,kan bukan urusan anda. Saya jg tdk memberatkan anda…. Pliss dehhhh!!

          • 25 Oktober 2022 - (16:36 WIB)
            Permalink

            harus nya yg komen,jangan slalu menyalahkan penulis ,ts ngadu di mk itu ,muak sama dc ,karna udh gk meresfon wa nya ,sebenar nya ada hikmah nya jg,biar kita bisa lebih hati2 ,jadi ambil positip nya aja ,jangaan slalu merasa pintar,yg namanya manusia pasti ada kesalahan ,kita ambil hikmah nya aja ,!?

            1
            1
    • 24 Oktober 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Saya suka komen bpk yg terakhir, karena emg penagih nya tdk mau pusink. Janji sesuka hatinya, ditagih hy read tanpa balasan. Uda jth tempo pembayaran, baru wa “tagihan bln ini bu” dengan mengabaikan pesan-pesan sy sebelumnya. Ya mkin krna BUMN kali ya? jd tdk peduli ama org.

      1
      9
  • 24 Oktober 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih langsung datang ke Plaza biar bisa tau solusi terbaiknya bagaimana.
    Oh iya Indihome/FirstMedia/CBN/MyRepublic bukan seperti PLN atau PDAM ya, di brosur juga pasti tertulis kalau Paket XXX biaya Per-Bulan Rp. XXX.XXX, jadi bukan biaya Per-Pemakaian.

    Kalau mau biaya Per-Pemakaian, silahkan pakai yang Prabayar misalkan XL Home, Telkomsel Orbit, dll
    Banyak kok yang menyediakan Prabayar

    • 25 Oktober 2022 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Pengguna sudah jelas bersedia membayar bulanan dan kterlambatan.. yg jdi masalah pengguna tidak dapat potongan sesuai dgn yg dikatakan penagih.. fix salah penagih(indihome) .. yg bela indihome jelas karyawan indihome..

      2
      2
  • 24 Oktober 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Saya baru tahu kalau indihome tidak dipakai dalam kurun waktu sebulan gk usah membayar, hadehh indihome tuh mau gk dipakai sebulan setahun pembayaran nya tetap flet sebulan sesuai perjanjian diawal pemasangan masa iya hal umum gini msh diperdebatkan hadeh hadeh

    • 24 Oktober 2022 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Maksudnya gimana ini? Muter muter terus ngomongnya.

      Point pertama menurut saya :
      Saat mau pasang wifi indihome akan di jelaskan oleh salesnya, jika tidak pake sales akan di jelaskan saat verikasi identitas pas di telefon CS 1500620.

      Jadi bagaimanana bisa tidak tau kalau indihome itu akan bayar flat terus sesuai paket yang sesuai yang di pilih, dan ada denda kalau putus layanan sebelum 12 bulan. Sangat aneh apa tidak di dengarkan atau tidak di baca surat perjanjian saat input data .

      Point ke dua :

      Udah jelas salah tidak bayar masih ngotot berdebat degan tim penagih ( saya tidak tau yang datang ke rumah itu teknisi atau salesnya ) karena tidak pernah ada debnya. Terus minta konpensasi yang jelas jelas udah ada perjanjian di awalnya..

      Jadi, minta keringanan karena kesalahan sendiri..

      • 25 Oktober 2022 - (15:54 WIB)
        Permalink

        Aneh deh. Emg didunia ini dilarang protes ya?? Dan juga dilarang mengemukakan pendapat dll. Koq sibukk amatttt….. Biar dikira cerdas kalii ya… Bapak ty za salesnya apa dibilang ata tdk, mslh srt perjanjian…..emg aku gk baca.

        Trus msalah minta keringanan, itu terserah aku donk??? Koq bpk yg sibuk. Ya semoga za bapak dan keluarga bpk tdk pernah yg namanya minta keringanan atau potongan apapun, apalagi kalau ada kesalahan yg mkn tdk anda sadari. Kalau terjadi, ingat komen bpk ini yaa….Thanks bpk super sekali!!

        1
        5
        • 25 Oktober 2022 - (19:15 WIB)
          Permalink

          Gk usah ditanggepin.. itu yg bela karyawan indihome semua.. pdhal yg buat masalah si penagih krna tidak sesuai yg dikatakn

          2
          2
  • 24 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    yg salah jd benar, yg benar jd salah. waktu berlangganan indihome, memangnya ga tau tarif per bulannya berapa? memangnya ga tau kalo ga dipake pun tetep hrs bayar segitu? kl dirasa jarang dipake, lebih baik putusin dulu tagihannya. beralih ke prabayar. kalo udah sering dipake baru apply lagi. Ya kalo dpt, kalo jaringan indihome penuh, komplain lagi ga bisa pasang indihome. Serba salah

      • 24 Oktober 2022 - (12:57 WIB)
        Permalink

        Sekalian ajaa beli motor kredit, nanti motornya ga dipake sebulan, biar ga bayar, soalnya kan ga dipake 🤣🤣

        • 24 Oktober 2022 - (14:00 WIB)
          Permalink

          Motor berupa barang. Anda beli motor secara kredit, motor lunas jd milik anda. Kalau indihome gmn ya boss statementnya??? Soalnya saya tidak sepintar boss yg nalarnya bs kesana.

      • 26 Oktober 2022 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Pertanyaan 1: Saya tau tarifnya
        Pertanyaan 2 : Ya tdk tau, kalau tau…saya akan ajukan cuti dll.

        Saya jg pakai orbit 2bh, masih aktif paket. Kartu di hp saya pun telkomsel, salah satunya aktif paket bulanan jg.

    • 24 Oktober 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Ya bisalah namanya juga lg protes. Emg anda gk pernah protes ya dlm hidup? Baik sekali anda…salutttt!!

    • 25 Oktober 2022 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Gak bisa gitu bang sekarang, indihome dan provider lain ada aturan kalau kita berhenti sebelum 12 bulan pemakaian maka kita akan didenda 1juta. Ya wajar bang mereka selama ini rugi router, stb, fiber optic, dll kalau pelanggannya putus kontrak selagi modal belum balik.

    • 24 Oktober 2022 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Ya bisalah namanya juga lg protes. Emg anda gk pernah protes ya dlm hidup? Baik sekali anda… hahaha

  • 24 Oktober 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Tolong donk budayakan juga membaca, jgn bilangin org saja. Yg blg saya tdk salah siapa??? Tp kan jg konsumen berhak donk minta keringanan??? Sedangkan bungan bank dll atau apapun berhak donk minta keringanan???? Apalagi utk yg tdk kita pakai, sedangkan yg kita pakai za bs minta keringanan.

    Nah skrg masalahnya keringanan itu uda di ok kan, dan si penagih uda blg ke atasannya DAN OK!! Skrg dy nagih yg dijanjikan, tp hy diread tanpa di balas!!!

    Emg anda2 yg komentar diatas ini yg budiman, rajin membaca dan sangat teliti gk pernah alami yg namanya kesalahan/kesalahan dll seperti ini di bidang lain. Trus anda jg gk pernah yg namanya mengajukan keringanan/potongan dll dalam hal apapun. Dan seandainya ada barang yg diskon 20℅ to ternyata tdk di diskon anda baik donk gk protes walau anda ty gk di gubris alias dikacangin bolak-balik,anda wa di read tp gk di balas. Trus Anda sabar dan datang membeli barang tersebut lg. Ia kan?? Baik benar Anda!!!! Saluttttt sayaaaaa… Sayangnya saya tdk sebaik Anda yg budiman2 komentar di atas. Saya merasa memiliki hak utk meminta keringanan, dan sy jg berhak menagih janji yang mereka katakan.

    12
    • 25 Oktober 2022 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Masbro walaupun tdk baca S&K nya tp anda saat mau pasang indihome pst memilih paket speed yg berapa dan dgn harga sekian per bulan. Nah saat pilih paket nya kan anda tahu kalo itu harga per bulan, bukan per pemakaian, jd dr situ saja seharusnya anda paham bhw harga yg anda setujui itu adalah harga mati yg harus anda bayar tiap bulan. Misalkan juga anda menyewa kamar hotel 500rb per hari, anda mau seharian tinggal di kamar atau seharian pergi dan hny dipakai cuma buat tidur malam kan jg sama yg anda bayar yaitu 500rb.
      Utk keringanan potongan biasanya diberikan malo ada kesalahan teknis / gangguan yg disebabkan oleh telkom dan diberi kompensasi dgn memberi potongan atau pembayaran tagihan bisa mundur beberapa hari sesuai kesepakatan.
      Mohon sbg konsumen kita harus bijak dlm menuntut hak2 kita tetapi tdk menyalahi kewajiban kita jg

  • 24 Oktober 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Emang ga nanya2 dulu pas awal ya?. Indihome maupun apa internet rumahanpake ga dipake ya dibayar pd kesepaktn awal. Biasanya kalo ga dipake misal anda mudik. Tinggal minta putus aja sementara. Jgn malu untuk bertanya .

  • 24 Oktober 2022 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Ada-ada saja perilaku pelanggan Indihome, yang belum tersambung ngotot minta segera disambung, yang sudah tersambung gak mau bayar biaya langganan, maunya bayar abonemen aja. Emangnya Indihome itu seperti PLN pascabayar? Gak pakai cuma bayar abonemen aja?

    Alasan penulis tidak ada informasi sebelumnya, alasan yang mengada-ada, semua juga tahu kalau berlangganan Indihome itu bayarnya bulanan, mau dipakai atau gak tetap bayar tiap bulan. Makanya, jangan ikutan berlangganan sebuah layanan kalau gak siap bayar bulanan.

    • 24 Oktober 2022 - (14:33 WIB)
      Permalink

      Ok deh pak, terimakasih sarannya. Ya semoga bpk tdk pernah mengalami yang namanya krisis keuangan. Dimana bln ini anda mampu, bbrp bln kemudian anda tdk mampu krna satu dan lain hal. Tapi umumnya yg namanya berlangganan, pasti krna menganggap mampu, tp sayangnya tdk ada yg tau hr depan. Dan sy jg baru kali itu telat. Thanks!!

      • 25 Oktober 2022 - (01:53 WIB)
        Permalink

        sabar ya ,lain x gk usah pasang indihom mending nabung ,kan sayang uang perbulan buat bayar gituan ,mending beli kartu xl aja murmer bisa di bawa kemana2,sy udah males pake indihom ,udah sy putus ,masalh nya gk bisa di bawa kemana2 ,

        • 26 Oktober 2022 - (09:02 WIB)
          Permalink

          Sepertiny pengajuan potongan anda tidak di setujui pusat dan penagih itu jg bingung mau bilang apa ke anda mkny cuma diread aja dan gada respon selanjutnya. Skr mending jke plasa telkom langsung minta kepastian kalo dr media konsumen ini gada hasil jg. Kedepanny sebaiknya pakai provider modem kartu gsm saja biar pulsa habis tinggal isi sesuai kemampuan dan tidak pasca bayar

          • 26 Oktober 2022 - (10:10 WIB)
            Permalink

            Itu sdh disetujui, dan dia datang pun blg akan bantu. Hanya waktu mau dipotong ditagihan September krna sdh ok, aku keep krna hrs tunggu tagihan diubah by sistem. Jd nya aku minta dipotong bln 10, dan dy meng ok kan. Tgl 17 aq wa hy di read tanpa dibalas. Bukan hy skali saya wa, tp bolak-balik tp hy di read. Tb tgl 20 saya di wa tanpa balas wa sebelumnya, lalu saya wa lg. Coba bc gambar yg terlampir….. Nah, siapa yg tdk kesal?? Jd bg penagihan, sales dibenar kan mengumbar janji sesukanya dan bertindak sesukanya? Padahal saya memakai orbit 2 bh dan paket bulanan msh aktif smpai skrg, kartu saya pun simpati & AS salah satu aktif paket. Jd bs dibilang sy pengguna setia telkom. Saya kecewa, kalau memang tdk bs diberi keringanan ya dibilang di awal, dan jgn jg menyodori diri akan membantu jika membayar.

            Pihak telkom sdh menghubungi saya kemaren, dan mslh sdh selesai. Thanks…

  • 24 Oktober 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Harusnya minta permohonan cuti klo gak dipake, cuti 3 bulan juga bisa, jadi yg SDH terbayar relakan saja klo mau lanjut pakee Indihome, siapa tau bln November dpt potongan, klo sdh kesel ya berhenti berlangganan..pindah paket lain ..kok repot

    • 24 Oktober 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Saya tidak sehebat anda yang tau segala hal, bisa cuti dll. Mungkin kalau anda survey penduduk +62, mn banyakan yg tau sistem atau tdk???
      Apa saya yg pertama x mengalami hal seperti ini, shg pihak telkom tdk bs mengantisipasi masyarakat darurat membaca seperti saya ini? Ok sy salah, jd tdk mau memperdebatkan ini!

      Nah masalnya skrg, apa susah membalas wa?? beda kalau dy tdk read, ini di read tp di diamkan. Tiba pas tgl jth tempo hy wa “tagihan bln ini” tanpa balasan dr yg sebelum-belumnya. Mungkin kalau dy balas saja wa sy tdk sekesal ini apapun itu, tp kalau skrg disruh bayar full setelah kesel saya mikir keras!!

  • 24 Oktober 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    biasanya setelah registrasi.. dan sebelum pemasangan… pasti ada email dr pihak telkom tentang “S&K”.. berlangganan indihome…☺️☺️

  • 24 Oktober 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Pengen ketawa takut dosa. Anda beli kuota internet habis gak habis kuotanya tetap waktunya ya harus beli lg. Indihome anda kalau sdh terpasang mau pakai atau gak ya harus tetap dibayar sesuai paket yg anda ambil di awal. Gak mau pakai ya ajuin pencabutan. Kalau pasang di tengah bulan nanti ada prorata di tagihan. PLN pasca bayar biarpun anda gak pakai tetap ada 40 jam pakai yg harus dibayar, kec prabayar vocer. Kalau telpon biasa kalau gak pakai ada abodemen yg harus dibayar. Kalau gak tau ya cari tau dan mengerti aturan masing-masing berbeda

      • 24 Oktober 2022 - (22:58 WIB)
        Permalink

        Truz maksud pertanyaan no 2 maunya dijawab apa? DC salah jawab dikejar trus padahal gak ada kebijakan kayak gitu. Jd maunya Indihome gak dipakai gak usah bayar atau gak bayar full ya..?? Haha lucu

  • 24 Oktober 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Ya salah sih kolektornya iming² ke orang yang ga paham. DC itu asal situ bayar aja, ngomong apapun asal cepat lunas. Bapak nya juga salah karena belum tahu kalau harus bayar walau sudah diblokir, tapi sekarang sudah tahu kan Pak ?
    Dulu saya gangguan 2 hari, ga mati total cuma lemot. Saya telpon 147 minta ada pemotongan tagihan bulan depan, sebagai kompensasi internet lemot 2 hari. Itu sifatnya pengajuan dan nanti dikabari lewat email/telpon lolos atau ga. Kalau cuma dari omongan aja ga bisa dipegang, mungkin lain kali bisa jadi pelajaran.

    • 24 Oktober 2022 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Kolektor atau tdk kolektor saya kurang tau krna saya tdk dirumah. Saya dapat srt tagihan indihome krna ada dtg kerumah org indihome nagih dgn srt dr indihome. Saya wa, sebelum saya wa sy jg liat pp nya dipakai dinas telkom krna warna nya dan sdg posisi dikantor. Jadi saya yakin kalau mkin dy bagian penagihan lngsung dr telkom, bukan DC pihak ke tiga. Apalagi sebelum meng acc kan perkataan saya, dy akan mengajukan ke atasanya dlu. Dan uda deal….seharusnya dipotong saat tagihan saat itu juga yakni tagihan Agustus-September. Hanya saja karena mnrt sy repot apalagi uda lwat tgl jth tempo september (nanti jd smkn rugi akibat telat bayar krna uda tau sistemnya stlh kejadian telat itu), saya ajukan utk pemotongan bln 10, dan dy acc. Pdhl sy minta potongan tagihan tdk 100%, 50% pun tidak mengingat itu jg kesalahan saya krna tdk tau. Nah waktu mau jth tempo bln 10, itu yg sy ty…..krna dy blg ty dy saja sebelum bayar. Saya percaya krna sy merasa dy org telkom, bukan DC dr pihak ke 3. Makanya sy tagih janji dy…, kalau emg tdk, apa salahnya dy balas “utk keluhan dtg ke plasa atau call 147” Dan sebelum ke MK saya jg uda email..

      Sebenarnya sy kesal cara tanggapan wa si penagih. Terlalu susah membalas wa yg sdh di janjikan. Tapi, yaitu td….jadi pelajaran jgn percaya ucapan si org, dan kalau uda dapat potongan…..langsung dipotong saat itu jg, krna org bisa berubah!

      Ok pak, thanks masukannya…

  • 24 Oktober 2022 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Saya suka nih kata kata “listrik klo ga di pakai hanya bayar biaya admin saja”
    apalagi alasan waktu pemasangan tidak ada penjelasan dan orang awam..
    Tapi perlu di ingat juga klo wifi itu pemakaian unlimited jadi mau pakai sedikit atau banyak ya tagihan tetap, beda dengan listrik semakin banyak pemakaian semakin besar tagihan listrik “ups saya lupa kan orang awam ya jadi ga ngerti masalah beginian..
    Tapi klo emang TS berhasil minta keringanan ya boleh lah di tiru bukan cuma untuk wifi untuk yg lain juga bisa kali, jadi buat TS terus berjuang.. anda memang cerdas, saya aja ga pernah kepikiran sampai kesitu..

    • 24 Oktober 2022 - (17:21 WIB)
      Permalink

      sy punya 2 rumah, ada 1 rumah kosong, sy ga tempati, tetap saja sy harus bayar PBB secara full. wkwkkwwkkw

  • 24 Oktober 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Anda menyebutkan “walau tidak dipakai sebulan penuh” artinya sudah anda pakai kan dimasa tunggakan itu? Ya tetep bayar dong, biarpun hitungannya dipake dikit2 ya bayar lah, kalo mau keringanan kan harusnya diawal2 telpon 147, atau jelang bulan kedua tunggakan minta keringanan, ini sampe telat 2 bulan kan kaya seolah2 yaudahlah paling juga diputus nanti. Lah emang ente pemegang saham telkom bisa seenaknya bae wkwk

    • 26 Oktober 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Saya memang miskin. Tp saya pakai orbit 2 dan paket masih aktif tiap bulan. Saya jg HP pakai kartu AS dan Simpati, paket jg aktif disalah satu kartu. Dan saya jg pakai indihome bayar perbulan. Paling tdk saya memakai semua provider telkom. Thank ya pak atas komentar yg org kaya nya.. Hahahha

  • 24 Oktober 2022 - (23:30 WIB)
    Permalink

    Intinya penulis kesel dikasih janji palsu sama penagih.. cuma sayang nya ngga ada perjanjian tertulis hitam putih masalah diskon… Jadi sekarang terima aja.. anggap buat pelajaran kedepannya. Semua harus ada hitam putih biar pasti.

    Kalo anda masih penasaran mending datengin aja plaza Telkom.. tanya apa benar si penagih tersebut itu sudah bilang ke atasannya untuk masalah diskon pembayaran? Atau hanya janji manis biar anda mau bayar lunas.

  • 25 Oktober 2022 - (02:55 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya yg diprotes itu WA yg ngga dibales atau masalah tunggakan tagihan.?
    Soale pembahasannya mbuulet ngga karuan

  • 25 Oktober 2022 - (03:39 WIB)
    Permalink

    Ud salah ngeyel, ane demen nih yg ginian biar rame di serbu pasukan MK.

    Pertama ente pikir layanan indihome bayarnya per kuota, situ pake ga pake yah tetep aja tagihan di bayar perbulan. Boong banget kalo sampe ga tau, sedangkan dari awal pemasangan aja kita ud disuruh pilih paket dan ud di kasih tau fixed pricednya segitu yg harus di bayarkan perbulannya.

    Kedua apakah berhak mengajukan keringanan. Menurut saya tidak karena tidak terjadi masalah seperti LOS selama berhari2. Keringanan yah cmn keputusan dari indihome yg bs menentukan.

    Jadi saran ane situ bayar tiap bulan tepat waktu aja. Kalo ga puas sama layanannya, bayar lunas smua tagihan terus putus layanan. Saya rasa indihome jg ga mau dpt customer yg ribet kyk ente.

    • 26 Oktober 2022 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Semisal sales menjelaskan terlebih dahulu perihal tetap membayar walaupun tidak dipakai atau terisolir/tidak ada koneksi internet karena tunggakan bulan sebelumnya sebelum pemasangan, apakah calon pelanggan mau tetap pasang dengan regulasi seperti itu???

      kayaknya kebanyakan gak jadi pasang deh🤔

    • 26 Oktober 2022 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Yaudah kalau gtu knp tdk diputusin za langsung, sampai datang kerumah nagih, nawarkan diri akan membantu, dll. Saat saya bayar lunas tagihan telat jd kenak 2 bln, kenpa tdk di wa atau di call saja. Ternyata janjinya tidak benar, jadi saya bs ambil keputusan lanjut atau tdk. Soalnya saya kan sudah bayar lunas semua. Knp hrs mengimingkan pemotongan utk tagihan selanjutnya?

      Indihome saya jg pernah LOS berhari-hari, saya gk prnh ngajukan keringanan selama ini. Oia, saya juga pakai provider telkom lainnya, seperti orbit 2bh paket masih aktif, dan kartu hp saya jg telkomsel, salah satu nya aktif paket jg. Dan indihome jg aktif. Thanks…

    • 26 Oktober 2022 - (10:44 WIB)
      Permalink

      Yaudah kalau gtu knp tdk diputusin za langsung, sampai datang kerumah nagih, nawarkan diri akan membantu, dll. Saat saya bayar lunas tagihan telat jd kenak 2 bln, kenpa tdk di wa atau di call saja. Ternyata janjinya tidak benar, jadi saya bs ambil keputusan lanjut atau tdk. Soalnya saya kan sudah bayar lunas semua. Knp hrs mengimingkan pemotongan utk tagihan selanjutnya?

      Indihome saya jg pernah LOS berhari-hari, saya gk prnh ngajukan keringanan selama ini. Oia, saya juga pakai provider telkom lainnya, seperti orbit 2bh paket masih aktif, dan kartu hp saya jg telkomsel, salah satu nya aktif paket jg. Dan indihome jg aktif.

      Saya suka komentar ini “Saya rasa indihome jg ga mau dpt customer yg ribet kyk ente” Yaudah kalau gtu, saat sy bayar lunas tagihan telat tersebut, knp tdk disarani za utk putus. Drpd bohongin org, kan resikonya lbh besar. Ya aku protes lha!! hahahhaa…. smart bpk emg! 😀
      Berarti bp membenarkan donk sistem kerja seperti itu? Atau jgn2……. 😀

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 102 komentar sampai saat ini..

IndiHome Tidak Menepati Janji Penagihan

oleh Ryan Ray dibaca dalam: 2 menit
102