Surat Pembaca

Akun Kredivo Dibobol, tapi Transaksi di Blibli Tidak Bisa Dibatalkan Meski Saya Lapor 20 Menit Setelah Kejadian

Tanggal 26 Januari 2023, saya melihat di IG mengenai kartu flexicard. Kemudian saya diarahkan ke WA. Terus saya dimintai data pribadi, diarahkan untuk mengisi form dan akhirnya saya menyadari bahwa akun Kredivo saya terdebit untuk transaksi yang saya tidak lakukan senilai Rp18.550.000 (dengan pembayaran dicicil selama 12 bulan).

Saya langsung hubungi CS dan meminta agar transaksi dibatalkan. Namun mereka bilang saya harus hubungi aplikasi merchant, yaitu Blibli.

Berbekal info dari pihak Kredivo, saya hubungi CS Blibli minta agar transaksi dibatalkan. Anehnya pihak Blibli bilang tidak bisa dibatalkan, karena barang sudah terkirim. Padahal selang waktu antara transaksi dan pelaporan saya hanya 20 menit. Alhasil, saya ditagihkan oleh Kredivo transaksi yang saya tidak lakukan.

Linda Veranika
Tangerang, Banten


Update (3 Februari 2023): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Blibli sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Linda Veranika

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalo dilihat2 dari percakapan chat anda dengan blibli...kok justru menuju kalau anda benar yang bertransaksi...hayoooo??
    Jangan2 maksud anda coba2,tapi anda gak sengaja "KLIK SETUJU" Terjadilah transaksi tersebut.anda panik trus mau batalin transaksi tersebut.

    • Jadi sebelumnya saya ada komplain minta dibatalkan tapi tidak bisa karena barang sudah terkirim. Karena saya ingin supaya tidak ditagihkan, maka saya bilang kalau ini barang belum terima.

    • Siap...sebelum kejadian, saya memang tidak pernah baca media konsumen dan lainnya. Jadi tidak dan benar-benar tidak tau ada seperti ini.

      • Kasus spti ini sdh terjadi dari akhir tahun lalu dan heboh di media cetak, tv maupun online.
        Masa anda ga tau ttg berita tsbt?
        Bersemedi di dalam goa trs ya bu.

        • Maklum saya setiap hari sudah sibuk, tidak sempat lihat berita ataupun dengar berita. Makanya terjadi hal ini.

  • Harusnya langsung lapor ke kredivo atau datangi kantornya yg penting blm lewat 1x24 jam setelah transaksi terjadi ... Coba baca s&k kredivonya

    • Tetap tidak bisa, saya aja hanya 10menit minta batalkan tapi tidak bisa. Alasannya Kredivo hanya media pembayaran, jadi yang bisa batalkan adalah pihak merchant.

  • Ini mgkn murni kesalahan penulis, karena sadar dia salah, makanya ngarang cerita spti kasus flexicard bbrpa minggu yg lalu di MK.
    Udah bu, terima sj barangnya dan cicil tiap bulannya

    • Saya benar-benar tidak terima barang dan tidak lakukan transaksi ini. Lah itu harga HP setelah dicek googgle 9jt, lebih baik buat makan kenyang kalau buat saya sih.

      • @Linda
        Gak ada jalan lain. Lakukan pelaporan ke tingkat Polda.
        Meski ini "kesalahan" anda setidaknya nantinya ada aksi nyata dari kepolisian memberantas kejahatan cyber.

  • agak aneh dgn percakapan sama cs blibli di kalimat pertama.
    kalo korban penipuan ga mungkin tanya begitu kali.

  • judul berita dan isi berita serta bukti screenshoot dg CS blibli tidak ada yg sinkron ?. Judul berita akun dibobol , isi berita nya tidak bisa membatalkan pesanan,,, isi chat dg CS nanyain pesananan?. mending tulis kronologi sebenernya siapa tau di mk ada yg bisa ngasih solusi dari pd mengarang tp engak nyambung.

  • Dan terjadi lagi.... Lagi... Dan lagi... Terjadi lagi... Bagaimanapun juga Instagr** juga punya andil dalam hal terjadinya penipuan ini. Iklan penipuan macam ini berseliweran di Instagr** dan belum ada tindak lanjut yg berarti dr Instagr**. Saran buat kita semua, jika ada penawaran apapun dan dari manapun sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk searching2, banyakin membaca informasi, karena kejahatan penipuan makin lama makin berkembang modus operandinya. Buat TS(Sipenulis), anda bisa minta keringanan ke pihak KREDIVO, tapi yg jelas anda nggak bisa menghapus hutang anda. Anda juga harus bertanggung jawab dg Akun anda, karena kesalahan ini Murni dari anda sendiri. Ambillah HIKMAH dari kejadian ini, bagaimanapun pahit rasanya, anda memang pantas menerimanya. Jika ini ujian, anda pasti mampu melewatinya. Jika ini teguran Tuhan, anda harus instrospeksi diri. Ikhlas dan bersabar, semua ini pasti ada jalan keluarnya. Semoga masalah anda cepat terselesaikan.

  • Isi percakapan chat CS bikin salfok. Ini sebenarnya TS merasa ditipu atau justru mencoba menipu?

    Jujur saja, TS ada indikasi tidak jujur.

    • Maaf, saya gak berniat seperti yang anda tuduhkan. Disini saya hanya ingin pihak kredivo memberikan keringanan agar bisa dicicil sesuai kemampuan saya karena saya sadar bahwa ini terjadi akibat kelalaian saya. Saya tidak mau lepas tanggung jawab, tapi jika anda yang di posisi saya bagaimana?