Surat Pembaca

Kecewa dengan PermataBank

Saya Bagus Rahino, seorang penyandang difabel berat yang juga nasabah PermataBank. Dari dulu, saya yang difabel berat dan tidak bisa bepergian sendiri ini, sangat ingin sekali memiliki rekening tabungan atas nama sendiri. Saat era digital yang semakin canggih dan praktis ini, akhirnya keinginan tersebut terjawab melalui PermataBank yang bisa membuat rekening secara online, dengan aplikasi Permata MobileX.

Tentunya saya sangat senang karena dengan kondisi saya yang difabel berat ini dan tidak mungkin untuk pergi ke cabang bank, akhirnya bisa memiliki rekening pribadi dalam produk PermataME IB. Namun belakangan kekecewaan muncul, berawal saat beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat-lihat produk dari PermataBank lain di dalam aplikasi. Saya tertarik dengan produk permata IB Optima, yang menawarkan bagi hasil yang lebih maksimal.

Setelah saya membaca seluruh tulisan yang ada di produk tersebut dari dalam aplikasi Permata MobileX, saya putuskan untuk mengajukan produk tersebut. Karena tidak tertulis ketentuan yang mengikat, setelah beberapa waktu saya top up dari rekening utama saya. Keanehan muncul dan barulah saya sadar, ketika saya membutuhkan uang tersebut dan ingin menarik kembali dana tersebut ke rekening utama saya, tapi selalu gagal.

Kemudian saya bertanya ke CS PermataBank terkait hal tersebut. Saya mendapatkan jawaban mengejutkan, bahwa harus ada saldo mengendap dalam rekening permata IB Optima tersebut, yang jelas-jelas ketentuan tersebut tidak ditulis sama sekali di dalam aplikasi Permata MobileX.

Saya sangat kecewa tentunya, karena jika tahu dari awal saya tidak akan pernah mengisi, bahkan membuat rekening tersebut. Saya juga kecewa, karena dikatakan bahwa rekening tersebut harus ditutup melalui cabang terkait. Sedangkan saya tidak bisa pergi-pergi. Saya meminta agar rekening tersebut bisa ditutup secara online.

Akhirnya pihak PermataBank pusat menawarkan dan berjanji untuk meneruskan ke cabang terkait. Namun sampai saat ini surat ini saya tulis, hampir 2 minggu berlalu, tidak ada juga kejelasan seperti apa dan sampai kapan masalah ini selesai. Padahal saya sedang membutuhkan uang tersebut.

Demikian surat terbuka ini saya tulis. Mohon tanggapan dari pihak PermataBank.

Bagus Rahino
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Bagus Rahino

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Bagus Rahino, berjudul “Kecewa dengan PermataBank” melalui Surat Pembaca Redaksi Media Konsumen,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Akan lebih bijaksana apabila sedari awal anda banyak bertanya dan/atau mencari tahu (riset kecil-kecilan) di internet, sebelum memutuskan mengambil suatu produk perbankan. Anda terkesan hanya coba-coba karena tergiur keuntungan dan benefit tanpa informasi yang cukup.

    Anda bisa delegasikan orang terdekat menjadi kuasa anda (disertai surat kuasa dan dokumen yang diperlukan) untuk menutup rekening. Dalam prosesnya anda juga bisa bergabung secara jarak jauh lewat aplikasi telekonferensi atau video call. Seperti kata anda, ini era digital yang canggih dan praktis (serta lebih murah). Keterbatasan seharusnya bukan lagi alasan pemakluman (excuses).

    • dibaca lagi, sepertinya anda yang kurang literasi, sebelum membuat rekening tersebut saya telah membaca dari atas sampai bawah di halaman produk tersebut di aplikasi permatamobileX, dan saya tidak menemukan ketentuan yang mengikat tersebut,
      saya mencarinya untuk memastikan karena tidak ingin kejadian seperti ini terjadi, karena pasti akan repot nantinya.

      • jika tidak tau yang sebenarnya sebaiknya gak perlu bilang 'make sense',
        anda tidak tahu perjuangan difabel seperti apa.

      • Saya pernah mendapatkan pengalaman seperti bapak ini, saya juga daftar rekening secara online.beberapa hari mengalami kesulitan untuk menutup rekening, namun dengan bantuan cabang terdekat, nomer rekening saya yg dulu jauh dari tempat tinggal dpt dimutasi ke daerah saya , dan dibantu proses penutupan/ pemindahan ke rekening permata lainnya.
        Semoga segera mendapat penanganan dan penyelesaian dengan cepat

  • PermataTabungan iB Optima
    Saving account with freedom of investment and optimal profit-sharing rates

    Initial Deposit IDR 1,000,000
    Minimum Balance IDR 1,000,000
    Closing Account Fee
    IDR 100,000

    Kalo ditutup juga kena biaya 100.000

    • anda tidak pernah merasakan perjuangan menjadi seorang difabel, jadi tidak tahu & paham, dan semoga jangan pernah merasakannya.

      • Sambil menunggu, coba cari pengalihan untuk mengobati ya.. Selain menunggu uang kembali, coba pake Jago lalu saat daftar pilih Jago Syariah, semua serba Online tanpa biaya dan saldo endapan apapun. Semua gratis, termasuk produk Deposito Syariah nya, tarik kapanpun free biaya pencairan. Ga neko2, saya udh pake 2 th.

  • jadi permasalannya sekarang adalah tidak bisa menutup rekening secara online sedangkan sisa saldo yang 900ribu (dipotong biaya tutup rekening) hanya bisa ditarik jika rekening ditutup. semoga permata bisa membantu

    • "Solusi dari saya untuk verifikasi dengan cara lain (telepon atau juga petugas cabang untuk datang ke rumah saya) pun tidak diterima"

      Itu ketikan kamu saat 2020 berurusan dgn Bank OCBC NISP. Selalu "berlindung" dibalik difabel.

      Saya paham difabel itu punya keterbatasan, tapi janganlah pecicilan mau coba ini itu yg pd akhirnya nambah kerjaan dan beban orang sekitar yg mengurusi kamu.

      Maunya bisa tutup rekening dgn perlakuan khusus, pegawai bank datang bawa berkas, bawa duit dan anter ke rumah? Kan ngawur.

  • Kalo liat langsung sitenya permata.. ada kok penjelasan IB optima ada ketentuan saldo mengendap 1000000, mungkin TS waktu itu terlewat saat memutuskan ambil produk..

    • iya, mungkin saya juga salah tidak membuka website, tapi saya tau bukan lagi waktunya untuk saling menyalahkan, saya hanya ingin uang bisa saya gunakan kembali, meskipun dipotong 100k.

  • Lain kali di baca lbh teliti mas, jelas jelas di sk ada ketentuan saldo min 1jt. Aneh aneh saja

  • Bila saya cek di aplikasi PermataMobileX memang ada kekurangan dari pihak Bank untuk mencantumkan informasi perihal Setoran awal dan saldo minimum di tab syariah berbeda dengan di tab konvensional, mungkin lain kali lebih baik mencari informasi lengkap di website langsung lebih lengkap

    • memang seperti itu kondisinya, dan memang saya yang harus terpilih terkena, semoga ada solusi & kedepannya ada evaluasi juga agar tidak terjadi kembali.

  • update: baru saja pihak cabang bank permata sudah datang, dan memberikan penjelasan akan membantu masalah ini sampai selesai,
    terimakasih untuk respon cepat dan perhatiannya.

  • Harus ke cabang kayaknya ini ya buat tutup rekening. Gak bisa ditutup online karena wajib ttd formulir.