Pengiriman Kartu Kredit Citibank Bermasalah

Dear Team Citibank Indonesia,

Saya ingin menyampaikan komplain saya terkait pengiriman kartu kredit Citibank saya dengan kronologi sebagai berikut:

Saya menerima SMS approval atas kartu kredit Citi Premier Miles pada tanggal 19 Juni 2023. Dengan tambahan informasi bahwa kartu akan dikirimkan maksimal 7 hari kerja.

Hingga tanggal 3 Juli 2023, kartu tidak kunjung saya terima. Saya kemudian berinisiatif menghubungi call center Citibank dan mendapatkan informasi bahwa kartu saya masih dalam perjalanan, dan akan diterima dalam minggu yang sama.

Hingga tanggal 8 Juli 2023, kartu masih belum saya terima. Saya menghubungi call center kembali dan diinfokan bahwa kartu masih dalam perjalanan bersama kurir. Diinfokan bahwa kartu akan diterima maksimal di minggu berikutnya dan akan dimintakan percepatan pengiriman. Tanggal 12 Juli 2023 saya coba konfirmasi kembali, dan diinfokan hal yang sama.

Tanggal 13 Juli 2023, saya mendapatkan telepon dari tim Citibank bahwa kartu sudah sampai dan diterima oleh Farhan. Yang mana tidak ada yang bernama Farhan di rumah saya ataupun di lingkungan saya. Diinformasikan bahwa kartu kemungkinan diterima pada tanggal 12 Juli, karena laporan pengiriman baru masuk tanggal 13 Juli. Karena saya sedang berada di luar rumah, maka saya tutup telepon dan menghubungi keluarga di rumah untuk memastikan, namun memang tidak ada kartu yang datang.

Tanggal 13 Juli 2023, saya telepon kembali dan konfirmasi bahwa tidak ada kartu yang dikirimkan ke rumah. Tim call center kemudian mengecek kembali. Diinfokan bahwa kartu diterima oleh Farhan pada tanggal 23 Juni di alamat kantor saya yang lama. Saya kaget, karena saya tidak merasa memasukkan alamat kantor lama saya tersebut.

Setelah saya tanyakan kembali, kemudian tim call center menggugurkan penjelasannya dan mengatakan bahwa kartu dikirimkan ke alamat rumah saya dan diterima oleh Farhan. Di sini saya merasa sangat aneh dan tidak nyaman karena penjelasan yang diberikan tidak konsisten dan berubah-ubah.

Akhirnya, tim call center menyarankan untuk mencetak kartu baru dan memberi informasi kepada saya bahwa “Kartu dicetak di hari yang sama dan akan dikirimkan besok, hari Jum’at 14 Juli 2023, ke alamat rumah saya. Saya juga akan dibuatkan permintaan percepatan pengiriman”. Tim call centerjuga menegaskan kembali bahwa saat itu, kartu saya sudah selesai dicetak dan akan segera dikirimkan.

Tanggal 17 Juli 2023 saya mendapatkan SMS bahwa kartu sudah terkirim. Padahal kartu belum saya terima sama sekali. Saya coba konfirmasi ke call center kembali dan diinformasikan bahwa kartu saya masih dalam antrean cetak dan tidak ada informasi kapan akan selesai antrean cetaknya. Saya juga diinformasikan bahwa tanggal 13 Juli 2023 telepon yang saya lakukan adalah untuk pengiriman kartu baru karena perubahan alamat, padahal saya tidak pernah melakukan permintaan ganti alamat.

Di sini saya merasa sangat tidak nyaman dan kecewa karena:

  1. Informasi yang diberikan oleh tim call center berubah-ubah dan tidak konsisten.
  2. Citibank menyatakan saya melakukan permintaan penggantian alamat padahal saya tidak melakukan permintaan tersebut.
  3. Tim Call Centre Citibank berbohong.

Hal ini perlu dibenahi oleh tim Citibank karena kartu kredit dapat menyebabkan kerugian finansial, dan perubahan data adalah hal yang sangat sensitif yang tidak bisa dilakukan seenaknya saja tanpa permintaan dari konsumen.

Terima kasih.

Deddy Hidayad
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Citibank kepada Bapak Deddy Hidayad

Kepada Yth.: Redaksi mediakonsumen.com Tanggal: 02 Agustus 2023 Hal : Tanggapan Citibank kepada Bapak Deddy Hidayad Dengan hormat, Terima kasih...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Pengiriman Kartu Kredit Citibank Bermasalah

 Apa Komentar Anda mengenai Citibank?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Kartu Kredit Citibank Bermasalah

oleh Deddy dibaca dalam: 2 menit
1