Marah, Kesal, Kecewa dengan tiket.com untuk “Kedua Kalinya”

Ini merupakan kekesalan saya terhadap tiket.com untuk kedua kalinya setelah masalah pertama tentang penjemputan gratis ke bandara yang ternyata hanya “fake”. Sekarang muncul lagi kekesalan saya yang kedua.

Saya memesan Hotel Senyum World lewat aplikasi tiket.com. Pembayaran selesai dan keluarlah hotel e voucher saya lewat email. Tetapi dalam hati ada perasaan yang mengganjal. Untuk jaga-jaga saya telepon Hotel Senyum World, dan..deng deng… perasaan saya ternyata benar, e voucher saya ternyata belum terdaftar di hotel.

Dari pihak hotel menyuruh saya untuk konfirmasi ke tiket.com. Bayangkan kalau saya sudah sampai sana ternyata saya dan keluarga saya harus menerima kenyataan bahwa voucher tsb belum terdaftar di hotel.

Saya telepon cs tiket.com dibuatkan pelaporan dan..ya..hanya sebatas pelaporan saja, tidak ada kejelasan sampai sekarang.

Saya telepon kembali cs tiket.com jawabannya hanya “keluhan anda kami prioritaskan” tapi gak selesai selesai juga. Saya telepon kembali Hotel Senyum World juga tetap, voucher saya belum terdaftar.

Kapok saya pesan di ni aplikasi, lebih baik ke aplikasi sebelah gambar burung biru aja, lebih pasti.

Dian Nanda Birawa
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:12    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat Sobat tiket Dian

Halo sobat tiket Dian, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 21 April 2023 yang ditulis atas nama sobat...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Marah, Kesal, Kecewa dengan tiket.com untuk “Kedua Kalinya”

  • 21 April 2023 - (08:50 WIB)
    Permalink

    TS kapan pesan dan kapan telp ke hotel?

    Alur nya begini kalau pesan lewat OTA (bukan Tiket.com saja) untuk Hotel (kalau pesawat tidak perlu), misalnya:

    0850 – pesanan dinyatakan berhasil oleh OTA.
    0920 – double check ke hotel soal pesanannya. Apabila namanya belum ada, minta pihak hotel cek ke bagian Reservation (back of office) sebab biasanya bagian Front Office dan Reservation tidak mempunyai email yang sama. Apabila tidak ada juga, suruh pihak hotel check email di spam.

    Semoga berhasil.

  • 21 April 2023 - (13:50 WIB)
    Permalink

    haha saya jg pernah ka dgn tiket.com juga, cm sy apesnya tahu malam sebelum check-in, jaddi kelabakan malam2 cari hotel baru mana bawa banyak orang lagi, sejak itu book hotel lewat web masing-masing, ternyata sudah harga lebih murah juga dan lebih mudah bantuan cs jika ada trouble

  • 21 April 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Ini terkendala dengan konsep real time.

    Pada saat kita booking apapun, ngak ada istilahnya saya klik lalu data sampe di hotel tujuan.

    IT (information technology) processes dan proses itu ngejelimet, dan real time itu sebenarnya “near real time” alias tunggu beberapa saat.

    Nah beberapa saat ini bisa 5 detik, 1 menit, 5 menit, dsb.. bahkan bisa 24 jam.

    Satu hal yang pasti, kalo udah booking di tiket.com data pasti ada di tiket.com dan nanti hotel / airline bakal perlu telepon lagi ket tiket.com, yang bahasa sopannya “telepon ke bagian reservasi”.orang2x hotel ini technically telepon ke bagian customer service yang hanya untuk “partner” saja, alias begitu CS terima, dan CS yang menerima 1st akan bertanya nomor partner berapa ? baru langsung ngurusin urusan teknikal macam ini… proses ini jauh lebih murah daripada install expensive router di hotel2x dengan budget terbatas.

    Orang2x perhotelan tau issues ini, dan mereka tentu saja ngak bisa jelasin seperti saya dengan alasan “etika”.

    Saya kalo order hotel untuk masuk 2 jam lagi, kebanyakan harus nunggu 15 menit di lobby untuk orang hotel “telepon ke bagian reservasi”… dan saya cukup bertanya, “push notificationnya” ato “background job” udah masukin belum order saya ? dan orang hotel biasa udah ngerti kalo saya ngerti sistem mereka, dan mereka agak lebih terbuka…

    fyi, saya pake agoda, dan yes… mereka pun ngak real time 1 detik. karena office mereka di singapore dan tiket.com juga sama lah… so far gigit jari aja kalo booking lewat mereka2x ini tapi demi diskon sikat ajaa…

    • 22 April 2023 - (04:48 WIB)
      Permalink

      Sistem perhotelan ternyata sangat terbelakang yah,padahal pesen di grab food atau gofood begitu mudahnya,padahal itu warung byk jg yg rumahan tp bs melayani secara real time,saya pikir sih perhotelan perlu sedikit meningkatkan pelayanannya secara terdigitalisasi

      • 22 April 2023 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Gak mungkin bisa realtime kakak. Jaringan hotel itu luas. Mereka baru akan konfirmasi kalau ke hotel sesaat sebelum check in. Makanya ada batas jam waktu check in sebagai jeda untuk agen atau travel buat konfirmasi ke pihak hotel. Ini juga terkait beberapa sistem pesanan yang bisa dibatalkan, refundable, atau bayar di hotel. Jadi pasti ada jeda. Kalau gak nanti malah ada yang iseng suka-suka refund atau fake order sementara pihak travel udah issued voucher hotel.

  • 21 April 2023 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Selama saya pesan gak pernah konfirmasi langsung sih toh nanti pada hari H nya juga bisa langsung tunjukkan vouchernya. Kemungkinan sistem mereka gak realtime dan gak terintegrasi dengan sistem hotel. Dan sebagian besar customer bisa membatalkan pesanan dan meminta refund sebelum hari H. Jadi bisa juga itu baru akan dilakukan update ke pihak hotel sesaat sebelum check-in.

  • 22 April 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Saya bukan membela, namun saya menggunakan tiket.com , tidak ada masalah, bahkan dengan tugas seabrek, pesan melalui tiket.com, baik refund reschedule, ga ada masalah loh. ALHAMDULILLAH , Reward juga ada diberi ama tiket.com, reservasi ke hotel tanpa menghubungi hotel, tinggal datang lenggang kakung juga ga ada masalah

  • 22 April 2023 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Klo dilihat dari voucher di Tiketcom nya sih dipesan via Agoda ya. Berarti tiketcom jg perantara disini. Ada juga sih voucher yg diterbitkan langsung dr Tiketcom.
    Saran saya menunggu dulu bbrp saat, kadang2 pesan kamar 30 menit juga belum tentu datanya masuk. Klo TS ga ada jawab, kyknya udh clear deh. Semoga yaaa

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Marah, Kesal, Kecewa dengan tiket.com untuk “Kedua Kalinya”…

oleh Dian nanda Birawa dibaca dalam: 1 menit
11