Surat Pembaca

Top Up Uang ke Akun DANA Tak Kunjung Masuk dan Kembali karena Overlimit

Pada hari Senin tanggal 27 Maret 2023 pukul 13.53, saya melakukan top up uang ke akun DANA atas nama saya, sebesar Rp8.000.000, melalui m-banking myBCA, Transaksi berhasil dan saldo sudah terpotong, tetapi di akun DANA tidak ada uang masuk. Saya langsung buat pelaporan ke CS DANA, dengan nomor pelaporan: 25149314.

Pihak DANA mengatakan bahwa saya sudah overlimit untuk melakukan top up. Sedangkan kalau overlimit seharusnya ada penolakan dari Bank BCA, tetapi ini transaksi berhasil. Menurut saya ada kejanggalan sistem di sini. CS DANA mengatakan bahwa akan diproses 3x24jam maksimal. Sampai hari ini Sabtu 01 April 2023, belum juga masuk.

Setiap hari saya menghubungi pihak DANA untuk menanyakan uang saya, selalu dijawab dengan jawaban template. Saya mempertanyakan di manakah uang saya? Lalu mengapa begitu lama untuk proses refund tersebut. Pihak DANA sangatlah buruk dalam menangani kasus ini dan ternyata sudah banyak kasus seperti yang saya alami.

Uang tersebut akan saya gunakan untuk keperluan yang sangat penting, tetapi saya harus menunggu lama karena sistem dan kinerja dari DANA buruk sekali. Saya sudah sangat dirugikan. Bagaimana tanggung jawab dari pihak DANA?? Sampai kapan saya harus menunggu supaya uang saya kembali dan menanggung semua kerugian yang saya alami? Apakah pihak DANA juga akan mengganti semua kerugian saya? Saya rasa tidak.

Saya mohon pihak DANA bisa bertanggung jawab. Saya tunggu sampai hari ini, saya tidak mau tau hari ini uang saya sudah kembali. Terima kasih.

Aditya Halimawan Sutanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sudah cukup lama dana sering bermasalah, sejak awal tahun lalu kayanya. Apaakah penulis belum tahu? Itu masalah di dananya, bukan di BCA nya

    • Iya,saya juga baru tahu kalau bermasalah dan banyak yang merasakan juga.
      Betul, setelah saya menghubungi ke BCA nya, pihak BCA menyarankan menanyakan langsung ke pihak DANA. Yang jadi pertanyaan, kalau alasan nya over limit top up, seharusnya transaksi langsung tertolak, tetapi ini berhasil, dna proses refund nya sangat lama.

    • Yang saya bingung uang nya mau dipake untuk keperluan yang sangat penting, tapi kenapa di transfer ke dana? Kan itu udah ada di rek BCA, kenapa ga langsung dipake ??

    • Pakai flip . Jembatan dr Bank pertama ke bank tujuan .
      10x gratis. Setelah itu byr Rp 900.
      Saya ambil yg biaya 15rb perbulan. Utk trf ke berbagai bank...
      Jgn gunakan utk VA, topup e-wallet.

  • saya juga saldonya tidak masuk padahal uangnya perlu hari ini
    kacaw, tobat sya pakai dana, jadi takut

    • Iya, mesti hati2 dan bijak sekarang kalau mau pake aplikasi semacam ewallet begini.

  • Itu top 8jt ke dana buat apaan? Kalo transfer ke bank lain mending pake BI fast aja meskipun kena charge 2.500 cuma gpp lah daripada duit gak masuk2 di dana

    • Iya sekarang lebih baik pakai bank aja daripada nyangkut begini lama.
      Biasanya baik2 aja... Tapi sekalinya kena begini jadi kapok.

      • Iya mas udah stop pake ewallet kalo mau transfer, akhir2 ini dana banyak banget kasusnya soalnya

    • Per akun di dana ada limit 40jt perbulan kalau lebih dari 40jt tidak bisa di isi.kalau isi di alfa indo di kasir ada notif limit.kalau isi dari VA bank juga akan ada notif limit.tapi kalau status dari bank saldo terpotong itu biasanya belum kena limit.

  • Kalo mau transfer gede2 jangan pake ewalet, ewalet ada banyak keterbatasan.
    Lebih baik keluar uang buat transfer daripada transfer gratis tapi suka gangguan, dana terpending gara2 keterbatasan limit

  • Pengalaman topup wallet gini yang overlimit jadinya, nanti di balikin bulan depan di walletnya, atau didananya. Uangnya di tahan mereka, karena transaksi berhasil, tapi sudah limit bulan ini. Tapi mungkin beda kasus karena yang lalu saya topup di s****pay

  • Kayaknya pihak dana tidak benar2 serius menanggapi keluhan kita. Saya juga masih ada transaksi pending dari tanggal 22 -04 sampai saat ini tanggal 26-06 tidak ada kejelasan, bahkan setelah 2 bulan saya buat pengaduan akhirnya pihak dana mengatakan bahwa uang telah masuk ke rekening penerima dan menyuruh saya agar menghubungi pihak penerima, sedangkan saya membeli barang secara online,
    Dimana akal sehat anda ? setelah 2 bulan si penerima sudah lupa dengan saya dan transaksi yg saya lakukan,
    #DanaPenuhDrama
    #BebasCemas tapi boong