Surat Pembaca

Transfer via ATM dari BCA ke Mandiri Tidak Masuk

Pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2022 pukul 1.59 dini hari, saya melakukan transfer dari rekening Bank BCA saya ke rekening saya di Bank Mandiri via ATM. Namun saat dicek via Livin’ Mandiri, ternyata transfer saya tidak masuk. Padahal dana sudah terpotong dan transaksi dinyatakan berhasil di ATM BCA. Struk transfer pun sudah keluar.

Akhirnya saya telepon ke pihak Bank Mandiri, dan saya diminta mengajukan laporan ke pihak BCA terkait hal ini. Setelah saya mengajukan laporan, diminta menunggu maksimal sampai 6 hari kerja. Saya tidak bisa menunggu selama itu, karena itu uang mau saya pakai untuk bayar kontrakan dan kebutuhan lainnya yang jatuh tempo kemarin tanggal 25 dan juga untuk kebutuhan harian.

Kalau harus menunggu, sampai berapa hari? Masa iya saya harus ngutang dulu untuk kebutuhan sehari-hari. Saya tidak ambil tunai terlebih dahulu, karena saya percaya BCA tidak akan mengalami kendala. Namun ternyata malah kejadian dana tidak masuk.

Kalau sudah begini saya yang dirugikan waktu, harus menunggu 6 hari kerja, dimulai hari ini. Terus harus berapa lama saya menunggunya? Pihak BCA gak bisa pastikan kapannya. Ya kali saya harus menunggu luntang lantung untuk duit pribadi saya sendiri. Bilangnya di-urgent-kan, tapi tetap saja pelayanan gak bisa cepat. Harus menunggu beberapa hari kerja ke depan.

Sekalinya mau buat m-banking biar gak bolak-balik cek ATM juga dipersulit, karena gak bisa verifikasi data di aplikasi BCA-nya. Lapor lagi ke BCA, bilangnya bisa dibantu tapi menunggu 2 hari ke depan. Ya udahlah, semua aja dibikin nunggu. Kecewa banget kali ini sama BCA.

Handayana
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Handayana

Menanggapi keluhan Bapak Handayana di Redaksi Media Konsumen tanggal 26 Desember 2022 dengan judul “Transfer via ATM dari BCA ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Yakin pak 100% anda pakai cash semua? Saya yakin ada beberapa transaksi anda pakai aplikasi perbankan baik konvensional ataupun digital ?

    • wkwk kolot bgt mindsetnya bang. klo uang ratusan jt atau milyaran mau disimpan di mana bang? di kulkas? jgnlah terlalu pesimis sm kemajuan teknologi.
      Teknologi itu sistem buatan manusia, pasti ada lah ketidaksempurnaannya, kadang bs error. Kasus error ini pun mungkin 1:1.000.000 transaksi yg gagal. Jadi santai aja , nikmati aja kemudahan asal tau cara mainnya

  • sama saya juga saptu pagi tranfer dari rek BNi ke Rek mandiri.dari BNi tranfer berhasil dan saldo sudah kepotong tapi dicek direk mandiri saldo nggak ada.begitu dikonfir jawaban pihak bank saling lempar pihak banknya sana sini.walaupun jumlahnya nggak banyak tapi mengecewakan

  • Di jam segitu biasa perbankan melakukan maintenance, antara jam 23.00 - 03.00. Kecuali mau berburu flash sale atau tiket mudik lebaran. Kenapa ga pakai BCA Mobile? Kan lebih praktis daripada harus ke ATM..

  • Kalau pengalaman saya, tranfer beda bank kadang tertunda sampai 3 hari, dan karna saya juga malas lapor dan saya anggap hilang
    Tapi suatu hari si penerima kasi kabar tranfer baru masuk setelah 3 hari ???

  • Kalo dah SOP nya seperti y sabar aja pak.. tpi beda kalo prioritas ya, BCA tu anggap penabung dibawah 10jt tu bukan nasabah, gak ada untung malah ribetin (mungkin y menurut mereka)

  • Kalo transaksi disaat libur dan pergantian hari menang selalu ada kendala....sy pernah mengalami....klo utk BCA dan Mandiri seh sebenarnya gada masalah. Keduanya bank besar...jd jika kita diamkan sj biasanya uang kembali bisa ke rek BCA atau tetap masuk ke Bank Mandirinya...pada hari kerja berikutnya.

  • bank sebagus apapun tetep aja ada errornya. baik bca / mandiri pun.
    jd mending pk bank digital macam bank neo, seabank, malah 2 bank itu jarang errornya.