Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klien

Pada Tanggal 25 April 2022, saya membeli polis asuransi untuk kendaraan saya Ertiga Matic 2020 melalui broker PT. Fuse. Berikut ini tanggungannya:

Sampai dengan akhir November 2022, kami sama sekali tidak ada klaim asuransi, karena kendaraan kami tidak terjadi apa-apa.

Pada 26 November 2022, ketika sedang pulang ke rumah terjadi hujan di jalanan dan itu kondisi sudah malam dan sangat deras. Ketika sudah hampir sampai di rumah kami yang hanya tinggal 100 m kurang lebih, kami melewati genangan sebelum gang depan rumah saya. Tiba-tiba mobil saya mogok dan saat itu kami langsung matikan dan tidak nyalakan sama sekali, didorong ke tempat yang lebih tinggi dan kemudian diderek sampai ke rumah.

Keesokan harinya saya coba hubungi pihak PT. Fuse untuk pengajuan klaim ini, dan dilakukan survei juga oleh Sinarmas mengenai lokasi dan wawancara langsung dengan beberapa saksi. Kemudian kendaraan kami diambil oleh pihak bengkel untuk dilakukan pengecekan dan kami diminta menunggu hasil pengajuannya.

Setelah sekian lama menunggu, tanggal 12 Desember 2022 kami mendapat jawaban dan sungguh mengecewakan, klaim kami ditolak dengan alasan kami sudah melakukan tindakan dengan sengaja merusak kendaraan (melewati banjir).

Tanggal 13 Desember saya mengirim surat untuk pengajuan banding, dengan menjelaskan kembali sanggahan saya terhadap surat dr Simas Insurtech yang menyatakan bahwa klaim ditolak karena tindakan yang dilakukan dengan sengaja.

Tanggal 20 Desember, kembali kami mendapat surat tanggapan dari Simas Insurtech dan pengajuan banding saya tetap ditolak dengan alasan yang masih sama. Tanggal 21 Desember kami menulis tanggapan kembali dan berharap ada solusi atau jalan tengah dari permasalahan ini.

Tanggal 27 Desember kami menerima kembali surat penolakan yang masih sama alasannya.

Di sini kami benar-benar kecewa, klaim kami dengan kronologis yang kami sampaikan apa adanya tersebut dianggap hal yang terjadi adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja, cara mereka menolak klaim sungguh tidak masuk akal, mana ada orang yang dengan sengaja memasukkan kendaraannya ke banjir? Yang mana jalan yang kami lalui itu adalah jalan yang setiap hari kami lalui untuk menuju rumah, saat itu kondisi hujan deras dan malam, bagaimana saya bisa menduga jika kondisi jalan di situ seberapa dalamnya? (perwakilan dari Sinarmas juga sudah melakukan survei lokasi).

Jawaban dari PT. Simas Insurtech juga seperti jawaban “auto answer” atau mesin penjawab yang tetap sama saja dan tidak ada pertimbangan sama sekali untuk kami.

Lalu juga sebagai broker dari asuransi ini PT. Fuse cenderung hanya sebagai “lewatan” klaim, tidak melakukan sama sekali bantuan banding atau pembelaan terhadap kliennya.

Saya sebagai pengguna aktif asuransi, tiap tahun saya membeli polis asuransi untuk kendaraan saya, kebetulan kali ini saya mencoba membeli asuransi PT. Simas Insurtech, dengan ini merasa tertipu dengan promosi / iklan perlindungan yang diberikan di awal. Saya sadar dengan membeli polis asuransi saya membeli perlindungan untuk segala resiko pada kendaraan.

Jika memang asuransi Simas Insurtech untuk pengajuan klaimnya susah dalam klausul mengover ANGIN TOPAN, BADAI, HUJAN ES, BANJIR (WATER DAMAGE ONLY), DAN ATAU TANAH LONGSOR, HURU HARA DAN KERUSUHAN (SRCC) mohon untuk sekalian itu ditiadakan saja promosi itu, karena lebih baik jelas-jelas saya tahu bahwa asuransi ini tidak akan cover hal-hal yang saya sebutkan tadi (sehingga menjadi pertimbangan ketika memilih) daripada sudah berharap perlindungan tetapi kecewa.

Hal ini menjadi pembelajaran bagi saya dan mungkin untuk pembaca yang lain, supaya lebih hati-hati. Ke depan, jangan terlalu percaya dengan iming-iming proteksi dari asuransi apalagi jika melalui broker online. Segala cara akan dilakukan untuk menghindari klaim dan mungkin hanya klaim-klaim kecil yang akan mereka bayarkan.

Imelda S.
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Penolakan Klaim “Water Hammer”

Halo Bapak/Ibu! Terima kasih telah memilih Simas Insurtech sabagai perlindungan untuk kendaraan Bapak/Ibu. Mengenai klaim yang Bapak/Ibu ajukan kepada kami,...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klien

  • 2 Februari 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Yth Simas Insurtec, 2 bulan lebih berlalu dr kejadian mobil saya mogok dan smpai sekarang kendaraan saya msih dibengkel, sebulan lebih yg lalu saya udh putuskan untuk dikerjakan saja perbaikannya oleh bengkel dan keadaannya sungguh sudah tidak karuan karena efek kelamaan juga kami menunggu keputusan dr Simas yang memberikan penolakan terus atas pengajuan banding saya.
    saya merenungkan banyak hal dr sini, salah satunya pernyataan tidak masuk akal dr Simas yang menyatakan penolakan atas klaim saya gara2 kesengajaan / tindakan sengaja.
    sekali lagi lewat ini saya mau bilang, dengan kondisi saya saat ini : sudah 2 bulan lebih kendaraan saya blm bisa dipakai, saya kemana2 naik motor / grab, saya tetap bayar angsuran cicilannya 2 bulan ini, saya juga harus bersiap dgn tagihan perbaikan mobil yang entah akan habis berapa banyak. sementara saya punya asuransi kendaraan yang saya harap bisa membantu tp sama sekali tdk bermanfaat dlm mslah saya.
    dengan keadaan tersebut saya cuma mau tegaskan, mana mungkin saya meresikokan / sengaja melakukan tindakan tidak hati2 yang saya tau akan sgt merugikan saya. walau punya asuransi sekalipun saya ttp memilih tidak mengalami musibah, saya sudah rugi tidak bisa memakai kendaraan, rugi biaya perjalanan menggunakan grab dan kerugian yg lain lain.
    Memang ini kesalahan saya juga, sudah salah memilih asuransi dan menggunakan broker online yang tidak bisa diandalkan utk membantu juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Simas Insurtech?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klie…

oleh imelda dibaca dalam: 2 menit
40