Surat Pembaca

Penjual Mengirim Kardus Kosong, Layanan Bukalapak Tidak Dapat Diandalkan

Sebenarnya saya tidak ingin sampai membuat surat pembaca atau membawa kasus ini ke pihak yang berwajib, kalau saja seller dan Bukalapak mau bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini.

Saya memiliki bisnis jasa pembelian, sehingga saya sering berbelanja dari marketplace dalam jumlah banyak. Paket yang datang banyak, sehingga sering kali 2-3 hari tidak keburu untuk mengecek semuanya.

Tanggal 28 November 2022 pukul 10.16 WIB, transaksi saya di Bukalapak berupa pembelian Panadol Merah sebanyak 14 box telah selesai otomatis. Padahal ternyata setelah saya cek, yang seller kirim hanyalah kardus kosong. Pukul 16.43, Saya segera konfirmasi ke seller. Namun tidak ada jawaban, malahan akun saya diblok sehingga pesan saya hanya centang 1. Saya menulis ulasan buruk, melaporkan seller dan menghubungi BukaBantuan melalui live chat.

Seller kemudian menjawab dengan alasan harga naik, sehingga tidak mengirimkan barang dan terakhir seller bilang akan refund. Namun sampai saat ini belum dilakukan, dengan alasan dana ditahan di Bukalapak. Lalu akun saya kembali diblok oleh seller, sehingga pesan hanya centang 1.

Dari pihak Bukalapak hanya memberikan jawaban sesuai template, mulai dari konfirmasi kepada pelapak, sampai masih dalam investigasi tim terkait dan ini membutuhkan waktu 3 minggu, sampai saat ini masih belum ada kejelasan.

Menurut seller, dana ditahan oleh Bukalapak, tetapi menurut CS Bukalapak dana sudah diteruskan ke seller. Sedangkan tidak ada tindakan nyata dari Bukalapak untuk berusaha menyelesaikan masalah ini. Karena seller masih bebas berjualan sampai saat ini, meskipun sudah terbukti mengirimkan kardus kosong.

Saya akui, memang kesalahan saya melakukan komplain setelah transaksi selesai otomatis. Namun di sinilah bisa terlihat apakah sebuah marketplace itu bisa diandalkan dan dipercaya oleh pembeli atau tidak. Yang bisa kita lihat adalah semua ulasan positif di Bukalapak adalah template otomatis oleh sistem. Jelas-jelas seller penipu mengirim kardus kosong dan sudah mengaku, tapi Bukalapak tidak memberikan peringatan atau hukuman seperti pembekuan akun atau dana misalnya. Padahal saat saya kirim paket melalui BukaSend, saat ada selisih berat dan kurang Rp9.000 saja akun saya sampai dibekukan. Lalu mengapa untuk transaksi sebesar Rp1.610.000 Bukalapak terus mengulur waktu dan tidak berusaha untuk membantu pembeli?

Apakah Bukalapak tidak dapat menyelesaikan masalah seperti ini? Jika memang tidak, seharusnya Bukalapak memberikan solusi apakah hal ini harus dibawa ke pihak yang berwajib. Surat apa saja yang diperlukan agar Bukalapak dapat menyerahkan data seller ke pihak yang berwajib untuk keperluan penangkapan? Meskipun itu artinya kita tidak bisa mempercayai Bukalapak, karena ternyata seller penipu yang mengirimkan kardus kosong saja dapat terus berjualan dan punya banyak feedback positif di Bukalapak.

Apakah Bukalapak adalah marketplace yang aman untuk berbelanja? Saat ini saya sangat meragukan hal ini, dari masalah ini saya belajar bahwa customer service Bukalapak hanya chatbot. Kalaupun terhubung dengan CS setelah sekian lama, jawaban hanyalah template, konfirmasi via telepon pun juga sama. Hal yang disampaikan sama seperti template yang dikirim via email. Dari masalah ini juga kita bisa tahu bahwa penipu bisa bebas berjualan di Bukalapak, karena tidak ada sanksi maupun peringatan, bahkan dengan mudahnya tinggal blok pembeli, masalah beres.

Bukalapak adalah salah satu marketplace yang saya gunakan dengan transaksi paling sedikit, sedangkan mayoritas transaksi saya di marketplace lain dan saat ada masalah, customer service-nya membantu, tidak seperti Bukalapak yang hanya mengandalkan template, tanpa adanya kejelasan.

Meskipun transaksi yang dirugikan hanya Rp1.610.000, jika masih tidak ada penyelesaian dari pihak Bukalapak, saya akan membawa masalah ini ke pihak yang berwajib. Saya juga menulis surat pembaca ini agar tidak ada lagi pembeli yang mengalami hal yang sama seperti saya.

Lusiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal Penjual Mengirim Kardus Kosong, Layanan Bukalapak Tidak Dapat Diandalkan

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalo ini agak susah, masalahnya dibiarkan pesanan selesai dengan sendirinya.. tinggal nunggu itikad baik seller aja ini mah.. semoga aja cepet selesai masalahnya lah

  • Kenapa percaya banget ama yg namanya toko online, anda harus tetap waspada, jadi itu pembelajaran

  • Saya tidak pernah belanja produk fisik di Bukalapak. Cuma produk digital saja. Apalagi kalau dilihat banyak seller abal2 di BL.