Drama Admin Tokopedia Melindungi Seller untuk Pembelian iPhone yang IMEI-nya Terblokir

Surat saya sebelumnya: https://mediakonsumen.com/2023/04/05/surat-pembaca/hati-hati-membeli-iphone-garansi-inter-di-Tokopedia

Setelah surat sebelumnya dimuat di mediakonsumen.com tanggal 05/04/2023, saya bertanya kepada admin Tokopedia prosedur untuk melaporkan seller tersebut ke kepolisian, admin Tokopedia menghubungi saya melalui sambungan telepon untuk menengahi dan menghubungi penjual.

Saya mengikuti saran admin Tokopedia untuk menunggu kabar melalui pusat bantuan Tokopedia dan untuk penyelesaiannya diarahkan oleh admin untuk retur dan refund, karena kendala ini sudah berulang 2 kali dan ada pembeli lain di seller tersebut yang IMEInya terblokir dengan pemakaian kurang dari 2 tahun (menghindari masalah untuk berulang kembali di kemudian hari). Namun seller dengan respon yang sangat tidak baik ini, susah dihubungi sekalipun oleh admin Tokopedia, dan admin Tokopedia hanya tetap menunggu dan menunggu. akhirnya seller chat ke whatsapp meminta dikirim video reset network seperti yang sudah kami kirim sebelumnya.

Drama oleh seller dimulai, setelah mengirim video terbaru, diberitahukan video salah (padahal sebelumnya sudah membuat video reset network sesuai permintaan seller). dan diarahkan untuk membuat video terbaru sesuai arahan terbaru dari seller tersebut. video reset network terbaru sudah saya kirim melalui whatsapp seller dan chat di pusat bantuan.

Drama admin Tokopedia dimulai, admin meminta untuk menunggu respon dari seller tersebut.dan meminta saya menunggu sampai batas waktu 11/04/2023 23:59. Setelah lewat batas waktu yang admin Tokopedia berikan, Admin TETAP meminta saya untuk menunggu respon dari seller (yang sudah diketahui tidak merespon bahkan Admin juga berkali-kali menjawab dari seller tidak ada respon).

Saya sudah mengirimkan beberapa ulasan di toko seller tersebut bahwa, ada pembeli yang mengalami IMEI terblokir kurang dari 2 tahun pemakaian dan rupanya hanya dianggap angin lalu oleh admin Tokopedia. hanya meminta saya untuk tetap menunggu respon yang sudah diketahui sangat amat buruk (dan sangat jelas tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah tersebut dan admin tetap melindungi walaupun sudah ada bukti kerugian). Tidak ada ketegasan atas apa yang sudah disampaikan dan tidak dapat melakukan tindakan apa-apa terkait permasalahan yang terjadi.

Sampai hari ini 13/04/2023, admin tidak merespon sama sekali chat yang sudah saya kirim melalui pusat bantuan Tokopedia. Sehingga membuat saya curiga bahwa admin Tokopedia tidak berada pada posisi untuk menengahi kendala ini dengan baik, cenderung memihak dan melindungi seller tersebut. Admin menghalang-halangi agar saya tidak melaporkan tindakan seller ini, dengan cara mengulur-ngulur waktu, sangat terlihat melindungi dan terkesan bersekongkol.

Untuk pembaca mediakonsumen.com, saya himbau untuk SANGAT AMAT BERHATI-HATI untuk bertransaksi di Tokopedia, dikarenakan apabila ada masalah, anda akan berurusan dengan admin Tokopedia seperti yang saya alami dan seller seperti ini tetap bebas berjualan karena tidak ada tindakan tegas dari Tokopedia. Admin hanya akan menunggu dan meminta kita untuk tetap menunggu respon yang tidak jelas (seperti yang seller tersebut lakukan ke saya selama 2 bulan hilang sinyal)

Untuk admin Tokopedia, apabila tidak bisa menengahi permasalahan yang ada, jangan menghalangi orang yang mengalami kerugian untuk mencari keadilan di luar platform yang Anda miliki.

Terima kasih.

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

46 komentar untuk “Drama Admin Tokopedia Melindungi Seller untuk Pembelian iPhone yang IMEI-nya Terblokir

  • 13 April 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Saya kutip:
    “..saya bertanya kepada admin Tokopedia prosedur untuk melaporkan seller tersebut ke kepolisian..”

    Jika anda serius dengan masalah ini, langsung saja buat laporan polisi untuk dibuatkan berita acara. Nanti aparat hukum yang langsung minta informasi dan data penjual kepada pihak Tokopedia. Delik aduannya adalah penipuan (Pasal 378 KUHP) dan memperdagangkan produk ilegal/BM tanpa pajak (Pasal 102 UU Kepabeanan).

    Patut dicatat bahwa anda sebagai pembeli juga bisa tersangkut masalah hukum karena dianggap membeli produk ilegal/BM sebagai penadah (Pasal 480 KUHP).

    29
    2
        • 14 April 2023 - (00:38 WIB)
          Permalink

          Bukan tokopedia kali yang jual. Tokopedia itu ibarat pengelola mall dan seller/penjual menyewa toko didalam mall. Dan pembeli datang ke toko … namun bedanya online kalau ada masalah barang hilang, rusak dll. Yang hubungi tokopedia nya. Kalau barang belum sampai2 hubungi jasa pengiriman yang kamu pilih.

          • 15 April 2023 - (08:42 WIB)
            Permalink

            Bisa kena juga lha gan sebagai fasilitator penjualan barang ilegal

      • 13 April 2023 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Tidak semudah itu buat laporan ke pihak berwajib .kalau beli garansi inter rada resiko .pembeli dan penjual sama sama tau resiko beli garansi inter

  • 13 April 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Kalau mau lapor polisi ya lgsg aja dtg ke spkt polres terdekat. Kalau bertanya ke admin prosedur lapor polisi, kesannya malah hanya menggertak saja. Lagian juga admin mana paham soal prosedur lapor polisi, kalau pun paham masa iya dia beritahu anda secara dia jg bakal dimintai keterangan.

    • 14 April 2023 - (00:08 WIB)
      Permalink

      Bener ini, niat cari murah, cari2 celah, eh malah terperosok sendiri, ribet sendiri. Hahaha. Memang kenapa sih kalo beli yang asli, ori, bergaransi resmi, dan sesuai dengan ketentuan yang ada?

      Kalo misal alasannya ga punya duit buat beli yang resmi, ya jangan beli, simple ?

      6
      1
  • 13 April 2023 - (21:50 WIB)
    Permalink

    @Tjoe William
    Kamu bisa laporkan kejadian ini di Polres Jakbar, nanti bilang sama petugas disana minta tembusan ke Ditjen Postel Kemeninfo & Ditjen Bea Cukai.
    Terlapornya nanti kamu sendiri yang menentukan siapa yang terlibat.

    Kalau negara sudah membuat aturan/hukum, seharusnya ditaati.

    Segelintir oknum pelaku usaha ini bandel demi mendapatkan berlipat keuntungan.

    • 14 April 2023 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Dia jg bisa jg terlapor karena membeli barang BM alias di sebut penadah. Jd mana berani dia lapor polisi

      • 15 April 2023 - (03:08 WIB)
        Permalink

        knp hrus beli yng garansi inter udh jlas dlu pemblokiran imei bukan hanya iphone sekelas samsung aja sama klo yng ex inter , toko udh angkt tngan krna ya itu toko tidak bisa memprediksi intinya untung untungan klo beli yng ex inter …saran saya beli yang garansi resmi ex ibox ..itu sih slh pembeli…bca di deskripsi toko nya pasti ada dan jelas

    • 16 April 2023 - (01:52 WIB)
      Permalink

      BM gak liwad pajek ini mah gas ceped soal duid udah pasti gercep nangkep di mintain denda besar

  • 14 April 2023 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Sudah tahu barang inter yang gak ada jaminan, beli karena murah sih. Saya juga pernah demikian… tapi kasus berbeda. Beli di tokopedia s21 ultra tahun 2021 katanya garansi SEIN oleh seller. Nah begitu ada masalah dgn kameranya kemasukkan air baru 2 bulan pake saya bawa ke service center samsung. Singkat cerita SC samsung info kalau garansi habis,. Lah saya beli segel dan garansi sein . Begitu saya selesaikan pembayaran service ke SC samsung kota Bekasi. Saya langsung chat seller tokopedia dan ditanggapi dan saya ancam lapor ke tokopedia penipuan. Terus untung seller langsung tanggung jawab kembalikan uang saya full dan ganti biaya servicenya. Dan saya kirim balik tuh S21 ultranya. Disini juga seller harus tanggung jawab. Udah resiko jualan barang inter gak sesuai UU negara kita.

    2
    3
  • 14 April 2023 - (03:57 WIB)
    Permalink

    Yakin mau lapor polisi? Nanti malah semakin panjang urusannya. Semoga kedepannya lebih waspada aja selalu beli garansi resmi ataupun kalau memang dana terbatas lebih baik beli produk bekas tapi bukan ex barang BM.

  • 14 April 2023 - (04:06 WIB)
    Permalink

    Lah bukannya di chat tokopedia bilang menunggu alamat retur dari penjual? Situ kalo mau retur jg mau ke alamat mana kan bingung.

    • 14 April 2023 - (05:55 WIB)
      Permalink

      Sudah bikin laporan kepolisian saja tidak usah bikin postingan ke media konsumen jika emang anda ingin masalahnya cepat selesai dan jika emang anda ingin bikin laporan kepolisian anda juga harus siap juga jika ikut terseret karena pasti pihak penjual menaruh deskripsi tentang produk tsb dihalaman penjualan produk tsb dan jika anda tahu dan secara sadar telah membeli produk tsb silahkan baca sendiri

      https://www.google.com/amp/s/fjp-law.com/id/konsekuensi-hukum-jika-membeli-barang-black-market/amp/

      • 15 April 2023 - (11:14 WIB)
        Permalink

        Kalau lapor isipol ntar di sita iphone nya, duit TS juga gak akan balik, malah harus wajib lapor dan bisa2 Jdi tersangka penadah barang curian, apalagi dgn sadar membeli barang yg tidak jelas resmi atau tidak resmi. Biarin aja toko yg kayak gitu, nanti dia yg kena batunya sendiri ngapai repot diurusin kalau ada pembeli yg akan membeli, yg penting sudah kasih ulasan peringatan.

  • 14 April 2023 - (06:14 WIB)
    Permalink

    Beli iPhone kog di Tokopedia langsung datang ke counter hp susah amat , udah tahu toped sekarang sarang penipu juga sahamnya aja jatuhbl terus investor kabur semua

    4
    5
  • 14 April 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Hahha.. Banyak2 Browsing lah Bro.. Garansi Inter emang begitu.. Mereka penjual paling cuma tembusin imei untuk 3 bulan.. selanjut nya bayar sendiri untuk permanent itu 1.5 jt.. langsung tuh imei bisa terdaftar di Kemenperin.. klo sudah mampu beli Hp 17 jt sih nambah 1.5 jt lagi receh lah yah.. ? dari pada situ Lapor yg ada akan kena juga.. kenapa Beli barang Gelap ? Mau menghindari Pajak yah ? Cakeppp..

    • 14 April 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Iyaa bener seharusnya udah paham resiko beli barang BM udah jelas imei tdk terdaftar. Ya nambah 1,5jt aja klo mo buka ga usah ribet. Heheee receh lha mampu beli hp harga 18jtan ya harusnya mampu bayar imei

      1
      1
  • 14 April 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Kmarin kan udan rame oknum yg ditangkpin di di bagian imei. Garansi inter itu paling daftar imei sementara (sebenarnya sistem ini gada namanya sementara, cmn krena ada oknum jadi bisa) makanya kalo bli yg inter harus ada surat daftar imei nya, HP BM klo bayar resmi imei, semua ada invoicenya (klo gada invoicenya dipastikan situ bakaln dapat imei sementara), jadi klo ada masalah kedepannya ga ush berurusan sama seller.

  • 14 April 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    surat terakhir yang saya buat di mediakonsumen.com, tujuannya utk memberi tahu pembaca dan bukti jelas permainan seller dan admin tokopedia yang menghalang-halangi dan sangat terkesan melindungi seller.
    tentang barang BM, seller mencantumkan “RESMI” pada judul brg.
    jadi sudah jelas ya, perbuatan yang dilakukan seller ini.
    untuk pelaporan pasti akan saya buat.

    2
    1
      • 14 April 2023 - (23:49 WIB)
        Permalink

        Sabar kak. Iya aku baca soal kasus sebelum nya lebih baik beli langsung di official store yg offline di ibox udah imei terdaftar dan klo ada apa² komplain jg lebih enak.
        Istri saya jg ada permasalahan soal beli barang di tokped harganya receh banget 340k itu jg kesalahan seller aja tim tokped kyk lebih dukung seller jelas² neror pembeli omongan nya bawa² Tuhan segala itu mana ditegur ama tim tokped. Eh seller besar kepala malah ngetawain istri saya katanya ga digubris oleh tokped.

    • 14 April 2023 - (11:47 WIB)
      Permalink

      @tjoe william
      Jangan diliat org nakut-nakuti km terseret.
      Mustahil karena km salah satu konsumen yang dirugikan. Terlepas dari resmi/inter.
      Kl km ga ngaduin ini kepada pihak berwajib, mereka (seller BM) dikasi ruang yang sangat luas. Nanti pihak berwajib pasti track sampe ke akarnya (importir bandel).
      Km ikut andil memberantas hama-hama seperti ini.

      3
      1
    • 14 April 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Mantap..lanjutkan laporannya..tar stress sendiri urusan sm penegak hukum…yg jls2 ada cctv pencurian mobil..dikarang tengah..sdh 2 tahun az gak ketangkap2 tuh..apalagi ini..dah tao kalau brg inter itu illegal..??

      • 14 April 2023 - (15:08 WIB)
        Permalink

        Iya jir, rumah ipar gw di bobol rampok pas solat ied, muka rampoknya jelas banget terpampang di CCTV eh polkis malah minta duit buat nangkep rampoknya

    • 14 April 2023 - (23:04 WIB)
      Permalink

      penjual mencantumkan garansi ” RESMI ” tapi itu resmi mana dulu , resmi ibox apa resmi inter ? , jangan terkecoh dengan kalimat ” RESMI ” tapi diliat resmi nya resmi mana , smart buyer

  • 14 April 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

    1
    1
  • 14 April 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Udah paling bener jastip imei min,lu laporin polisi lu juga kena min karena lu udh tau itu barang BM tapi lu beli..ya paling bayar biaya jastip+pajak nya

  • 14 April 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Meski sama salah yg paling merugikan negara ya penjualnya, kalo disidak toko kan bisa dapat beberapa hp ilegal kan lumayan pasti seler buru amanin barang tersisa setelah baca SP ini

  • 14 April 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    bisa beli iphone seharga motor mah seharusnya tau konsekuensi beli barang BM bagaimana.
    kalo dilanjut ke polisi dua2nya diseret & didakwa. bukan seller nya doang. udah siap?

    • 15 April 2023 - (04:12 WIB)
      Permalink

      Kok kesannya malah kayak nakut2in.. Apa jangan2 anda jaringan penjual barang gelap?!
      Wah.. Pantas saja ketar ketir

      • 17 April 2023 - (09:34 WIB)
        Permalink

        what? anda puasa ga? kok bisa2nya nuduh orang? kok bisa2nya sotoy dgn pekerjaan saya? kalo anda berpuasa, sy sarankan anda berbuka puasa saja, percuma, karena puasa anda sudah ga halal dgn memfitnah orang seperti ini. sekian

  • 14 April 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Wani piro..dah jls jls barang inter itu bm..illegal..kmu jg kena nanti..ibarat hilang kambing..jd hilang sapi??..makanya beli yg resmi..selisih 1-2jt..pdhl

  • 14 April 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Lah kocak, mau lapor polisi pake tanya prosedurnya gimana ke tokopedia. Niat biar diistimewain gitu? Lapor ya tinggal laporin aja langsung ke polisi.

    Lagian hp elit sinyal kok sulit. Udah tau barang dari luar ngapa ga beli barang yang resmi aja sih. Giliran kaya gini nangis ngadu kemana2.

    • 14 April 2023 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Lha iya emangnya saya ada bilang ilegal? Kalau udah bayar pajak ya udah jadi legal. Tapi kan ngapain beli yang gituan jatuhnya jadi sama harganya, beli resmi sekalian aja.

      Lagian kebanyakan seller yang jual iphone inter itu ga melalui jalur bayar pajak yang bener. Berani beli ya siap2 sendiri sama risikonya

  • 14 April 2023 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Jelas2 tertulis RESMI – INTER 256
    Itu artinya memang unit resmi yg di release di negara tersebut, bukan barang palsu atau replika…

    Kl resmi ibox dst baru resmi indo.

    SELLER mah ga salah mencantumkan begitu, dan banyak sekali penjual yg tulis seperti itu…

    Herannya saya, pembeli tau kok itu inter, bukan resmi indo… Tp kenapa skrg mempermasalahkan judul iklan yg ada kata RESMI nya….

    Tokopedia jg tidak bs semena mena terhadap seller, krn jelas kok seller ga melanggar aturan/menipu buyer. Semua sesuai deskripsi…

    Buyer lapor juga percuma, ga akan ditindak krn buyer dlm posisi mengetahui itu barang inter… Sekalipun buyer pura2 bego, tetap aja ga akan diterusin laporannya.

    Kl ga percaya, coba aja. ???

  • 24 Mei 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Saran saya bang, kalau belum ada BUDGET BELI IPHONE RESMI. Beli android dulu aja, yang namanya ex inter pasti kacau kualitasanya. Android atau Apple sama aja

 Apa Komentar Anda?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Drama Admin Tokopedia Melindungi Seller untuk Pembelian iPhone yang IM…

oleh tjoe william dibaca dalam: 2 menit
46