Surat Pembaca

Pembeli Meminta “Gestun”, Penjual yang Kena Getahnya

Terima kasih sebelumnya untuk Media Konsumen, atas kesempatannya kepada saya untuk menyampaikan pengalaman buruk berjualan di Blibli. Saya adalah penjual di Blibli, dengan nama toko: BLANJA, ID Toko: BLA-70069. Pengalaman buruknya bermula ketika salah satu pembeli, dengan nama pelanggan Damar Wulan, mengorder produk saya dengan nomor pesanan: 3423366080.

Produk yang saya jual yaitu Charger Aki Charger Accu Limited, dengan nominal pembelian Rp1.111.110. Namun kemudian si pembeli menginginkan barang fisik tidak dikirim, melainkan dicairkan saja uangnya ke rekening pembeli (gestun). Saya menolaknya, karena itu merupakan bagian dari pelanggaran.

Akhirnya saya tidak memproses orderan tersebut, dan orderan tersebut dibatalkan oleh CS Blibli. Si pembeli mengancam akan melaporkan ke pihak Blibli dan memfitnah toko saya, bahwa toko saya bisa melakukan gestun.

Benar saja,  pada hari yang sama toko saya langsung di-suspend oleh Blibli. Si pembeli konfirmasi melalui WA, bahwa benar dia melaporkan ke Blibli bahwa toko saya bisa melakukan transaksi gestun dengan top up saldo. Terlampir chat dari pembeli melalui WA.

Kemudian saya melakukan pelaporan terhadap Blibli. Informasi yang saya dapat, bahwa toko saya telah melakukan pelanggaran penjualan. Namun dari pihak Blibli tidak memberikan bukti pelanggaran dan tanpa mengkonfirmasi ke saya sebagai penjual, toko langsung di-suspend dan dana puluhan juta rupiah tertahan di wallet Blibli, tidak bisa dicairkan.

Di sini saya tidak diberi kesempatan untuk pembelaan diri, keputusan langsung dari Blibli melalui email bahwa toko dinonaktifkan permanen. Dana akan yang tersisa di wallet akan dikembalikan ke rekening selama maksimal 30 hari kalender sejak 3 Oktober 2022. Namun sampai saat ini sudah melewati masa tunggu untuk dana penjualan saya masih belum ditransfer ke rekening.

Setiap hari email jawabannya sama, akan dikembalikan maksimal 30hari kalender. Namun nyatanya tidak sesuai janji. Sampai detik ini dana penjualan belum ditransfer, setelah telepon ke Blibli, infonya akan coba untuk diteruskan ke tim terkait. Setelah berbulan-bulan menunggu lama, akhirnya tanpa kejelasan dana kapan akan dicairkan.

Melalui tulisan di Media Konsumen ini, semoga pihak Blibli dapat membaca dan merespons. Saya sebagai penjual hanya meminta hak saya (saldo penjualan) kembali. Demikian disampaikan terima kasih.

Roni Sukmana
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Blibli perihal Pembeli Meminta Gestun, Penjual yang Kena Getahnya

Menanggapi surat keluhan yang dikirimkan oleh Seller kami, Saudara Satria dan Saudara Roni Sukmana (BLANJA-BLA-7006), yang diunggah di Media Konsumen,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Tunggu dulu, ini sellernya juga agak mencurigakan. Penyedia jasa gestun menyamar jadi seller di blibli. Dari barang jualannya yg judulnya aja asal, ga ada merek, harga mahal. Chat WA nya juga aneh minta transaksi dibatalkan dulu. Langkah blibli udah tepat. Blokir permanen. Dananya jangan dikembalikan.

    • iya, jika dibaca chatnya juga ada yang kurang "lengkap"

      pembeli tiba-tiba hanya chat minta diproses tanpa ada bilang fisiknya tidak usah dikirim

      "ya, kalo skrg tdk bisa diproses apa2"

      kenapa tidak dijawab "toko kita tidak bisa melayani gestun"

      • Mahal amat chargernya, mau charger apaan? Pesawat? Apalagi chargernya segitu ga masuk akal harganya??
        Toko anda hanya toko mainan ya? Buat nipu2 pembeli.

        Pihak Blibli udah tepat keputusannya untuk suspend toko tersebut.

      • Betul bos. Pembeli chat untuk memproses ke rek dana. Tampaknya pembeli paham situasi toko.

        Penjual berhati2. Sepertinya ingin memproses akun dana tsb apa bila di batalkan. Sebab semua tau. Jika pembeli sudah mentransfer tanpa di batalkan. Jika dana sudah masuk dan pembeli mengajukan pembatalan dan disetujui oleh blibli. Makan saldo pembelian akan di kembalikan ke rek cc pembeli. jadi penjual sudah mengeluarkan uang yg di transfer ke rekening dana. dan penjual tsb kena tipu.

        Sepertinya penjual memang menerima gestun. Dan pembeli paham situasi toko dan percobaan berniat ada unsur penipuan kalau pembatalannya disetujui blibli dengan berbagai alasan.

    • Bener. Ngga mungkin ada asap tanpa api, pembeli belanja lsg nembak ke toko random minta pencairan. Mungkin sudah tau toko tsb dr referal teman yg sudah pernah gestun. Terlebih stlh ditelusuri, tokonya baru exist agustus 2022, status udah 24 pengikut dan gold badge di blibli. Jualan barang ngga jelas dgn harga yg ajaib pula (charger accu di toko2 laen yg termahal di blibli 300rban). Merintis toko online dr baru itu ngga gampang, ini baru 2 bulan sudah bisa ada dana mengendap 20jtan.

      • Mohon maaf saya juga pelaku usaha, salah satu usaha saya waktu berumur 3bln bisa membeli 13 unit truk baru. Usaha tidak ada yg tau kedepan seperti apa hasilnya. Saya juga tidak pernah menyangka bisa secepat itu perkembangan usaha saya saat itu saya mulai usaha tahun 2021 waktu covid masih melanda besar2an. Dan salah satu usaha saya ada fasilitas brilink ada beberapa konsumen bertanya apakah bisa gestun tanpa beli barang, dijawab sama karyawan tidak bisa tapi tetap maksa beli barang harga 20jtan cuma minta 18jt. Akhirnya beli barang tetap kami serahkan tapi barang tsb dijual ketoko kami kembali. Tidak melanggar aturan ada barang keluar dan ada barang masuk kr toko

  • Emang chat di luar aplikasi bisa dijadikan bukti? Ya siapa tau itubdr org yg sama. CSnya Blibli udh bener sesuai prosedur.

  • Charger aki nya mahal amat.
    Merek nya apa ya.

    Vlibli lagi trace IP adress dan macadress dan geo location antara si penjual dan pembeli.
    Ada matching tidak.

  • 3 oktober 2022 ke 8 november 2022 belum 30 hari kerja sih, jadi klo memang penulis tidak bersalah ya tunggu 4 hari kerja lagi

  • Jangan lsg menyalahkan sesuatu yg blm tau kebenarannya...klo dilihat sbnrnya juga sama2 tidak wajar...pihak blibli ya ndak mgkn lsg main suspend tanpa meninjau semua transaksi2... Akal sehat liat gambar charge aki dan hrgnya itu jelas tidak wajar...

    • ga bela siapa" di case ini, karna bukti yg kurang kuat.
      tapi mau menekankan komentar bapaknya bahwa "blibli tdk mungkin main susped tanpa meninjau" adl TIDAK VALID.
      marketplace kygni emg sering semena2. rekan seller saya udh banyak yg kena. pun di shopee jg gt, dana 50jt tertahan, toko kesuspend dg alasan yg tidak jelas.
      bahkan toko shopee saya pernah kena penalty dgn alasan gamasuk akal, yg mana saya tdk pernah lakukan samasekali ! tapi udh hubungi CSpun gaada penyelesaiannya.
      ada baiknya jika blm pernah mengalami tolong jangan asal berspekulasi.

      • Mohon maaf kawan ...
        Saya juga seller
        Saya juga pernah ngalamin
        Saya juga banyak teman yg main2 spt itu
        Banyak juga cerita dan fakta
        Jadi mengenai hal2 spt itu dgn kasus spt ini...sih kembali ke pribadi masing2

  • Laporkan polisi untuk pembelinya,untuk blibi undang ke Hotman Paris show. Jadi kita bisa debat terbuka sama blibi yg ribet.

  • Dilihat dari chatnya, penjual ada indikasi playing victim juga.

    1. Kalau dia memang benar gak melayani gestun, tinggal jawab dengan tegas "maaf, kami tidak melayani gestun" "kami akan proses dan kirim barang sesuai pesanan" bukan malah nanya "ordernya bisa dibatalin dulu gak" dan "ya kalau sekarang ga bisa diproses ga apa-apa". Ini tandanya penjual pernah atau bahkan mungkin terbukti oleh Blibli melayani jasa gestun.

    2. Dari segi harga dan reputasi toko juga gak wajar.
    Jadi, jangan langsung menghakimi Blibli, rasanya ga mungkin mereka main blokir akun seenaknya tanpa ada bukti.

    Lebih enak lagi kalau Blibli bisa tanggapi artikel ini dengan melampirkan bukti riwayat orderan di toko penjual ini. Biar terbukti siapa yang "mencurigakan".

    • ga bela siapa” di case ini, karna bukti yg kurang kuat.
      tapi mau menekankan komentar kamu bahwa “blibli tdk mungkin main blockir seenaknya tanpa bukti” adl TIDAK VALID.
      marketplace kygni emg sering semena2. rekan seller saya udh banyak yg kena. pun di shopee jg gt, dana 50jt tertahan, toko kesuspend dg alasan yg tidak jelas.
      bahkan toko saya pernah kena penalty dgn alasan gamasuk akal, yg mana saya tdk pernah lakukan samasekali ! tapi udh hubungi CSpun gaada penyelesaiannya.
      ada baiknya jika blm pernah mengalami tolong jangan asal berspekulasi.

  • emang bli nya ga verifikasi dahulu ke pelapaknya sebelum d tutup??? aneh juga klo maen hajar2 tanpa konfrimasi dari kedua belah pihak penjual dan pembeli