Pembeli Meminta “Gestun”, Penjual yang Kena Getahnya

Terima kasih sebelumnya untuk Media Konsumen, atas kesempatannya kepada saya untuk menyampaikan pengalaman buruk berjualan di Blibli. Saya adalah penjual di Blibli, dengan nama toko: BLANJA, ID Toko: BLA-70069. Pengalaman buruknya bermula ketika salah satu pembeli, dengan nama pelanggan Damar Wulan, mengorder produk saya dengan nomor pesanan: 3423366080.

Produk yang saya jual yaitu Charger Aki Charger Accu Limited, dengan nominal pembelian Rp1.111.110. Namun kemudian si pembeli menginginkan barang fisik tidak dikirim, melainkan dicairkan saja uangnya ke rekening pembeli (gestun). Saya menolaknya, karena itu merupakan bagian dari pelanggaran.

Akhirnya saya tidak memproses orderan tersebut, dan orderan tersebut dibatalkan oleh CS Blibli. Si pembeli mengancam akan melaporkan ke pihak Blibli dan memfitnah toko saya, bahwa toko saya bisa melakukan gestun.

Benar saja,  pada hari yang sama toko saya langsung di-suspend oleh Blibli. Si pembeli konfirmasi melalui WA, bahwa benar dia melaporkan ke Blibli bahwa toko saya bisa melakukan transaksi gestun dengan top up saldo. Terlampir chat dari pembeli melalui WA.

Kemudian saya melakukan pelaporan terhadap Blibli. Informasi yang saya dapat, bahwa toko saya telah melakukan pelanggaran penjualan. Namun dari pihak Blibli tidak memberikan bukti pelanggaran dan tanpa mengkonfirmasi ke saya sebagai penjual, toko langsung di-suspend dan dana puluhan juta rupiah tertahan di wallet Blibli, tidak bisa dicairkan.

Di sini saya tidak diberi kesempatan untuk pembelaan diri, keputusan langsung dari Blibli melalui email bahwa toko dinonaktifkan permanen. Dana akan yang tersisa di wallet akan dikembalikan ke rekening selama maksimal 30 hari kalender sejak 3 Oktober 2022. Namun sampai saat ini sudah melewati masa tunggu untuk dana penjualan saya masih belum ditransfer ke rekening.
Pelaporan ke blibli
Setiap hari email jawabannya sama, akan dikembalikan maksimal 30hari kalender. Namun nyatanya tidak sesuai janji. Sampai detik ini dana penjualan belum ditransfer, setelah telepon ke Blibli, infonya akan coba untuk diteruskan ke tim terkait. Setelah berbulan-bulan menunggu lama, akhirnya tanpa kejelasan dana kapan akan dicairkan.

Melalui tulisan di Media Konsumen ini, semoga pihak Blibli dapat membaca dan merespons. Saya sebagai penjual hanya meminta hak saya (saldo penjualan) kembali. Demikian disampaikan terima kasih.

Roni Sukmana
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Blibli:
[Total:1133    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

100 komentar untuk “Pembeli Meminta “Gestun”, Penjual yang Kena Getahnya

    • 8 November 2022 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Nih yg jahat ada 2: pembeli & Blibli…yg pembeli niat curang, bgitu gak dilayani langsung fitnah .nah yg Blibli nya EMANG PUNYA NIAT RAMPOK SALDO SELLER..ga mungkinlah Blibli ga tau kalo toko penjual sedang difitnah Krn penjual kan udah kasih bukti percakapan dgn pembeli?? Nih emang bliblinya punya niat jahat juga buat ngerampok dana sellernya sendiri

      388
      7
      • 9 November 2022 - (11:56 WIB)
        Permalink

        Bener nih Blibli dan buyer tsb yg jahat nih si buyer tukang fitnah semoga kena karmanya, dan Blibli aji mumpung sengaja mau nahan uang seller semofa kena karmanya juga ya pihak2 yg udh pada jahat dan menzolimi org lain ini..

        80
        2
      • 9 November 2022 - (12:03 WIB)
        Permalink

        Klo baca dr chatnya seperti nya seller memang pernah maenan gestun. logikanya gak mungkin si Customer to the point minta kirim via dana. Dan pihak penjual pun gak bilang chat nya bahwa dia jualan aku barang beneran. Mungkin tokonya memang pernah Gestun. Makanya dia pilih seller tsb. Cuma lagi apes aja dpt customer kayak t*i. Saya aja jualan hp di e-commerce. Gk ada yg pernah minta gestun apalagi sampe ke chat wa pribadi gtu. Maunya jual hp beneran aja. Klo customer nya mau jual lagi hpnya ya silahkan.

        16
        21
        • 9 November 2022 - (20:47 WIB)
          Permalink

          iya kayaknya sellernya emg jasa gestun soalnya ada chat pribadi.
          dan itu yg transaksi kayaknya reseller ke reseller jadi yg chat itu gak ambil pusing dia bilang kan pake akun akulaku org lain.
          pihak merchant juga gaakan semena2 langsung blok dia bakal telusuri yg masuk dana dari apa aja mungkin yg masuk dana paylater smua gak ada yg beli cash.

          7
          5
          • 10 November 2022 - (02:38 WIB)
            Permalink

            gajuga, saya seller juga, dan banyak rekan seller yg ngeluh di media konsumen maupun di twitter toko mereka disuspend gitu aja tanpa alasan yg jelas. pdhl ada saldo penjual disana nominal sampai 50jt++.
            ga memihak siapapun di kasus media konsumen yang ini, cuma mau nyampein bahwa statementmu “pihak merchant gaakan semena2 langsung blok, akan telusuri dlu” sangat tidak valid. tolong jgn membela perusahaan yg udah jelas sering mendzalimi usernya.

            27
            2
      • 9 November 2022 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Setuju.. bahkan ada kemungkinan buyernya itu settingan.. jadi udah Kong kalikong sama oknumnya. Mungkin sekenario awalnya kalaupun Gestun berhasil akan dilaporkan. Untung sellernya ga ngeladenin. Tapi nekat amat sampai dilaporkan dan di Suspen. Kebangetan banget ini Blibli kalau ga diberesin oknum yg kaya gini.

        28
        2
      • 10 November 2022 - (06:11 WIB)
        Permalink

        Betul nih malah kita berfikir jangan² pembeli dan blibli bersekongkol. Semoga aja pihak blibli punya niat baik untuk mengembalikan dana penjual, tlg pihak blibli itu bukan dana kau maka kembalikanlah hak si penjual.

      • 10 November 2022 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Emang saya cek juga sercurity safenya kurang di market place ini makanya saya milih tutup akun dan kembangin di tokped dan shopee karna lebih jelas, mudah dan teratur dari segi penarikan dana dan segi kemanan pelanggaran … Gak main suspend aja … Untuk bli2 gak lagi deh buka akun disana serem

      • 11 November 2022 - (23:48 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah mengalami suspensed dengan dana di tahan selama hampir 5 bulan.
        Sampai bosan mengirim email, WA & menelepon.

        Memang E-commerce satu ini luar biasa tidak ada bagus-bagusnya

    • 8 November 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Kenapa setiap persoalan harus di follow up dulu baru di selesaikan masalah nya, ketahuan kalau team work nya kurang menghargai pelanggan nya. Kalau sdh msk media begini kan nama perusahaan nya jd jelek

      80
      1
    • 9 November 2022 - (07:44 WIB)
      Permalink

      Ngeri juga ya jualan di Blibli kalau ketemu buyer seperti ini 🙁
      Thanks ya TS sharingnya..
      Saya juga seller di Blibli, baiknya tiap saldo yang masuk wallet langsung ditarik aja.
      Atau itu bs jd dari penjualan yg berjalan ya?
      Karena kan tiap jam 12 auto masuk ke rekening.
      Seharusnya Blibli tidak berhak menahan saldo Seller,
      Image Blibli jadi jelek di mata para sellers karena case seperti ini.

      52
      1
    • 9 November 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Siang Ka..jadi ikut mau crita ak jg lagi kesel kecewa pake banget sama LAZADA..masa pengembalian dana ku ditolak padahal katanya dari seler udah acc melepaskan dan untuk dikembalikan tapi dr pihak lazada menolak pengembalian dana tanpa ad konfirmasi..lapor ke CS ngmng sama robot..uang ga seberapa tapi ko ditahan..

      8
      1
    • 9 November 2022 - (17:45 WIB)
      Permalink

      Ini jualannya charger aki kok dikirim BOPIS pake kode satlement?? seharusnya charger aki dikirim fisik. mungkin ini emng toko gestun atau toko Fake order

      12
    • 10 November 2022 - (10:07 WIB)
      Permalink

      pake logika aja…
      seller mana mungkin terang terangan bisa tawarin Gestun ke Pembeli?…
      dan gimana sipembeli bisa tahu kalau tokonya tawarkan Gestun, sedang barang tidak diproses oleh penjual, utk menghindari kecurangan…

      jangan jangan Blibli lg butuh dana talangan dari Saldo para Seller.

    • 13 November 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Untung saya bukan member blibli, bukan pembeli juga penjual. Saran saya kalo mau jual beli., Pake toko online yg bagus saja jangan blibli

    • 8 November 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Oi Blibli .. kerja yg benar donk kamu

      Pembeli yg br*ngsek tukang fitnah malah anda bela, penjual jujur yg menegakan aturan malah anda bikin susah!!!

      77
      2
    • 8 November 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Parah bener, dimasukin media konsumen baru ada penyelesaian, ketauan klo selama ini gabut wkwkwkwk

      45
    • 8 November 2022 - (19:48 WIB)
      Permalink

      Lu niat ngerampok dana seller ya? Itu seller udah kasih bukti kalo dia ga mau layani pembeli nakal, nah knapa justru pembeli nakal lu piara tapi penjual jujur lu tutup akunnya? Apa Krn ingin ngerampok dana penjual?

      53
      1
    • 8 November 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Makanya kalau jadi eCommerce seharusnya diteliti dulu dengan bijak main toko orang diblokir permanen lagi

      20
      2
  • 8 November 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Pembeli nya brengsek bener, sepertinya sdh sering melakukan hal tsb sampe yakin akun dan dana penjual bisa ditahan karena laporan fiktif nya

    46
    2
    • 8 November 2022 - (17:41 WIB)
      Permalink

      Itu buyer nya sudah meresahkan, harus ditangkap karena mungkin sudah banyak yg jadi korbannya, kasian seller yg jujur & menegakkan aturan malah dirugikan.

      42
      1
      • 9 November 2022 - (05:07 WIB)
        Permalink

        Sepertinya buyernya mantan seller sakit hati, mungkin dia punya niat ngancurin Blibli jg, patut dicurigai, kalo menurut saya harusnya Blibli ambil langkah hukum untuk buyer Damar Wulan tersebut

        14
        2
    • 8 November 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Pembeli sama marketplace nya sama” brengsek sih menurutku, yg satu matiin rejeki orang, yg 1 nahan rejeki orang

      38
      1
    • 9 November 2022 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Bukannya fitnah, tapi dari pernyataan buyer, kayaknya buyer gestun itu mencuri dana orang, dari pernyataan “pake akun akulaku orang lain”. Kalaupun benar, bisa kena pasal berlapis orang itu. Bisa lama kurungannya dan dendanya pun besar. Saran saya, mending laporkan aja ke pihak berwenang dan jangan mau diajak damai

      13
  • 8 November 2022 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Pembelinya itu brengsek. Penjual dah jujur begitu malah Blibli suspend? Karyawan blibli gak pake akal sehat.😂

    38
    1
  • 8 November 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    ehmmm apa iya blibli langsung non aktifkan toko tanpa bukti? tanpa transaksi?

    12
  • 8 November 2022 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum
    Saran saya, kalau Anda merasa dirugikan dan benar sebagai korban, maka sewalah pengacara dan melapor saja ke kepolisian.
    Selanjutnya anda viralkan kasus anda ke media sosial anda, keluarga anda, dan teman-teman anda. Kalau anda tidak memakai jasa pengacara, biasanya kasus anda akan KURANG PERHATIAN dari polisi dan jika kasus anda tidak viral maka kasus anda akan LAMA DIUSUTNYA.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    10
    7
    • 8 November 2022 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Pengacara itu butuh biaya banyak, proses pelaporan ribet. Ya jauh lbh ekonomis di tayangkan di media konsumen, lbh hemat waktu. Kecuali minimal nominal ratusan juta rupiah.

      22
      • 9 November 2022 - (07:43 WIB)
        Permalink

        Kalo di viralkan sih setuju. Kalo sampe panggil pengacara saya setuju sama DSTH malah makin rugi deh. Ujung2 nya malah keluar duit percuma.

        6
        1
        • 10 November 2022 - (02:42 WIB)
          Permalink

          bener. kena tipu ratusan juga aja ga kelar2, di pengadilan terus tp gada penyelesaian, ketara bgt diulur2nya. apalagi ini perkara 22jt, tekor sewa pengacara, tekor bayar ini itu. paling bener di media konsumen, seenggaknya diusahakan dulu disini.

    • 10 November 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Coba perhatikan awalan chat mereka, agak aneh.. Kalau sy terka sebelumnya mereka sudah ada kesepakatan, tapi ternyata ada yg membuat kedua belah pihak ini malah jadi berantem dan saling ngadu.. Tebakan saya sebelumnya mungkin seller sudah pernah melakukan sebelum sebelumnya.
      Masa iya, tiba tiba bilang kirim ke dana atas nama ini.. Padahal dia tinggal proses aja itu pesanan sesuai yg dipesan konsumen, urusan diterima atau gak yg penting dokumentasi dulu barang yg dikirim sama sellernya.

      3
      1
  • 8 November 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Tunggu dulu, ini sellernya juga agak mencurigakan. Penyedia jasa gestun menyamar jadi seller di blibli. Dari barang jualannya yg judulnya aja asal, ga ada merek, harga mahal. Chat WA nya juga aneh minta transaksi dibatalkan dulu. Langkah blibli udah tepat. Blokir permanen. Dananya jangan dikembalikan.

    15
    1
    • 8 November 2022 - (20:29 WIB)
      Permalink

      iya, jika dibaca chatnya juga ada yang kurang “lengkap”

      pembeli tiba-tiba hanya chat minta diproses tanpa ada bilang fisiknya tidak usah dikirim

      “ya, kalo skrg tdk bisa diproses apa2”

      kenapa tidak dijawab “toko kita tidak bisa melayani gestun”

      • 9 November 2022 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Mahal amat chargernya, mau charger apaan? Pesawat? Apalagi chargernya segitu ga masuk akal harganya😂😂
        Toko anda hanya toko mainan ya? Buat nipu2 pembeli.

        Pihak Blibli udah tepat keputusannya untuk suspend toko tersebut.

      • 9 November 2022 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Betul bos. Pembeli chat untuk memproses ke rek dana. Tampaknya pembeli paham situasi toko.

        Penjual berhati2. Sepertinya ingin memproses akun dana tsb apa bila di batalkan. Sebab semua tau. Jika pembeli sudah mentransfer tanpa di batalkan. Jika dana sudah masuk dan pembeli mengajukan pembatalan dan disetujui oleh blibli. Makan saldo pembelian akan di kembalikan ke rek cc pembeli. jadi penjual sudah mengeluarkan uang yg di transfer ke rekening dana. dan penjual tsb kena tipu.

        Sepertinya penjual memang menerima gestun. Dan pembeli paham situasi toko dan percobaan berniat ada unsur penipuan kalau pembatalannya disetujui blibli dengan berbagai alasan.

    • 8 November 2022 - (21:19 WIB)
      Permalink

      Bener. Ngga mungkin ada asap tanpa api, pembeli belanja lsg nembak ke toko random minta pencairan. Mungkin sudah tau toko tsb dr referal teman yg sudah pernah gestun. Terlebih stlh ditelusuri, tokonya baru exist agustus 2022, status udah 24 pengikut dan gold badge di blibli. Jualan barang ngga jelas dgn harga yg ajaib pula (charger accu di toko2 laen yg termahal di blibli 300rban). Merintis toko online dr baru itu ngga gampang, ini baru 2 bulan sudah bisa ada dana mengendap 20jtan.

      • 9 November 2022 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf saya juga pelaku usaha, salah satu usaha saya waktu berumur 3bln bisa membeli 13 unit truk baru. Usaha tidak ada yg tau kedepan seperti apa hasilnya. Saya juga tidak pernah menyangka bisa secepat itu perkembangan usaha saya saat itu saya mulai usaha tahun 2021 waktu covid masih melanda besar2an. Dan salah satu usaha saya ada fasilitas brilink ada beberapa konsumen bertanya apakah bisa gestun tanpa beli barang, dijawab sama karyawan tidak bisa tapi tetap maksa beli barang harga 20jtan cuma minta 18jt. Akhirnya beli barang tetap kami serahkan tapi barang tsb dijual ketoko kami kembali. Tidak melanggar aturan ada barang keluar dan ada barang masuk kr toko

        2
        3
  • 8 November 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Emang chat di luar aplikasi bisa dijadikan bukti? Ya siapa tau itubdr org yg sama. CSnya Blibli udh bener sesuai prosedur.

  • 8 November 2022 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Charger aki nya mahal amat.
    Merek nya apa ya.

    Vlibli lagi trace IP adress dan macadress dan geo location antara si penjual dan pembeli.
    Ada matching tidak.

  • 8 November 2022 - (21:57 WIB)
    Permalink

    3 oktober 2022 ke 8 november 2022 belum 30 hari kerja sih, jadi klo memang penulis tidak bersalah ya tunggu 4 hari kerja lagi

    1
    1
  • 8 November 2022 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Jangan lsg menyalahkan sesuatu yg blm tau kebenarannya…klo dilihat sbnrnya juga sama2 tidak wajar…pihak blibli ya ndak mgkn lsg main suspend tanpa meninjau semua transaksi2… Akal sehat liat gambar charge aki dan hrgnya itu jelas tidak wajar…

    4
    2
    • 10 November 2022 - (02:48 WIB)
      Permalink

      ga bela siapa” di case ini, karna bukti yg kurang kuat.
      tapi mau menekankan komentar bapaknya bahwa “blibli tdk mungkin main susped tanpa meninjau” adl TIDAK VALID.
      marketplace kygni emg sering semena2. rekan seller saya udh banyak yg kena. pun di shopee jg gt, dana 50jt tertahan, toko kesuspend dg alasan yg tidak jelas.
      bahkan toko shopee saya pernah kena penalty dgn alasan gamasuk akal, yg mana saya tdk pernah lakukan samasekali ! tapi udh hubungi CSpun gaada penyelesaiannya.
      ada baiknya jika blm pernah mengalami tolong jangan asal berspekulasi.

      • 10 November 2022 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kawan …
        Saya juga seller
        Saya juga pernah ngalamin
        Saya juga banyak teman yg main2 spt itu
        Banyak juga cerita dan fakta
        Jadi mengenai hal2 spt itu dgn kasus spt ini…sih kembali ke pribadi masing2

  • 8 November 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Laporkan polisi untuk pembelinya,untuk blibi undang ke Hotman Paris show. Jadi kita bisa debat terbuka sama blibi yg ribet.

    1
    2
  • 8 November 2022 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Dilihat dari chatnya, penjual ada indikasi playing victim juga.

    1. Kalau dia memang benar gak melayani gestun, tinggal jawab dengan tegas “maaf, kami tidak melayani gestun” “kami akan proses dan kirim barang sesuai pesanan” bukan malah nanya “ordernya bisa dibatalin dulu gak” dan “ya kalau sekarang ga bisa diproses ga apa-apa”. Ini tandanya penjual pernah atau bahkan mungkin terbukti oleh Blibli melayani jasa gestun.

    2. Dari segi harga dan reputasi toko juga gak wajar.
    Jadi, jangan langsung menghakimi Blibli, rasanya ga mungkin mereka main blokir akun seenaknya tanpa ada bukti.

    Lebih enak lagi kalau Blibli bisa tanggapi artikel ini dengan melampirkan bukti riwayat orderan di toko penjual ini. Biar terbukti siapa yang “mencurigakan”.

    10
    • 10 November 2022 - (02:50 WIB)
      Permalink

      ga bela siapa” di case ini, karna bukti yg kurang kuat.
      tapi mau menekankan komentar kamu bahwa “blibli tdk mungkin main blockir seenaknya tanpa bukti” adl TIDAK VALID.
      marketplace kygni emg sering semena2. rekan seller saya udh banyak yg kena. pun di shopee jg gt, dana 50jt tertahan, toko kesuspend dg alasan yg tidak jelas.
      bahkan toko saya pernah kena penalty dgn alasan gamasuk akal, yg mana saya tdk pernah lakukan samasekali ! tapi udh hubungi CSpun gaada penyelesaiannya.
      ada baiknya jika blm pernah mengalami tolong jangan asal berspekulasi.

  • 8 November 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    emang bli nya ga verifikasi dahulu ke pelapaknya sebelum d tutup??? aneh juga klo maen hajar2 tanpa konfrimasi dari kedua belah pihak penjual dan pembeli

    1
    3
  • 9 November 2022 - (00:27 WIB)
    Permalink

    1. Awal chat buyer lgsg chat tujuan transfer seolah-olah tau ini tempat gestun
    2. Harga barang 1.111 sekian seolah-olah buyer dpt nya 1jt. Sisanya fee si seller

    Ga usa playing victim lu nyet

    8
    1
    • 9 November 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      🤣🤣🤣🤣
      Bener banget, yang pernah gestun pasti tahu “formulasi” harga lapak gestun. Modus ngaku korban, jadi inget kemarin stafsus MPR ngaku wong cilik. Jaman edan..

  • 9 November 2022 - (02:18 WIB)
    Permalink

    Akwowkwokw sok playing victim. Dari chatnya aja udah jelas itu dah biasa jadi jasa gestun karna langsung tanpa instruksi khusus si pembeli langsung minta transfer ke nomor tertentu wkwkwkkww. Silahkan ditanggung resikonya.

    9
    1
    • 9 November 2022 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Laporin ke kepolisian aja bang bawa kuasa hukum laporin pembeli dan Blibli nya karna sangat merugikan
      Bukti voice sama chat itu udah lebih dari cukup kawal terus jangan kasih kendor…

  • 9 November 2022 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Ada juga yang seperti ini Linbi, ataukah ini fiktif? Aturan keluar setelah kita join dan uang terlanjur masuk banyak, harus ada aturan dari pemerintah sepertinya

  • 9 November 2022 - (07:53 WIB)
    Permalink

    si seller bisa tau ya no telp buyer … coba bos tampilkan chat yg di apliakasi bli2nya ?

      • 9 November 2022 - (14:36 WIB)
        Permalink

        itu yg chat di WA pertama kali si pembeli ya ? coba kalo chat pertama kali di aplikasi di bli2 nya di tampilkan jg jadi bisa tahu kronologinya

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Blibli?

Ada 100 komentar sampai saat ini..

Pembeli Meminta “Gestun”, Penjual yang Kena Getahnya

oleh Roni dibaca dalam: 1 menit
100