Penarikan Unit Mobil oleh Pihak BCA Finance

Kepada pihak BCA Finance, saya Deni Febrianto, ingin menyampaikan mengenai tindakan BCA Finance yang menarik unit mobil saya. Benar saya ada tunggakan pembayaran angsuran mobil bulan September, Oktober, November, Desember 2022. Dengan itikad baik, saya masih membayar angsuran bulan September, Oktober, serta biaya blokir/penanganan dari eksternal.

Namun entah kenapa, mobil saya diambil oleh pihak BCA Finance pada tanggal 31 Desember 2022 pukul 13.00 WIB. Padahal saya masih bisa membayar angsuran saya. Seakan-akan saya ini pencuri, sampai mobil saya harus disita.

Mohon kepada pimpinan BCA Finance, kalau saya disuruh melunasi semua tagihan, jelas saya tidak mampu. Namun saya masih ada itikad membayar 2 kali angsuran (November – Desember 2022). Apakah seperti ini pihak BCA Finance memperlakukan nasabah? Jelas-jelas saya masih membayar angsuran, kenapa mobil saya diambil?

Terima kasih. Mohon kejelasannya dari pihak BCA Finance, karena mobil tersebut saya gunakan untuk kerja.

Deni Febrianto
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BCA Finance:
[Total:400    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan BCA Finance atas Surat Bapak Deni Febrianto

Menanggapi keluhan Bapak Deni Febrianto melalui Rubrik Surat Pembaca www.mediakonsumen.com pada tanggal 10 Januari 2023 dengan judul ”Penarikan Unit Mobil...
Baca Selengkapnya

85 komentar untuk “Penarikan Unit Mobil oleh Pihak BCA Finance

  • 10 Januari 2023 - (08:58 WIB)
    Permalink

    inilah ciri orang gak tau malu dan ngeles, susah dijelasin.. enak banget pemikirannya asal ada niat bayar dan bayar seenaknya maka gak boleh disita, dipikir tuh beli pakai dana bansos

    55
    49
    • 10 Januari 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      saya sependapat dengan komentar ini, tapi sayangnya di MK ini kalau komen begini biasanya malah dikira DC. Untuk TS, semoga ada solusi terbaik ya

      24
      6
      • 10 Januari 2023 - (19:58 WIB)
        Permalink

        Datang pak ke kantor BCA nya. Minta penjelasan. Mungkin ada win win solution. Agar segera tkt keburu dilelang.. Semoga ada solusi pak

        20
        2
        • 10 Januari 2023 - (20:34 WIB)
          Permalink

          Ya mnurutku sihh jangan pake pembiayaan bca finance..pernah pnya pngalaman temen gw telat 3bln gara2 nyokapnya sakit trs mninggal dan tiba2 mobil di stop segerombolan spt preman2 baju mreka ga formal gt yg mngaku dc bca finance. Dan mreka ga memberi solusi alias memaksa kita kalau mau ambil mobilnya harus dlunasin.heran aja gt main keroyokan ma cewek.Tmn gw cewek anjir digap segerombolan cowok ditengah jalan.otomatiss mental down.Sekelas bca finance sistim nya kyk gt. Kan harus nya ada pemberitahuan resmi ke rumah dl atau visit ke nasabahnya masa ga bisa lebih beretika sekelas bca finance lho 😊 kalah ama bpr bpr lokal wkwkwkwkwk

          45
          3
          • 11 Januari 2023 - (07:29 WIB)
            Permalink

            Stop kredit mulai sekarang..kalau gakbmampu pakai motor aia dulu..
            Riba haram..dan hanya mengenakan bank aja..
            Biasakan bahagia dengan cara yg sederhana..
            Salam..

            94
            10
          • 15 Januari 2023 - (00:12 WIB)
            Permalink

            Ujung2x kalo mau melunasi msh kena biaya penarikan skitar 15 – 20 jt. Dan pihak BCA finance Seakan2 bungkam dan disuruh berhubungan dgn pihak dept kolektor… Di sana Bnyak oknum bersindikat

    • 11 Januari 2023 - (07:38 WIB)
      Permalink

      Ya Dananya juga bukan dari kamu juga kan, itu uang Bank, namanya usaha ya ada resiko. Harusnya pakai solusi terbaik dong.

      8
      7
    • 11 Januari 2023 - (19:31 WIB)
      Permalink

      pengalaman pakai leasing bca paling sadis, telat 14 hari langsung masuk externar
      yg datang ke rumah colektor orang orang timur
      bayar lewat mbangking sudah di blokir dan harus ke kantor cabang untuk buka blokir dan di kenankan biaya penanganan externar yg nilainya diatas satu juta

      12
    • 13 Januari 2023 - (00:32 WIB)
      Permalink

      Surat Kuasa itu untuk pengamanan unit. Ga Profesional ini profcoll nya. Duitnya di ambil mobil di tarik.
      Harusnya tu profesional. Blokir account, amankan unit. Lah ini nasabahnya bayar angsuran, bayar BT ujung ujungnya mobil ditarik. Hadeeuhh…
      Menang banyak yaa

    • 13 Januari 2023 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Lapor aja ke pengadilan perdata, tanpa pengacara juga bisa sih.

      Nah yg ambil dgn biaya laporkan aja

      • 16 Januari 2023 - (11:46 WIB)
        Permalink

        Lapor ke siapa? Apakah Pengadilan itu sama kayak kantor polisi? Pengadilan adalah tempat penyelenggaraan persidangan. Jangan memberikan komentar yang menyesatkan, apalagi tanpa pengacara. Lebih tepat adalah GUGAT ke Pengadilan. Mengajukan Gugatan kepada Ketua Pengadilan Negeri.

        • 16 Januari 2023 - (12:09 WIB)
          Permalink

          Paling nggak kalau pengadilan perdata
          – kendaraan disita oleh polisi atas permintaan hakim
          – ada itikat baik dari pihak kedua untuk membayar cicilan atau cicilan dipanjangkan.
          – atau hakim minta mobil dijual kemudian dibagi sesuai kesepakatan.

          Simple sih.

  • 10 Januari 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Dalam klausul yg di tandatangani kedua belah pihak pasti ada kalau kreditur dirasa wan prestasi pihak leasing berhak mengambil mobil

    Mungkin anda DP mobil juga hasil dr hutang ke bank, jadi kewalahan cicil mobil tiap bulannya

    Hidup lebih baik semampunya, gk usah minder sekarang ke kantor udah gk bergaya lagi naik mobil padahal ngap-ngapan.

    Intinya hidup sesuaikan dengan kemampuan

    59
    12
    • 10 Januari 2023 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Baru tau ya ada cicilan 99x.. alamak .. dulu jaman SMA saya dbekali mobil mpe skr masih saya pakai g kepingin mobil baru .. walau tmn2 dikantor mobil pada baru tapi makan siang aja ngutang .. enjoy life aja si…

      21
      6
  • 10 Januari 2023 - (10:33 WIB)
    Permalink

    ts sdh pernah komunikasi dgn bca nya blm kl akan menunggak… istilah nya janji pertama nya kn di bayar bulanan , trnyt ts tdk byr bulanan , tentu prlu komunikasi ke penghutang nya krn sdh di beri pinjaman krn dia ekspektasi ts byr bulanan

  • 10 Januari 2023 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Buset, tenor 99 bulan baru mampu bayar 48x dah ngap. Satu2nya jalan ya relakan mobilnya, overkredit. Sy beberapa kali ambil cicilan mobil itu ngga pernah ambil tenor yg lebih dr 36 bulan, diatas itu bunganya udah sangat mencekik dan ga sebanding. Dan juga tandanya level finansial anda belum mampu. Masa cuma cicil mobil aja hampir 10 taon, dah kek cicil rumah aja. Sblm cicilan kelar, mobilnya mungkin dah rusak duluan, atau minimal banyak onderdil yg perlu ganti baru.

    30
    1
  • 10 Januari 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Sdh ga d percaya sama bank..bank minta pelunasan..Mobil disita kualitas kredit jelek..ga bisa cari nafkah karna mobil disita..

    4
    12
      • 12 Januari 2023 - (19:11 WIB)
        Permalink

        Sudahlah anggap aja itu kamu rental mobil ke bca, kalau kamu pengen idupnya damai sejahtera tentrem rahayu kurangin hal² seperti ini…jangan kau paksa urat kebahagiaan mu putus, mungkin ini cara yg mahakuasa ngajar kamu.

        3
        2
        • 13 Januari 2023 - (08:01 WIB)
          Permalink

          betul sekali, leasing itu sistemnya sewa beli. selama masa kredit dianggap sedang sewa dengan pihak leasing, kalo udah selesai masa kreditnya otomatis sah dibeli

  • 10 Januari 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Over kredit saja. TS nampaknya bukan tipikal orang yang MAMPU menjamin bayar cicilan tepat waktu, apalagi jika barang yang dicicil bukan barang produktif.

    10
    • 10 Januari 2023 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Kalau yang dimaksud kerja NgeGrab Mobil.. Relakan aja Kerja yang lain kalau hanya untuk transport ke kantor, pakai angkutan umum atau pindah ke motor.. Daku punya mobil, dlu beli kredit tp udah dijual karena lbh baik untuk kesehatan dompet pake angkutan umum, atau pindah mode kendaraan lain.. Skrg lg booming listrik, knp ga pindah ke kendaraan listrik.. Biaya bensin vs listrik itu hampir sepersepuluh. Anggap kalian kompresi mobil 1 liter buat 12km.. Butuh 5 liter buat menempuh 60km. = Pertalite 50.000, sedangkan motor listrik rata rata punya baterai 60V20Ah dan mampu menempuh jarak. 60km atau 1.2 Kwh = 1Kwh = 1.444.70 biaya yg harus dibayar 1.700rupiah

      Untuk mobil listrik Wuling Air EV mempunyai Baterai 26.3Kwh dengan jarak tempuh 300Km, per 60km = 5.34 Kwh = 7.700rupiah

      Maaf oot.. Semoga ada jalan keluar yg terbaik buat jenengan..

      4
      1
  • 10 Januari 2023 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Yg sabar bos…pdhl cicilan sgtu…harusnya bisa di usahain…udh g bakal balik lg…anggap aj udh ilang…saya ngalamin jg kyk begini…cicilan 4jt udh jalan 2thn ilang jg…jalani aj g ush krna tuntutan gaya. Ktmpt krja harus naik mobil..naik motor msh bisa…

    8
    1
    • 10 Januari 2023 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Gw ambil mobil murah meriah tp bsa di karyawan, kata yusuf Hamka kn bgtu ngapain gengsi,mbil jarang dipakai cuma buat belanja krna istri jualan, trz klo minggu kadang gw pkek ngegrab klo LG GX kmn mn. Jdi untung angsuran gx pusing gx ganggu yg laen2 malah menghasilkan mbilnya buat tambah2 uang jajan

      2
      1
  • 10 Januari 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Balik lagi aja pake motor pak, ke kantor pake motor atau mobil juga ga ada bedanya kecuali di gengsi.
    Kalau nanti ekonomi sudah membaik baru beli mobil lagi, dan kalau bisa jangan pake angsuran begini, cash aja seken juga gapapa.

    18
  • 10 Januari 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Mas kalau mau kredit mobil itu paling tidak 30% dari pendapatan kita, jd hidup kita jg tenang ga mengganggu finansial yg lain nya. Seandainya mas nya ada niat untuk membayar angsuran blm ke bayar trus mas nya ga mikir u angsuran selanjutnya yg msh banyak.

    • 13 Januari 2023 - (10:45 WIB)
      Permalink

      Ente kadang – kadang emang..
      Nunggak 4 bulan loh, wkwkwk..
      Ane bukan orang leasing aja udah tau siapa yang salah..
      Naik motor aja kalo ga kuat kredit mobil, udah
      Namanya kredit udah ada persetujuan, ya tanggung resiko

  • 10 Januari 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Saran saja sih pak, kalau memang ke Kantor harus pakai Mobil, belilah yang second saja sesuai kemampuan kita.
    Daripada begini uang hilang mobilpun melayang, jadi kayak sewa jatuhnya..

  • 10 Januari 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    apalah daya saya yg kemana mana naek angkot.itu jg naek angkotnya yg ada tulisan JAKLINgKO yg gratis.tp tenang sieh naeknya krn gak ada beban hahaha

    2
    3
      • 10 Januari 2023 - (15:20 WIB)
        Permalink

        Nanti kalo pak yohanies baswedan menang pilpres, jaklingko bakal merambah ke malang..

        3
        5
    • 10 Januari 2023 - (17:23 WIB)
      Permalink

      pdhl bca finance ini rendah loh bunganya dibanding yg lain. Pengalaman sy dl kredit mobil jg 3 th pake ini, auto debit, angsuran 2,7 jutaan . Saya sdh itung dgn angsuran sekian, saya tdk boleh nambah hutang lg. Alhamdulillah lancar, msh bisa pulkam ke sby by plane, msh bs jalan2 tiap minggu, dan msh bs nyisihin buat dana darurat.

      • 10 Januari 2023 - (17:26 WIB)
        Permalink

        Kalo tenor 36 mungkin lebih rendah pak, tapi si bapak ini ambilnya tenor 99 bln, lebih tinggi pasti ratenya.

        • 10 Januari 2023 - (22:28 WIB)
          Permalink

          Kalo diitung walau 99x bunganya gak terlalu gede sih dibanding yg lain. Cuma ngap bayarnya sih ts

      • 10 Januari 2023 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Iya BCA paling murah .. dulu aku pernah ambil cicilan 5,3 48x pas th kedua aku lunasin..malahan mobil aku pakai yg jaman sekolah .. mobil baru aku sewakan untuk ganti tabungan yg buat melunasi nya xixi

  • 10 Januari 2023 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Gw ambil mobil murah meriah tp bsa di karyakaan kata yusuf Hamka kn bgtu ngapain gengsi,mbil jarang dipakai cuma buat belanja krna istri jualan, trz klo minggu kadang gw pkek ngegrab klo LG GX kmn mn. Jdi untung angsuran gx pusing gx ganggu yg laen2 malah menghasilkan mbilnya buat tambah2 uang jajan

  • 10 Januari 2023 - (14:56 WIB)
    Permalink

    BCA pasti takut kehilangan assetnya, karena menunggak lebih dari 3 bulan itu sudah semacam pertanda buruk!
    makanya BCA segera ambil tindakan dengan mengamankan assetnya.

    2
    1
  • 10 Januari 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Hampir 10 thn Sy hidup dan kerja di dunia Riba….
    Alhamdulillah dng tekad Hijrah.
    Semenjak Corona beralih ke Sembako.
    Masya Allah, Tabarakallah. Tidur, makan dan aktifitas tenang, nyaman. Kebeli kendaraan R4 dan R2 cash walaupun bekas. Gk ada hidup setenang tanpa adanya Riba.
    Tenang ibadah, tenang jalani hidup. Keluarga sehat dan rezeki mudah.

    15
    5
  • 10 Januari 2023 - (17:17 WIB)
    Permalink

    andaikan angsuran 1,8 juta ditabung selama 48 bulan udah kebeli daihatsu sigra bekas.

  • 10 Januari 2023 - (17:35 WIB)
    Permalink

    ko kayanya lucu.kan dia sendiri yg bilang emang bener punya tunggakan september oktober november desember.ko masih nanya.entah kenapa.udah jelas.itumah g usah nanya lg.emang udah umumnya lbh dari 3 bulan ya di tarik…makanya aturan di baca dulu panduanya sebelum kredit..

  • 10 Januari 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah mengalami kesulitan dalam pembayaran kredit mobil dari baru selama 3 tahun.menjelang kalau tidak salah 4-5 bulan lagi lunas pembiayaan kredit,saya mengalami kesulitan keuangan.akhirnya saya putuskan dijual saja.dengan ketentuan setelah menyepakati harga mobilnya,saya dan si pembeli mobil saya melunasi sisa cicilan.dan saat itu juga mobil itu diserahkan beserta BPKB nya.walau saya harus kena penalty.setelah harga jual dikurangi pelunasan cicilan.dalam hal ini kita harus menyadari antara hak dan kewajiban.pihak finance walau satu hari pun sangat tidak bisa mentolerin nasabahnya.jadi sebaiknya jangan melakukan pengkreditan apapun apabila keuangan kita kurang mampu atau pas pasan.bisa bisa kebutuhan pokok malah terbelangkai

    • 10 Januari 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Ada financing yg masih baik kayak balimor ngasi 3 bulan kelongaran, ato kayak BCAF
      Sementara si mas/bapak nya udah > 3 bulan.

      Jadi percuma mau digimanain lagi.

      Kalo memang segitu sayang nya kok dulu ga bayar? Kok dulu ga mikirin resiko kredit nya masak”?

      4
      1
  • 10 Januari 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Saya butuh 11 tahun bekerja (dulu awut”an bawa sepeda di jalan raya sampe item dekil) baru bisa beli Mobil, itupun cicil krn cicilan cuma 10% Dari gaji.

    Udha relakan aja tuh Mobil, mulailah hidup simpel aja.

    Ga ada angkutan umum? Sepeda pun jadi.

    Banyak jalur untuk ke Kantor bekerja,. Kalo mas nya supir ya saya cuma bisa bilang,ini ga bakal bisa diproses lagi krn BCAF udah Kasi kelongaran sebulan untuk bayar.

  • 10 Januari 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Makanya dibayar Mas zehh… sebenernya telat 2 bulan itu udah dalam pantauan DC itu mobil.. cuman waktu tanggal2 itu kagak ada duwit buat bayar gimana lagi,, ya kan. Kalo mobil Udah ditarik..Sama finance mau gk mau Konsekuensinya biasanya kalo ngambil tu mobil kembali harus bayar FULL alias Tebus + ada jg biaya penarikan unit. Jadi Buat teman2 semua kalau mau mobilnya di leasingkan wajib taat bayar.. kalau telat2 gini jadi masalah baru dan ruwet.. menyesal belakangan. 1 bulan bisa dilelang sama finance.. malah ruwet lagi… (Salam pengalamanku)

  • 10 Januari 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Intinya terjadi penarikan karena ada keterlambatan, dan membayar angsuran bukan sama niat tapi dengan uang, kan di kontrak bayar angsuran pake uang bukan pake niat, kalo emang mau kredit yg harus dipertimbangkan yaitu cicilan per bulannya bukan dp nya, perhitungkan dengan matang

  • 10 Januari 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Pentingnya menengok kemampuan sebelum ngambil cicilan apapun.

    Percayalah saudara2,
    Lebih enak mobil second tapi dompet penuh daripada mobil keren tapi dompet kosong.

    Sekian tausyiyah dari saya

      • 12 Januari 2023 - (14:50 WIB)
        Permalink

        Hak Fiducia Leasing sudah di cabut oleh Mahkamah Konstitusi sehingga proses eksekusi jaminan Fidusia harus melalui Putusan Pengadilan.

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 85 komentar sampai saat ini..

Penarikan Unit Mobil oleh Pihak BCA Finance

oleh Deni dibaca dalam: 1 menit
85