Bunga KTA PermataBank Tidak Sesuai

Pada hari Selasa, 8 Agustus 2023, saya mencoba pengajuan KTA melalui Permata Mobile X. Namun tidak berhasil, karena alamat di sistem berbeda dengan KTP. Kemudian pada hari Kamis 10 Agustus 2023, saya ke kantor cabang utama, bertemu CS dan tim marketing PermataBank. Di sana dilakukan pengkinian data, dan setelah berhasil kemudian dibantu untuk aplikasi KTAnya.

Pengajuan saat itu bunganya 0,88% dan tidak ada keterangan bunga bisa berubah. Hanya dijelaskan kalau nominal yang disetujui bisa berubah. Potongan administrasi juga tidak ada. Hari ini saya buka aplikasi Permata Mobile X dan pinjaman ternyata sudah cair sebesar Rp83.077.500, proses yang sangat cepat. Hanya saja, setelah saya cek saya kaget karena ada potongan sebesar Rp3.577.500, yang tidak dijelaskan pada saat pengajuan pinjaman.

Yang membuat saya tambah kaget adalah bunga yang semula 0,88% berubah menjadi lebih dari 2x lipat, yaitu 1,79%. Kemudian saya telepon ke call center Permata, tetapi tidak mendapatkan solusi. Waktu saya komplain masalah itu, CS hanya menginfokan bahwa itu dari sistem.

Saya mau membatalkan pinjaman tidak bisa, dan disarankan untuk pelunasan dipercepat dengan penalti 7%. Saya merasa dibohongi, karena di bank lainnya tabel angsuran itu sudah jelas di awal dan bunga disepakati sesuai dengan waktu pengajuan.

Semoga melalui surat di Media Konsumen ini saya bisa mendapatkan solusi yang terbaik dari PermataBank. Terima kasih.

Jan Titania Hendrawan
Kota Salatiga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Bunga KTA PermataBank Tidak Sesuai”

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Jan Titania Hendrawan, berjudul “Bunga KTA PermataBank Tidak Sesuai” melalui Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Bunga KTA PermataBank Tidak Sesuai

  • 15 Agustus 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Jauhin riba, lambat laun akan menjebak, jauhi hingga kita meninggal , cukup sampai disini saja saudara

    1
    2
    • 15 Agustus 2023 - (12:41 WIB)
      Permalink

      orang meminjam tentu ada kebutuhan yg sangat urgent & bersifat terpaksa. kalo ga urgent juga orang ga bakalan mau minjam. Sampe sini paham gak yah?

      3
      1
      • 15 Agustus 2023 - (20:00 WIB)
        Permalink

        Aku udah jalan bos. Tinggal 7 bulan lg. Ketentuan di mbanking waktu pengajuan 0.88 tiba2 ACC dgn Bungan 2,49% tanpa ada konfirmasi ataupun kesepakatan. Komplain keras ke cs bisa di batalkan namun kena pelunasan awal dgn syarat pembayaran pokok + bunga + pinalty 7%
        Akhirnya mau tidak mau diambil dgn terpaksa. Jujur terjebak hanya bisa penghapusan provisi dan admin aja. Lain x jangan pengajuan KTA Permata Bank karena sifatnya mendadak berubah dan tanpa ada info konfirmasi serta kesepakatan.

      • 15 Agustus 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Masih mendingan itu daripada pinjol. Bunga sampai 8% perbulan.

        Padahal sudah ke cabang. Mendingan sekalian pengajuan langsung saja. Dan bisa ditanya2 sama bagian kreditnya. Dan biasanya sudah ada tabel dikasih lengkap dngn rincian plafon, bunga, angsuran dan tenor. Apalagi klw misalnya payroll nya di bank tersebut. Penawaran bnga bisa lbih rendah dari non payroll.

        Heran. Knapa masih percaya lebih murah di online padahal bisa saja menjebak.

    • 15 Agustus 2023 - (14:42 WIB)
      Permalink

      Semua orang ingin menjauhi riba.. Klo keadaan darurat gak mungkin pinjam di bank bos.. Kecuali ente mau ngasih pinjaman tanpa bunga..

      1
      1
      • 16 Agustus 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Saya mengalami hal ini akhir bln Juli 2023, akhirnya sy selesaikan dengan membayar biaya penalty 7% ditambah biaya gak jelas lainnya.
        Alasan saya membatalkan KTA krn di approve tanpa persetujuan saya, tanpa konfirmasi, bunga tidak sesuai, tenor tidak sesuai.
        Andaikan pihak permata bertanya terlebih dahulu, pasti akan saya batalkan sebelum di approve.
        Ini seperti jebakan klo menurut saya mah..

        Tolong jgn hujat TS, krn beliau pasti punya alasan utk mengajukan KTA.

        semoga masalah bisa terselesaikan dgn baik, jgn seperti kasus saya yg harus keluar uang percuma. Mgkn saya nya kurang beramal aja, jadi “ditagih” dgn cara ini
        hehehehehe…

          • 16 Agustus 2023 - (16:20 WIB)
            Permalink

            Viralin aja mas. Kasih info ini ke tulisan lepas, semisal Tempo atau Kompas/Kompasiana.

            Bank kadang suka lucu, mending bikin malu sekalian. Masa sekelas bank nipunya kaya gitu.

    • 16 Agustus 2023 - (05:55 WIB)
      Permalink

      bro, untuk mengkonter pengelabuan atau jebakan perjanjian, bro juga bikin penjanjian bermeterai yg ditandatangani saat realisasi spt : besaran bunga, sistem pelunasan, potongan/penalti kalau mau kuatkan jg dengan notaris.
      Supaya pihak bank juga ikut terikat dgn akad yg adil kedua pihak.
      kita mikirnya akad pinjam uang tapi mereka anggap peminjam sbg akad bisnis, sehingga kalau mau melunasi maka si peminjam kena sanksi atau penalty.
      Kebanyakan peminjam tdk memperhatikan isi perjajian yg sangat panjang dgn syarat dan ketentuan yg berlaku, lalu TTD saja.

  • 15 Agustus 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Memang bunga kta itu suka menjebak, apalagi kalau ada promo bunga rendah biasanya itu bersifat pengajuan. Jadi kalau ditolak kembali ke bunga biasa.

    Seharusnya dipastikan dulu sebelum pengajuan untuk mekanisme bunganya seperti apa.

    Mengenai adanya potongan biasanya pihak bank memberi informasi sebelumnya, biasanya mereka menyebut biaya admin yang harus dibayar dimuka ( bank asing biasanya tidak ada potongan, beda dengan bank lokal)

    Kalau mau complain susah juga yah karena pengajuan di cs dan tim marketing, berbeda kalau via phone (telemarketing) ada bukti rekaman telepon

  • 15 Agustus 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    Bunganya permata KTA emang menjebak dan banyak yg sudah kejebak. Didepan itu tulisanya kusus pinjaman menggunakan aplikasi permata-x bunganya 0.88. Tp kalo dibuka ketentuan yg berupa pdf disitu ada beberapa macam ketentuan lg bagi beberapa nasabah beserta bunga2nya. bunga 0.88 itu kl ga salah bagi pinjaman 300jt keatas ditambah syarat2 tertentu.

    • 16 Agustus 2023 - (16:23 WIB)
      Permalink

      Gak lulus SD ya mas? Masalahnya apa, yang dikomen apa. Susah kalau gak ngerti calistung. 😂

      • 16 Agustus 2023 - (16:28 WIB)
        Permalink

        Anda be9ho atau th0l0l. Di atas di sebutkan dia tdk mau karena bunga yg tdk sesuai perjanjian. Itu artinya apa? Hrs sy jelaskan? Ngakak

        • 16 Agustus 2023 - (16:35 WIB)
          Permalink

          Bener bener nih orang, kayaknya emang gak sekolah beneran. 😂 Orang mau ngambil motor, mobil, uang… Kalau gak sesuai perjanjian ya aneh lah. Sini kirim alamat mas, saya bayarin sekolah SD sampai tamat. 😂

          • 16 Agustus 2023 - (16:40 WIB)
            Permalink

            Fix nih org otaknya kosong. Segitu jelasnya sy kasih paham tp msh ga paham. Jalan buntu ini mah

    • 16 Agustus 2023 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Saya pinjam tahun 2019, puluhan juta juga. Lngsung lewat Permata Mobile X, acc dlm 3 hari bunga cuma 0.98% karena bukan nasabah Permata. Tahun depannya top up bunga turun jadi 0.88%
      Tergantung analis dan profil nasabah juga untuk menentukan bunga. Dulu ga ada biaya provisi juga, tahu lagi sekarang.

  • 16 Agustus 2023 - (09:09 WIB)
    Permalink

    maaf saya juga pernah mengajukan kredit dibpermata mobilex dan simulasi di aplikasi sama realnya gk sama dan akhirnya saya batal kan bisa . alham dulilahh akhirnya gk jadi pinjam di bank permata larna simulasi nya beda dangn yang di tagih kan semoga kita bisa lebih berhati2 untuk memncet tombol

  • 16 Agustus 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Hm saya juga sama kena jebakan batman , untung cuma cair 30jt terus tenor 36 bulan dengan bunga 1.79% , mau di balikin malah disuruh bayar pinalti dan bunga juga , belum lagi pas pencairan uang kena potong 1jt , kalo dipikir” saya rugi juga kalo pelunasan cepat , akhirnya dijalanin aja deh , insha Allag masih kuat bayar nya 😁🤣

  • 23 Agustus 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Terima kasih ibu sdh berani menjabarkan di media konsumen.jadi bnyak orng terbantu sblm mengajukan KTA bank ini.Saya jg punya pengalaman Buruk sama bank ini.Dua kali di kenakan overlimit pdhal saya bayar seblm jatuh tempo dan 2 minta pnegajuan penghapusan denda hasil Nihil.Cukup tw saja Dgn Bank Ini.

 Apa Komentar Anda mengenai KTA PermataBank?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Bunga KTA PermataBank Tidak Sesuai

oleh Jan dibaca dalam: 1 menit
22