Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klien

Pada Tanggal 25 April 2022, saya membeli polis asuransi untuk kendaraan saya Ertiga Matic 2020 melalui broker PT. Fuse. Berikut ini tanggungannya:

Sampai dengan akhir November 2022, kami sama sekali tidak ada klaim asuransi, karena kendaraan kami tidak terjadi apa-apa.

Pada 26 November 2022, ketika sedang pulang ke rumah terjadi hujan di jalanan dan itu kondisi sudah malam dan sangat deras. Ketika sudah hampir sampai di rumah kami yang hanya tinggal 100 m kurang lebih, kami melewati genangan sebelum gang depan rumah saya. Tiba-tiba mobil saya mogok dan saat itu kami langsung matikan dan tidak nyalakan sama sekali, didorong ke tempat yang lebih tinggi dan kemudian diderek sampai ke rumah.

Keesokan harinya saya coba hubungi pihak PT. Fuse untuk pengajuan klaim ini, dan dilakukan survei juga oleh Sinarmas mengenai lokasi dan wawancara langsung dengan beberapa saksi. Kemudian kendaraan kami diambil oleh pihak bengkel untuk dilakukan pengecekan dan kami diminta menunggu hasil pengajuannya.

Setelah sekian lama menunggu, tanggal 12 Desember 2022 kami mendapat jawaban dan sungguh mengecewakan, klaim kami ditolak dengan alasan kami sudah melakukan tindakan dengan sengaja merusak kendaraan (melewati banjir).

Tanggal 13 Desember saya mengirim surat untuk pengajuan banding, dengan menjelaskan kembali sanggahan saya terhadap surat dr Simas Insurtech yang menyatakan bahwa klaim ditolak karena tindakan yang dilakukan dengan sengaja.

Tanggal 20 Desember, kembali kami mendapat surat tanggapan dari Simas Insurtech dan pengajuan banding saya tetap ditolak dengan alasan yang masih sama. Tanggal 21 Desember kami menulis tanggapan kembali dan berharap ada solusi atau jalan tengah dari permasalahan ini.

Tanggal 27 Desember kami menerima kembali surat penolakan yang masih sama alasannya.

Di sini kami benar-benar kecewa, klaim kami dengan kronologis yang kami sampaikan apa adanya tersebut dianggap hal yang terjadi adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja, cara mereka menolak klaim sungguh tidak masuk akal, mana ada orang yang dengan sengaja memasukkan kendaraannya ke banjir? Yang mana jalan yang kami lalui itu adalah jalan yang setiap hari kami lalui untuk menuju rumah, saat itu kondisi hujan deras dan malam, bagaimana saya bisa menduga jika kondisi jalan di situ seberapa dalamnya? (perwakilan dari Sinarmas juga sudah melakukan survei lokasi).

Jawaban dari PT. Simas Insurtech juga seperti jawaban “auto answer” atau mesin penjawab yang tetap sama saja dan tidak ada pertimbangan sama sekali untuk kami.

Lalu juga sebagai broker dari asuransi ini PT. Fuse cenderung hanya sebagai “lewatan” klaim, tidak melakukan sama sekali bantuan banding atau pembelaan terhadap kliennya.

Saya sebagai pengguna aktif asuransi, tiap tahun saya membeli polis asuransi untuk kendaraan saya, kebetulan kali ini saya mencoba membeli asuransi PT. Simas Insurtech, dengan ini merasa tertipu dengan promosi / iklan perlindungan yang diberikan di awal. Saya sadar dengan membeli polis asuransi saya membeli perlindungan untuk segala resiko pada kendaraan.

Jika memang asuransi Simas Insurtech untuk pengajuan klaimnya susah dalam klausul mengover ANGIN TOPAN, BADAI, HUJAN ES, BANJIR (WATER DAMAGE ONLY), DAN ATAU TANAH LONGSOR, HURU HARA DAN KERUSUHAN (SRCC) mohon untuk sekalian itu ditiadakan saja promosi itu, karena lebih baik jelas-jelas saya tahu bahwa asuransi ini tidak akan cover hal-hal yang saya sebutkan tadi (sehingga menjadi pertimbangan ketika memilih) daripada sudah berharap perlindungan tetapi kecewa.

Hal ini menjadi pembelajaran bagi saya dan mungkin untuk pembaca yang lain, supaya lebih hati-hati. Ke depan, jangan terlalu percaya dengan iming-iming proteksi dari asuransi apalagi jika melalui broker online. Segala cara akan dilakukan untuk menghindari klaim dan mungkin hanya klaim-klaim kecil yang akan mereka bayarkan.

Imelda S.
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Simas Insurtech:
[Total:56    Rata-Rata: 3/5]
Penolakan Klaim “Water Hammer”

Halo Bapak/Ibu! Terima kasih telah memilih Simas Insurtech sabagai perlindungan untuk kendaraan Bapak/Ibu. Mengenai klaim yang Bapak/Ibu ajukan kepada kami,...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klien

  • 29 Desember 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    yah hati2 dgn asuransi , segala cara bisa mrk gunakan utk tolak , bayar premi tp tdk ada inisiatif mrk utk bantu

    cb masa iya malam2 buta , hujan deras , mobil di suruh berhenti jgn jalan , trs jalan ke rumah

    mobil di tinggal biar gk ke genangan , trs ternyata banjir makin tinggi , mobil tergenang , nt asuransi bilang knp mobil sengaja di tinggal , paradoks lagi di tolak klaim

    premi sm saja kasih bonus org tp manfaat susah

    12
    1
    • 2 Januari 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas komen anda, saya harap lebih banyak lagi rekan-rekan yang tidak mengalami penipuan embel2 asuransi yang tidak sangat berbelit klaimnya

    • 2 Januari 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas komentarnya, maaf itu foto ketika mobil sudah mati sehingga kami parkirkan secara manual ( di dorong , sehingga posisi kurang pas dan mobil kurang masuk dalam )

    • 30 Desember 2022 - (10:50 WIB)
      Permalink

      Seharusnya pihak asuransi bisa lebih manusiawi dan lebih bijak menjawab penyelesaian problem dari kliennya , karena :
      1. Telah mengirimkan surveyor dan perwakilan nya untuk memeriksa saksi dan lokasi kejadian.
      2. Menuding klien melakukan perusakan dengan sengaja adalah hal konyol.
      3. Terdapat klausul yang tidak jelas antara hal yg dapat diklaim dan tidak, tentunya bila sudah tertuliskan dapat ditanggung, maka tanggung jawablah , jangan mencari celah dari klausulmu sendiri dan menjadi tidak supportif.
      4. Berikan solusi yang menolong klien yang telah mempercayakan kendaraannya kepada anda!
      Jangan hanya menerima biaya pendaftaran lalu menghilang ketika klien mengajukan klaim.
      5. Kami team support konsumen akan memblow up hal ini dan menyebarkan kepada lebih banyak konsumen agar tidak tertipu asuransi yang tidak bertanggung jawab.

      10
      1
    • 2 Januari 2023 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas komentarnya, sebenarnya asuransi itu baik dan dapat berguna apabila pihak asuransi nya amanah dan menolong, namun bila tidak , maka akan mengalami seperti saya

  • 30 Desember 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    AsuRansi???
    Apalagi sama sales-nya!!!
    Pahami SOPnya, pastikan Manfaatnya, ketahui yg SUDAH menggunakannya.

    • 30 Desember 2022 - (09:35 WIB)
      Permalink

      Parah asuransi ini, masa kayak gitu Ndak mau ambil tanggung jawab . Namanya juga banjir masa di sengaja

  • 30 Desember 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Sayapun sebagai pemilik kendaraan dalam bentuk roda 4 atau roda 2.. tdk akan dengan sengaja membawa kendaraan kita masuk kedalam banjir.. alasan penolakannya ajh udh ga masuk akal.. bahkan sdh jelas juga itu lokasi yg selalu digunakan untuk pulang ke rumah..
    Asuransi ini cukup tau saja..
    Ada yg memang benar2 membantu tapi juga ada juga yg buruk spt ini pelayanannya..
    Smg segera selesai masalahnya dan dr pihak asuransipun bs membantulahh..
    Cari konsumen itu susah loh..
    Apalagi merawat konsumen..
    #salamDamai

    • 3 Januari 2023 - (11:53 WIB)
      Permalink

      iya nih, namanya musibah yakan, tidak pernah terduga..
      trims utk komentarnya

  • 30 Desember 2022 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Mungkin analisnya mantan komedian
    Terus kalau hujan deras, ga boleh mengendarai mobilnya? Kalau hujannya pas di tengah jalan gimana? Yahhhh ASUransi negara konoha emang suka mind blowing supaya duit tetep masuk tapi gabisa keluar

    • 30 Desember 2022 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Menanggapi dan meresponi keluhan customer / klien adalah hal penting.
      Memberikan solusi dan jalan tengah adalah hal yang harus dilakukan oleh pihak penjamin, dalam hal ini pihak Asuransi Simas Insurtech ,seharusnya merespon dengan benar dari awal.
      Menolak asuransi ditambah dengan menyalahkan dan menuding klien sengaja merusak kendaraan / mobil adalah hal yang tidak wajar dan tidak masuk akal.
      Bila Team Analist dan Surveyor nya sendiri tidak dipercaya meski telah melakukan suvey lokasi dan mengumpulkan bukti saksi-saksi yang melihat secara langsung , lalu dari mana dan atas dasar apa Simas Insurtech dapat menuding klien bersalah ?
      Bila klien 3 kali menaikan banding, apakah ada kajian ulang dari Simas ?! Pastinya, tidak!
      Klien anda bukan robot, dan Simas sendiri bukan robot, maka jangan berikan jawaban berulang yang sama dan tanpa solusi yang jelas seperti robot!
      Perlakukan klien anda secara manusiawi, anda sudah dipercaya oleh klien anda!

  • 30 Desember 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Lagi dan lagi…masih percaya dengan ASUransi?????iming2 manis tapi mreka lebih mutlak bisa ambil keputusan KLAIM ANDA DITOLAK…….

  • 30 Desember 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    ya namanya jg asuransi, beribu cara utk menolak klaim.
    kalo mobil ditabrak sama mobil lain, asuransi tolak klaim krn mobil lain itulah yg harus tanggungjawab.
    kalo mobil kecelakaan di tol, ditolak krn mengemudi tidak fokus, tidak konsentrasi, kelalaian yg disengaja blablabla
    sy mah ga minat asuransi kendaraan.

  • 30 Desember 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Menurut Melinda, sudah jadi pengetahuan awam bahwa para analis klaim punya cara-cara untuk menolak klaim nasabah. Bahkan di perusahaannya bekerja, mereka punya daftar hitam nama-nama nasabah yang klaimnya harus diperhatikan agar tidak gampang dicairkan, dan ada daftar nasabah yang klaimnya mudah dicairkan.

    Baca selengkapnya di artikel “Di Balik Pencabutan Kuasa Hukum Alvin Lim oleh Nasabah Allianz “, https://tirto.id/cAjn.

  • 30 Desember 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Sepengetahuan saya,
    Banjir/bencana alam secara tidak di sengaja.

    Masuk ke Genangan Air lalu Mati, hmmmm…

    Sama aja nyeburin laptop ke bak mandi.

    Terkecuali laptop lagi di lemari/asumsi kering, kemudian tiba-tiba atap/genteng pecah kesambar petir lalu lemari beserta isinya kebasahan. Ini masuk kategori resiko yang tidak di sengaja.

  • 30 Desember 2022 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Wah biaya gede itu. Dan lagian kelihatan banjir main terjang aja sih. Kalau setiap hari lewat dan kelihatan ada air harusnya sdh tau kira2 ketinggian air sebrapa. Sulit ini berdebat karna bukan kerusakan yg tidak disengaja misal bencana banjir dan tidak bisa memindahkan kendaraan. Semoga ada jalan keluar

    1
    1
  • 30 Desember 2022 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Salah satu alasan org beli mobil juga biar nyaman ketika di jalan, gk kepanasan & hujan2an. Lawak bener asuransinya haha

    • 2 Januari 2023 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Mending uang polis tabung ajah tiap bulan, kali kan kalau bertahun tahun bisa digunakan kapan ajah tanpa pihak ketiga, kalau gitu kan jadi nya kayak sedekah ama bandar

  • 30 Desember 2022 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Pembelajaran utk memilih asuransi agar tidak melalui ONLINE biar pun Asuransi nya sdh terkenal atau punya brand, lebih baik langsung ke marketingnya langsung dan membaca selutuh clausalnya, sekalian direkam video atau suaranya marketing tsb…wkwkwk. Yang saya heran apa ada asuransi Sinormes itu, sy baru tau mereka punya asuransi taunya jualan minyak maam. Pengalaman sy pakai asuransi dari suatu bank, tanpa syarat ribet, tanpa ke kepolisian langsung SAT SET, cuma Rp.300.000 dgn kondisi mobil di tabrak dump truk..he..he..he..wuaaneh, parah..seorang driver yg begitu menghargai mobilnya sbg mensupport pekerjaannya DENGAN SENGAJA NYEBUR KE BANJIR, KOPLAK….harusnya pihak asuransi juga tanya APAKAH DRIVER PENGGUNA KACAMATA? Kamu Nanya..????? Aku bertanya tanya??????

  • 30 Desember 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Jangankan asuransi swasta, sama asuransi pemerintah saja saya tidak percaya. BPJS saja kalau tidak diwajibkan saya gak mau ikut. Namanya perusahaan ya otomatis mau untung walaupun dengan tipu tipu, semua bisa diklaim ditulis besar besar baru kecuali a-z ditulis sekecil mungkin agar tidak terbaca

    • 31 Desember 2022 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Bpjs kalo lo masih sehat muda keliatan ngga perlu emang, ntar noh pas lo dah bangkotan mata katarak jalan kudu pake tongkat apa kursi roda pasti lo pake, awokwokwok..

    • 3 Februari 2023 - (05:44 WIB)
      Permalink

      Memang harus hati hati dalam menggunakan asuransi. Harus benar benar dibaca term & condition nya. Kadang kalau mau claim aga ngeles aja biar bisa berhasil saya pernah coba dan selalu berhasil asal kita paham TOS nya. Kadang asuransi ini memang pisau bermata dua.

  • 31 Desember 2022 - (04:02 WIB)
    Permalink

    Asuransi sekarang parah,,apalagi Sinarmase emang gitu..semoga segera ada tanggung jawabnya, jangan mau enaknya doang

  • 31 Desember 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    gua sih gak ada pengalaman sama lain lain kecuali emang saat itu kendaraan kantor gua pake trus numbur pemotor, eh semuanya diganti loh, ya kerusakan kendaraan yg gua pake, bahkan biaya yg timbul pada korban, mana petugasnya asuransi cuman satu, tapi baik banget orangnya. kalau enggak salah sih asuransi tripakarya atau tripakarta , lupa namanya selain dah lama juga kayaknya juga kurang terkenal ya. bahkan mobil pribadi temen temen kantor dikit 2 klaim ini itu mudah banget.

    • 3 Januari 2023 - (14:52 WIB)
      Permalink

      BLOKIR SIMAS INSURTECH !!!
      RED FLAG bangeettt siihh ini ASUransi.
      Bisanya Cari Customer Doang dgn Janji2 Manis, tp Waktu ada Musibah pgn KLAIM Ribeettnyaaa ky Kasus Sambo.
      Heeeeyy Hari Gini Pegang kepecayaan Customer itu Susah… jangan terlihat Jualan ASUransi tp basis nya TIPU2 doangggg. Semua Orang Juga Bisaaaa, mo kaya dgn Cara Nipu Customer!
      Yang Benerrrr kinerjanya. Gak Punya Akhlak!

  • 1 Januari 2023 - (00:47 WIB)
    Permalink

    Klaim ditolak!
    Alasan: sengaja merusak kendaraan
    Pertanyaannya: kita beli asuransi supaya kendaraan aman saat terjadi kerusakan/apes.. klo dibilang sengaja merusak kendaraan, untungnya apa? Dirusak biar diperbaiki? Lah asalnya kan ga rusak.. alasan yg mengada ada

    Simas insurtech blokir!

    Thanks buat suratnya

  • 1 Januari 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Kayanya qmu Nerabas/Water Hammer Bro. Enaknya sih klo klaim gw konsultasi sm mantan karyawannya az yg pro sblm lapor. Jd tau tek-tok²an teknisnya. Baiknya pula selalu photo saat kejadian qt ada bukti gbs macem²lah.

  • 1 Januari 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Berarti simas insurtech penipu dan garong berkedok asuransi. Biasanya asuransi akan mencari celah untuk tdk membayar claim

  • 2 Januari 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih ada pak pasal itu dipolisnya, kalau dari statementnya sengaja menerjang genangan ya pasti ditolaklah, kecuali, mobil tersebut lg parkir, tiba2 banjir bandang besar dsb, itupun harus d survey dulu sblm d nyalakan kendaraannya sampai benar2 dipastikan kendaraan tidak bisa digunakan alias msti total.
    Skedar sharing aja ya untuk case ini heehhe…

  • 2 Januari 2023 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Asuransinya ternama tapi hasilnya nggak sesuai.. mana ada orang yg dengan sengaja menerobos banjir kalau tau itu area dalam. Hati2 pilih asuransi gaes, jangan kemakan promo besar2an

  • 3 Januari 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    asuransi memang hanya janji manis didepan saja , bnyak alasan untuk tidak menanggung
    logika saja bu imelda pasti sudah tinggal lama disana mana mungkin maksain ngelewatin banjir yang jelas jelas tiap hari dilewatin .
    dari pengalaman bu imelda saya jadi takut pakai asuransi dan tidak percaya
    semua asuransi .padahal asuransi nya namanya ternama ternyata tidak sesuai kenyataannya

  • 3 Januari 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Ya asuransi memang gitu. Dianggap sengaja menerobos banjir dengan sengaja. Beda lagi kalo lagi parkir di rumah lalu kebanjiran. Begitu pun huru hara, kalau sengaja menuju huru hara pasti ga diganti. Tapi kalo lagi parkir lalu ada huru hara baru diganti

  • 6 Januari 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Teman saya adalah mantan pegawai salah satu asuransi kendaraan ternama di Asia-Oceania termasuk di Indonesia.
    Menurutnya perusahaan jasa adalah memaksimalkan keuntungan. Jika dirasa merugikan perusahaan, klaim apapun itu pasti akan ditolak. Jika total nominal iuran premi asuransi lebih kecil daripada klaim kerusakan, pasti pihak penyedia jasa akan menolak dengan cara apapun.
    Inti penolakan pihak asuransi yang umum dikatakan adalah penggunaan yang kurang wajar dari mobil tersebut.
    Biasanya yg diterima oleh pihak asuransi adalah klaim yang cenderung ringan, contohnya lecet pada body, penyok pada body.

    Klausul-klausul pada hitam diatas putih itu adalah janji-janji manis pihak asuransi agar anda mau mendonasikan uang anda ke perusahaan mereka.
    Karena, menurut mereka lebih baik mobil anda ditaruh digarasi dan tidak dipakai, agar tidak terjadi hal-hal yang merusak mobil anda.

    Saran saya, pihak asuransi harus tau konsekuensi menjadi perusahaan penyedia jasa asuransi. Kalau tidak untung ya buntung. Karena penyedia jasa harusnya berani rugi bukan berani menggalang donasi. Dan juga pihak asuransi harusnya tau diri bahwa semua klausul yang dibuat pada hitam diatas putih adalah untuk di ikuti bukan diludahi.

    • 10 Januari 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Banyak Pak Febrian, semoga makin banyak orang yang membaca dan berhati hati dengan Simas Insurtech dan Broker Fuse.. tolong dicatat ya rekan rekan sekalian

  • 11 Januari 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Menghargai Klien/ Customer dengan memberikan solusi dan “way out” akan menggambarkan bagaimana kredibilitas suatu perusahaan tersebut. Seharusnya prinsip ini dijunjung tinggi oleh Simas Insurtech dalam mengemban kepercayaan klien. Disini terbukti bahwa Simas amat sangat jauh dalam membuktikan kredibilitasnya menghargai customer/klien. Jauh sekali..

    Begitu juga apabila sebagai Broker ( dlm kasus ini PT Fuse yang menjadi Broker )
    Jangan hanya memberikan promo dan cuap cuap belaka saat promosi. Ingatlah bahwasanya anda adalah sebagai perpanjangan tangan dan representative dari apa yang anda promosikan. Jangan hanya sekedar merayu klien di awal dan menghilang tanpa jejak ketika klien butuh pertolongan. Karena justru amanah anda adalah menolong dan memberikan wajah disaat klien anda membutuhkannya. Semua orang bahkan anak kecil pun bisa bila sekedar forward email dari klien kepada PT Simas.

    Bekerjalah secara jujur dan amanah , embanlah kewajibanmu dan tunjukan kredibilitasmu wahai PT Simas Insurtech dan PT Fuse selaku broker.

    Terus dan terus akan kami suarakan dan bagikan agar lebih banyak lagi rekan rekan dan Perusahaan- Perusahaan yang akan melek dan berhati hati dalam bekerja sama dengan PT Simas dan PT Fuse.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Simas Insurtech?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Asuransi Kendaraan Simas Insurtech Sangat Tidak Melindungi Resiko Klie…

oleh imelda dibaca dalam: 2 menit
40