Surat Pembaca

Danamon, Cari Untung Kok Gitu Banget?

Karena ketidaktahuan tentang perubahan e-statement kartu kredit Bank Danamon, pada tanggal 13 November 2022 muncul tagihan dengan jatuh tempo tanggal 05 Desember 2022. Karena memang ingin perubahan tanggal tagihan, saya telepon CS Danamon untuk mengubah tagihan pada 01 Desember 2022 dan disetujui oleh CS.

Saat itu tidak ada keterangan sama sekali atau penjelasan, bahwasanya untuk tagihan berjalan November harus dibayarkan sebelum muncul tagihan tanggal 1 Desember 2022. Karena memang selama memakai kartu kredit Danamon, waktu bayar kredit saya mepet dengan tanggal jatuh tempo

Tiba-tiba saja muncul e-statement bulan Desember pada tanggal 02, sebesar akumulasi tagihan e-statement November dan Desember. Muncul denda-denda dan status Coll 1 di notifikasi. Ketika saya menghubungi CS pusat, katanya itu karena tagihan November belum dibayarkan. Padahal sudah saya bayar tanggal 01 Desember 2022.

Saya meminta dispensasi agar denda tidak muncul maupun status Coll 1, tapi sama sekali tidak bisa oleh CS Danamon. Seharusnya waktu saya telepon mengenai perubahan tanggal tagihan, saya diberitahu terkait masalah ini. Namun nyatanya saya tidak diberitahu sama sekali dan tidak ada reminder sama sekali, baik melalui SMS, email atau telepon ke nomor terdaftar.

CS sangat tidak edukatif, terkesan kaku, hanya memohon maaf tidak diberitahu waktu perubahan cetak tagihan, maupun reminder telepon atau SMS. Di sini sangat dirugikan karena ketidaktahuan proses beralihnya cetak tagihan. Padahal selama riwayat histori memakai kartu kredit Danamon saya, selalu full payment dan tidak pernah telat sama sekali, karena mengejar poin miles-nya.

Saya sangat dirugikan terkait muncul status Coll 1 di SLIK OJK dan adanya denda juga. Untuk Danamon bagian kartu kredit, kalau memang selama ini saya bayar full payment dan tidak pernah telat, jangan cari-cari kesalahan nasabah untuk meraup untung, dengan tidak diberitahukan reminder sebelumnya.

Mohon kebijaksanaan Bank Danamon agar tidak terulang seperti ini lagi ke nasabah lainnya. Saya juga nasabah Bank Danamon yang aktif dan ikut program optimal juga di Danamon. Berikut saya lampirkan bukti screenshot e-statement tagihan dan pembayaran kartu kredit beserta percakapan dari CS Bank Danamon melalui sambungan telepon (terlampir melalui email ke redaksi).

Dwi Febyta Saraswati
Sidoarjo, Jawa Timur


Update (8 Desember 2022): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Bank Danamon sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Danamon atas Surat Ibu Dwi Febyta terkait Kartu Kredit Danamon JCB

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Dwi Febyta Saraswati...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya iyalah, wong pembayaran nya tgl 1/12 jam 21.55 yg baru akan masuk ke pihak bank terhitung tgl 2/12. Proses kerja bank itu berganti di jam 15.00. Jadi biasakan untuk pembayaran sebelum jam tersebut, apalagi kalo uda masuk hari weekend. Komplain aja mnt dwave jika memungkinkan, biasanya akan keluar d statement bln dpn lagi.

    • Mohon di baca baik2 pernyataan di atas ya, selama ini tidak pernah telat membayar sy jg tau klo lebih jatuh tempo pasti akan kena denda, tpi itu masalah perubahan estatement tagihan sprti yg jelas sy jabarkan di atas mohon do pahami dahulu sebelom komentar y kak mksh

    • Pingin banget saya punya kartu kredit mandiri sama permata, soalnya cicilan 0% limit 10 juta aja tiap kartu, buat modal bisnis uangnya diputar lagi hihi, dibagi rata, nanti kalau sudah bisnis berkembang banyak tabungan baru deh buka rekening deposito di HSBC woow keren kali ya punya rekening bank dunia, kalau ada yg nganggeb punya kartu kredit itu keren kalian salah besar, kartu kredit itu HUTANG, bukan aset,

      • maaf pak anda di luar jalur dari diskusi ini krna mengarah akan berbau rasisme juga ,salam keberagaman :)

  • Bukanya status KOL 1 itu adalah status yg paling bagus ya atau status lancar.
    Kakau KOL 2 keatas baru bermasalah.

    • saya tidak tau pak di etatement itu menunjukkan dalam perhatian khusus ,krna selama ini saya bayar fullpayment di cc lain manapun krna memang ini tidak ada notice untuk perubahan estatement harus melunasi dulu tagihan berjalan makasih

  • ini pengirimnya lucu ya.tagihan november jatuh tmpo tgl 5 desember blm bayar,trs minta perubahan tgl cetak tagihan di 1 desember dan berdalih ga dikasih info sm CS kl tagihan berjalan november harus dibayar gak mau dikenain denda dgn dalih ga tau atau ga dikasih tau CS.

    sbg pemakai kartu kredit yg sdh cukup lama saya anggap anda mestinya udh tau kl tagihan yg jatuh tmpo 5 desember ttp hrs dibayar meskipun anda ngajuin perubahan tgl jatuh tmpo tagihan berikutnya pd 1 desember.

    agak² aja deh ya

    • Baik bapak Terima kasih sudah ikut berkomentar, sprti kutipan bapak di atas, " kl tagihan yg jatuh tmpo 5 desember ttp hrs dibayar" Ya memang klo hutang dlm bentuk appn jg wajib hukumnya di bayar pak. Estatement tagihan 15 November japo 5 des, perubahan estatement pertengahan nov jg tlp cs untuk tagihan cetak awal des. Parameter saya tagihan November tolak ukur japo payment max 5 des, untuk perubahan estatement awal des ya mengikuti japo des tsb, nyatanya sy sebelom japo tgl 5 des sudah sy bayar, dan biiling estatement tagihan di dpro danamon des tidak keluar cmn by email notif saja, maaf saya baru pemula di dunia cc tidak sprti pemain lama kyk bapak yg terhormat ini

    • kan pengirim uda bayar tgl 1 Desember pak, anda yg tidak paham. kalo pengirim bayar 1 Desember (hari kamis) harus nya senin tgl 5 desember uda masuk. ini kena tagihan lagi

  • mau ikut komentar tapi saya belum paham betul case nya,
    ini saudara mau majuin "jatuh tempo" atas tagihan 13 november, atau ngundurin "tagihan" tanggal 13 November ke 1 Desember?
    Karena tagihan 13 November kan sejatinya tagihan atas pemakaian bulan Oktober jadi kalau tagihan minta diundur tanggal 1 Desember artinya minta tambahan jatuh tempo. jadi tagihan yang sudah muncul harusnya diselesaikan dulu.
    baru berikutnya tagihan tanggal 1 Desember adalah pemakaian bulan November.
    Baiknya jika merubah ketentuan perjanjian semua angsuran lunas dulu, jadi mungkin tidak akan muncul kendala.
    Bagian yang belum saya mengerti adalah jikapun belum berubah tanggal cetak tagihan, pembayaran tanggal 1 des pun masih dalam tempo.
    Atau barang kali coba cek tagihan yang jatuh tempo bulan November.

  • jadi lebih ke yg biasanya estament tagihan per tgl 15 dg japo tgl 5 bulan berikutnya,ketika tlp helo danamon tagihan tgl 15 sudah keluar sy minta setiap tagihan tgl 15 menjadi awal bulan yaitu tgl 1 krna memang biar rekap tagihan suplier dsb finance akhir bulan tutup buku.sengaja tdk saya bayar nov krna memang japo tgl 5 des,sy pikir tagihan nov ikut japo tgl 5 des trnyta ketika tagihan tgl 1 des keluar munculah akumulasi tagihan tgl 15 nov tsb,tpi memang sudah saya bayar tagihan tgl 15 nov tsb pada awal bulan,kl memang di rekap ya taunya bgtu saya bayar sebelom tagihan tgl 1 des tsb .bgtu kiranya pak

  • Saya selalu kasih reminder sendiri maksimal 5 hari sebelum jatuh tempo. Dan kalau dirasa keuangan cukup mepet langsung saya ubah tagihan yang besar menjadi cicilan agar tidak memberatkan tagihan bulan berikutnya. Kartu kredit memang tergantung pengguna terkadang diberikan limit besar memang terasa asik namun akan terasa berat ketika muncul billing tagihan.

    Mudah-mudahan penulis dapat diberikan solusi terbaik karena sebelumnya saya pernah mengalami hal serupa namun denda dan bunga bisa dihapuskan. Mengenai masalah status kredit sepertinya kalau semua sudah selesai akan kembali seperti semula.

    • baik pak terima kasih atas saran bijak bapak ,sebenernya tidak berat sy jg jarang komsumtif cuman dana muter saja pak krna memang perubahan estatement awal bulan biar enak dg pembukuan finance saya akhir bulan..semoga slik ojk saya bersih krna memang mungkin sudah masuk col 2 juga

  • Saran saya, bayar full termasuk denda. Kemudian tutup cc nya. Nanti pas penutupan pasti mereka akan memohon supaya tdk ditutup dan denda yg dulu akan dikreditkan. Bahkan anda juga akan ditawari KTA dg bunga ringan. Tapi syaratnya cc anda pemakaian dan pembayarannya harus selalu bagus. Kok saya bisa ngomong begini? Ya saya sudah beberapa kali melakukan hal tsb, kalau merasa dirugikan. Ancam tutup cc. Mereka nyari 1 nasabah yg aktif itu susahnya minta ampun. Sayang banget kalau harus kehilangan nasabah.

    • memang selama ini saya bayar cc selalu full payment pak krna memudahkan transaksi dagang saya ,untuk maslaah denda tidak seberapa saya permaslahkan jg cuman adanya note dalam perhatian khusus itu col 2 akan mengkotori slik dan spending pemakaian per bulan di takutkan akan hangus ..

    • Bener kata pak khofidin
      Ancam aja tutup CCnya
      Pasti nanti di iming"i bonus" Biar tdk jd tutup CC ?
      Buat efek jera juga biar tdk seenaknya hehe