Transfer via ATM dari BCA ke Mandiri Tidak Masuk

Pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2022 pukul 1.59 dini hari, saya melakukan transfer dari rekening Bank BCA saya ke rekening saya di Bank Mandiri via ATM. Namun saat dicek via Livin’ Mandiri, ternyata transfer saya tidak masuk. Padahal dana sudah terpotong dan transaksi dinyatakan berhasil di ATM BCA. Struk transfer pun sudah keluar.

Akhirnya saya telepon ke pihak Bank Mandiri, dan saya diminta mengajukan laporan ke pihak BCA terkait hal ini. Setelah saya mengajukan laporan, diminta menunggu maksimal sampai 6 hari kerja. Saya tidak bisa menunggu selama itu, karena itu uang mau saya pakai untuk bayar kontrakan dan kebutuhan lainnya yang jatuh tempo kemarin tanggal 25 dan juga untuk kebutuhan harian.

Kalau harus menunggu, sampai berapa hari? Masa iya saya harus ngutang dulu untuk kebutuhan sehari-hari. Saya tidak ambil tunai terlebih dahulu, karena saya percaya BCA tidak akan mengalami kendala. Namun ternyata malah kejadian dana tidak masuk.

Kalau sudah begini saya yang dirugikan waktu, harus menunggu 6 hari kerja, dimulai hari ini. Terus harus berapa lama saya menunggunya? Pihak BCA gak bisa pastikan kapannya. Ya kali saya harus menunggu luntang lantung untuk duit pribadi saya sendiri. Bilangnya di-urgent-kan, tapi tetap saja pelayanan gak bisa cepat. Harus menunggu beberapa hari kerja ke depan.

Sekalinya mau buat m-banking biar gak bolak-balik cek ATM juga dipersulit, karena gak bisa verifikasi data di aplikasi BCA-nya. Lapor lagi ke BCA, bilangnya bisa dibantu tapi menunggu 2 hari ke depan. Ya udahlah, semua aja dibikin nunggu. Kecewa banget kali ini sama BCA.

Handayana
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:115    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Handayana

Menanggapi keluhan Bapak Handayana di Redaksi Media Konsumen tanggal 26 Desember 2022 dengan judul “Transfer via ATM dari BCA ke...
Baca Selengkapnya

45 komentar untuk “Transfer via ATM dari BCA ke Mandiri Tidak Masuk

    • 27 Desember 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      pernah juga kyak gini, uang yang sy transfer lagi dibutuhkan saat itu tapi dana gak masuk2… tapi sy biarkan 3 hari akan kembali sendirinya.

      • 27 Desember 2022 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Waduh ini kenapa ya di grup fb sama di media konsumen kebanyakan masalah Bca ini selalu transfer mulu yang jadi masalahnya, yang tadinya pengen pindah kesana jadi ragu.

      • 28 Desember 2022 - (06:27 WIB)
        Permalink

        Ngakak guling2…. Sudah ada bca… Ngapain lagi tranfer ke mandiri sendiri… Anda waras.

        1
        6
        • 28 Desember 2022 - (06:46 WIB)
          Permalink

          Ngakak guling2 sama org macam ini. Klo ga tau apa2 ga usah sok komentar.

          • 29 Desember 2022 - (10:38 WIB)
            Permalink

            Wong ndeso! Asal koment sebelum tau apa maksud dan tujuan nya.

        • 30 Desember 2022 - (18:07 WIB)
          Permalink

          ya terserah dong mau transfer kek mau apa kek, bukan itu yg jd masalahnya.
          kayak orang kirim surat tp ga sampe (nyasar), terus elu ngakak guling2, sudah ada email kenapa kirim surat segala.
          capek deh sama org ky gini

  • Halo BCA
    26 Desember 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Bapak/Ibu Pelanggan bisa DM/Mention kembali ke Twitter @HaloBCA atau menghubungi via aplikasi haloBCA. 🙂 Tks (4/4) ^Nari

    2
    14
    • 26 Desember 2022 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Yg saya mau tau disini proses sudah sampai mana.
      Saya juga tau semua butuh proses. Tiap kali ditanya hanya sedang diproses tp sampai mana prosesnya. Itu aja yang perlu saya tau. Kalo cuma disuruh nunggu ya susah jg lah.

      5
      8
    • 26 Desember 2022 - (22:59 WIB)
      Permalink

      Next time, klo mo transfer beda bank pakai flip aja, FREE alias tanpa biaya admin dan prosesnya jg cepat. Saya byr kontrakan tiap bulan dr BCA ke BNI juga pakai flip, bayar ini-itu beda bank jg via flip, lebih simple lg daftar mBanking dulu dan jg hindari transaksi antara jam 00:00-01:30 krn umumnya sdg maintenance system. Semoga masalahnya cepat selesai dan uang anda bisa kembali.

      7
      5
      • 27 Desember 2022 - (05:56 WIB)
        Permalink

        Ada yg janggal tampaknya. ” Saya tranfer dari rekening bank BCA SAYA ke rekening Mandiri SAYA. Terus katanya urgent. Lah kalo urgent ngapain di transfer ambil aja duit nya langsung lha wong transfer antar rekening sendiri. Dah rahasia umum juga jgn transaksi di jam segitu rawan gagal. Sya juga pernah mengalami transfer jam segitu dan bener memang nga “realtime” Apalagi kalo beda bank. Dan kalo ada masalah ya memang SOP nya begitu. Makanya sebelum buka rekening di suatu bank, pelajari SOP dan syarat dan ketentuan yg berlaku di bank yg kita tertarik jadi nasabahnya, kalo sudah baca tertarik baru jadi nasabah bank tsb, kalo tidak ya cari bank lain yg punya SOP serta syarat dan ketentuan yg pas dengan aktifitas kita

        11
        1
        • 27 Desember 2022 - (08:48 WIB)
          Permalink

          Kenapa janggal. Memang saya transfer biar klo ada apa2 gampang. Karena mandiir yg ada mbankingnya. Ga usah sok udzon sama org

          4
          3
  • 26 Desember 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Namanya 6hari kerja bisa cepat bisa lambat di tunggu aja pasti balik kok , bank punya SOP ga bisa di buru2… Saya kasih tau hindari transfer di jam 1 pagi sampe jam 5 karena ada pemeliharaan sistem rutin di jam2 segitu

    11
    1
    • 26 Desember 2022 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Permasalahannya uang pegangan saya disitu semua. Makanya saya minta urgent.
      Saya pun mengerti hanya saya cuma minta di infokan saja proses sampai mana. Kalo hanya blng proses proses tp ga jelas sampai mananya. Saya hanya butuh kejelasan.

      2
      7
    • 27 Desember 2022 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Di rekening asal saldo terpotong. Sedangkan di rekening tujuan uang yg ditransfer belum masuk. Jadi terhambat oleh pemeliharaan sistemnya siapa, BCA atau Mandiri?

  • 26 Desember 2022 - (18:36 WIB)
    Permalink

    ini yg pernah bikin sy gedeg juga, butuh dana di jam2 kritis malah gagal terus hubungi CSnya lama penyelesaian, gak heran sama BCA, gak sekali saja nasib uang sy kek gini. Namanya org butuh kepepet kan gak mandang itu waktunya kpn

    6
    1
    • 26 Desember 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Nah benar pak. Ini karena uang pegangan utk sehari2 saya tuh ya ketahan. Namanya kita butuh buat bayar kontrakan jg kan. Makanya minta bener2 urgent.

      • 26 Desember 2022 - (20:51 WIB)
        Permalink

        Dulu saya pun pernah alami,cuman kejadiannya dari rekening saya di bank muamalat ke rekening Ayah Saya di BNI…..syukurnya hanya Rp 150 ribu….tapi sejak saat itu klo saya butuh uang tunai….mending ambil tunai aja deh …..

        3
        1
        • 26 Desember 2022 - (20:56 WIB)
          Permalink

          Iya. Kayanya klo utk skrng amannya ambil tunai aja, trus setor tunai kembali ke bank tujuan. Lebih ribet tp setidaknya aman ga harus ada insiden nyangkut2an

          • 27 Desember 2022 - (05:22 WIB)
            Permalink

            Pak/Bu, proses itu dilakukan oleh system, CS mana bisa tau sampai dimana prosesnya makanya disuruh tunggu aja, karena yang bermasalah bukan hanya anda, mungkin ada puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu yang sedang ditangani bersamaan. Lu kirain kaya di kelurahan?

            9
            1
  • 26 Desember 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Nah gini kalo terlalu yakin nih Bank ga pernah bermasalah. Banyaaak masalahnya cuma suka ditutup tutupi aja 🤣

    9
    1
      • 26 Desember 2022 - (21:49 WIB)
        Permalink

        Saya enggak menyalahkan penulis, semoga uangnya cepat kembali/direversal dan cepat selesai masalahnya. Dan kedepannya agar jadi pembelajaran, walaupun ATM 24 jam, m-banking sekalipun. Jam-jam 12.00-01.30 itu kebanyakan sistem sedang di maintance walaupun tidak semua. Karena sy pernah mengalami, padahal itu di m-banking mau transaksi pun enggak bisa. Dan menurut saya konteksnya ATM 24 jam itu untuk tarik tunai, di luar itu spt transfer via ATM, dsb, ada jam-jam di mana sistem dalam maintance.

    • 27 Desember 2022 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Yakin pak 100% anda pakai cash semua? Saya yakin ada beberapa transaksi anda pakai aplikasi perbankan baik konvensional ataupun digital 😆

    • 28 Desember 2022 - (02:39 WIB)
      Permalink

      wkwk kolot bgt mindsetnya bang. klo uang ratusan jt atau milyaran mau disimpan di mana bang? di kulkas? jgnlah terlalu pesimis sm kemajuan teknologi.
      Teknologi itu sistem buatan manusia, pasti ada lah ketidaksempurnaannya, kadang bs error. Kasus error ini pun mungkin 1:1.000.000 transaksi yg gagal. Jadi santai aja , nikmati aja kemudahan asal tau cara mainnya

  • 27 Desember 2022 - (00:21 WIB)
    Permalink

    sama saya juga saptu pagi tranfer dari rek BNi ke Rek mandiri.dari BNi tranfer berhasil dan saldo sudah kepotong tapi dicek direk mandiri saldo nggak ada.begitu dikonfir jawaban pihak bank saling lempar pihak banknya sana sini.walaupun jumlahnya nggak banyak tapi mengecewakan

  • 27 Desember 2022 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Di jam segitu biasa perbankan melakukan maintenance, antara jam 23.00 – 03.00. Kecuali mau berburu flash sale atau tiket mudik lebaran. Kenapa ga pakai BCA Mobile? Kan lebih praktis daripada harus ke ATM..

  • 27 Desember 2022 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Kalau pengalaman saya, tranfer beda bank kadang tertunda sampai 3 hari, dan karna saya juga malas lapor dan saya anggap hilang
    Tapi suatu hari si penerima kasi kabar tranfer baru masuk setelah 3 hari 😄😄😄

  • 27 Desember 2022 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Kalo dah SOP nya seperti y sabar aja pak.. tpi beda kalo prioritas ya, BCA tu anggap penabung dibawah 10jt tu bukan nasabah, gak ada untung malah ribetin (mungkin y menurut mereka)

    1
    1
  • 27 Desember 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Kalo transaksi disaat libur dan pergantian hari menang selalu ada kendala….sy pernah mengalami….klo utk BCA dan Mandiri seh sebenarnya gada masalah. Keduanya bank besar…jd jika kita diamkan sj biasanya uang kembali bisa ke rek BCA atau tetap masuk ke Bank Mandirinya…pada hari kerja berikutnya.

  • 30 Desember 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    bank sebagus apapun tetep aja ada errornya. baik bca / mandiri pun.
    jd mending pk bank digital macam bank neo, seabank, malah 2 bank itu jarang errornya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Transfer via ATM dari BCA ke Mandiri Tidak Masuk

oleh Carrot dibaca dalam: 1 menit
45