Sangat Kecewa dengan Produk dan Pelayanan Lenovo

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengizinkan saya untuk memposting keluhan saya ini. Saya adalah pengguna Lenovo Ideapad Gaming 3 15ACH6 (Status Premium Care masih aktif), dengan nomor laporan: 2013569879. Permasalahan yang saya alami dengan laptop tersebut:

  1. Microsoft Office OHS yang seharusnya bundling dengan unit, malah unlicensed.
  2. Laptop mengalami error blank screen atau laptop tiba-tiba mati, padahal kondisi mesin dalam keadaan menyala.

Saya menghubungi Lenovo Premium Care dan menceritakan semua kendala yang saya alami, lalu dibuatkan nomor laporan: 2013569879. Singkat cerita CS membantu saya via remote. Namun karena CS tidak bisa menyelesaikan kendala, langsung diarahkan ke Microsoft team.

Saat sesi remote inilah masalah yang lain muncul, yaitu masalah kedua. Semua panduan dari CS Lenovo, mulai dari troubleshooting, power reset, PC reset, dan masuk ke menu BIOS semuanya tidak berhasil. Sehingga CS mengarahkan unit untuk dibawa ke SC Lenovo. Berhubung di lokasi saya yang tidak ada Service Centre Lenovo, maka CS mengarahkan agar unit dijemput oleh kurir dari Lenovo dan saya menyetujui. Namun saya kecewa karena kurir tidak datang menjemput. Untuk diingat, saya menggunakan laptop dalam batas wajar dan tidak pernah terjatuh.

Ada beberapa poin yang membuat saya sangat kecewa dengan Lenovo:

  1. CS Lenovo berjanji bahwa laporan akan tetap dibuka selama permasalahan belum selesai, saya cek pada tanggal 8 Agustus 2023 laporan sudah ditutup.
  2. CS Lenovo berjanji akan memberikan update secara berkala/ setiap hari baik via telepon maupun email, setelah laporan ditutup tidak ada kabar sama sekali.
  3. Agen logistik yang menjemput paket saya mengatakan bahwa kurir terlalu jauh dari lokasi saya. Padahal kurir dari logistik lain selalu lalu lalang ke lokasi saya dan kurir tidak pernah menghubungi saya via telepon ataupun WA.
  4. Pekerjaan saya jadi terkendala karena laptop saya error dan belum juga diperbaiki.

Saya sungguh kecewa. Saya membeli produk Lenovo untuk mendapatkan user experience yang baik, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. User premium care saja seperti ini pelayanan yang diterima, bagaimana kalau sudah lewat masa garansi?

Untuk teman-teman yang mau atau akan membeli produk, dipikir dulu agar tidak mengalami kendala seperti yang saya alami.

Andreas Laia
Nias Selatan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Produk dan Pelayanan Lenovo

  • 16 Agustus 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    setau saya produk Lenovo itu bagus, karena di kantor saya semua laptopnya Lenovo Thinkpad.

    tapi saya sendiri untuk laptop pribadi pakai Asus.
    Asus juga dikenal kurang bagus pelayanan after salesnya, banyak masuk surat pembaca.

    • 16 Agustus 2023 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Iya gan saya paham, tapi memang seperti itu kejadian yang saya alami. Soal brand lain, saya kurang tahu soalnya saya gk pake

    • 16 Agustus 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Lenovo untuk laptop bagus tapi semua after sales produk laptop buruk rata2 jangan harap yg gratisan mending bayar ke tempat servis lain

  • 16 Agustus 2023 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Waduh, padahal saya berencana beli ini laptop, dan bukan laptop ecek² ini. Setelah tau seperti ini pelayanannya saya cari yang lain aja, mudah²n pelayanannya diperbaiki, dan untuk agan dapat solusi secepat nya

      • 20 Agustus 2023 - (22:10 WIB)
        Permalink

        Untuk ideapad gaming seri awal emang kendala di os sama di batere, temen juga kejadian sama persis karna masih dalam masa garansi akhirnya ganti batere

    • 17 Agustus 2023 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Sayangnya anda tidak menyebutkan lokasi anda, apakah di kota besar, kota kecil dsb, alternatifnya laptop anda di kirim ke service center lenovo terdekat via ekspedisi plus asuransi, memang ada biaya, tapi semoga masalah anda selesai.

  • 16 Agustus 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya brand Lenovo sudah termasuk brand besar di dunia perlaptopan, dan kualitasnya juga bisa dibilang sangat bagus, saya jg pengguna laptop Lenovo, beli sejak 2015, sampai saat ini alhamdulillah masih berjalan dengan baik, klo untuk sekedar Office dan tugas2 ringan masih sangat mumpuni sih, mungkin anda lagi apes aja kebagian unit yg cacat produksi, solusinya sih memang harus dibawa ke Service Center nya langsung, mungkin yg dimaksud areanya tidak terjangkau itu tidak terjangkau sama kurir Lenovonya langsung bukan kurir yg secara umum kirim2 barang, karena kan agak riskan jg klo pihak Lenovo pake kurir sembarangan, jadi mereka pake kurir khusus, mungkin jaraknya memang terlalu jauh, jadi g bisa dijemput, mau g mau anda harus bawa sendiri ke Service Center terdekat walaupun jaraknya sangat jauh.

    • 17 Agustus 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      Agan tau darimana kalo saya beli laptop hanya untuk main game? Apakah agan seorang peramal ? 🤣🤣🤣🤣🤣

  • 18 Agustus 2023 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Untuk OHS setau sy Windows harus diaktifkan terlebih dahulu dan OHS aktif dgn cara login dengan Akun Microsoft di OHS nya, lalu lalukan update dr menu office nya, setelah update akan teraktivasi otomatis.

    OHS berlaku untuk 1 kali aktivasi akun Microsoft, dan tidak bs ganti akun krn terikat ke email Akun Microsoft. Akun email paling pertama login yg dianggap sah jika mengaktifkan OHS.

    Kendala layar mati memang harus klaim ke service center, apalagi jika laptop sdh pernah konek internet dan windows sdh aktif.

    • 18 Agustus 2023 - (08:04 WIB)
      Permalink

      udah gan OHSnya licensed bulan sebelumnya, namun entah kenapa tiba tiba unlicensed itu yang saya kurang tahu.Btw makasi sarannya

  • 21 Agustus 2023 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Saya Cinta Produk Indonesia Zyrex Dari Tahun 2020 apa 2021 lupa pas awal mereka sale, sampe sekarang masih aman terkendali. Cintaiii ploduk ploduk indonesia

 Apa Komentar Anda mengenai Laptop Lenovo?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Produk dan Pelayanan Lenovo

oleh Andreas dibaca dalam: 1 menit
16