Mobil yang Ditarik Leasing Dijual di Media Sosial Tanpa Sepengetahuan Nasabah

Perkenalkan, nama saya Nirawati Purnama Sari dari Pontianak, Kalimantan Barat. Saya mempunyai masalah yang amat pelik dengan perusahaan Adira Finance cabang Pontianak.

Pada tanggal 10 Januari 2022 siang hari sekitar pukul 13 lewat, kami dihampiri oleh beberapa orang yang mengaku sebagai debt collector Adira Finance dan bermaksud mengambil kendaraan yang kami bawa. Dengan kasar mereka merampas kunci mobil dan memaksa kami ke kantor Adira di Jalan S. Parman.

Sesampainya di kantor Adira, kami ditemui oleh kepala collector yang bernama Ign***** Pa***. Dia menyuruh saya untuk menyetor sebesar Rp6.000.000 jika ingin membawa pulang mobil. Akhirnya sampai dengan batas waktu, kami hanya punya uang Rp3.000.000 dan berjanji besoknya akan kami bayar lagi Rp3.000.000. Sebagai informasi, kredit kendaraan tersebut atas nama almarhum orang tua saya (a.n. Saman), tapi BPKB dan STNK atas nama saya.

Tanggal 11 Januari sekitar pukul 14.00, kami bertemu di sebuah cafe di dekat kantor Adira, guna menyetor kekurangan uang kemarin sebesar Rp3.000.000 agar mobil bisa kami bawa pulang. Setelah selesai mobil pun kami bawa pulang dan akan kami lunasi sisa cicilan sebesar Rp39.000.000. Pihak Adira memberi tenggat 1 bulan buat melunasi sisa angsuran mobil sebesar Rp39.000.000 cash, kalau tidak mobil akan kembali ditarik.

Karena kondisi kami yang kebetulan ada musibah (bapak kami juga lagi sakit parah), kami tidak dapat menyiapkan uang sebesar itu. Pada tanggal 05 Februari kami ditemui oleh End*** yang mengaku sebagai debt collector dari Adira dan menunjukkan bukti WA antara dia dan kepala collector Adira (inisial I.P.), bahwa dia dapat perintah penarikan kendaraan dari Adira, dengan biaya Rp20.000.000.

Saya jadi bingung, di satu sisi orang tua yang terbaring di rumah sakit juga memerlukan biaya yang lumayan besar, di sisi lain ada masalah dengan finance. Terpaksa mobil saya serahkan ke End*** dengan asumsi bahwa begitu ada uang yang cukup akan kami ambil kembali lagi.

Namun yang terjadi kemudian, sekitar bulan Maret, tanpa pemberitahuan dari pihak leasing, saya melihat mobil saya diposting dijual di salah satu platform media sosial Facebook. Saya kaget, karena saya hafal plat kendaraannya. Saya jadi bertanya-tanya, kok mobil saya bisa dijual di media sosial sedangkan dari pihak leasing tidak pernah memberitahukan tentang masalah ini?

Akhirnya kami memutuskan menelepon bagian collector (inisial I.P.) dan beliau menjawab bukan urusan saya yang mengeluarkan BPKB dan menyuruh kami bertanya ke bagian CS. Kami pun mendatangi kantor Adira dan bertemu dengan CS-nya (a.n. Li**). Kami pun bertanya kepada CS mengenai BPKB mobil yang tanpa konfirmasi konsumen kok bisa berpindah tangan atau berganti kepemilikan? CS menyatakan coba tanya ke bapak I.P. Saya pun kecewa dengan jawaban yang saling lempar antara bagian collector dan CS.

Hari berikutnya sekitar pertengahan Maret kami datang ke kantor Adira guna menyelesaikan sisa kredit sekitar Rp39 jutaan dan mengambil BPKB. Namun jawaban yang kami dapati justru sangat bertele-tele dan bikin ribet, banyak sekali aturan yang harus dipenuhi, yang tidak masuk akal seperti mau bertemu org tua. Padahal pihak Adira sudah mengetahui kondisi bapak yang sakit. Saya juga sudah memberikan surat kuasa bermeterai Rp10.000, lengkap dengan dokumentasi video agar bisa menuntaskan masalah ini.

Sampai orang tua saya meninggal di bulan Ramadhan pada tanggal 13 April 2022 hingga tulisan ini saya buat di bulan April 2023, masalah ini tidak juga kunjung selesai. Kami juga sudah membuat aduan via online di situs resmi OJK. Semoga pihak Otoritas Jasa Keuangan dan Adira Finance Jakarta mendengar keluhan saya yang merasa dirugikan dengan kasus penggelapan unit kendaraan saya.

Nirawati Purnama Sari
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Adira Finance atas Mobil yang Ditarik Leasing Dijual di Media Sosial Tanpa Sepengetahuan Nasabah

Tanggapan Adira Finance Untuk Permohonan melalui Website mediakonsumen.com (08/04/2023): Mobil yang Ditarik Leasing Dijual di Media Sosial Tanpa Sepengetahuan Nasabah....
Baca Selengkapnya

155 komentar untuk “Mobil yang Ditarik Leasing Dijual di Media Sosial Tanpa Sepengetahuan Nasabah

      • 10 April 2023 - (09:10 WIB)
        Permalink

        Saya sarankan laporkan jg k polisi terkait leasing dan DC tersebut.klo sy jadi anda sdh pasti DC tersebut ngeringkuk d tahanan

        12
        1
        • 10 April 2023 - (16:53 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atensinya mas ronggo
          Sudah pernah kami laporkan ke polresta pontianak
          Namun dimentahkan dengan alasan perdata dan disarankan ke “Badan penyelesaian sengketa konsumen”
          Namun dri BPSK kekurangan anggota buat Pra sidang
          Mereka takutnya sampai ke arbitrase dan kekurangan hakim

          • 6 Mei 2023 - (11:35 WIB)
            Permalink

            kalau unit sudah dijual gimana cara mengambil BPKB nya? sepengetahuan saya pengambilan bpkb oleh orang lain harus pakai surat kuasa pemegang kontrak, dan kalau unit akan dilelang bukannya harus didaftar kan ke badan lelang kan?

      • 9 April 2023 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Saya punya saran kak. coba kakak konsultasi kan dahulu ke fakultas hukum universitas tanjungpura atau fakultas hukum universitas panca bakti di sana ada lembaga bantuan hukum gratis..semoga meraka-meraka bisa bantu kakak terima kasih

        11
        • 10 April 2023 - (04:40 WIB)
          Permalink

          Terimakasih mas atensinya
          Mas apakah org pontianak sehingga hapal betul ke dua universitas tersebut
          Alhamdulillah dapat saran
          Insha allah saya akan coba
          Dan semoga bisa menunaikan janji saya ke almarhum bpk
          Agar bisa ambil ambil dan merawat kenangan dri beliau

      • 10 April 2023 - (05:18 WIB)
        Permalink

        Yah bgitulah DC, bnyak disumpahin orang, nanti jg kena karmanya, ga di dunia ya pasti di akhirat.

          • 10 April 2023 - (09:25 WIB)
            Permalink

            Terimakasih mas Muhammad atensi nya
            Saya ikhtiar menulis di. Media konsumen berharap agar tulisan saya bisa menjadi wadah pembuka dan menjadi titik perjuangan semangat saya
            Dalam memenuhi keinginan terakhir alm. Org tua sy

    • 9 April 2023 - (04:49 WIB)
      Permalink

      Saya ingin sedikit ksh info tentang penarikan mobil…..jika kita sdh tidak mampu utk melakukan pembayaran sebaiknya kita serahkan saja ke pihak collector.drpd bu/bpk minta wkt 1 bln.kalau kita lgsg ksh ke pihak lising kita msh ada balikan dana yg kita dapat.antara 3-8jy tergantung dr pihak sana.langsung saja nego ke debt collector.minta bagi 2 dr mereka.karena nantinya mbl kita akan dititipkan ke perusahaan lelang mobil.dr situ lah biaya hutang kita dilising dibayarkan oleh pihak lelang.

      2
      14
        • 9 April 2023 - (13:09 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atensinya mas
          Maaf saya seorang ibu rumah tangga bukan seorang pria hehhee
          Tpi tidak apa-apa
          Terimakasih atas masukannya

          1
          1
      • 9 April 2023 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Detailnya lupa mas
        Yg saya inget itu tersisa 12 kali angsuran lgi
        Kurang lebih kreditnya tinggal 39 jutaan
        Org tua ambil 2017 bulan juli
        Yg seharusnya lunas ditahun 2022 bulan juli kemarin
        Nyatanya pada bulan maret mobil berpindah tangan di saat saya akan pelunasan unit tersebut

        • 9 April 2023 - (19:13 WIB)
          Permalink

          Salam mbak mora, dari data history payment yang saya lihat mobil mbak udah masuk ke bagian WO, berarti mobil nya sudah tertunggak di atas 7 bulan.
          Mbak kalau ingin buat pengaduan dan proses nya cepat langsung hubungi ke nomor dering adira finance, 1500 511, ini nmor nya mbak, mudah2han ada jalan keluar nya mbak.

          • 10 April 2023 - (11:42 WIB)
            Permalink

            Terimakasih mas atas informasi nya
            Selalu saya hubungi no di dering adira dan respons yg saya dapat
            Malah disuruh ke cabang tempat kejadian
            Bolak-balik ke situ situ aja
            ???

        • 9 April 2023 - (19:13 WIB)
          Permalink

          Lapor polisi berikut bukti” baik dr pihak kolektor,adira yg lengkap spt bukti percakapan ttg dana yg d minta br somasi,bs pd kena pasal berlapis spt penggelapan,pemerasaan,penipuan,berbohong

        • 10 April 2023 - (00:14 WIB)
          Permalink

          Saya Catur Wibiksono.sy ketua salah satu lembaga perlindungan konsumen di Jawa tengah.chat ke nomer wa Sy kalau pingin konsultasi atau minta bantuan melalui lembaga sy.ini nomer wa Sy 0895-808-99-000-7

          • 10 April 2023 - (11:47 WIB)
            Permalink

            Terimakasih pak bantuan nya
            Saya udah pernah ke BPSK pontianak
            Mereka pernah mau lanjutin ke pra sidang
            Namun seminggu kemudian dari salah satu dri mereka menghubungi saya dan bilang kalau BPSK akan memanggil perwakilan adira
            Karena sesuatu hal
            Hakim ketua di BPSK mengalami musibah dan dua org lainnya sedang memasuki masa pensiun
            Otomatis pengaduan saya terhenti karena kekurangan anggota majelis

        • 10 April 2023 - (17:17 WIB)
          Permalink

          Maaf yaaa ikut komen saya baru liat nih kasusnya, saran saya kl ada masalah komunikasikan dikantor jgn lewat collector karena collector sendiri hanya sbg pihak yg diberi perintah tetap apapun kantor, apalagi soal penyerahan unit baiknya jg dikantor, dikantor unit terjamin sistem kl penyerahan unit dikantor biasanya mobil akan disimpan digudang leasing, tiap leasing punya gudang sampai si debitur masih ingin miliki unitnya atau tdk jika tdk biasanya akan dilelang masuknya ke jba dsbnya balai lelang, ll sistem diatas masuknya ke collector bukan kantor jd ya gt, perlu diketahui collector ada internal collector terdiri dari head collector, atasan manajer finance spv mengetahui, dan internal resmi ada surat tugas ada id card, kl collector eksternal dimana sering digunakan pihak ketiga ya spt itu sistemnya, itu urusan collector unit mau diapain masuknya kl lewat pihak ketiga laporan kantor beres hehe.

        • 10 April 2023 - (17:18 WIB)
          Permalink

          Maaf yaaa ikut komen saya baru liat nih kasusnya, saran saya kl ada masalah komunikasikan dikantor jgn lewat collector karena collector sendiri hanya sbg pihak yg diberi perintah tetap apapun kantor, apalagi soal penyerahan unit baiknya jg dikantor, dikantor unit terjamin sistem kl penyerahan unit dikantor biasanya mobil akan disimpan digudang leasing, tiap leasing punya gudang sampai si debitur masih ingin miliki unitnya atau tdk jika tdk biasanya akan dilelang masuknya ke jba dsbnya balai lelang, kl sistem diatas masuknya ke collector bukan kantor jd ya gt, perlu diketahui collector ada internal terdiri dari head collector, atasan manajer finance spv mengetahui, dan internal resmi ada surat tugas ada id card, kl collector eksternal dimana sering digunakan pihak ketiga ya spt itu sistemnya, itu urusan collector unit mau diapain masuknya kl lewat pihak ketiga laporan kantor beres hehe.

          • 10 April 2023 - (17:24 WIB)
            Permalink

            Terimakasih pak atensinya
            Saya malah gk paham itu semua
            Soalnya waktu unit kami di ambil dijalanan
            Saya lagi mw nebus resep dokter
            Buat penyakit kanker hati alm.bpk
            Jdi saya prioritas kan keselamatan dulu
            Dan sempat berdebat bahwa kami akan menebus unit kembali

    • 9 April 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Penarikan unit blm lunas di tempat umum pun setau saya tidak diperkenankan lho. Kok bs main sita kendaraan

    • 9 April 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Itu mah namanya penggelapam dr pihak adira & bs kena pasal berlapis,pihak debt collektor yg kalian tugaskan bs kena proses jg terutama manager adira yg tdk mungkin tdk tau kejadian,di viralkan plus di laporin polisi br d somasi selesai kalian

    • 10 April 2023 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Kalau DC licik gitu. Lebih baik Backup oleh LSM atau overkredit ke LSM lagi pula LSM masih mau Nerima uang 30-35 juta daripada diambil DC dan Leasing curang seperti itu

      2
      1
  • 8 April 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Akibat ulah oknum
    Nama besar seorang Adira finance jdi korban
    Semoga oknum tersebut medapatkan sangsi yg tegas
    Karena ini nggak mungkin tanpa ada keterlibatan org dalam

    45
    2
      • 8 April 2023 - (19:43 WIB)
        Permalink

        Terimakasih atensi nya pak
        Bukan bermaksud Su’udzon di dalam hati saya juga berpikir
        Ini pasti yg bermain adalah kepala collection,customer Service dan DC
        Karena begitu kami mw pelunasan
        Semuanya pada lempar tanggung jawab dan Branch Manager adira baru mengetahui hal ini setelah ada laporan saya ke OJK secara online
        Dan informasi yg saya dengar tindak lanjutnya tergantung dari tanggapan adira pusat mengenai masalah ini

        18
        0
          • 9 April 2023 - (12:30 WIB)
            Permalink

            Terima kasih mas atas atensinya
            Saya anggap sebagai pelajaran buat kedepannya
            Saya tidak bermaksud menjelekkan perusahaan tertentu
            Mungkin memang ada banyak lagi oknum DC yg bikin reputasi perusahaan menjadi negatif karena ulah oknum tersebut

        • 9 April 2023 - (19:15 WIB)
          Permalink

          Mustahil branch manager br tau wong bpkb ada dimana dia tau,mau cuci tangan tuh bs diseret di BAP jg tuh branch manager

      • 8 April 2023 - (20:06 WIB)
        Permalink

        Klo tebakan saya tidak salah, mobil ibu di tarik eksternsl DC, dan tidak di setor ke kantor adira, pasti ada main mata antara DC sama IP, bisa di laporkan ke polisi atau minta bantuan LBH,jgn lupa SS medsos yg menjual mobil ibu,
        Jika LBH tulus bantu ibu, pasti mobil ibu bisa balik atau malah dpt duit dan mobil baru, cb bukti penarikanya jgn sampai hilang, itu resmi dr adira atau hanya surat bodong

        15
        • 8 April 2023 - (20:44 WIB)
          Permalink

          Terimakasih mas masukan nya
          Waktu penarikan
          Posisi saya lgi di jalan mw ke apotik buat nebus obat alm.bapak
          Disitu saya bingung
          Disatu sisi mereka ramai dan disatu sisi saya memikirkan org tua yg sedang berjuang melawan kanker hati yg di deritanya
          Dan menunggu obat dri saya
          Dilema keduanya
          Maka saya pilih keselamatan org tua saya dengan memprioritaskan keselamatan nyawa beliau
          Dengan beradu argumen unit akan saya ambil kembali

          10
        • 9 April 2023 - (19:17 WIB)
          Permalink

          Setuju itu namanya penggelapan,penipuan,pembohongan & apkh bs bpkb pindah tangan (balik nama)kl tdk dokument yg d akalin (bodongin)???

          • 10 April 2023 - (06:03 WIB)
            Permalink

            Waktu sebulan yg lalu saya cek via online
            Plat kendaraan belum berubah dan masih atas nama
            Dan saya yakin itu belum di balik nama

          • 10 April 2023 - (11:52 WIB)
            Permalink

            Terimakasih mas “Tembong” atensinya
            Saya juga berpikiran begitu
            Dokumen yg dipakai buat ngeluarin BPKB itu pasti palsu
            Karena kami sama sekali tidak pernah menandatangani surat atw apapun dri pihak adira finance cabang pontianak

    • 8 April 2023 - (21:26 WIB)
      Permalink

      Jangan ke LBH, makin runyem nanti LBH minta bayaran belum tentu juga bisa ngeberesin, mending langsung aja sama pihak adiranya pasti ada win win solustion.

      4
      1
      • 8 April 2023 - (21:33 WIB)
        Permalink

        Terimakasih mas atensi nya
        Kalau soal ke kantor adiranya
        Jangan ditanyakan lagi
        Udah puluhan kali selama setahun belakangan
        Cuman nggak pernah mw mereka menemukan secara langsung sama Branch manager nya
        Kasus ini sengaja mereka tutupi
        Hampir satu tahun ini saya mencari kontak BM adira cabang pontianak
        Tapi nggak dapat2

        • 9 April 2023 - (01:27 WIB)
          Permalink

          Saya juga punya pengalaman dengan adira.banyak para mafia² d sana.apalagi mau lunas tapi pembayaran macet.sasaran empuk buat ladang bisnis.bukan hanya seorang.tapi tiap hari ganti² orang yg datang

          • 9 April 2023 - (08:00 WIB)
            Permalink

            Terimakasih mas atensinya
            Pengalaman saya pribadi justru baru kali ini
            Mendekati pelunasan di bulan juli 2022
            Eh kejadiannya dibulan februari saya serahkan unit dengan harapan akan pelunasan
            Justru di bulan maret unit saya berpindah tangan ke orng lain tanpa ada surat resmi atau pemberitahuan apapun

        • 9 April 2023 - (13:25 WIB)
          Permalink

          Buat pelajaran kita semua apapun yang terjadi apabila gagal bayar jgn pernah lepasin mobil ke DC apapun itu keadaannya

        • 9 April 2023 - (19:20 WIB)
          Permalink

          Viralkan terus disemua media cetak spt twitter dan cc kan ke polri,humas polri,kapolda kalimantan kl perlu lapor ke polda setempat dan somasi pihak adira & debt collektor biar cipirit mrk

          • 10 April 2023 - (04:42 WIB)
            Permalink

            saya dahulu alumni di salah satu universitas di sana kak dengan prodi yg sama.terima kasih

    • 9 April 2023 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Informasi terkhir salah satu oknum DC eksternal yg pernah berhadapan dengan kami
      Saat ini tengah di pidana dengan kasus yg sama tpi bukan di kasus saya melainkan kasus lain…
      Sangat miris cara2 curang oknum DC dalam pekerjaannya medapatkan uang dengan cara yg curang

    • 9 April 2023 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Terimakasih mas atensinya
      Info terbaru yg saya terima
      Salah seorang oknum DC yg pernah mencegat dan merampas kunci unit saya
      Kini telah di bui dengan kasus yg sama
      Cuman berbeda korbannya

      • 9 April 2023 - (19:23 WIB)
        Permalink

        Lapor lg kelakuan deci tsb biar double hukuman nya & jgn mau damai dgn pihak adira & deci trmsk branch managernya laporin & cc kan ke adira pusat jg biar gak bs tidur kl d viralkan minimal 1 minggu

        • 10 April 2023 - (06:25 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atensinya mas
          Baru sekarang lah tergerak ingin membuat masalah ini agar mencuat ke publik
          Sebelumya sempat pasrah karena sudah putus asa dengan segala cara ditempuh namun nihil
          Karena mengingat pesan terakhir almarhum agar “selesai kan segera urusan di leasing dan rawat peninggalan terakhir dri beliau”
          Di situlah semacam ada kekuatan ganda buat saya
          Agar ke inginan beliau bisa saya jalankan

  • 8 April 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Besok yg kerja di Adira finance kelak
    Jika mati anak bini nya langsung di
    Lempar ke neraka lapis paling bawah
    .

    26
    6
    • 8 April 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      pemakan riba, yang menyetorkan riba, pencatat transaksi riba dan dua orang saksi dalam transaksi riba, mereka semua sama berdosanya.

      9
      13
    • 9 April 2023 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Lah nape anak bini jadi ikut kena hukuman? Yg salah sape, yg dihukum sape. Semoga kamu kejebak kerja jd pinjol biar kena karma nya

      2
      8
    • 8 April 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Itulah mas…
      Padahal sisa kredit kami tinggal 39 juta
      Dan waktu kami mw nebus kembali dengan membawa uang cash
      Mulai dari bagian CS sampai kepala collector nya
      Malah saling lempar tanggung jawab
      Padahal jarak antara unit yg di tarik sama waktu mw kami tebus kembali
      Itu nggak sampai 1 bulanan

      10
      1
      • 9 April 2023 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Dulu pernah baru cicil mobil dan nunggak ya udah sy pretelin aja pintu setir mobil rem bamper aku penyokin semua karena mobil jg masih asuransi kaca mobil pecahin ban gembosin waktu dc datang ke rumah kata nya mau sita sy bilang langsung ambil aja itu mobil habis tabrakan malah gak di ambil jawab mau balik dulu ke kantor mau ajak teman nya ditunggu malah gak datang suruh perbaiki dulu mobil nya wkwk

      • 8 April 2023 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Jumlah followers lah yg mengalahkan suara saya mas
        Saya ikhtiar lewat tulisan di media konsumen ini
        Agar dapat didengar oleh yg berkepentingan
        Sembari berjuang demi janji ke alm.orang tua saya yg berpesan sebelum meninggal
        Agar berjuang ambil kembali mobil bapak dan rawat baik-baik peninggalan bapak
        ???

        • 8 April 2023 - (22:21 WIB)
          Permalink

          Buat Ibu Mora, Ibu coba viralin lewat Twitter, Ibu cari aja account yang banyak followersnya dan centang biru, banyak banget kok yang sangat mau dengan sukarela membantu memviralkan dan selama yang saya tau banyak kasus yang tadinya korban sudah putus asa akhirnya bisa berhasil. Sekali lagi saya ulang: kalau di twitter ibu nggak perlu banyak followers bahkan nggak punya foolowerpun bisa, yang penting Ibu cari account yang punya followersnya banyak dan centang biru kemudian Tag aja account tersebut dan bilang minta tolong di twit atau diviralkan.

          Semoga membantu dan masalahnya cepat selesai

          12
          • 8 April 2023 - (22:33 WIB)
            Permalink

            Terimakasih ibu atas atensinya
            Inshaallah setelah mendengar saran dari ibu saya juga akan mencoba ikhtiar lewat twitter juga
            Agar bisa di follow up dan didengar oleh para pemegang tertinggi di adira
            Semoga setelah terbitnya tulisan ini dan saya yakin di belakang saya juga pstinya ada yg bernasib sama
            Sehingga timbul keberanian dan mau berjuang demi mempertahankan suatu kebenaran walaupun dengan jalan yg terjal dan berliku dan sangat melelahkan sampai menguras air mata

            1
            1
          • 8 April 2023 - (23:02 WIB)
            Permalink

            Oh iya tambahan kalau Ibu mau lihat contoh kasus yang dibantu diviralkan pengguna twiiter coba ibu search di kolom pencarian dg kata kunci Twitter please do your magic” nah nanti akan keluar kasus2 yang viral berkat bantuan nettizen, Ibu bisa contoh konsepnya seperti apa.

  • 8 April 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Wahh udah pelanggaran nih.. bisa di tuntut atas penggelapan barang,

    Bawa ke jalur hukum aja..

    15
    1
    • 8 April 2023 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Sudah pernah mas melapor ke polresta pontianak namun dimentahkan dengan alasan perdata
      Kami pun putus asa setelah sekian lama menunggu kejelasan
      Dalam ikhtiar kami mencoba berbagai cara agar kasus ini bisa di follow up
      Dan menulis di media konsumen
      Adalah salah satu cara agar menjdi berita nasional dan mendapatkan atensi dri warga netizen
      ??

      11
      2
  • 8 April 2023 - (17:13 WIB)
    Permalink

    diluar masalah Adira nya..ikut berduka cita utk orang tua penulis,semoga amal ibadah diterima di sisi Allah S.W.T

    11
    1
    • 8 April 2023 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Aamin allah huma aamiin
      Semoga almarhum org tua saya juga melihat perjuangan saya dlm pesan terakhirnya sebelum beliau wafat
      Beliau berpesan jangan mundur dan tetap ambil kembali mobil peninggalan atw kenang kenangan dri bapak
      ???

      8
      1
      • 8 April 2023 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Turut berduka atas meninggalnya org tua bpk/ibu, semoga diberi tempat di surga Allah amiiinn.. Saran saya coba bpk/ibu buat laporan ke BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) terdekat, karna lapor ke OJK menurut saya kurang tepat. Saya bekerja sbg kolektor internal di sebuah leasing mobil, tapi kita punya aturan main pasca pengembalian unit (tidak dijual atau dialihkan, melainkan dilelang oleh perusahaan dan bukan oleh DC). Dari kasus ini yg saya lihat unit/barang tsb masih ada hak konsumen, dan leasing tidak berhak menjual itu tanpa sepengetahuan customer, apalagi bpk/ibu sudah berusaha cari dananya walaupun lewat waktu, tapi DC tidak boleh menjual tanpa sepengetahuan bpk/ibu, harus ada persetujuan dari konsumen soal itu . Alasan dijual tanpa sepengetahuan : DC/bagian Collection cabang tsb ingin ‘bermain’ mengambil keuntungan. Contoh : Dijual 100jt, sisa pelunasan 39jt = selisih 61jt itu akan dibagi-bagi, entah itu dengan DC yg lain/pimpinan DC/sebagian diberikan ke konsumen alias kompensasi. Saran saya datang langsung kekantor BPSK terdekat di kota bpk/ibu, dengan bawa bukti selengkap-lengkapnya, nanti akan diurus oleh BPSK. Demikian terimakasih

        14
        1
        • 8 April 2023 - (18:58 WIB)
          Permalink

          Sudah pak kami ke kantor BPSK pontianak
          Setelah pengaduan lewat kepolisian dimentahkan dan disarankan ke kantor BPSK
          Namun dri unsur BPSK kekurangan org buat pra sidang dengan alasan majelis hakim nya memasuki masa pensiun beserta 2 org lainnya
          Jdi kekurangan unsur pegawainya
          Mereka takut sampai ke arbitrase
          Dan memakan waktu yg lama

          4
          1
          • 8 April 2023 - (20:38 WIB)
            Permalink

            Salut dgn perjuangan kakak yg luar biasa. Terkadang memang mencari keadilan itu tdk mudah dan hrs diperjuangkan. Tapi percayalah, perjuangan yg tdk kenal lelah pst akan membuahkan hasil.
            Saran saya, kalau laporan polisi masi terkendala, coba ambil langkah hukum perdata dulu. Gugatan ke pengadilan biaya sangat rendah dan terjangkau. Kakak bisa maju sendiri ke pengadilan tanpa pengacara jika terkendala biaya. Hanya saja kakak butuh org yg paham hukum utk konsep surat gugatan. Coba kakak hubungi Masterdjun, Ridwanbali. Saya liat mereka sering bantuin org terkait mslh demikian. Coba konsultasikan dgn mereka kak langkah hukum apa yg bisa diambil. Atau coba minta mereka bantuin konsep surat gugatan agar kakak bisa maju sendiri ke pengadilan, mudah2an mereka tergerak hati nya bersedia membantu.

          • 8 April 2023 - (21:07 WIB)
            Permalink

            Siapa pun, yg kredit jika mmg benar2 masih mampu buat bayar angsuran dan telat, di datangin DC, ckp vidioin saja dr perdebatan, minta solusi atau tengang waktu, tp jika pihak DC bersihkeras mau tarik, jika yg nagih eksternal minta di selesaikan di kantor si leassing yg terdekat ( untuk mastiin mereka bukan DC begal) tp jk internal yg nagih, pastikann ada surat tugas asli dan masih aktif , bkn fotokopi dan kadaluarsa, ST ( Surat Tugas) biasanya yg nagih Internal SK (Surat kuasa ) biasanya yg nagih Eksternal Alias DC ini biasanya yg kasar, nah jgn takut tetap santai, jika mereka tetap maksa tarik, vidioin dan jgn mau tanda tanggan apapun, ini bisa di kenakan pasal perampasan.
            DC ada 3 kategori.
            DC Cabang, DC HO dan DC pihak ke 3, ( Ini biasanya nagih yg sdh jadi Lose perusahaan).
            DC cabang biasanya rawan main mata ( main data Debitur )dgn kepala kolektor atau dgn kolektor internal, DC HO biasanya suka main data debitur, ketika SK sdh kadal luarsa, SK asli kadang g di pulangin, nah Debitur di cari dgn cara mereka, dan jika dpt unit di pakai sendiri atau di jual.

            3
            1
        • 8 April 2023 - (19:04 WIB)
          Permalink

          Sudah juga kami tempuh konsultasi ke LBH di pontianak pak
          Cuman ya biasa lah pak
          Mereka mw bergerak harus ada uangnya
          Dan disitu saya kewalahan dri mediasi yg pernah saya dan lbh pontianak ikuti hsilnya kurang memuaskan yg ujung-ujungnya masalah uang
          Sudah hampir 4 juta namun hasilnya begitu2 saja
          Saya ikhtiar nulis di @media Konsumen supaya bisa di follow up
          Dan di dengar lewat media sosial,maupun cetak dan elektronik

          5
          1
          • 8 April 2023 - (19:38 WIB)
            Permalink

            miris ya urusan spt ini dng leasing kita sebagai debitur sdh di rugikan dan harus lapornya kmna ya jika ada kejadian spt ini semoga ada solusi nya mbk bismilah gusti Allah beserta kita amin

            2
            1
          • 8 April 2023 - (19:54 WIB)
            Permalink

            Kasusnya kakak sama dengan yang saya alami, hanya bedanya saya cuma unit roda 2 dan beda lesing juga.jadi setelah kejadian tersebut saya jadi gak mau lagi ngambil suatu barang dengan sistem kredit. Karna menurut saya sistem kredit itu hanya menyengsarakan kita saja.permainan mereka sangat mengerikan. Jadi lebih baik beli barang sken dahulu,menabung/jika mampu lebih baik beli cash saja.

            Yang sabar aja ya kak, pasti ada sesuatu yang bagus/baik dibalik musibah yang kakak alami saat ini.

          • 8 April 2023 - (20:29 WIB)
            Permalink

            Masuk ke medsos, biar viral…

  • 8 April 2023 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Semangat mbak. Semoga mendapatkan hak2 nya dan oknum2 tersebut mendapatkan balasan setimpal

    5
    1
    • 8 April 2023 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Aamiin pak, tanpa henti kami berdoa
      Agar mendapatkan jalan dan titik terang
      Masalah nya ini amanah terakhir alm.org tua saya agar tetap berjuang dan ambil kembli kenang kenangan dri beliau
      Sebelum beliau wafat
      Pesan terakhir nya ” Tolong mobil peninggalan bapak di urus dan ambil kembali walaupun harus Menggadaikan SK pegawai bapak”
      ???

      3
      1
  • 8 April 2023 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin atas musibah yang dialami..kalau mnrt sy..hrsnya dipemilik mobil..kalau tdk sanggup mengansur lagi..mobil sebaiknya dijual saja..karna kalau ditarik pihak leasing ..biaya pengambilan kembali sj lumayan nilainya..

    • 8 April 2023 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Kami nggak berani menjual mobil yg masih status kredit pak
      Karena ada ancaman uu disana
      Dan takutnya kami terkena pasal
      Klo mw take over juga kami tidak ada niatan
      Soalnya sisa kredit tinggal 39 juta
      Dan situasi saat itu kami juga butuh biaya pengobatan alm.org tua saya yg terkena kanker hati stadium akhir
      Makanya saya tidak mw banyak ribut
      Dan saya kembalikan dengan perjanjian akan mengambil kembali jika sudah ada uang nya
      Belum sampai 1 bulan berlalu
      Saya lihat unit saya di post di salah satu media sosial
      Lha kan saya kaget kok bisa begitu
      Mungkin secara tidak sengaja alm.org tua saya mengetahui masalah nya dan tambah kepikiran dan membuat semakin drop

      • 10 April 2023 - (10:48 WIB)
        Permalink

        bu. sy tdk tau ini berhasil atau gak. tp bs dicoba.
        sdh coba ke polda kalbar?
        kepala SPK polda ,Akbp bpk. Gede, seandainya bs bertemu, cb mnt tlg ke beliau utk dibantu urus.
        blg saran dari salah satu masyarakat biasa yg pernah di tolong sama beliau.
        deandainya bukti2 mencukupibdan ada unsur tindakpidana, moga2 beliau bs membantu

        • 11 April 2023 - (07:14 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atensinya mas
          Apakah org ptk juga?
          Sangat susah bertemu pak kalau beliau belum kenal kita…
          Kalau ada informasi mengenai pak Gede atw alamatnya boleh di share ke saya mas…
          Sebelumnya saya ucapkan terima Kasih

  • 8 April 2023 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Buat laporan ke Tim Internal Audit Nya Adira Finance juga bu, bisa via email Up. Internal Audit Dept, atau kalo dapat info bisa melalui media konsumen resmi internal Adira

  • 8 April 2023 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sarannya mas
    Apa bisa saya minta alamat email yg dimaksud
    Sebelum nya saya ucapkan terimakasih
    ??

  • 8 April 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Klo pun mobil di setor ke kantor, debitur biasanya dpt surat dr leassing batas kpn bisa mobil di tebus, dan jika tdk di tebus akan di lelang, tapi lelangnya resmi, bukan di medsos jika tdk ada surat pembehitahuan, fix ini DC dan IP ada main

  • 8 April 2023 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Sama sekali nggak ada surat resmi dri kantor adira pontianak pak
    Soalnya jarak antara mobil di sita
    Dengan niat kami mw pelunasan kurang lebih nggak sampai 1 bulan
    Hanya berjarak mingguan saja

  • 8 April 2023 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Waduh itu mah pasti mobilnya sudah di jual oleh mereka makanya mereka ber belit belit, supaya debitur bosan dan putus asa, lalu mengiklaskan. Kalo mau up di media sosial terus seperti Twitter atau Instagram yg gampang viral malah tiktok bikin aja videonya di tiktok kalo fyp langsung gerak cepat dah

    • 9 April 2023 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atensinya mas
      Iya saya juga ikhtiar ke akun media yg lainnya
      Semoga berita ini mendapatkan tanggapan yg serius oleh perusahan yg bersangkutan

  • 8 April 2023 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Seharusnya jika memang unit itu di tarik nasabah akan menerima surat pemberitahuan lelang sebelum unit itu akan d jual coba konfirmasi lagi apakah ada surat tersebut. dan jangan menggunakan LBH atau ormas yg malah memperkeruh keadaan yg makin menyukitkan nasabah lapor ojk atau ajukan gugatan melalui pengadilan

    • 9 April 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Sama sekali tidak ada pak
      Surat resmi ataupun pemberitahuan mengenai unit saya yg akan di lelang
      Disitu saya udh merasa dipermainkan oleh oknum tersebut

  • 8 April 2023 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Emang bgitu triknya Leasing. Alasan nunggak beberapa bulan. Kendaraan sdh ditarik, konsumen mau bayar tunggakan, eh dsuruh melunasi. Dg beribu alasan.

    Tp,, mohon maaf. Bukannya klo yg nyicil sdh meninggal dunia. Bisa dicover asuransi…

    Terima kasih.

    • 8 April 2023 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas atensi nya pak
      Memang benar jika kita memakai asuransi All risk cuman kami tidak memakai yg all risk full 5 tahun
      Kami memakai TLO
      Jdi cuman 1 tahun demi menekan angsuran perbulan…
      Unit kami ambil dri baru di dealer daihatsu
      Yg seharusnya pada bulan juli 2022 itu sudah lunas
      Namun setelah jalan 4 tahun
      Terkendala biaya alm.org tua yg terkena kanker hati stadium akhir
      Disitu lah mulai bermasalah di pembayaran
      Sampai alm. Org tua rela SK PNS ny di agunkan guna menebus sisa kredit 39 juta
      Begitu ungny udh siap
      Malah kejadian unit berpindah tangan

      • 9 April 2023 - (02:51 WIB)
        Permalink

        Mending lapor perdata ke pengadilan negeri pontianak, sesegera mungkin. Cari panitera, bawa bukti surat penarikan. Gugat Pt. Adira dan Oknumnya.

        2
        1
        • 9 April 2023 - (08:15 WIB)
          Permalink

          Terimakasih mas atensiny
          Kami sama sekali tidak mendapatkan surat apapun
          Di situ saya bingung

  • 8 April 2023 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Mereka takan bahagia di akhirat nanti karna menjual barang milik orang lain lalu buat orang lain menderita. Kalo saya liat itu pelaku akan saya seret mereka ke jeruji besi dengan tangan saya. Karna saya gak tegah liat si penulis kaya gini. Keep strong yang nulis masalahnya semoga cepat dipenjara pelakunya amin?

    6
    1
    • 9 April 2023 - (06:32 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pak atensinya… Saya juga udh nggak ingat lagi sama wajah DC yg merampas unit saya di jalan…
      Kecuali wajah kepala collector nya di kantor adira pontianak nggak akan saya lupa
      Puluhan kali saya kekator adira pontianak dri tahun 2022 meminta kejelasan
      Tpi nihil sampai sekarang

      3
      1
  • 8 April 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Waduuh ngeri juga ya Adira cabang.
    Tapi emang banyak pemainnya siih
    Karena udah ngerasain sendiri dan berakibat fatal.
    Sampai di blacklist dari Adira.

  • 9 April 2023 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Trnyt bnyk yg pny mslh. Oleh orng2 brmslh. Sprtinya oenggelapan. Pak inisial I.p harusnya malu sm nama depannya. Segenap karyawan adira hati2 hari tua kelak bnyk mslh.

    1
    1
  • 9 April 2023 - (04:33 WIB)
    Permalink

    Usut tuntas kak, laporin balik kalo memang unit kendaraannya gak bisa kembali ke tangan kaka dan langsung tuntut balik dengan minta ganti rugi biaya DP dan angsuran yang sudah kaka keluarkan .
    Coba konsultasi ke pihak kepolisian karna kalo ada unsur penggelapan bisa dipidanakan

  • 9 April 2023 - (04:34 WIB)
    Permalink

    Turut berdukacita cita atas kepergian Ayahnya Mbak,
    Apakah Mbak sewaktu penyerahan unit di mintain tanda tangan ? Kalau belum segera laporkan ke pihak berwajib, atas dasar perampasan dan penggelapan. Untuk kasusnya jangan sampai putus asa, Mbak bisa UP di semua media sosial lengkap dengan kronologi, tidak mungkin Admin BPKB mengeluarkan BPKB jika blm ada kesepakatan final.Viralkan. DC DC biad*b dan siapapun terlibat itu harus menerima konsekuensinya. Bawa bukti screenshot iklan mereka di Facebook ke kantor Polisi.

    • 9 April 2023 - (06:36 WIB)
      Permalink

      Terimakasih mas atensinya
      Tidak ada sama sekali saya diminta tanda tangan maupun surat surat resmi dri dira finance tentang penarikan unit atw pun lelang…
      Di situ saya dri tahun kemarin berdebat di kantor cabang pontianak namun tidak ada kemajuan sampai sekarang
      Kalah oleh org yg lebih berpengaruh dalam hukum
      Sedangkan saya nggak ngerti apa-apa dengan hukum

      1
      1
  • 9 April 2023 - (05:22 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin ya kak, Maaf kak, kalo boleh tahu saat penarikkan pertama, ke2 dan seterusnya apakah pihak adira / debt collectornya membawa surat sertifikat fidusia atas nama kendaraan yg kk punya?
    Sertifikat fidusia akan terbit di leasing dan penyitaan dilakukan jika kk dianggap one prestasi menunggak lebih dari 6 bulan (bergantung dari leasing n negoisasi kk selama mereka folowup)

    Jika sudah terjadi penyitaan unit n surat fidusia sudah di tandatangani dan kk diberi nominal tembussan n tempo waktu tertentu, tapi kk masih one prestasi maka gugur sudah kepemilikkan kk atas kendaraan tersebut. Apalagi kasus ini sudah berjalan 1 tahun

    Sangat disayangkan usaha yg kakak lakukan selama ini kurang maksimal..
    Alangkah baiknya dahulu kk email custumer center leasing pusat sebagai mediator n pengawasan dengan leasing setempat. Karna markup rentan terjadi di daerah. Bahkan tdk menutup kemungkinan kk diberi keringanan restrukturisasi utk pelunasan unit

    Walaupun kita tdk saling kenal Semoga alm bapak husnul khotimah. Aminn

    • 9 April 2023 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Terimakasih pak atensinya

      Tidak ada sama sekali saya diminta tanda tangan maupun surat surat resmi dri dira finance tentang penarikan unit atw pun lelang…
      Di situ saya dri tahun kemarin berdebat di kantor cabang pontianak namun tidak ada kemajuan sampai sekarang
      Kalah oleh org yg lebih berpengaruh dalam hukum
      Sedangkan saya nggak ngerti apa-apa dengan hukum
      Dan mengenai sertifikat fidusia
      Seumur umur dri pihak adira belum pernah saya dilihat kan sertifikat fidusia
      Dan bagaiman bentuknya
      Saya tidak tahu pak…
      ???

        • 10 April 2023 - (11:33 WIB)
          Permalink

          Terimakasih bu erniwati yg telah berbagi informasi
          Saya juga akan berusaha termasuk referensi dri ibu
          Akan menjadi salah satu alternatif jalur yg akan saya tempuh demi medapatkan kembali hak2 kami

          • 11 April 2023 - (03:40 WIB)
            Permalink

            semangat bu, saya hanya bisa bantu share aja.
            semoga lekas di urus ini permasalahan sama pihak leasing.

          • 6 Mei 2023 - (00:33 WIB)
            Permalink

            Tetap perjuangkan bund, beri mereka pelajaran . Perjuangkan hak adalah kewajiban bunda.

 Apa Komentar Anda mengenai Adira Finance?

Ada 155 komentar sampai saat ini..

Mobil yang Ditarik Leasing Dijual di Media Sosial Tanpa Sepengetahuan …

oleh mora dibaca dalam: 2 menit
155