Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Purna Jual Sepeda Listrik Uwinfly Indonesia

Saya adalah customer sepeda listrik Uwinfly Indonesia. Saya membeli sepeda listrik DF-5 berwarna orange di Toko Tiobikeshop, melalui e-commerce Shopee. Saya membeli sepeda tersebut secara online pada tanggal 14 Agustus 2022 dan saya terima pada tanggal 19 Agustus 2022.

Kronologi awal permasalahan ini adalah pada tanggal 29 November 2022, saya laporan ke toko bahwa sepeda saya tiba-tiba kondisi daya baterai tidak berfungsi saat di-charge (pengisian daya baterai sudah tidak berfungsi seperti awal beli). Namun tidak ada follow up apa pun kepada saya atas laporan tersebut.

Kemudian saya hubungi kembali pada tanggal 25 Desember 2022 melalui telepon. Saya menyampaikan semua kendala saya, lalu oleh toko saya disuruh menghubungi nomor customer service Uwinfly pusat di nomor 0813-1010-1717. Di sini saya sudah hard complain, karena saya merasa kendala saya tidak ada solusinya.

Akhirnya pada bulan Januari 2023, ada kesepakatan dengan toko bahwa akan dikirimkan teknisi dari pusat semua biaya di-cover oleh pihak toko. Namun tidak berhenti di sini, meski awalnya saya pikir akan berjalan lancar. Pada saat teknisi melakukan kunjungan ke tempat saya pada tanggal 12 Januari 2023, saat itu dia bilang mengaku resmi dari PT. Uwinwly Indonesia (nama teknisi tersebut Rizky).

Hasil dari kunjungan hari itu, dia bilang bahwa aki sepeda listrik saya kosong dan harus di-charge ke pusat. Sehingga keempat aki sepeda saya dicopot dan dibawa beliau pergi, katanya mau di kirimkan ke pusat untuk di-charge. Setelah itu dia bilang saya akan dihubungi kembali oleh Uwinfly untuk dilakukan survey pelayanan. Namun setelah dua hari tidak ada kabar apa pun, sehingga saya menghubungi teknisi Rizky kembali menanyakan kelanjutan service-nya. Jawaban dari teknisi, masih diproses dan saya disuruh menunggu info dari Uwinfly pusat.

Kemudian pada tanggal 21 Januari 2023, saya menghubungi Call Center pusat Uwinfly. Namun tidak ada jawaban sama sekali, chat WA saya diabaikan. Lalu tanggal 24 Januari 2023, saya mencoba hubungi lagi, berhasil terhubung dengan CS Ayu. Infonya pada saat itu tim pusat belum menerima aki dari teknisi Rizky. Jujur hari itu saya sudah hard complain juga dan dia bilang akan bantu konfirmasi lagi saya disuruh tunggu. Namun tidak ada kabar lagi sampai pada tanggal 29 Januari 2023.

Puncaknya pada saat saya hard complain pada tanggal 30 Januari dan respons mereka hanya dialihkan ke form

Di sinilah puncaknya, pelayanannya sangat tidak ramah, aduan saya selalu dialihkan ke form umum komplain Uwinfly, katanya saya akan dihubungi 2 hari setelah isi form. Namun nihil juga hasilnya, sampai hari ini saya tidak pernah dihubungi oleh pihak Uwinfly. Dari awal sampai akhir, selalu saya yang menghubungi semua pihak. Padahal saya meminta hak saya terkait garansi, tapi terkesan seolah saya yang memohon-mohon.

Saya review juga terkait SDM Uwinfly yang perlu diperbaiki lagi. Mereka tidak mengerti posisi sebagai customer, tidak memberi solusi malah cenderung menyalahkan, dan tidak kunjung ada solusinya. Setiap menghubungi hanya berdebat, tapi tidak ada solusinya sama sekali. Singkat cerita, saya tidak direspons oleh mereka.

Akhirnya saya hubungi mereka kembali pada esok harinya, saya komplain kenapa tidak ada kejelasan. Respons dari CS, mereka akan mengembalikan akinya tanpa di-service. Woow keren dooong, udah nunggu lama-lama, tapi mereka sangat tidak etis sama sekali, gak ada nilai service-nya sama sekali. Lalu malam itu saya di-chat oleh teknisi, bahwa akinya akan dikembalikan.

Jujur saya marah juga pada saat itu dan info dari teknisi bahwa toko tidak meng-cover biayanya. Di sini saya langsung kontak toko, tapi toko bilang saya hanya disuruh sabar menunggu. Respons toko juga sangat tidak sopan, komplain saya hari itu dibilang tidak penting oleh beliau. Malah sebelumnya nomor saya yang lainnya diblokir. Orang ini sangat tidak sopan dalam menangani customer.

Intinya yang saya rasakan saat ini sangat merugikan sebagai customer. Bayangkan saja saya laporan dari November 2022, tapi sampai hari ini pun tidak ada hasilnya. Malah sepeda sudah dibongkar, tapi tidak tahu juga gimana perkembangan service sebenarnya. Saya merasa dipermainkan oleh mereka, karena sampai hari saya tidak ada titik terang dan gak tahu juga nasib aki sepeda saya sekarang seperti apa.

Rahadimas Lintang Duhita
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Uwinfly dan tiobikeshop harus di blacklist oleh seluruh konsumen di indonesia..
    Btw itu ada proteksi produk shopee.. coba klaim disitu aja biasanya 12 bulan dan dapat penggantian sesuai harga beli.. klo bisa bilangnya sepeda jatuh atau apa gitu, karena klo akibat cacad pabrik nanti ga bs klaim asuransi, asuransi mengcover kejadian tdk terduga klo akibat cacad pabrik nanti disuruh balik lagi kontak service center soalnya. Semoga membantu

  • Weleh kenapa akinya dikasih bawa? Akinya mahal itu. Teknisi gak jelas jg tuh kayaknya. Mending search ada gak SC di kota anda. Aki kosong kemungkinan charger ya rusak jd strum gak bisa masuk ke aki.

    • Awalnya gasampe kosong kak, krna dibiarin mangkrak akhirnya jd kosong song. Kalo dr segi produk masih sgt mulus tidk pernah saya gunakan aneh2 hnya saya pake buat cfd dn kadng buat ke pasar, setiap hbis pakai selalu saya bersihkan dn saya menggunakannya sgt berhati hati dioinjam org saja tidak saya ijinkan, krna saya sdh baca buku panduannya, jd pas tiba2 trouble itu saya jg gatau penyebabnya apa, saya selalu ontime charge dn tidak over juga.,

  • After sales uwinfly emang super busuk!!! Saya punya sepeda redfish 3 warna kuning. korslet karena ketika dibawa ke minimarket tiba² hujan cukup deras waktu itu dan dipaksa trabas (jarak mini market ke rumah +- 300 meter) saya pikir namanya sepeda aman² aja kena air hujan eh malah trouble, speedometer nya juga gosong. Dan benar yang dibilang TS bahwa customer service nya lelet, ga paham produk knowlage. dan terkesan nggampangin. Mending buat yg belum terlanjur beli jangan deh, tapi kalo kalian sabar dan banyak duit ya silahkan

    • Namanya sepeda listrik juga harus hati-hati, jangan sepele begitu, kadang kurangnya pengetahuan dari konsumen seperti anda yang menyepelekan barang - barang elektronik juga membuat masyarakat lainnya menjadi sama bodohnya seperti anda

      • Iya deh anda yang paling pinter. Tapi kan namanya produk sudah rilis harusnya ada dong standarisasi tertentu yang memproteksi sistem kelistikanya. Bukankah sepeda motor juga pakai sistem kelistikan yang mirip dengan sepeda listrik? tapi aman aja tuh dibawa hujan²an lama dicuci pakai steam juga aman. Anda ini kalo komen keliatan pinter tapi dangkal ga ada isinya

      • Hati hati gak sampe segitunya jg kalee bos, masa kna hujan aja korslet??? Namanya pengendara pastilah berpikir sepedanya aman terabas hujan , kan bukan terabas banjir??

      • Jd pas di pertengahan jalan hujan turun hrs menepi sampai hujan stop ya walaupun bawa jas hujan. Wkwkwkwk, ngapain jg di beli tuh sepeda.

  • Saya punya beberapa poin sih:
    1.Ini lebih ke konsumen yang tidak sabaran dan juga sepertinya ada yang ditutup-tutupi oleh media ini (terutama alasan kontak), kalo itu benar maka harusnya ga takut dong untuk memberitakan kebenaran, toh juga komplain tidak ditanggapi dengan layak (kecuali ini gimik penulis untuk meluapkan kebencian seseorang).

    2. Konsumen terlalu bertele - tele dan tidak sabaran, emosi tidak bisa dijaga, sepertinya ada SOP ataupun prosedur yang dijelaskan , dan hanya berpacu pada emosi dalam gimmick (hard complain) serta mengeluh pada waktu yang tidak layak. Adapun saya dalam opini pribadi ini, saya tentu tidak akan mencerca seperti orang bodoh, udah kaya KAREN2 kampungan di US sono aja.

    3. Pengalaman saya dengan gimmick layanan ini memang sulit dan makan waktu lama, apalagi kalau SOP tidak tepat, tapi ya ditunggu saja, toh anda tidak mengeluarkan biaya, intinya sabar, toh konsumen bukanlah "RAJA" seorang diri, masih banyak dengan keluhan yang sama dan ditempat yang sama pula bernaungnya. Saya juga memiliki pengalaman keluhan di sebuah layanan publik yang lebih lama dan lebih penting karena informasi Pribadi (1 Tahun malah), toh saya lebih bisa bersabar.

    Intinya bila anda punya pengalaman buruk, selesaikan dengan sabar dan diam. Jangan beli atau gunakan jasanya lagi. Beritahukan feedback buruk ke kotak aduan di perusahaan tsb. toh yang dirugikan cuman waktu

    Apabila itu benar adanya dari customer, bukan hanya gimmick karangan penulis yang asal comot screenshot dari mana adanya juga tidak diketahui kebenarannya. Toh yang ingin dipertunjukkan hanyalah kejelekan.

    • sebaliknya perusahaan juga jangan menganggap remeh komplain customer dan dibiarkan berlarut2 dengan harapan customer menyerah dan ikhlas tidak komplain lagi. segera tindaklanjuti agar tidak menjelekkan nama baik produk dan perusahaan

    • Yg menutupi siapa? Kocak sih ini mah. Seandainya kalo komunikasi lancar gak akan ada kjadian gini. Terserah mau beropini sperti apa sya tidk bisa melarang. Krna yg saya alami murni trkait cara mereka. Kalo sdh bgini bukal soal biaya lg. Tp etika dlm menangani konsumen. Saya juga tau etika. Hard complain itu bukan gimick, tp respon seorang customer saat itu krna memang sngt alot komunikasinya. Awal saya juga baik2. Itu hnya spintas sja screenshot saat sudh puncaknya saya marah. Kalo jdi customer kalo sudh dijanjikan di cover yakali saya pilih bayar saya mah tidak munafik. Tp poinnya disini adalah soal service dn treath mereka. Saya hnya mempertnyakan tggung jawb mreka, dn itu sah2 sja krna itu jg hak saya sbgi konsumer.

    • Seandainya sop itu valid tdk akan ada komplain. Mestinya bisa mikir perlu dipebaiki lg kebijakannya kalo memang sudah aturan internal mereka. Krn sdh jelas tdk ada bukti nyata.

    • Komentarnya si idoo ***** banget. Muter2 kayak pihak uwinfly. ? ? ? Tar moga2 listrik dia bermasalah terus-menerus dan disuruh sabar sama pihak PLN atau simcard dia tiba2 terblokir terus idoo disuruh nunggu setahun dipingpong sana-sini oleh operator. #Viralkan semua produk yang merugikan konsumen!

    • Ente cari makan kudu jujur, jangan jualan barang busuk, rusak, pembeli komplain malu cuek, skrg berusaha fitnah

    • Dr pihak toko kayanya nie, suruh cust diam dan bersabar sampe lumutan kali dikata barang gak mau dipake, orang beli kendaraan pasti ada kegunaanya buat belanja, antar jemput skolah, dll

  • Rencana saya mau beli buat anak, tapi lihat pelayanan kerusakan seperti ini jadi Gak jadi deh....???
    Mending beli motor Honda sekalian, walau blm ada yg listrik....
    ???

  • Alhamdulillah blm sempat beli.Padahal kmrn dah niat pertengahan bulan mau beli satu buat anak ngaji. Terimakasih kak udah ngasih tau kita.

  • Coba deh Hub lagi CSnya, Ceritakan lagi kronologi awal, siapa tau beda orang beda kualitas pelayanan, Tapi Sejujurnya saya Akui Aftersales Uwinfly sangat buruk jika terjadi kerusakan produk, Sekalipun itu masih dalam periode garansi, Saya termasuk yang ngalamin pembelian via marketplace, Tapi untungnya dapet toko yg sangat koperatif, Mau naggung rugi untuk biaya perbaikan, karna saat itu teknisinya gk ada yang bisa menangani/handling problem saya.
    Pihak toko selama masih mau menjembatani itu artinya dia masih respect sama customer, Tinggal kitanya aja yakinin dia untuk kembali mempertimbangkan penjualan produk yang kualitas after salesnya buruk.
    Mungkin ini salah satu kelemahan pabrikan tsb, keunggulannya tentu dr harga sangat menonjol

    • Terimakasih informasinya kak. Sebelumnya Dari awal saya jga sudah respect kak dg harapannbisa dibantu perbaikan, namun berjalananya proses sata meras dipermainkan krna saya di ping pong sna sini tnpa ada kejelasan. Akhirnya saya sdh tdk sbar lagi, puncaknya di Febuari ini. Dn dsna saya hnya mempertegas kejelasannya,

  • Hampir² saja hari ini saya beli di toko dekat tempat saya, tpi berhubung hujan mau saya tunda besok. Berhubung baca ini bbaattaaallll!!!

  • Sebelum terima kasih udah di beritau lewat media ya kak , rencana nya saya besok mau beli malah jadi ragu beli sepeda listrik , semoga urusan kakak cepet terselesaikan dengan adanya berita dimedia ini