Hati-hati dengan Garansi Koper Lojel

Saya memiliki beberapa koper dengan merek Lojel (model rando zipper), karena diyakinkan memiliki garansi 10 tahun, spare part lengkap dan koper kuat, disertai dengan demo produk yang dapat kembali ke bentuk awal tanpa kerusakan sama sekali setelah diinjak penyok.

Karena koper rusak, setelah berkonsultasi dengan sales yang pernah bertugas di Matahari Dept. Store ( di Pluit Village, tempat saya melakukan pembelian) yang sudah tutup, saya diarahkan ke konter Lojel yang ada di Sogo Emporium Pluit.

Pada hari Minggu 11 Desember 2022, saya mendatangi tempat Lojel yang ada di Sogo. Menurut sales yang bertugas, koper tidak dapat diterima karena gudang penuh berisi 2.000-an koper, dan semua spare part kosong. Lalu saya diminta mengisi registrasi dan akan dipanggil apabila sudah ada tempat di gudang. Estimasi menunggu 5 bulan.

Saya minta disambungkan dengan PIC Lojel yang bertugas, dan diberikan nomor PIC a.n. Ar**. Setelah saya telepon dan bertanya solusi lain apa yang dapat diberikan, dijawab:

  1. Dapat diserahkan ke Lojel di tempat lain, tidak di Emporium Pluit (padahal saya sudah diarahkan oleh sales di tempat saya beli, apalagi di tempat lain yang tidak direkomendasikan?)
  2. Kalau ingin di serahkan di Pluit, maka dia tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan lain atau kerusakan menjadi lebih parah. Saya sudah tanyakan apakah ada SOP handling koper yang akan diperbaiki, dan dijawab SOP-nya hanya registrasi pendaftaran, tidak dijawab SOP handling-nya.
  3. “KEBIJAKAN” tidak menerima produk yang akan diperbaiki, memang baru dibuat olehnya.

Dia ini menantang agar omongannya direkam. Saya menanyakan untuk kerusakan koper tambahan yang dimaksud dan dijawab adalah karena ditumpuk di gudang. Padahal sebelum beli, demo yang dilakukan adalah dengan menginjak koper dan dapat kembali ke bentuk awal tanpa kerusakan (yang juga ditantang oleh PIC ini untuk bukti videonya.

Sangat lucu sekali PIC produk ternama, meminta bukti kekuatan kopernya. Terkesan menuduh saya berbohong tentang kualitas produknya. Menurut saya adalah karena dia tidak mau menambah perkerjaan, karena koper yang akan diperbaiki akan bertambah dan merasa memiliki kendali penuh atas keputusan dan kebijakan yang diambil, sehingga menjadi sewenang-wenang. Jadi apabila ada kerusakan, menurut saya karena handling yang sangat tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki SOP yang baik.

Kesimpulan saya, PIC yang bertugas memiliki pengaruh dan menggunakan pengaruhnya untuk membuat peraturan dan tidak bertanggung jawab untuk handling barang di gudang. Maksud saya menulis di mediakonsumen.com adalah agar kejadian ini tidak terjadi pada calon pembeli lain dan tidak perlu berurusan dengan PIC Lojel seperti yang saya alami.

Untuk calon pembeli lain, harap dipikir ulang apabila membeli koper Lojel. Jangan terbuai dengan garansi dan demo dari sales, mengingat semua spare part kosong dan estimasi 5 bulan untuk perbaikan.

Untuk pemilik koper Lojel yang sedang diperbaiki, pastikan Anda memiliki video/foto kerusakan, agar dipastikan tidak ada kerusakan tambahan sewaktu handling di gudang, sesuai yang dikatakan PIC yang saya telepon.

Untuk perusahaan yang menyalurkan koper merek Lojel, tidak heran returan di satu outlet membludak, apabila PIC yang bertugas arogan, tidak dapat bertanggung jawab dan sepertinya lebih cocok menjadi collector tagihan. Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Koper Lojel:
[Total:82    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Hati-hati dengan Garansi Koper Lojel

  • 16 Desember 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Yang rusak apa cuma handle/pegangan nya seperti di foto? Atau ada bagian lainnya lagi? Kalo sekedar handle, banyak dijual di marketplace, start harga 40 ribuan. Daripada stress mending beli aja dan ganti sendiri. Jangan beli merek ini lagi, sepertinya memang kurang bagus, terutama handle nya itu, laku ribuan hanya di MP aja, jd tau donk kualitasnya. Saya sih ada beberapa koper Delsey, sampai saat ini masih perfekto semua, bahkan yg terlama itu hampir 20 tahun lalu belinya.

    9
    1
    • 16 Desember 2022 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Bawa kesana karena agar garansi tetap berlaku. Tp ya kita lihat saja, bagaimana “si pengatur kebijakan” ini berkerja.

  • 16 Desember 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Koper garansi lifetime yang benar² lifetime worldwide ya merk Samsonite. Kalau rusak gratis reparasi, misalkan udah discontinued produknya ya diganti koper baru. Ada koper saya pemberian teman umurnya 40 tahunan masih layak dipakai, buluk sih dan baret semua. Tapi roda handle dan resleting masih normal. Kalau Samsonite jangankan diinjak, dinaikin orang 2 aja kuat.
    Lojel baru denger ada merk ini ya soalnya beberapa kali muncul di MK sini kasusnya.

    11
  • 16 Desember 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Dulu, tukang obat pinggir jalan biasanya ada sesi demo keunggulan produk yang dijual. Demonya seringkali bombastis dan lebay sehingga mengundang kerumunan. Faktanya, produk yang terjual tak sehebat dengan yang didemokan. Hikmah yang bisa diambil, kalau beli dari tukang obat maka ambilah yang didemokan.

    12
    1
    • 17 Desember 2022 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah beli koper merek itu lagi. Saya juga pernah komplain roda rusak di Sogo Medan alasan sparepart tdk ready tak tahu brpa lama siap perbaiki. Waktu beli byk janji garansi 10 thn hanya bohong itu

  • 16 Desember 2022 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Lojel saya bannya sudah pecah dipakai cuma 5x buat pulkam..emang kualitasnya sepertinya kurang

    3
    1
  • 18 Desember 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Beli TUMI aja mba, saya punya tumi masih bagus aja ga rusak2. Garansi juga 5 tahun. Yah mirip2 sama Samsonite lah garansinya.

    • 23 Desember 2022 - (05:09 WIB)
      Permalink

      Saya punya koper Condotti, emang sih belom terlalu lama sekitar 2 tahunan, masih aman2 ajh, terahir kemarin claim servis reparasi roda 3bln yg lalu, saya kira Bakalan berbayar ternyata masih free, untuk estimasi waktu sekitar 2minggu, beruntung nya saya hanya sekitar 5 hari jadi, karena sales nya bilang stok sperpat yg tersedia,.

  • 19 Desember 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Kalo gudang penuh dengan barang2 rusak ya berarti merk jelek. Ga mungkin gudang digabung antara barang baru yang mau dijual dan yg sedang dalam perbaikan.

  • 20 Januari 2023 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Betul, koper saya juga rusak handle dan roda, di bawa ke toko LOJEL di Lotte Shopping Ave, dan diinfo 5-6bulan baru akan kelar karena tidak ada stock spare part!

  • 28 Januari 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    saya sudah baca juga surat nya, utk koper saya saya memilih untuk tidak diperbaiki, petugasnya sangat arogan dan tidak bertanggung jawab.

    yg paling parah adalah CS yg email, berkata “akan kami bantu untuk perbaikannya, apabila mau menunggu sampai spare part tersedia di indonesia, dan belum dapat ditentukan waktunya. dan diminta mengisi form perbaikan dll”.

    petugas dan cs kerjanya ga becus, tapi malah blg membantu dan tidak bertanggung jawab apabila ada kerusakan tambahan lainnya.
    benar-benar tidak jelas kerjanya, jd dibuang saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Koper Lojel?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Garansi Koper Lojel

oleh tjoe william dibaca dalam: 2 menit
19