Surat Pembaca

Teganya Akulaku, Sudah Bayar Lunas Pinjaman Sebelum Jatuh Tempo, tapi Status Tidak Berubah dan Terkena Bunga Berjalan Sampai Sekarang

Selamat pagi, puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cerita  tentang permasalahan dengan Akulaku.

Langsung saja, pada tanggal 1 Maret 2023 saya membayar lunas pinjaman periode 1 bulan, yang jatuh tempo pada tanggal 9 Maret 2023 senilai Rp2.034.000 melalui VA dan transaksi sukses, saldo rekening terpotong. Setelah itu saya masuk ke aplikasi Akulaku, tapi status pinjaman tidak berubah, masih ada tagihan. Kemudian saya CS live chat, dengan balasan harus menunggu  1×24 jam dan cek berkala.

Karena saya penasaran terkait masalah ini, tak selang lama langsung hubungi call center Akulaku di nomor 1500 920 dan jawabannya adalah akan diproses secepat mungkin.

Setelah sehari kemudian, tanggal 2 Maret 2023, saya cek lagi di aplikasi ternyata status pinjaman saya tidak berubah. Sedih rasanya, saya telepon lagi call center Akulaku selama 8 menit 36 detik, yang intinya menunggu proses selama 3 hari jam kerja.

4 hari berlalu tak ada hasil, maka tanggal 6 Maret 2023 saya datang di kantor pusat Akulaku  di daerah Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat dan bertemu bertatap muka langsung sama Customer Service di lantai 18 , dengan harapan masalah akan selesai pada hari itu juga. Namun ternyata tidak, alasannya akan diproses oleh team terkait dari Akulaku.

Sampai kapan masalah ini akan selesai dan siapa yang mau bertanggung jawab dengan bunga yang semakin hari semakin bertambah?

Harun Al Rosyid
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Harun Al Rosyid

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Harun Al Rosyid pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Aku pinjam kta 600 udh 2 hari lebih tapi dana belum masuk, nanya cs respon nya di suruh nunggu terus, takut soal nya banyak kasus, lewat 3 hari dana gak masuk, malah di surus nunggu lagi 20 hari

  • Udh d dtngein dc blm? Klo blm brti itu udh msuk tpi sistemny yg emng lg rusak.. Untk masalah bunga nti d ilangin... dlu juga prnh ksus kyk gni d suruh nunggu 3 hri, kmudian 7 hri, trus 10 hri... pas udh clear lsng ku unistal, buqng" wktu sj soalny

    • Belum di datangin DC, dan semoga tidak.
      Setelah tanggal 12 Tiap hari di telpon dari aku laku lbh dari 5 no telpon yg berbeda dan saya jawab apa adanya.
      Saya lapor ke aku laku dari tanggal 02 dan follow up tiap hari jawabannya harap menunggu, tarus alasannya bgtu baik dari email maupun call Centre dan baru di kasih jawaban pasti tanggal 17 maret.

      • Memang dalam menanggapi aduan ngga gercep pihak akulaku, klo saya kejadian pesen barang 2, malah dikirim 1, ngadu ke seller berkelit, ngadu akulaku tunggu 7 x 24 jam, eh pas dilihat sistem secara otomatis sudah diteruskan ke seller duitnya, padahal saya sudah komplain ke akulaku...kapok

  • di TS Mk 2018 ada kejadian serupa sdh byr tpi di akulaku blm update...cs kirim bukti byr ke akulaku pas di cek ternyata slh transfer atas nama cs akulaku lain dgn angka yg sama... uangnya gk kmbali... saran saya byr dulu yg tunggakan skrg pinjam rek keluarga atau tmn bagusnya bca bni mandiri drpd denda numpuk...sembari urus dana yg sdh terkirim sblmnya... konfir jg ke ocbc mgkn bisa pembatalan transaksi....

    • Tanggal 17 maret sudah ada arahan dari pihak aku laku untuk menghubungi ke bank OCBC dan saya langsung ke bank untuk membuat laporan.
      Tgl 20 Saya telpon call Centre OCBC untuk bertanya up date dan buat laporan lagi dan barusan saya chat OCBC yg menyatakan laporan akan di proses maksimal 20 hari kerja.

  • Aku lagi pinjam sih dulu seringnya 300k karena limitnya segitu, kemarin tanggal 15 aku bayar sebelum jatuh tempo. Itu pun transaksi udah selesai tapi status nya belum berubah lama sih aku refresh terus tapi belum ganti. Abis itu aku tutup aplikasi nya terus buka lagi alhamdulilah udah ada status berhasil melakukan pembayaran. Terus ada limit tambahan 900k jadi aku ambil deh semoga aja nanti pas pelunasan gak error kayak gini. Saya sering pake OVO bayarnya gak pernah pake VA takut salah dan error. Sekian dan terimakasih.

  • Sesusah apapun kondisi ku untung y aku ga pernah terpikat dengan pinjol....tinggalkan pinjol karena bukan penuntas masalah

    • VA yg aku dapat dari aplikasi aku laku tinggal copy paste aja, tujuan nya ke planet busana M
      Kirain saya Planet busana M itu dah bener dr aku laku soalnya VA saya dpt dr aku laku tsb

  • Wah sama kejadiannya dengan saya, sudah bayar tapi masih ada tagihannya. Kalau saya waktu itu:
    1.pergi ke pengaturan aplikasi di hp, trus pilih bersihkan semua data lalu uninstal aplikasinya.
    2. Bersihkan all cache juga di hp lalu update semua aplikasi di play store kalau ada yg belum terupdate.
    3. Restart hp
    4. Terakhir install ulang akulaku nya dan login, buka tagihan, sudah lunas.
    Saya ada 2x kejadian begini di akulaku dan semuanya terselesaikan.
    Jadi masalahnya kalau saya ada di aplikasi atau hp saya sendiri.
    Mungkin bisa dicoba dulu cara ini.
    Semoga cepat terselesaikan ya masalahnya. Amin.

  • Coba bayarin ajah 2x itung2 buat bulan depan sekalian pakai VA yang lain?

    Trims lah infonya walaupun saya ga pernah pake dan gak mau pake pinjol 2an, akan menjadi pengetahuan batu buat saya tentang VA yang bisa nyangkut dan di proses 20 hati kerja.
    Gokil bank ajah bisa lama kayak gitu....

    • Entah bisa balik pa kgk, tagihan skrg msh jln trs...
      Seandainya itu tidak bisa balik dan saya bayar tagihan yg skrg brrt saya bayar 2x dr jumlah pinjaman