Surat Pembaca

Pembodohan atau Penipuan Publik Kuota Telkomsel?

Maaf kenapa bisa saya sebut pembodohan atau penipuan publik kuota dari Telkomsel, Karena yang dialami oleh saya memang seperti itu adanya.

Telkomsel mempunyai paket yang bernama paket internet sakti (cek di aplikasi Telkomsel), paket tersebut mempunyai 2 kuota yaitu kuota utama dan kuota aplikasi (youtube,OMG),

Dikarenakan saya sering menonton video dari youtube, saya membeli paket tersebut. Tetapi dalam pelaksanaan atau penggunaannya itu berbeda yang terpotong hanya kuota utama bukan kuota aplikasi (YouTube,OMG). Kalau kita melihat syarat dan ketentuan dari pihak Telkomsel apa yang ditulis atau tertera di situ sangat jelas sekali aturan penggunaannya.

Saya selalu komplain tetapi tidak ada penyelesaian atau pembenahan dari pihak Telkomsel, customer service selalu bilang cek data usage, sedangkan data usage itu kebanyakan di youtube. Ok kuota utama pasti terpotong setiap buka aplikasi apapun, tetapi di situ juga saya memiliki kuota aplikasi (youtube, OMG).

Apakah sekali buka aplikasi apapun kuota utama terpotong 100mb-4GB habis dalam beberapa jam? Kita mengacu pada syarat dan ketentuan mutlak Telkomsel yang tertera di situ, jadi menurut saya tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan pada syarat dan ketentuan yang berlaku sedangkan kuota youtube tidak terpotong,

Silahkan cek gambar yang saya kirim di sini lihat baik-baik dan cek jamnya, agar tidak menimbulkan salah paham. Padahal perusahaan provider nomer 1 dengan jaringan terbaik tetapi pelayanan terhadap publik sangat buruk sekali.

Intinya perbaiki apa yang menjadi keluhan dari pelanggan jangan sampai masalah menjadi besar yang akan merugikan dari pihak Telkomsel itu sendiri, Karena saya sudah komplain 3 kali, finalnya saya share di sini

Terima kasih atas perhatiannya.

Saprudin
Cirebon

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • *Khusus untuk paket Internet Sakti YouTube terdapat tambahan Kuota YouTube Harian dengan besaran kuota bervariasi tergantung dengan harga paket.
    *Kuota YouTube Harian dapat dikonsumsi setiap hari dengan jumlah kuota yang tertentu, apabila sudah mencapai maksimal penggunaan Kuota YouTube Harian maka konsumsi kuota akan menggunakan kuota utama Internet Sakti.
    *Kuota YouTube Harian akan diperbarui setiap harinya mengikuti masa aktif paket Internet Sakti.
    *Besaran Kuota YouTube Harian bervariasi tergantung harga paket.

    Harus teliti, biasa memang byk jebakan batman begini. Mending beli paket add-on youtube terpisah.

    • Memang benar apa yang di katakan saudara iwen, tetapi Dari syarat Dan ketentuan tidak Ada batas kuota harian atau penggunaan terbatas Dari telkomsel, waktu saya memakai yang paket harian pernah kuota YouTube tidak terpotong juga, sedangkan ini tidak Ada batas harian pemakaian, tetapi kuota utama berapa GB pasti akan habis dalam beberpa jam,seperti gambar yang tertera di atas...

      • Benar apa yang dikatakan penulis, saya juga merasa ini jebakan atau pembodohan secara halus agar pelanggan habis kuotanya sebelum waktunya sehingga mau gak mau harus beli kuota lagi.

      • Combo sakti juga gitu. Internet 30GB. Sosmed, chat, tiktok 20GB. Ternyata buka tiktok yg dipotong kuota utama. Kalau kuota utama habis baru bisa dipakai yg 20GB. Utk yg lain lemot krn kuota utama sudah habis.

      • mending ganti kartu saja banyak provider lain yg lebih murah harga nya di banding merek ini sesuaikan saja dengan jaringan yg ok d area tersebut

        • Benar itu mas.... Saya pakai kartu LIVE.ON dari operator XL dan saya sangat nyaman.... Karena tidak ada istilah quota hangus... Karena quota kita bisa di rollover ke bulan berikutnya... Jadi gak ada itu quota yang terbuang sia-sia...

      • Benar sekali. Ketika mengakses Youtube kuota YouTube tidak berkurang dan justru kuota utama atau kuota nonton yang terpotong. Penasaran, saya pernah mencoba akses ke WA dan YouTube setelah kuota utama habis dan ternyata kuota nonton maupun kuota YouTube sama sekali tidak bisa digunakan. Akhirnya saya memutuskan tidak lagi membeli paket ini dan beralih ke provider lain.

        Kesimpulannya ini memang jebakan batman yang membohongi konsumen secara implisit. Kenyataan yang kita terima tidak sesuai dengan yang diiklankan. Seharusnya banyaknya keluhan ini sudah cukup untuk jadi bahan pengaduan ke YLKI.

      • Ya saya setuju, krn saya juga pernah mengalami itu kuota OmG saya sampai terkumpul 15 G dalam beberapa kali isi, ketika dipakai OMG berkurang hanya sedikit selebihnya kuota utama sampai kandas. Saya sudah beberapa kali laporkan ke Grapari telkomsel mulai dari arahan matikan data sampai mode pesawat hingga diperbaharui namun sama saja,. Harapan saya kalau ada jaringan seluler lain yang lebih menjanjikan tentu saya akan beralih menggunakan yg lain.

      • Betul itu pembodohan publik, Kuota paket internet seolah olah besar tapi kenyataannya tidak bisa terpakai.

      • Ancur tsel ini, komplain cs nya asal2an aja. Gak ada yg bisa atasi.. analisa saya mungkin dari apk dan hp nya gak masuk "list" Telkomsel.. tapi yg tau cuma progamernya doang.. sangat mengecewakan...

    • Ngga usah pake teliti telitian...emang konsumen telkomsel sering jadi korban pembodohan kok...krn terpaksa aja make telkomsel...ngga ada yg lebih baik dr telkomsel. Contoh ; penawaran voucher internet di my telkomsel 2.5 g seharga 13.000 durasi 5 hari ternyata hanya 2 giga...bolak balik .....asem!!

    • Saya sebagai Reseller atau Konter Pulsa, Merasa sedih ketika ada pelanggan meminta mengisikan Paket Data Telkomsel, karena apa? Ya Paketnya mahal sekali, voucher fisik sebesar 2GB Utama + 2GB OMG dengan masa aktif 30 hari Harga Rp 40.000 dan itu sering digunakan oleh pelanggan jika isi ulang elektriknya hanya terbaca paket besar diatas 150rb-an. Akhirnya hanya bisa saya alihkan ke paket 4GB + 1GB OMG harga Rp 45.000. Saya dan keluar tinggal di kota Besar tidak memakai provider ini, sangat dibodohi jika masih memakai Telkomsel karena operator lainnya sudah bagus untuk jangkauan koneksi internet.

      • Coba indosat n xl di perluas jaringannya. Pasti semuanya akan beralih n meninggalkan telkomsel.

    • Haha, cari untung besar tapi dengan cara yang zolim. Pake XL walaupun punya negara tetangga tapi kalo punya quota youtube , pas buka youtube yaa kuota youtube yg dipake, bukan kuota utama. Udah ga zaman lagi punya produk tapi nyusahin konsumen. Brand besar tapi kalo dikelola orang 'kecil' yaa begini

    • Yang saya rasakan pake tsel boros bgt, saya cek pake IDM ga ngotak sih speednya bisa kenceng bgt. Akhirnya dipasang dimodem dengan speed dibatasi ٱلْحَمْدُ لِلَّٰه bisa lebih awet.

    • Sama bgt sma yg aq alamin. Aq bli pket internet sakti 20g dgn rincian 7gb kuota utama, 5gb kuota nonton, 8gb kuota youtube. Tapi utk nnton youtube yg dipakai kuota utama & kuota nnton. Smpe akhrnya kuota utama dan nnton hbs, tpi kuota youtube msh sisa 7,5gb dan g bisa dipake lgi pdhl msh aktif. Udh komplain via email, adminny mnta data ini itu, nunggu smpe sktr 2 minggu tpi ujung2ny g dpt solusi ap2.

  • Saya lihat Telkomsel tarifnya luar biasa mahal. apakah perlu menunggu dimiliki asing dulu agar pelayanannya lebih baik?

    • Lah singtel singaporn udah punya share di telkomsel, ngga jaminan jg. Noh indosat udah sampe dibeli ooredoo qatar tetap aja bosok.

      • Saya rasa tsel memang harga data mahal,banyak intrik,banyak jebakan.parah

        • @slamet karena mungkin masih banyak pengguna yang mau pakai TSel, jadi terus jaya. Coba pada ganti ke Provider lain, pasti ganti system layanannnya

    • Kalau saya lebih kepada hal pajak PPN,pertanyaannya kenapa kita yang membeli lantas kita yang membayar pajaknya,kan jelas itu pajak penghasilan?Semestinya yang menjual yang dikenakan pajak penghasilan karena mereka yang dapat hasilnya,kalau kita cuma penikmat internet saja

    • Gue pakai telkomsel dari 2004, gue pakai buat transportasi online 50 ribu 12 GB + free call all operator 150 menit sebulan ... Smartfren gue dari 2007 (masih Fren) dng AON 12 bulan, dua kartu itu gue pakai bergantian sesuai kebutuhan sinyal dan situasi. jika utk nonton u tube, gue pakai Three dng AON atau streaming u tube unlimited 12 jam 5000. juga kuota malam jam 1-6 Three 10 ribu 50 GB utk 7 hari, kugunakan dinihari utk mendownload Film² atau konten u tube yg kusukai.

  • Memang benar apa yang di katakan saudara iwen, tetapi Dari syarat Dan ketentuan tidak Ada batas kuota harian atau penggunaan terbatas Dari telkomsel, waktu saya memakai yang paket harian pernah kuota YouTube tidak terpotong juga, sedangkan ini tidak Ada batas harian pemakaian, tetapi kuota utama berapa GB pasti akan habis dalam beberpa jam,seperti gambar yang tertera di atas...

  • Akhirnya ada juga yang posting komplenan paket tsel.
    Saya jg sdh pernah iseng beli paket youtube. Kuota utama ilang, kuota youtube ilang bersamaan. Dah gitu kapok ?. Mungkin telkomsel dapet surplus profitnya dari gituan kali ya?

  • Yg paling mendingan dari pembagian kuota mana yg dikonsumsi duluan adalah operator tri / XL. Yg lainnya boleh dikata "bodoh". Tsel ada kuota youtube, tp malah potong kuota utama. XL kadang jg eror. Tri kadang bonus kuota krn isi ulang, malah ga kepake, padahal jelas masa aktif paling pendek. Tp utk paket2 lain udah sesuai. Indosat? Gausah dikata deh. Ada paket, tp pulsa bisa hilang. Ditanya ke cs: pemakaian eceran internet. What a joke

      • Udh gak Herman sama provider ini, sy pakai dr 2012 sampai skrng cuma Krn terlanjur tersebar ke rekan dan keluarga nmr tsb.
        Tahun 2016 sy ubah jd pascabayar, makin gak jelas. Utk biaya bulanan dengon nominal segitu, apa yg sy dapat jauh dibawah kata cukup. Dari gak ada peningkatan kuota. Pindah tugas ke Sulawesi makin mengecewakan, sinyal susah, hilang2an, jaringan internet E setiap hujan. Skrng cuma sekedar bayar biaya bulanan. Telkomsel, Semoga bantal kalian panas di kedua sisinya.

        • @bayu OH bisa ilang ilang juga sinyalnya, gw kira TSEL paling bagus sinyalnya. Ehmm kalo di muat di MK, bisa digebukin orang banyak. Malah ada yang nanya Mau sebrapa bagus sinyalnya. hehehe.

    • @herwin herwin jadi yang mana provider yang "ga curang" spt Tsel, langsung aja disebut, supaya bisa rame rame "kesono"

      • pd dasarnya operator terus berbenah dlm mengatasi kesalahan system yg tidak disengaja. saat ini, semua operator ada saja pemakaian kuotanya tidak sesuai dgn yg kita pikirkan. jd tugas konsumen adalah menyesuaikan apa yg disediakan oleh system dgn cara trial & error sendiri, coba2 sendiri, ketika kita sudah cocok dgn paket data operator A, ya sudah jangan diotak atik dgn mencoba paket data lain operator A, aplg sampe pindah ke operator B yg mesti adaptasi lagi

        • @Herwin Herwin, system sebelum ditetapkan di aplikasi seharusnya dan juga termasuk sewajarnya di uji coba dulu. Dinilai data fakta dan logika, sudah benar belum. Kalau sudah benar baru di terapkan. Kalau juga masih ada kesalahan dimasyarakat, layak untuk tarik produknya, ganti operatornya. Karena itu mutlak kesalahan yang disengaja.
          Kemungkinan kecil untuk bisa menyesuaikan konsumen dengan Spec dari produk. Tidak jarang ditemukan ketidaksesuaian produk dengan kebanyakan kebingungan masyarakat. Sewajarnya juga masyarakat tidak mengetahui apa yang harus ditanyakan. Bukankah yang membuat produk itu lebih tahu Spec nya priduct . Seperti obat, kimiawi ,larangan, BLA BLA ditulis dalam bentuk leaflet. Kenapa ga ditiru bikin leaflet itu.

  • Kuota youtube gua juga masih banyak nihh tp saya gak pernah ngecek, apa yang dipakai duluan kuota utama ya.. Semoga aja ada perbaikan dari telkomsel.

  • 10 tahun saya pakai telkomsel.. Setelah berulang kali kecewa dengan paket internet simpati... Yang mana saya sering kali pakai wifi baik dikantor dan dirumah.. Paket data hanya dipakai saat tidak dikantor ataupun dirumah.. Akhirnya saya jatuh hati dengan AON dari trii ?

  • Setelah 15 taun pake simpati akhirnya nomor tersebut cmn saya isi pulsa buat perpanjangan masa aktiv aja

    • Pengalaman saya pakai paketan kuota internet sakti.. kuota yang terpotong kuota utama dulu saat dipakai you tube. Saat kuota utama sudah habis.. nonton you tube tidak bisa padahal kuota you tube masih ada.. kadang saya akalin. Saya pakai WiFi dulu, disconect WiFi,baru kepotong kuota you tubenya.

  • Paket telkomsel paling pelit dan terlalu banyak rules dari semua operator pengalaman saya, mending pindah operator pak kalau hanya ingin pakai kuota data tidak perlu fanatik ke satu operator, apalagi di hp sekarang rata2 dua sim card, biasanya saya yg sim card satu saya ganti2 mengikuti operator kuota paling murah dan banyak.

    • Aq orangnya gak bisa buat kalimat yang panjang².
      Keluhan² itu mmg betul adanya!!!
      Padahal saya pelanggan setia tsel (nomorku cmn 11 digit).

      Skrg tsel ku hanya kupakai bila provider sebelah lelet.

  • Hehe akhirnya ada yg melek dan mau angkat masalah ini ke MK...klo saya baca mas-nya komplain 3 kali ke tsel...klo saya sdh berulang kali baik lewat email cs ataupun lewat cc, bahkan yg terakhir sama melalui email tidak ada tanggapan sama sekali akhirnya saya kapok beli paket tsel dan pindah ke si biru...buat saya si biru ini utk jaringan gak kalah bagus...paketnya juga murah dan harga pulsa juga boleh diadu sama si merah... mending pindah aja dan klo no sdh lama dipakai isi pulsa biasa aja biar gak mati

    • @Afla Chaniago Tsel baca tulisan TS, juga ga ditanggapi, memang peraturan dari sononya. Karena sudah ada layanan Twitter, Facebook, serta Grapari tempat pengaduannya. KARENA mereka takuuuuuttt maluuuuu

1 2 3 6