Surat Pembaca

Shopee Menghapus Produk Saya Secara Sepihak dengan Alasan yang Tidak Sesuai

Saya adalah penjual Star di Shopee. Pada tanggal 16 Maret 2023, tiba-tiba saya mendapatkan notifikasi bahwa produk saya “Kaos Kaki Panjang Paskibraka/Muslimah Putih Polos Untuk Selutut Murah Berkualitas” dihapus oleh Shopee, dengan alasan produk dilarang.

Saya bingung, saya hanya menjual kaos kaki kok bisa dihapus? Pada tanggal yang sama saya menghubungi CS Shopee untuk melaporkan kejadian tersebut. CS Shopee bilang akan menyampaikan masalah tersebut ke tim terkait agar diselesaikan masalahnya.

Seminggu kemudian, tepatnya tanggal 23 Maret 2023, saya mendapat balasan laporan dari tim terkait bahwa produk saya melanggar ketentuan Shopee karena menjual barang bekas. Padahal produk yang saya jual adalah produk baru.

Saya sangat kecewa, karena saya sudah menunggu sampai seminggu. Bukannya produk saya dipulihkan, malah saya dituduh bahwa produk saya melanggar ketentuan Shopee dengan menjual produk bekas. Apalagi produk yang dihapus adalah produk yang paling banyak dibeli dan sudah mendapatkan banyak ulasan di toko saya.

Padahal banyak seller di Shopee yang menjual barang bekas (preloved) tidak dihapus. Sementara produk saya yang merupakan produk baru, justru malah dihapus.

Ahmad Maulanal Asyrof
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu fix 7 juta persen report an orang.. Bisa dari orang yg ga suka dengan kamu. Atau pesaing kamu. KarenaKalo dilihat dari harga nya yg cukup bersaing. Banding aja jika emang barang kamu baru dan yg pasti original.

    Sebentar lagu pasti kamu akan ditelp pihak Shopee dan masalah beres. .
    Terima Kasih media konsumen. Kau selalu di hati kami semua ?

    • Dugaan saya ya kyak gitu kak, ada yg ngereport, tapi ya sudahlah biar tuhan yang membalas

      • Iya kak sekarang banyak gitu org ga jelas nge report produk ? tp kalo saya sekarang pas udh dihapus langsung sy upload ulang saja karena udh cape pasti ga ada hasil dari shopee

    • Bener kak,kemarin bahkan sampai di wa juga sama cs shopee, dan hari ini produk saya sudah dipulihkan, gercep sekali klo udah masuk media konsumen?

  • Shopee makin aneh aja...produk minuman keras dan produk yang mengandung unsur pornografi malah bebas bertebaran di shopee..

  • #Update: Cs Shopee sudah menghubungi saya, dan produk saya sudah dipulihkan.

    Saya sangat berterima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya, sehingga masalah saya bisa terselesaikan.

    • Judul produknya panjang banget kayak puisi, tambahin lagi: "murah, berkualitas, awet, tahan lama, mudah dicuci, tidak mudah luntur, tahan sobek, gratis ongkir, gratis packing, bebas komplen"

  • Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378