Surat Pembaca

Drama Admin Tokopedia Melindungi Seller untuk Pembelian iPhone yang IMEI-nya Terblokir

Surat saya sebelumnya: https://mediakonsumen.com/2023/04/05/surat-pembaca/hati-hati-membeli-iphone-garansi-inter-di-Tokopedia

Setelah surat sebelumnya dimuat di mediakonsumen.com tanggal 05/04/2023, saya bertanya kepada admin Tokopedia prosedur untuk melaporkan seller tersebut ke kepolisian, admin Tokopedia menghubungi saya melalui sambungan telepon untuk menengahi dan menghubungi penjual.

Saya mengikuti saran admin Tokopedia untuk menunggu kabar melalui pusat bantuan Tokopedia dan untuk penyelesaiannya diarahkan oleh admin untuk retur dan refund, karena kendala ini sudah berulang 2 kali dan ada pembeli lain di seller tersebut yang IMEInya terblokir dengan pemakaian kurang dari 2 tahun (menghindari masalah untuk berulang kembali di kemudian hari). Namun seller dengan respon yang sangat tidak baik ini, susah dihubungi sekalipun oleh admin Tokopedia, dan admin Tokopedia hanya tetap menunggu dan menunggu. akhirnya seller chat ke whatsapp meminta dikirim video reset network seperti yang sudah kami kirim sebelumnya.

Drama oleh seller dimulai, setelah mengirim video terbaru, diberitahukan video salah (padahal sebelumnya sudah membuat video reset network sesuai permintaan seller). dan diarahkan untuk membuat video terbaru sesuai arahan terbaru dari seller tersebut. video reset network terbaru sudah saya kirim melalui whatsapp seller dan chat di pusat bantuan.

Drama admin Tokopedia dimulai, admin meminta untuk menunggu respon dari seller tersebut.dan meminta saya menunggu sampai batas waktu 11/04/2023 23:59. Setelah lewat batas waktu yang admin Tokopedia berikan, Admin TETAP meminta saya untuk menunggu respon dari seller (yang sudah diketahui tidak merespon bahkan Admin juga berkali-kali menjawab dari seller tidak ada respon).

Saya sudah mengirimkan beberapa ulasan di toko seller tersebut bahwa, ada pembeli yang mengalami IMEI terblokir kurang dari 2 tahun pemakaian dan rupanya hanya dianggap angin lalu oleh admin Tokopedia. hanya meminta saya untuk tetap menunggu respon yang sudah diketahui sangat amat buruk (dan sangat jelas tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah tersebut dan admin tetap melindungi walaupun sudah ada bukti kerugian). Tidak ada ketegasan atas apa yang sudah disampaikan dan tidak dapat melakukan tindakan apa-apa terkait permasalahan yang terjadi.

Sampai hari ini 13/04/2023, admin tidak merespon sama sekali chat yang sudah saya kirim melalui pusat bantuan Tokopedia. Sehingga membuat saya curiga bahwa admin Tokopedia tidak berada pada posisi untuk menengahi kendala ini dengan baik, cenderung memihak dan melindungi seller tersebut. Admin menghalang-halangi agar saya tidak melaporkan tindakan seller ini, dengan cara mengulur-ngulur waktu, sangat terlihat melindungi dan terkesan bersekongkol.

Untuk pembaca mediakonsumen.com, saya himbau untuk SANGAT AMAT BERHATI-HATI untuk bertransaksi di Tokopedia, dikarenakan apabila ada masalah, anda akan berurusan dengan admin Tokopedia seperti yang saya alami dan seller seperti ini tetap bebas berjualan karena tidak ada tindakan tegas dari Tokopedia. Admin hanya akan menunggu dan meminta kita untuk tetap menunggu respon yang tidak jelas (seperti yang seller tersebut lakukan ke saya selama 2 bulan hilang sinyal)

Untuk admin Tokopedia, apabila tidak bisa menengahi permasalahan yang ada, jangan menghalangi orang yang mengalami kerugian untuk mencari keadilan di luar platform yang Anda miliki.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saran saya bang, kalau belum ada BUDGET BELI IPHONE RESMI. Beli android dulu aja, yang namanya ex inter pasti kacau kualitasanya. Android atau Apple sama aja